Kacang Hijau, Bulir Kecil Yang Kaya Manfaat, Bagus Untuk Ibu Hamil!

3 min read

Kacang hijau memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak. Diantaranya adalah kalsium, zat besi, folat, vitamin yaitu vitamin B vitamin C dan vitamin E, thiamin, dan masih banyak lagi. Berbagai nutrisi yang terkandung dalam kacang hijau tersebut sangat bermanfaat untuk tubuh, utamanya untuk para ibu hamil.

Kacang Hijau, Bulir Kecil Yang Kaya Manfaat, Bagus Untuk Ibu Hamil!

Tidak hanya untuk ibunya tapi kacang hijau ini juga bermanfaat untuk janin yang ada dalam kandungan. Berikut adalah manfaat kacang hijau untuk ibu hamil.

1. Mencegah anemia

Mencegah Anemia

Anemia merupakan penyakit kurang darah yang umumnya diderita oleh ibu hamil. Hal itu karena ibu hamil memerlukan 50% lebih banyak darah setiap harinya dibandingkan mereka yang tidak hamil. Anemia pada ibu hamil sangat berbahaya. Hal itu karena anemia bisa menyebabkan terjadinya keguguran atau bayi lahir prematur.

Nah, kacang hijau memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia. Nutrisi tersebut diantaranya adalah zat besi, asam folat, dan vitamin B12. Dengan mengkonsumsi kacang hijau, maka ibu akan terhindar dari anemia dan resiko-resiko buruk pun bisa ditekan

2. Menjaga jantung ibu

Menjaga Jantung Ibu

Jantung merupakan organ penting. Tugasnya adalah untuk memompa darah sehingga bisa beredar dan menjaga kehidupan dari individu tersebut. Pada ibu hamil, tugas jantung tidak hanya mengedarkan darah ke seluruh tubuh, tetapi juga mendistribusikan nutrisi dari ibu ke janin. Karena itu, jantung ibu hamil harus selalu sehat agar bayi bisa mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Pisang merupakan buah yang memiliki kandungan lemak tak jenuh yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Jadi, bunda jangan ragu lagi untuk mengonsumsi pisang ya!

3. Mencerdaskan janin

Mencerdaskan Janin

kacang hijau Memiliki kandungan nutrisi berupa folat yang selanjutnya bisa disintesis menjadi asam folat. Selain berperan dalam produksi sel darah merah, 2 zat ini memiliki peran penting yaitu Membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang.

Dengan demikian, maka mengonsumsi kacang hijau bisa menghindarkan bayi dari kelainan otak dan sumsum tulang belakang. Bisa juga mencegah terjadinya cacat tabung saraf atau neutral tube defects.

4. Mengatasi morning sickness

Mengatasi Morning Sickness

Morning sickness merupakan mual yang terjadi pada ibu hamil. Meskipun dianggap hal sepele atau hal wajar, arti morning sickness memiliki dampak yang lebih lanjut. Sebagian Ibu yang terkena morning sickness akan memiliki penurunan nafsu makan. Tentunya hal ini akan berdampak pada janin yaitu janin kekurangan nutrisi. Karena itu morning sickness harus diatasi.

Salah satu cara untuk mengatasi morning sickness adalah dengan mengonsumsi kacang hijau. Hal ini Karena kacang hijau mengandung zat yaitu vitamin B1 dan B2. Tidak hanya mengatasi morning sickness, vitamin B1 dan B2 juga bermanfaat untuk menambah nafsu makan. Tentunya ketika ibu lahap makan maka nutrisi yang diserap oleh janin juga maksimal.

5. Sebagai sumber berenergi

Sebagai Sumber Berenergi

Tidak jarang kita melihat ibu hamil cenderung merasa cepat lelah, malas beraktivitas, bahkan merasa mengantuk seharian. Hal ini tidak hanya berdampak pada pekerjaan rumah yang terbengkalai, tapi juga pada perkembangan janin. Ibu hamil harus selalu sehat. Salah satu hal yang dapat dilakukan agar tetap sehat adalah dengan melakukan olahraga ringan yaitu beraktivitas seperti biasa.

Untuk melakukan aktivitas-aktivitas tersebut, diperlukan energi yang cukup. Salah satu sumber asupan energi adalah dari karbohidrat. Kacang hijau mengandung karbohidrat kompleks yang bermanfaat untuk menambah asupan energi bagi ibu hamil. Jadi, bagi ibu hamil yang merasa malas melakukan aktivitas, ada baiknya Ibu mencoba untuk mengonsumsi kacang hijau.

