Subscribe to Our Newsletter ! Free and No SPAM !

Cara Mengobati Flu yang Menyumbat Hidung dengan Mudah, Terbukti Ampuh Lho

logoblog

Flu, diambil dari kata Influenza, ialah virus pernafasan yang mempengaruhi tenggorokan, hidung, dan terkadang paru-paru. Ada berbagai jenis virus flu yang berevolusi dari tahun ke tahun. Cuaca yang tak menentu dapat menyebabkan kamu terserang flu.

Cara Mengobati Flu yang Menyumbat Hidung dengan Mudah, Terbukti Ampuh Lho

Gejala yang ditimbulkan biasanya beragam. Ada yang mengalami demam, kepala pusing, otot-otot mulai terasa sakit, badan terasa sakit, merasa kedinginan namun berkeringat, tenggorokan sakit, batuk yang kering, dan hidung tersumbat.

Terkadang flu memang dapat sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu beberapa hari. Namun hal ini sungguh akan menghambat aktivitasmu. dan pastinya kamu tidak mau kan kalau pekerjaan yang sudah kamu rancang sedemikian rupa akan terkendala karena kamu sakit flu?

Apalagi kalau sakitmu ini dapat menular ke orang-orang tersayang di sekitarmu seperti keluarga atau teman dekat, sebab flu tergolong penyakit menular. Tapi jangan khawatir, kamu bisa mencoba tips-tips ini untuk membantumu mengatasi flu.

1. Perbanyak minum air putih


Perbanyak minum air putih untuk mengobati flu

Flu bisa membuatmu dehidrasi, terutama jika kamu mengalami flu yang diikuti oleh muntah atau diare. Jadi pastikan tubuhmu tetap terhidrasi dengan cara minum banyak cairan seperti air putih. Sebab ini akan membantumu mencegah dehidrasi dan juga mengobati flu yang sedang kamu derita.

Air putih yang hangat lebih disarankan dalam mengatasi flu dikarenakan air hangat dapat membantumu meredakan hidung yang tersumbat dan menenangkan membran yang meradang yang melapisi hidung dan tenggorokanmu. Bagaimana kamu bisa tahu jika asupan cairan dalam tubuhmu terpenuhi? Cek ketika buang air kecil. Urinmu harus berwarna kuning pucat atau hampir tidak berwarna.

2. Istirahat yang cukup


Istirahat yang cukup untuk mengobati flu

Lihatlah kondisi tubuhmu. Jika tubuhmu memberimu sinyal untuk tidak melakukan aktifitas seperti bekerja atau berolahraga, dan itu terasa berat untuk dilakukan, maka jangan lakukan. Segera hubungi kantor atau sekolahmu dan beri tahu mereka bahwa kamu absen untuk beberapa saat.

Manfaatkan waktu untuk istirahatkan tubuhmu. Istirahat dapat membantumu dalam hal memberi energi yang dibutuhkan untuk melawan virus flu. Jangan ragu-ragu untuk mempersingkat tidur malammu. Siklus tidur yang baik membantu sistem kekebalan tubuhmu bekerja dengan baik, jadi penting untuk tidur delapan jam penuh setiap malam.

3. Hindari kontak dengan orang lain


Hindari kontak dengan orang lain untuk mengobati flu

Ketika kamu terserang flu, sebaiknya kamu tetap tinggal di rumah dan hindari kontak dengan orang lain. Virus flu biasanya menyebar melalui udara dari orang yang bersin atau batuk. Dan jika kamu bukanlah orang yang tinggal sendirian atau dengan kata lain kamu memiliki anggota keluarga yang lain dalam satu atap, maka usahakan kamu harus berada di ruangan kamar yang terpisah.

Selanjutnya, biasakan pula cuci tanganmu. Karena virus flu juga dapat menyebar melalui tangan. Selain itu, gunakan perlengkapan makanan yang berbeda atau dengan kata lain khusus untukmu. Jadi kamu harus punya gelas, piring, dan sendok sendiri. Disarankan untuk tidak menggunakan benda-benda secara bergantian dengan anggota keluarga yang lain.

4. Minum obat flu


Minum obat flu untuk mengobati flu

Jika kamu mengalami demam, batuk atau gejala flu lainnya, obat flu yang dijual bebas dapat membantumu meringankan gejala flu. Jika kamu belum mempunyai waktu untuk memeriksakan sakitmu ke dokter, maka pergilah ke apotek.

