Breaking

10 Cara Mudah Menjaga Kolesterol Tetap Normal - Dijamin Kamu Bakal Sehat dan Tidak Ketergantungan Obat Lagi

Kolesterol normal membuat tubuh kamu tetap sehat dari berbagai penyakit. Kolesterol merupakan suatu senyawa yang diproduksi oleh sel-sel di dalam tubuh. Senyawa itu berbentuk lemak dan lebih banyak dihasilkan di hati.

10 Cara Mudah Menjaga Kolesterol Tetap Normal - Dijamin Kamu Bakal Sehat dan Tidak Ketergantungan Obat Lagi

Tubuh setiap manusia membutuhkan kolesterol baik untuk aktivitas bagian-bagian tubuh. Sekalipun tubuh membutuhkan kolesterol, namun kebutuhan tersebut hanya pada batas tertentu saja. Jika kolesterol dalam darah terlalu tinggi, maka hal ibi bisa menyebabkan berbagai risiko penyakit.

Ketika kamu memiliki kolesterol normal, kamu berada di titik aman dimana stroke dan serangan jantung bisa dicegah. Namun, ketika kolesterol kamu tinggi, kamu harus siap-siap untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan.

Pemeriksaan kolesterol harus dilakukan secara rutin untuk mengetahui kesehatanmu. Jika kamu memiliki kolesterol tinggi, kamu harus rutin melakukan pemeriksaan. Pada intinya, pemeriksaan bisa membantumu untuk menurunkan kolesterol dan menjaga agar tetap normal.

Sangat penting untuk mengetahui kadar kolesterol kamu. Ini kadar kolesterol normal pria dan wanita yang wajib kamu ketahui


Sangat penting untuk mengetahui kadar kolesterol kamu. Ini kadar kolesterol normal pria dan wanita yang wajib kamu ketahui

Umumnya, kadar kolesterol normal wanita dan pria adalah 160 hingga 199 mg/dl. Jika kolesterol kamu dibawah 160 mg/dl maka kondisi ini bisa menimbulkan penyakit kanker, kesulitan bernafas, stroke dan depresi. Sebenarnya kolesterol sangat dibutuhkan oleh tubuh, namun dalam jumlah tertentu saja.

Hal utama yang menyebabkan produksinya berlebihan adalah makanan yang kamu konsumsi. Kadang saat ini kamu memiliki kolesterol normal, tapi makanan yang kamu konsumsi bisa memicu kenaikan kadar kolesterol dalam darah. Sering mengkonsumsi makanan yang memicu kolesterol naik, hal ini bisa membuat kamu lebih mudah mengalami gangguan kesehatan.

Jika kadar kolesterol jahat atau yang dikenal LDL meningkat, hal ini memicu penyumbatan koroner. Agar kamu tidak mengalami masalah kesehatan ringan maupun serius akibat peningkatan kolesterol, kamu harus mengukur kadar kolesterol secara rutin. Ketika kamu memiliki kadar kolesterol sekitar 200 mg/dl maka kamu harus melakukan tes untuk mengetahui kadar LDL maupun trigliserida.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko yang ditimbulkan dari peningkatan kolesterol jahat dalam tubuh kamu. Apalagi, jika kamu memiliki risiko diabetes dan jantung koroner, maka kamu harus mempertahankan kolesterol normal setiap saat.

Jika ternyata kamu memiliki kadar kolesterol lebih dari 230 mg/dl, hal ini menunjukkan ada banyak kolesterol pada darah kamu. Batas kolesterol bahaya itu bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti hipertensi, serangan jantung dan stroke. Karena itulah, sangat penting dan perlu kamu catat, menjaga kolesterol normal itu sangat penting.

Cara menjaga kolesterol agar tetap normal tak harus pakai obat, cara dibawah ini bisa menghindarkan kamu dari ketergantungan obat-obatan


Cara menjaga kolesterol agar tetap normal tak harus pakai obat, cara dibawah ini bisa menghindarkan kamu dari ketergantungan obat-obatan

Tidak harus konsumsi obat-obatan jika kamu ingin mempertahankan kolesterol normal. Ada banyak cara alami yang bisa kamu lakukan agar tidak mengalami masalah kesehatan karena kolesterol. Agar kolesterol normal, dibawah ini beberapa makanan dan pola hidup yang bisa kamu praktekkan.

1. Biar kolesterol kamu tidak gampang naik, kamu perlu konsumsi beberapa jenis ikan laut ini

Biar kolesterol kamu tidak gampang naik, kamu perlu konsumsi beberapa jenis ikan laut ini

Pertama, kamu bisa konsumsi salmon. Ikan laut ini kaya omega 3 yang berfungsi untuk mencegah penggumpalan darah. Omega 3 sangat baik untuk menurunkan kolesterol sehingga jika kamu ingin agar kolesterol tetap normal, kamu bisa mengkonsumsinya secara rutin. Sekalipun kamu mengkonsumsi salmon setiap hari, tapi kamu tidak usah khawatir. Ikan ini mengandung lemak tak jenuh yang cocok dikonsumsi untuk mempertahankan kadar kolesterol normal kamu.

2. Teh hijau, bukan hanya segar ketika diminum, tapi juga efektif untuk menjaga kolesterol tetap normal

Teh hijau, bukan hanya segar ketika diminum, tapi juga efektif untuk menjaga kolesterol tetap normal

Teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang berfungsi untuk mencegah dan mengatasi berbagai macam penyakit. Salah satu manfaat konsumsi teh hijau adalah untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Minuman ini bisa menjadi alternatif mempertahankan kolesterol normal pria dewasa dan wanita. Selain bisa didapatkan dengan mudah, teh hijau juga membantu kamu dari konsumsi obat berlebihan.

3. Gandum, salah satu biji-bijian yang mengandung nutrisi tinggi

Gandum, salah satu biji-bijian yang mengandung nutrisi tinggi

Dengan bahan alami seperti gandum ini, kamu bisa menjaga kolesterol tetap normal sepanjang waktu. Gandum mengandung banyak serat, magnesium, protein, vitamin B1 dan fosfor. Biasanya, gandum dikonsumsi bagi mereka yang sedang diet, karena seratnya yang sangat tinggi. Serat gandum adalah serat larut yang bisa mencegah penyerapan LDL di dalam darah. Karena itulah kamu juga bisa mengonsumsi gandum untuk menjaga kolesterol agar tetap normal.

4. Kacang Almond, alternatif lain untuk jaga kolesterol dalam darah setiap hari

Kacang Almond, alternatif lain untuk jaga kolesterol dalam darah setiap hari

Kacang almond bisa dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kadar kolesterol normal wanita dan pria. Almond mengandung senyawa yang bisa mencegah kerusakan jantung dan pembuluh darah. Selain itu, almond juga mengandung lemak baik yang membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Konsumsi almond setiap hari bisa membuat kolesterol normal tetap terjaga.

5. Jika selama ini kamu sering khawatir akan kenaikan kolesterol yang berbahaya, maka kamu wajib konsumsi oatmeal

Jika selama ini kamu sering khawatir akan kenaikan kolesterol yang berbahaya, maka kamu wajib konsumsi oatmeal

Oatmeal kaya serat dan sangat baik untuk mencegah berbagai jenis penyakit. Kandungan serat dan karbohidrat pada makanan ini bisa mengurangi risiko penyakit yang disebabkan oleh kolesterol tinggi. Selain itu, kamu juga bisa lebih mudah mengontrol kolesterol. Cukup konsumsi satu mangkok oatmeal setiap pagi dan kamu bisa menjaga kolesterol tanpa harus konsumsi obat-obatan.

6. Coklat, makanan yang manis dan disukai siapa saja

Coklat, makanan yang manis dan disukai siapa saja

Dibalik rasanya yang lezat, ternyata coklat juga mengandung teobromina, zat yang bisa mengurangi koleterol jahat dalam darah. Jadi, ini kabar baik buat kamu yang suka makan coklat. Kamu bisa menjaga koleterol normal dengan konsumsi coklat, terutama coklat hitam.

7. Wortel, sayuran yang cukup mudah didapatkan, tapi bisa membantu kamu tetap sehat

Wortel, sayuran yang cukup mudah didapatkan, tapi bisa membantu kamu tetap sehat

Sayuran berwarna orange ini mengandung serat, magnesium, vitamin A, vitamin C dan vitamin K. Serat larut pada wortel bermanfaat untuk menurunkan kolesterol tinggi. Selain itu, vitamin C pada wortel berfungsi untuk mencegah proses oksidasi kolesterol jahat.

8. Untuk menjaga kolesterol agar tetap normal, kamu bisa mengkonsumsi kentang rebus setiap hari

Untuk menjaga kolesterol agar tetap normal, kamu bisa mengkonsumsi kentang rebus setiap hari

Kentang, sekalipun hanya dikenal sebagai sayur untuk berbagai aneka masakan, tapi nyatanya kentang juga baik untuk menormalkan kolesterol tinggi. Potasium pada kentang berperan aktif menurunkan kolesterol tinggi. Merebus kentang membuat nutrisi pada sayuran ini tetap terjaga dan lebih berkhasiat.

9. Labu kuning juga mengandung kalium dan kalsium yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah

Labu kuning juga mengandung kalium dan kalsium yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah

Labu kuning, dibalik warnanya yang kuning dan rasanya yang manis, ternyata mengandung cukup banyak vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Beberapa vitamin yang terdapat pada buah ini diantaranya vitamin A, vitamin C dan vitamin E.

10. Lobak, sayuran yang kaya potasium dan bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol normal

Lobak, sayuran yang kaya potasium dan bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol normal

Lobak, sayuran yang menyerupai wortel dengan sifat diuretik. Sifat tersebut adalah salah satu alasan kenapa kamu wajib mengkonsumsinya untuk menjaga kadar kolesterol. Lobak juga mengandung potasium yang mencegah pembentukan kolesterol berlebih.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir dengan kolesterol karena beberapa makanan di atas bisa membantu kamu menjaga kolesterol tetap normal. Sekarang, kamu bisa memasukkan beberapa makanan di atas kedalam menu harian untuk menjaga kolesterol normal setiap hari.

No comments:

Powered by Blogger.