Subscribe to Our Newsletter ! Free and No SPAM !

10 Persiapan Pernikahan Yang Harus Kamu Ketahui Biar Nggak Kacau saat Hari H

logoblog

Persiapan pernikahan apa saja yang sudah kamu buat? Atau kamu masih bingung harus memulainya dari mana? Mempersiapkan pernikahan adalah hal yang sangat penting, karena pernikahan itu tidak main-main. Menikah dengan orang yang kamu cintai dan mencintai kamu, tentu jadi momen yang sangat istimewa dalam sejarah hidupmu.

10 Persiapan Pernikahan Yang Harus Kamu Ketahui Biar Nggak Kacau saat Hari H

Karena itu, kamu harus membuat persiapan pernikahan yang tepat. Jangan sampai pada hari H acara kamu berantakan karena persiapan yang kurang matang. Acara spesial ini harus kamu persiapkan dengan baik jauh hari sebelum acara tersebut diselenggarakan.

Persiapan pernikahan memang tidak mudah, tapi akan memudahkan kamu pada hari H. Menjelang pernikahan kamu akan disibukkan dengan berbagai hal, dan jika tidak kamu persiapkan sejak awal dengan baik maka bisa jadi pernikahanmu berantakan tak karuan.

Kamu dan pasanganmu tentu tidak ingin semua berantakan, karena itu, kamu harus membuat daftar persiapan pernikahan.Dengan membuat daftar persiapan untuk menikah, kamu bisa lebih mudah menentukan mana yang kamu butuhkan. Tentu tidak semua hal bisa kamu siapkan jika kamu tidak punya daftar terlebih dulu.

Berapa lama membuat persiapan pernikahan?


Berapa lama membuat persiapan pernikahan

Persiapan pernikahan bisa kamu lakukan dalam beberapa bulan sebelum acara diselenggarakan. Kamu bisa menyiapkan semuanya dalam 1 bulan, 2 bulan atau lebih. Bahkan, ada beberapa pasangan yang mungkin satu tahun sebelum pernikahan, mereka sudah membuat persiapan pernikahan dalam 1 bulan yang matang.

Jadi, lamanya waktu yang kamu butuhkan untuk mempersiapkan segalanya adalah tergantung dari kebutuhan dan pasangan. Sekalipun demikian, kamu bisa membuat persiapan standar atau umum sebelum menikah seperti dibawah ini.

1. Menentukan hari dan tanggal pernikahan


Menentukan hari dan tanggal untuk persiapan pernikahan

Tahapan persiapan pernikahan yang pertama adalah menentukan hari dan tanggal pernikahan. Ini adalah faktor yang sangat penting sebelum kamu mempersiapkan yang lain. Pada umumnya, menentukan tanggal dan hari pernikahan itu tergantung dari budaya masing-masing daerah.

Misalnya, adat Jawa, maka ada banyak perhitungan yang harus dilaukan untuk menentikan hari dan tanggal pernikahan. Adat Jawa jauh lebih rumit untuk menentukan hari tanggal pernikahan dibandingkan masyarakat perkotaan.

2. Menentukan dana


Menentukan dana untuk persiapan pernikahan

Dana pernikahan juga sangat penting karena kamu tidak mungkin bisa membeli kebutuhan pernikahan tanpa dana. Selain itu, dana juga dibutuhkan untuk persiapan pernikahan di rumah. Ada banyak kebutuhan yang harus kamu beli agar acara pernikahan berjalan dengan lancar. Karena itu, pastikan kamu sudah memiliki dana yang cukup untuk acara tersebut.

Tentukan dana yang akan kamu butuhkan untuk pernikahan dengan model pernikahan sesuai keinginanmu. Semakin besar dana yang kamu miliki, semakin mudah kamu mendapatkan model pernikahan yang kamu inginkan. Tapi, jika kamu memiliki dana pas-pasan, kamu bisa memilih gaya pernikahan yang sederhana atau sesuai dengan budget yang kamu miliki.

3. Memilih wedding organizer


Memilih wedding organizer untuk persiapan pernikahan

Daftar tahapan persiapan pernikahan berikutnya adalah menentukan wedding organizer mana yang kamu gunakan. Saat ini ada banyak sekali WO yang bisa kamu pilih sesuai dengan dana yang kamu miliki. Wedding organizer membantu kamu menyiapkan undangan, catering, fotografer, sound system, tempat resepsi hingga dekorasi panggung pernikahan.

Dengan acara yang cukup padat dan melelahkan, tentu keberadaan wedding organizer ini sangat membantu kamu. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan jasa WO untuk memudahkan persiapan pernikahan bagi wanita dan pria.

4. Tentukan tempatnya


Tentukan tempatnya untuk persiapan pernikahan

Menentukan tempat untuk resepsi, ini juga penting. Menentukan tempat untuk resepsi sangat penting karena berpengaruh terhadap kelangsungan acara kamu dan pasangan. Beberapa tempat yang bisa kamu pilih untuk resepsi pernikahan diantaranya di rumah, gedung, tempat ibadah dan outdoor.

Jika kamu memilih persiapan pernikahan di rumah, maka kamu bisa menggunakan area rumah untuk mengadakan resepsi pernikahan. Selain di rumah, gedung, halaman taman serta tempat ibadah bisa menjadi pertimbangan kamu.

Gedung adalah tempat yang praktis untuk melaksanakan resepsi pernikahan. Jika kamu memilih wedding organizer, maka kamu tidak perlu ambil pusing memilih gedung untuk acara. Pihak WO akan membantu kamu memilih gedung pernikahan sesuai dana dan keinginan kamu. Selain di ruangan, tidak ada salahnya jika kamu memilih outdoor sebagai tempat resepsi pernikahan.

5. Tentukan tamu yang diundang


Tentukan tamu yang diundang untuk persiapan pernikahan

Yang harus kamu pikirkan dan persiapkan lagi sedari awal adalah berapa banyak tamu yang akan kamu undang pada resepsi pernikahanmu. Hal ini penting juga untuk dipersiapkan, jika dana memang terbatas, kamu bisa menerapkan prioritas mana saja orang yang akan diundang ke pernikahanmu.

Biar tidak lupa, kamu bisa membuat checklist persiapan pernikahan excel. Tulis siapa saja yang akan kamu undang sebelum kamu membuat kartu undangan. Dengan begitu, kamu tidak akan melewatkan orang yang harus kamu undang.

6. Pilih gaun pengantin


Pilih gaun pengantin untuk persiapan pernikahan

Gaun pengantin, tidak harus mewah tapi bisa membuat kamu nyaman dan mempesona. Kamu dan pasangan harus menentukan gaun yang digunakan untuk acara pernikahan. Gaun pengantin adalah salah satu persiapan pernikahan bagi wanita dan pria.

Memilih gaun pengantin untuk pernikahan tidak harus mewah apalagi mahal, tapi kamu harus menyesuaikannya dengan bentuk tubuhmu. Pastikan kamu merasa nyaman mengenakan pakaian pengantin demikian juga dengan pasanganmu.

7. Kartu undangan


Kartu undangan untuk persiapan pernikahan

Checklist persiapan pernikahan lain adalah membuat kartu undangan untuk tamu. Kartu ini berperan penting dalam proses pernikahan dan pembuatannya juga membutuhkan proses. Ada baiknya, kamu dan pasangan membuat kartu undangan sesuai keinginan.

Saat membuat kartu undangan, tentukan tema yang menarik dan unik. Konsep yang tepat bisa membuat kartu undangan semakin berkesan. Dan satu lagi yang perlu diperhatikan, kamu juga harus memilih vendor kartu undangan yang berkualitas.

8. Catering


Catering untuk persiapan pernikahan

Catering, salah satu daftar persiapan pernikahan yang wajib kamu susun sebaik mungkin. Jika kamu menyajikan makanan yang tepat, maka semua tamu yang datang akan memujimu. Tapi, jika catering yang kamu hidangkan tidak tepat, pasti menimbulkan kesan yang tidak enak.

Karena itu, pastikan kamu jeli untuk memilih vendor catering yang tepat. Pilihlah vendor catering yang memiliki makanan berkualitas, memiliki dekorasi makanan yang menarik dan berbagai pilihan menu dengan harga terjangkau.

9. Souvernir


Souvernir untuk persiapan pernikahan

Souvenir, tidak kalah dengan persiapan pernikahan lain. Souvernir bisa memberi kesan yang mendalam untuk tamu yang kamu undang. Sebisa mungkin pilihlah souvenir yang unik dan sesuai dengan budget kamu. Tidak perlu mahal atau super mewah, souvenir dengan harga terjangkau asal memiliki desain menarik, ini jauh lebih bagus untuk tamu.

10. Bulan madu


Bulan madu untuk persiapan pernikahan

Bulan madu, rasanya kamu harus berbicara dengan pasangan tentang hal ini. Dengan berbagai tahapan persiapan pernikahan, bulan madu adalah tahapan terakhir dari persiapan itu. Kamu bisa merencanakan bulan madu sesuai dana yang kamu miliki. Tidak harus ke luar negeri, bulan madu bisa kamu lakukan di dalam negeri. Ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi bersama pasangan untuk merayakan momen bersejarah dalam hidup itu.

Pernikahan adalah momen terindah dalam hidup, bahkan sekali seumur hidup. Persiapan pernikahan yang tepat membuat pernikahan kamu semakin meriah. Jadi, pastikan kamu mempersiapkan 10 hal penting di atas sebelum hari H. Membuat daftar atau checklist persiapan pernikahan sangat penting. Karena itu, tolong catat baik-baik apa saja yang kamu butuhkan jauh hari sebelum acara pernikahan. Persiapan yang tepat sangat membantu kamu dan pasangan untuk momen spesial itu.

Baca Juga :