Utarakan secara gamblang apa yang kamu rasakan kepada apoteker, nyatakan bahwa kamu mengalami flu yang mana dengan disertai batuk maupun pusing atau tidak. Setelah kamu mendapatkan obatnya, maka segeralah dikonsumsi.

5. Pergilah untuk menemui dokter


Pergilah untuk menemui dokter untuk mengobati flu

Penting untuk diperhatikan bahwa jika kamu sedang sakit flu berkepanjangan dan tak kunjung sembuh. Jangan menganggap bahwa flu yang kamu derita itu ringan ya. Flu yang kamu anggap sepele ini bisa jadi merupakan flu beresiko tinggi menyebabkan sakit yang lebih serius, kamu harus segera menghubungi dokter.

Dokter akan memberimu resep obat yang dalam 3x24 jam mampu melawan virus flu, bisa juga mengurangi parahnya lama masa sakitmu. Tentunya kamu tidak ingin mengalami sakit yang terus menerus tak kunjung sembuh kan?

6. Menghirup uap


Menghirup uap untuk mengobati flu

Pernakah kamu mendengar istilah terapi uap? Terapi uap diyakini ampuh sebagai pengobatan apabila hal-hal yang di atas tidak juga membantuku meringankan flu yang sedang kamu derita. Langkah-langkahnya adalah isi panci dengan air. Tambahkan beberapa helai daun mint atau 1 jumput teh. Bila kamu tidak memiliki daun mint atau teh, kamu dapat menggunakan minyak kayu putih. Tuangkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air tersebut.

Jika tahapan sebelumnya sudah selesai, rebus air. Tunggu hingga air mendidih dan mengeluarkan uap. Hirup uap selama beberapa menit sampai kamu merasa lebih baik. Metode ini bisa membantumu dalam meringankan atau memperlancar hidung yang tersumbat sehingga dapat membuka saluran udara. Mungkin kamu menganggap langkah ini sepele, namun ini sangat membuatmu agar kamu lebih mudah untuk bernafas.

7. Makan makanan yang bergizi


Makan makanan yang bergizi untuk mengobati flu

Nafsu seseorang ketika sakit biasanya cenderung menurun sehingga menyebabkan ia lebih memilih untuk tidak menyantap makanan. Namun hal ini harus diwaspadai sebab sesungguhnya tubuh kamu membutuhkan asupan nutrisi yang cukup di saat kamu sakit.

Sungguh disarankan bahwa meskipun nafsu makanmu menurun, kamu harus menghipnotis dirimu yang malas untuk makan itu untuk setidaknya makan makanan bergizi. Sehingga nutrisi yang diserap oleh tubuhmu dapat membantumu untuk segera pulih.

Nah, seperti itu lah beberapa tips untuk mengusir flu yang sedang kamu derita dengan cepat. Memang benar, hal-hal seperti yang tertera di atas dapat dilakukan agar kamu segera sembuh. Namun apabila kamu sedang dalam kondisi baik-baik saja dan tiba-tiba kamu merasakan gejala-gejala flu, lebih baik kamu segera mengonsumsi vitamin maupun buah-buahan.

Sebab vitamin dan buah-buahan merupakan antioksidan yang dapat berguna dalam menjaga kesehatan tubuh seperti meningkatkan fungsi sistem imun. Lalu, apabila aktifitasmu menuntutmu untuk selalu berada dalam ruangan ber-AC, usahakan kamu menghindari memakai baju yang tipis ya. Memang ada beberapa penelitian yang menganjurkan kamu untuk tidak menggunakan pakaian yang tebal saat terserang demam.

Tapi, apabila kamu baru saja terjangkit flu dan belum mendapatkan penanganan, cobalah untuk menggunakan jaket terlebih dahulu. Sebab ketika kamu tidak bisa menghindari suhu ruangan yang dingin, seperti kamu masih di kantor ataupun di dalam ruangan kelas ber-AC, hal ini justru akan memperparah sakitmu. Oleh karena itu lebih baik untuk kamu mengenakan pakaian yang tebal apabila belum adanya penanganan ya.

Atau apabila kamu merasakan gejala-gejala flu di musim pancaroba, setidaknya gunakanlah pakaian yang cukup tebal, maupun selalu bawa jaket kemana pun kamu pergi ya. Hal ini ampuh untuk mencegahmu terserang virus-virus influenza. Dan perlu diingat lagi bahwasanya mencegah lebih baik daripada mengobati. Betul tidak?