Tidak Perlu Mahal Kok, Berikut Daftar Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil yang Terjangkau dan Mudah Didapat

3 min read

Kehadiran buah hati tentu menjadi satu hal yang paling didambakan oleh pasangan suami-istri. Apalagi bagi Kamu yang belum lama menikah, pasti tidak sabar untuk menanti kelahiran sang buah hati. Sehingga tidak heran jika selama masa kehamilan Kamu akan menjadi lebih overprotective dalam menjaga kesehatan, tak terkecuali dalam menjaga pola makan.

Tidak Perlu Mahal Kok, Berikut Daftar Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil yang Terjangkau dan Mudah Didapat

Memang selama masa kehamilan, ibu hamil tidak bisa mengonsumsi sembarang makanan agar tidak membahayakan dirinya sendiri dan janin. Meskipun ekstra hati-hati, Kamu tidak harus mengonsumsi makanan yang mahal kok. Karena makanan sehat untuk ibu hamil tidak dilihat dari harganya, melainkan dari gizi, nutrisi, serta manfaatnya.

Nah, mau tahu apa saja makanan yang baik untuk ibu hamil? Yuk, catat daftar makanan serta buah-buahan yang sehat dan mudah di dapat berikut ini:

1. Susu, bukan cuma segelas susu saja, tapi juga beragam olahan susu

Susu, bukan cuma segelas susu saja, tapi juga beragam olahan susu

Ya memang, sebagian dari Kamu mungkin ada yang tidak menyukai susu atau sangat jarang meminum susu. Tapi perlu diketahui, susu itu sangat penting lho selama masa kehamilan. Meskipun Kamu tidak suka, tapi janin dalam kandungan Kamu ternyata sangat membutuhkan kandungan nutrisi dan gizi di dalam susu.

Susu yang mengandung kolin, DHA, EPA, omega 3, omega 6, dan nutrisi lainnya ini sekarang bisa Kamu nikmati dengan berbagai olahan, seperti keju maupun yoghurt. Sebagai makanan sehat untuk ibu hamil, susu menjadi pilihan yang tepat untuk selalu dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat untuk Kamu dan bayi.

Lalu apa saja sih manfaatnya? Susu ternyata mampu memperbaiki jaringan mata, kulit, hati, jantung, dan otot pada ibu dan janin. Selain itu, susu juga mampu membantu dalam memperbaiki plasenta, air ketuban, memperkuat sistem imun tubuh, membantu pembentukan tulang janin, melancarkan ASI, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil, Simak Disini

2. Kentang, tak hanya mengenyangkan tapi juga sangat berkhasiat

Kentang, tak hanya mengenyangkan tapi juga sangat berkhasiat

Nah, makanan sehat untuk ibu hamil ini pasti tidak asing lagi buat Kamu yang suka memesan french fries saat di restaurant fastfood. Tidak hanya lezat dan mengenyangkan, ternyata kentang juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk makanan sehat untuk ibu hamil muda.

Terus, kenapa harus kentang? Ya, karena pada saat hamil muda merupakan fase dimana kehamilan sangat rentan dengan pendarahan maupun keguguran. Jadi pada masa awal kehamilan sangat diperlukan nutrisi yang tinggi untuk menguatkan rahim. Dimana nutrisi tersebut bisa didapatkan dari makanan untuk ibu hamil muda, seperti kentang. Kentang yang mengandung karbohidrat tinggi dan glukosa mampu meningkatkan kesehatan rahim.

Eits, jangan buru-buru mengonsumsi kentang dalam jumlah yang banyak dulu, karena ternyata kentang juga bisa berbahaya lho untuk ibu hamil. Maka dari itu, sebaiknya Kamu tidak mengonsumsi kentang lebih dari 4 porsi sehari, tidak mengonsumsi kentang di restoran cepat saji serta kurangi kentang yang goreng dan kentang yang masih agak hijau. Sebaliknya.

3. Air Kelapa, segar dan sangat menjaga kesehatan ibu serta janin

Air Kelapa, segar dan sangat menjaga kesehatan ibu serta janin

Tidak hanya berupa makanan sehat untuk ibu hamil yang baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Ternyata ada juga lho makanan ibu hamil agar rambut bayi lebat.

Minuman isotonic yang sangat khas dengan pantai itu ternyata telah lama dipercaya mampu memicu pertumbuhan rambut pada janin agar lebih lebat. Meski belum ada bukti secara ilmiah, tapi air kelapa tersebut sangat baik kok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Dengan kandungan elektrolit alami, vitamin B dan C, serta mineralnya yang tinggi air kelapa bisa menjadi salah satu sumber energi, meningkatkan metabolisme tubuh kesehatan jantung. Kandungan asam juga mampu melindungi ibu hamil dari berbagai macam penyakit.

4. Tempe, makanan khas indonesia dengan segudang manfaat

Tempe, makanan khas indonesia dengan segudang manfaat

Wah, siapa sih yang tidak “kenal” tempe? Sebagian besar dari Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Indonesia ini. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai sebagai bahan bakunya ini juga merupakan makanan bergizi untuk ibu hamil.