6. Melancarkan sistem pencernaan

Melancarkan Sistem Pencernaan

Salah satu masalah yang dialami oleh ibu hamil adalah sembelit atau susah buang air besar. Tentunya hal ini akan sangat menyiksa karena memberikan rasa sakit pada perut bahkan hingga penurunan nafsu makan.

Sembelit akan dapat dihindari jika ibu hamil mendapatkan asupan serat yang cukup. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi kacang hijau. Selain nutrisi-nutrisi yang telah disebutkan, kacang hijau juga mengandung serat yang tinggi.

7. Membantu perkembangan dan pertumbuhan tulang

Membantu Perkembangan dan Pertumbuhan Tulang

Kacang hijau mengandung mineral berupa kalsium dan fosfor. Kedua mineral ini sangat bermanfaat dalam mendukung perkembangan dan pertumbuhan tulang pada bayi selama dalam kandungan. Dengan tercukupinya kebutuhan kalsium dan mineral, maka perkembangan dan pertumbuhan tulang bayi menjadi lebih optimal.

Selain itu, kalsium dan fosfor juga bermanfaat bagi sang ibu yaitu untuk menghindari atau mengurangi terjadinya osteoporosis yang terjadi karena kehamilan.

8. Mencegah rambut rontok

Mencegah Rambut Rontok

Ada beberapa ibu hamil yang mengalami kerontokan rambut. Salah satu yang mungkin menjadi penyebabnya adalah kekurangan protein. Bunda yang memiliki masalah serupa bisa mencoba mengonsumsi pisang untuk mengurangi kerontokan tersebut. Hal itu karena pisang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

Tidak hanya mencegah kerontokan pada ibu hamil, protein ini juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan rambut pada janin sehingga bayi akan terlahir dengan rambut yang tebal.

9. Mempercepat proses penyembuhan luka

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Salah satu zat yang berperan besar dalam penyembuhan luka yang didapat setelah proses persalinan adalah protein. Protein bisa didapat dari hewan maupun tumbuhan. Untuk protein hewani diantaranya adalah dari daging, ikan, dan telur. Sedangkan untuk protein nabati bisa didapat dari kacang-kacangan salah satunya adalah kacang hijau. Dengan demikian konsumsi kacang hijau tidak hanya bermanfaat selama masa kehamilan tapi juga setelah melahirkan.

Nah, itu tadi manfaat kacang hijau untuk ibu hamil. Jadi untuk para bumil jangan ragu lagi untuk mengonsumsi kacang hijau mulai dari masa kehamilan awal bahkan hingga selesai proses persalinan.

Agar lebih terjamin nutrisinya, bunda disarankan memilih kacang hijau yang masih utuh dan berkualitas baik. Selain itu, bunda juga harus memperhatikan kebersihan dari kacang hijau sebelum dan selama masa pengolahan. Bunda bisa mengolah kacang hijau dengan cara direbus dan diambil airnya, dijadikan jus kacang hijau, dijadikan bubur, atau kreasi lainnya.

Namun demikian, ada baiknya sebelum mengonsumsi kacang hijau, bunda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal itu karena tidak menutup kemungkinan ada beberapa orang yang alergi terhadap kacang-kacangan, termasuk kacang hijau. Selain itu, bunda juga bisa berkonsultasi mengenai cara penyajian mana yang paling sesuai dengan standar kesehatan.

Sekian tips dari Channel Bunda semoga bermanfaat ya…

Terima kasihh,

Mulai Sekarang Bumil Harus Makan Pisang! Berikut Manfaat Pisang…

Tentunya Bunda sudah tidak asing lagi ya dengan buah yang satu ini. Benar sekali, pisang! Pisang merupakan buah yang mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional...
Channel Bunda
3 min read

10 Manfaat Alpukat Bagi Ibu Hamil, Sangat Baik Juga…

Sudah pada tau kan dengan buah yang satu ini. Ya, alpukat atau buah yang bernama latin Persea Americana ini sudah pasti dikenal para bunda....
Channel Bunda
3 min read

Tidak Perlu Mahal Kok, Berikut Daftar Makanan Sehat Untuk…

Kehadiran buah hati tentu menjadi satu hal yang paling didambakan oleh pasangan suami-istri. Apalagi bagi Kamu yang belum lama menikah, pasti tidak sabar untuk...
Channel Bunda
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *