Breaking

Manfaat Tomat yang Perlu Kamu Tahu, Harga Memang Murah, Tapi Tak Disangka, Efeknya Bagus Banget untuk Tubuh

Manfaat tomat bukan hanya untuk dunia kecantikan, tapi tomat juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Jika selama ini kamu hanya mengenal tomat sebagai bumbu dapur atau buah pelengkap saja, kini saatnya kamu tahu semua tentang tomat.

Manfaat Tomat yang Perlu Kamu Tahu, Harga Memang Murah, Tapi Tak Disangka, Efeknya Bagus Banget untuk Tubuh

Buah mungil yang berwarna merah ini bisa dikonsumsi secara langsung, ditambahkan pada masakan atau bisa dibuat minuman jus. Ada banyak nutrisi yang tersimpan pada tomat. Buah ini merupakan sumber alami berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuhmu.

Dengan nutrisi yang sangat lengkap, tak heran jika buah ini sangat banyak peminatnya. Tomat sangat cocok buat kamu yang ingin hidup sehat secara alami. Selain harganya yang sangat terjangkau, tomat juga mudah didapatkan. Tidak ada keraguan lagi buat kamu yang ingin hidup sehat karena ada banyak manfaat tomat untuk pria dan wanita.

Manfaat tomat yang begitu banyak tidak lepas dari kandungan nutrisi yang ada dibawah ini


Manfaat tomat yang begitu banyak tidak lepas dari kandungan nutrisi yang ada dibawah ini

Tomat memiliki berbagai nutrisi diantaranya vitamin, mineral, protein, lemak dan energi. Vitamin-vitamin yang terdapat pada tomat diantaranya vitamin A, B1, B6, C dan K. Selain vitamin, tomat juga mengandung mineral diantaranya fosfor, magnesium, tembaga, thiamin dan niacin.

Ada lagi kandungan tomat lain yang tidak kalah pentingnya yaitu kolesterol, kalori, lemak jenuh dan sodium. Dengan kandungan nutrisi tersebut, tidak heran jika tomat menjadi salah satu bahan terbaik untuk mencukupi kebutuhan gizi harian.

Zat penting lain pada buah tomat yang sangat terkenal adalah lycopene, betakaroten, lutein dan alpha. Lycopene adalah antioksidan alami yang sangat tinggi dibandingkan jenis antioksidan lainnnya. Di dalam buah ini juga terdapat protein, lemak dan karbohidrat.

Dengan kandungan alami ini, rasanya kamu tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi tomat dan mendapatkan manfaat tomat yang begitu banyak. Lantas, apa saja manfaat tomat buah kamu? Simak dan catat beberapa manfaat tomat dibawah ini.

1. Vitamin A pada tomat baik untuk memelihara kesehatan mata. Karena itu kamu wajib mengonsumsinya


Tomat mengandung vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Karena itu kamu wajib mengonsumsinya

Tomat, alasan kamu harus mengonsumsi buah ini adalah untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A yang terdapat pada tomat mampu mencegah rabun senja sekaligus meningkatkan daya penglihatanmu. Manfaat tomat untuk kesehatan mata bisa kamu dapatkan jika kamu rutin mengonsumsi tomat. Selain itu kamu bisa mencegah penyakit mata serius yang tidak dapat disembuhkan.

2. Tomat, meskipun harganya sangat terjangkau tapi punya manfaat yang luar. Kandungan potassium pada buah ini bisa untuk mengatasi hipertensimu


Tomat, meskipun harganya sangat terjangkau tapi punya manfaat yang luar. Kandungan potassium pada buah ini bisa untuk mengatasi hipertensimu

Buah kecil berwarna merah ini bisa mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kandungan potasium pada tomat membantu mencegah tekanan darah tinggi. Salah satu pantangan penderita hipertensi adalah sodium. Ketika lebih banyak sodium yang masuk dalam tubuhmu, hal ini bisa memicu peningkatan tekanan darah. Manfaat tomat membantu mengatasi tekanan darah dan kamu tidak akan mengalami hipertensi.

3. Diet bisa lebih menyenangkan ketika kamu mengonsumsi tomat. Buah ini memiliki manfaat untuk diet karena kandungan vitamin dan mineral didalamnya


Diet bisa lebih menyenangkan ketika kamu mengonsumsi tomat. Buah ini memiliki manfaat untuk diet karena kandungan vitamin dan mineral didalamnya

Selain itu, manfaat tomat untuk diet juga tidak lepas dari kandungan likopen. Zat likopen pada tomat bisa membuatmu mudah kenyang sehingga kamu terhindar dari ngemil berlebihan. Zat ini bisa membantumu mendapatkan berat badan ideal tanpa harus melakukan diet ketat. Manfaat tomat untuk diet bisa kamu rasakan dengan mengonsumsinya secara teratur setiap hari.

4. Tomat adalah salah satu buah yang bisa mencegah penyakit kanker. Biar kamu terbebas dari penyakit mematikan ini, kamu bisa mengonsumsi tomat setiap hari


Tomat adalah salah satu buah yang bisa mencegah penyakit kanker. Biar kamu terbebas dari penyakit mematikan ini, kamu bisa mengonsumsi tomat setiap hari

Jika bosan, kamu bisa menambahkan tomat pada menu masakan lain, atau alternatifnya bisa dibuat jus tomat dengan campuran buah lainnya seperti pisang cavendish. Dengan cara itu, disamping lebih enak, tentunya kamu bisa mendapatkan manfaat ganda untuk mencegah kanker.

5. Untuk menjaga kecantikan kulit, kamu bisa mengonsumsi buah tomat secara langsung atau kamu bisa membuatnya sebagai masker


Untuk menjaga kecantikan kulit, kamu bisa mengonsumsi buah tomat secara langsung atau kamu bisa membuatnya sebagai masker

Vitamin C dan E pada tomat berperan penting untuk menjaga kecantikan kulit. Vitamin E pada tomat berperan untuk mencegah jerawat. Sedangkan vitamin C pada buah ini merupakan antioksidan yang mencegah kerusakan sel-sel kulit dari radikal bebas. Jus tomat adalah salah satu cara untuk mendapatkan manfaat tomat bagi wajah, terutama untuk menjaga kecantikan kulit.

Sedangkan kamu juga bisa menggunakan masker buah tomat untuk menghilangkan jerawat. Selain jerawat, kamu juga bisa mengatasi flek-flek hitam, bekas jerawat dan kulit kusam dengan tomat. Manfaat tomat bagi wajah dan kulit bisa kamu rasakan secara cepat, bahkan kamu tidak harus memakai produk kecantikan mahal.

6. Tomat sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan likopen pada tomat ternyata membantu pembentukan sel otak janin


Tomat sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan likopen pada tomat ternyata membantu pembentukan sel otak janin

Jadi, saat kamu sedang hamil, konsumsi buah ini bisa membantu perkembangan sel pada janinmu. Selain itu, manfaat tomat untuk ibu hamil adalah menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan sehingga menjaga pertumbuhan janinmu. Selama hamil, kamu harus menjaga janin sebaik mungkin dan salah satunya adalah dengan konsumsi makanan yang tepat.

7. Salah satu manfaat tomat adalah mengurangi lemak di tumbuh dengan cepat. Karena itu, kamu bisa mengonsumsinya setiap hari


Salah satu manfaat tomat adalah mengurangi lemak di tumbuh dengan cepat. Karena itu, kamu bisa mengonsumsinya setiap hari

Jika selama ini kamu jarang berolahraga, sering mengonsumsi makanan berlemak, hal ini bisa memicu kenaikan berat badan. Apalagi jika kamu jarang mengonsumsi makanan berserat, hal ini bisa memicu obesitas. Kondisi tubuh yang jauh dari ideal ini jika dibiarkan bisa memicu berbagai jenis penyakit.

Kamu harus berhati-hati ketika kamu dikatakan obesitas. Jika kamu tidak ingin mengalami obesitas, maka kamu harus rajin mengonsumsi buah tomat. Tomat membantumu melunturkan lemak dalam tubuh sehingga mencegah penumpukan lemak.

8. Dengan tomat, kamu tidak lagi was-was dengan serangan jantung atau masalah lain seputar jantung


Dengan tomat, kamu tidak lagi was-was dengan serangan jantung atau masalah lain seputar jantung

Tomat sangat baik untuk menjaga jantung. Jika jantung sehat maka kamu bisa beraktifitas dan hidup lebih tenang. Karena jika kamu mengalami masalah pada jantung, hal ini bisa memicu masalah besar, terutama serangan jantung mendadak. Karena itu, tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi buah tomat secara teratur. Buah ini mengandung potasium dan vitamin K yang berperan melindungi kesehatan jantung.

9. Tomat, si buah yang sangat mudah didapatkan dan baik untuk kesehatan tulang


Tomat, si buah yang sangat mudah didapatkan dan baik untuk kesehatan tulang

Manfaat tomat ternyata ampuh untuk mencegah osteoporosis ini karena peran vitamin K dan mangan didalamnya. Vitamin K berfungsi untuk meningkatkan kekuatan tulang sehingga semakin bertambahnya usia kamu, osteoporosis bisa dicegah sejak dini.

10. Wajah berminyak, bisa bikin kamu tidak nyaman, apalagi saat bersama dengan orang spesial. Tenang, tomat bisa mengatasinya kok


Wajah berminyak, bisa bikin kamu tidak nyaman, apalagi saat bersama dengan orang spesial. Tenang, tomat bisa mengatasinya kok

Wajah berminyak juga menjadi pemicu tumbuhnya jerawat dan kulit kusam. Jika kamu kesulitan mengatasi masalah kulit berminyak, kamu bisa mencoba masker buah tomat. Masker tomat efektif untuk mengatasi kulit berminyak dan kusam.

Cara mendapatkan manfaat buah tomat bagi wajah berminyak ini sangat mudah, ambil 2 buah tomat kemudian haluskan. Setelah itu, oleskan tomat pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas wajah kamu dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini 3 kali seminggu untuk hasil maksimal.

Biar sehat, tidak harus dengan buah-buahan mahal. Sekalipun tomat harganya murah, tapi khasiatnya tidak murahan. Manfaat tomat sangat banyak, bisa untuk wajah, kulit, diet dan untuk mencegah berbagai penyakit. Biar kamu tetap sehat, pastikan buah tomat selalu ada di meja makanmu, setuju?

Baca Juga :

No comments:

Powered by Blogger.