Meski hanya terbuat dari kedelai dan selalu dikonsumsi sehari-hari, tapi tempe kerap menjadi makanan favorite bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa. Selain enak karena bisa dikonsumsi dengan berbagai olahan, makanan sehat untuk ibu hamil ini juga memiliki banyak kandungan nutrisi tinggi yang baik untuk ibu dan janin.

Bagi Kamu yang suka mengonsumsi tempe, ini lho, beberapa manfaat tempe sebagai salah satu makanan terbaik untuk ibu hamil:

  • Menurunkan kolesterol pada ibu hamil
  • Membantu dalam proses perkembangan janin
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk ibu hamil
  • Melancarkan sistem pencernaan, dan masih banyak lagi

5. Kacang-Kacangan, camilan yang lezat dan menyehatkan

Kacang-Kacangan, camilan yang lezat dan menyehatkan

Makanan sehat untuk ibu hamil ini sangat mudah didapatkan dan sangat beragam, lho. Sehingga Kamu bisa mengonsumsi dengan berbagai varian dan dengan berbagai olahan agar tidak mudah bosan, tapi tetap mendapatkan nutrisi dari kacang-kacangan itu.

Kacang-kacangan yang mengandung vitamin dan zat besi mampu berperan sebagai makanan penambah darah untuk ibu hamil. Nah, jenis kacang-kacangan yang bisa Kamu konsumsi untuk menambah darah saat hamil, seperti kacang polong, kacang buncis, kacang hijau, kacang panjang, kacang kedelai, dan lain-lain.

6. Buah Jeruk, si kuning yang menyegarkan

Buah Jeruk, si kuning yang menyegarkan

Buah yang segar dan manis ini juga bisa menjadi pilihan sebagai makanan yang baik untuk ibu hamil muda agar Kamu dan janin tetap sehat selama masa kehamilan hingga saat persalinan nanti.

Makanan sehat untuk ibu hamil ini tidak hanya cocok untuk dijadikan pencuci mulut setelah makan, tapi juga mampu menjaga kesehatan mata pada janin. Siapa bilang buah ini hanya mengandung vitamin C? Ternyata jeruk juga kaya akan nutrisi, seperti vitamin A, sehingga baik untuk mata, serat yang tinggi untuk mencegah sembelit, kandungan asam folat untuk menghindari cacat pada bayi, dan masih banyak lagi.

7. Bakwan Jagung, bisa diolah menjadi berbagai makanan menyehatkan

Bakwan Jagung, bisa diolah menjadi berbagai makanan menyehatkan

Buat Kamu yang suka bakwan, nah Kamu sekarang bisa mengganti bahan pokok bakwan dengan jagung. Makanan yang bagus untuk ibu hamil ini sebenarnya juga bisa diolah dengan berbagai varian, seperti sop, jagung rebus, dan olahan lain sesuai dengan selera Kamu.

Makanan sehat untuk ibu hamil ini tidak hanya enak dan mengenyangkan, tapi juga memiliki banyak manfaat untuk Kamu dan janin. Dengan kandungan asam folat, protein, karbohidrat, mineral, dan nutrisi lain, jagung ternyata mampu mencegah cacat oto yang terjadi pada bayi, melancarkan sistem pencernaan, membantu perkembangan sistem memori dan otak pada janin, dan masih banyak lagi.

8. Bayam, si hijau yang kaya dengan zat besi

Bayam, si hijau yang kaya dengan zat besi

Buat Kamu yang hamil tua atau masih hamil muda, keduanya sama saja tetap membutuhkan asupan zat gizi yang cukup untuk demi kesehatan ibu dan janin. Nah, makanan sehat untuk ibu hamil yang banyak mengandung zat besi, salah satunya ialah sayur bayam.

Makanan yang mengandung zat besi untuk ibu hamil ini juga memiliki banyak manfaat untuk Kamu dan janin lho. Kandungan kalsium dan zat besi di dalamnya mampu mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil. Sebagai sumber asam folat yang tinggi, bayam juga mampu menurunkan tingkat risiko bayi lahir cacat. Selain itu, kandungan vitamin A-nya juga mampu membantu pertumbuhan paru-paru pada janin.

Nah, buat Kamu yang sedang hamil, baik hamil muda maupun hami hamil tua, atau bahkan Kamu yang tengah dalam program hamil tetap jaga pola makan dari sekarang ya. Supaya tidak lupa, yuk, buat daftar menu makanan sehat untuk ibu hamil sekarang juga!

Ternyata Dibalik Segudang Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil,…

Bagi Kamu yang suka ke pantai mungkin sudah akrab dengan minuman alami yang segar ini. Tapi tahukah Kamu, ternyata minuman segar khas pantai ini...
Channel Bunda
3 min read

Ternyata Beberapa Makanan Sehat Ini Adalah Makanan yang Dilarang…

Selama masa kehamilan, ibu hamil memang harus ekstra hati-hati dalam menjaga kesehatan tubuh, baik dari hati-hati saat beraktivitas hingga menjaga pola makannya. Ibu hamil...
Channel Bunda
4 min read

Tahukah Kamu? Mual Saat Hamil Bisa Berbahaya, Lho! Begini…

Bagaimana sih cara mengatasi mual saat hamil? Apakah itu normal? Ya, mual saat hamil atau terkadang disertai dengan muntah memang wajar terjadi pada masa-masa...
Channel Bunda
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *