Bad Mood Saat Menstruasi Bukan Musuhmu Lagi! Atasi Dengan 4 Hal Ini

1 min read

Untuk kamu para wanita, serangan mood swing memang menjadi momok saat menstruasi tiba. Menurut hellosehat.com, salah satu penyebab bad mood disaat menstruasi yaitu ketidakseimbangan hormon dan senyawa kimia otak yang berhubungan dengan pengaturan suasana hati.

Bad Mood Saat Menstruasi Bukan Musuhmu Lagi! Atasi Dengan 4 Hal Ini

Tapi, ketidakseimbangan hormon ini tentu saja tidak bisa menjadi penghalang bagimu untuk menikmati hari-harimu. Kamu bisa terapkan tips berikut untuk mengatasi bad mood saat menstruasi.

1. Istirahat cukup menjadi kunci utama

Istirahat cukup menjadi kunci utama

Istirahat lebih awal bisa menjadi salah satu cara membuat mood kamu tetap pada kondisi yang baik. Istirahat yang cukup dapat membantu tubuh mempersiapkan energi dalam mengatasi hormon yang berubah-ubah. Istirahat cukup juga membantu meningkatkan kekebalan tubuhmu saat haid.

Tidak bisa dipungkiri ketika haid perempuan lebih mudah terserang penyakit sehingga kamu harus memiliki waktu istirahat yang cukup untuk menjaga tubuh tetap fit. Tubuh yang tidak fit dan nyeri haid bisa menjadi salah satu penyebab kamu bad mood. Jangan tidur terlalu larut dan maksimalkan waktu istirahatmu untuk menjaga kondisi tubuhmu.

2. Perbanyak konsumsi makanan bergizi

Perbanyak konsumsi makanan bergizi

Menjaga pola makan dapat membatu tubuh memperoleh nutrisi. Nutrisi ini dapat menjaga tubuhmu tetap sehat selama masa menstruasi. Selain itu, kamu juga bisa menghindari penyakit yang berasal dari makanan. Dengan begitu tubuhmu akan menjadi sehat dan membuat suasana hatimu lebih baik. Tubuh yang bugar akan mengurangi resiko bad mood pada saat haid.

Lagi pula, kamu juga bisa melampiaskan bad mood dengan melakukan hobi yang kamu suka, misalkan memasak. Kamu pun bisa memasak makanan bergizi dengan panduan resep dari internet. Sekarang sudah banyak resep sederhana yang bisa diolah dengan mudah lho, ladies.

3. Carilah pelarian dari rasa nyeri haid

Carilah pelarian dari rasa nyeri haid

Langkah yang ketiga ialah carilah pelampiasan yang dapat membantumu melupakan rasa nyeri haid. Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan yang sesuai dengan hobimu. Tetapi tetap pilihlah kegiatan yang tidak begitu menyita energi untuk menjaga kebugaran tubuhmu. Kamu bisa memilih kegiatan seperti membaca, mengikuti forum diskusi, memasak, atau bahkan sekedar rebahan santai.

Lakukanlah kegiatan yang dapat menjaga kondisi moodmu. Sebisa mungkin hindari kegiatan yang membuatmu bad mood. Jika kamu terpaksa harus berhadapan demgan kegiatan itu, kamu bisa menyiasatinya dengan makan atau minum hidangan favoritmu untuk menaikkan kembali moodmu. Hal yang terpenting adalah bagaimana pandai-pandainya kamu menjaga mood.

4. Berkumpulah dengan orang-orang positif

Berkumpulah dengan orang-orang positif

Berkumpul dengan orang-orang yang membawa pengaruh positif juga bisa menjaga mood. Aura positif yang mereka memiliki akan menular pada kamu juga, begitupun sebaliknya dengan orang yang membawa aura negatif. Namun, dalam kehidupan sehari-hari tentu ada kalanya kita harus berjumpa dengan orang yang terkadang membuat mood kita hancur.

Selama haid, sebisa mungkin kamu hindari mereka. Kalaupun harus berhadapan dengan mereka usahakan untuk tidak terlalu ambil pusing dengan tingkah atau perkataan mereka. Hal ini mungkin sedikit buruk karena kita berusaha mengabaikan orang lain tetapi lakukanlah sesekali saat kamu haid demi menjaga moodmu saat haid.

Nah, itu dia tadi sederet hal yang bisa kamu lakukan agar tidak lagi bad mood saat menstruasi. Nggak mau kan, kalau harus kerja malah bawaannya marah-marah melulu? Padahal kamu dituntut untuk tetap profesional dalam bekerja. So, terus usaha kendalikan emosi meski sedang menstruasi.

Tidak Perlu Khawatir Lagi dengan Bad Hair Day, 5…

Menjaga penampilan tetap cantik menjadi kewajiban bagi sebagian besar wanita. Kamu berusaha sebaik mungkin menjaga penampilanmu dari ujung kaki hingga ujung rambut. Berbagai produk...
Fahmi
1 min read

Kamu Wanita yang Sedang Lelah dengan Perlakuan Suamimu, Ingatlah…

Ladies, mempertahankan hubungan itu gampang-gampang susah. Apalagi jika kamu sudah sampai pada tahap pernikahan. Cobaan silih berganti, mulai dari masalah ekonomi, kecemburuan, sampai yang...
Fahmi
1 min read

Menikah Bukan Cuma Perkara Sah, Kebutuhan Dasar Sebagai Calon…

Ladies, apakah dari kamu ada yang sudah menyusun rencana kapan akan menikah? Atau kamu justru saat ini tengah mencari pasangan hidup yang cocok untukmu....
Fahmi
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *