Breaking

5 Cara Menghilangkan Ketombe yang Nggak Bayar, Tapi Hasilnya Sama Bagusnya dengan Produk Perawatan Rambut Berkelas

Ketombe adalah salah satu masalah yang umum terjadi, bukan hanya pada wanita, tapi pria juga bisa mengalaminya. Namanya ketombe jika dibiarkan pasti bertambah banyak dan membuat kamu tidak percaya diri. Karena itu, kamu harus memilih cara menghilangkan ketombe yang tepat.

5 Cara Menghilangkan Ketombe yang Nggak Bayar, Tapi Hasilnya Sama Bagusnya dengan Produk Perawatan Rambut Berkelas

Sekalipun ketombe tidak bikin kamu sakit, tidak menular, tapi jika dibiarkan bisa merusak kesehatan rambut. Padahal, rambut itu mahkota bagi wanita. Jika rambut kamu berketombe, tentu saja rambut kamu juga bermasalah. Ketombe sering terlihat ketika kamu menyisir rambut dan mengenakan pakaian gelap.

Ketombe merupakan serpihan dari kulit kepala kamu yang berwarna putih. Serpihan kulit kepala tersebut mengalami pengelupasan dan menempel pada rambut kamu. Ketombe adalah masalah pada kulit kepala, jadi bukan masalah kerusakan rambut kamu. Karena ini masalah kulit kepala, kamu juga harus cari tau apa yang menjadi penyebabnya.

Setelah kamu tau penyebabnya, mulailah mencari cara menghilangkan ketombe yang tepat. Menghilangkan ketombe tidak harus dengan produk mahal, tapi kamu juga bisa gunakan bahan herbal yang mudah didapatkan.

Ketombe tidak muncul begitu saja, beberapa hal ini bisa menyebabkan rambut kamu berketombe


Ketombe tidak muncul begitu saja, beberapa hal ini bisa menyebabkan rambut kamu berketombe

Ketombe, tidak hanya kamu saja yang mengalaminya. Ada banyak orang yang mengalami masalah kulit kepala ini. Bukan hanya orang dewasa, tapi anak-anak dan remaja juga bisa memiliki ketombe. Bahkan, pada kulit kepala bayi juga bisa muncul ketombe.

Sekalipun banyak orang yang mengalami masalah ini, tapi jika tidak segera kamu selesaikan, kamu bisa malu. Ketombe sering jatuh di bahu dan terlihat dengan jelas ketika kamu memakai pakaian hitam atau pakaian gelap lainnya.

Pada umumnya, munculnya ketombe bisa disebabkan oleh banyak faktor. Sebenarnya, ketombe adalah salah satu bagian dari proses kulit yang mengelupaskan sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan sel yang baru dan lebih sehat.

Demikian juga dengan kulit kepala, sel-sel kulit pada kepala yang mati akan mengelupas dan digantikan dengan yang baru. Namun, ketombe adalah sel-sel kulit yang baru tumbuh kemudian mati dengan sangat cepat. Sel-sel kulit yang cepat mati ini mengelupas dan menyebabkan ketombe.

Beberapa penyebab ketombe diantaranya:

  • Jarang keramas, selain terlihat jorok, kebiasaan ini bisa memicu timbulnya ketombe
Keramas, sekalipun cuma gitu-gitu aja, tapi manfaatnya cukup besar. Keramas bisa membersihkan kotoran dan keringat yang menempel di kulit kepala. Jika kamu jarang keramas, kotoran dan keringat bisa menumpuk di kulit kepala dan menyebabkan ketombe.
  • Kondisi kulit kepala yang tidak sehat lebih mudah memicu ketombe
Kulit kering, kondisi ini memicu munculnya ketombe. Kondisi ini lebih umum terjadi dibandingkan penyebab ketombe lainnya.
  • Eksim, sekalipun jarang sekali orang yang mengalaminya, tapi kondisi ini memicu timbulnya ketombe
Eksim, kondisi ini merupakan peradangan akut pada kepala yang menyebabkan kulit kepala kamu gatal. Kondisi ini juga menyebabkan serpihan putih pada kulit kepala dan disebut dengan ketombe.
  • Hati-hati jika kulit kepala mengalami iritasi, kondisi ini sangat memicu timbulnya ketombe 
Iritasi kulit kepala bisa menyebabkan ketombe. Iritasi ini lebih mudah terjadi pada kulit kepala berminyak. Iritasi ini berwarna kemerahan dan memiliki serpihan dari kulit yang berwarna putih.
  • Infeksi yang ditimbulkan oleh jamur bisa memicu ketombe berlebih
Ketombe juga bisa disebabkan oleh infeksi yang disebabkan oleh jamur Malassezia. Jamur ini tumbuh di kulit kepala yang menyebabkan iritasi. Kondisi kulit kepala yang iritasi ini menimbulkan pertumbuhan sel kulit baru. Kemudian sel-sel kulit mati mengelupas menjadi ketombe.
  • Produk perawatan rambut yang kamu pakai bisa jadi sumber masalah rambut
Produk perawatan rambut tidak semuanya cocok di rambut dan kulit kepalamu. Kulit kepala bisa mengalami iritasi jika kamu memakai produk perawatan rambut yang salah. Iritasi ini menyebabkan kulit kemerahan, menyebabkan pengelupasan kulit atau ketombe.

Cara menghilangkan ketombe yang gampang, tapi tidak bikin ketombe balik lagi


Biar ketombe tidak semakin banyak di kulit kepala, kamu bisa memilih beberapa cara menghilangkan ketombe di bawah ini.

1. Keramas, cara menghilangkan ketombe ringan yang sangat mudah kamu lakukan di rumah


Keramas, cara menghilangkan ketombe ringan yang sangat mudah kamu lakukan di rumah

Untuk mencegah dan mengatasi ketombe, rajinlah keramas setidaknya 3 kali seminggu. Keramas bisa menghilangkan minyak dan kotoran di kulit kepala. Selain itu, kamu juga harus memilih shampo yang tepat untuk keramas. Ada banyak produk perawatan rambut yang bisa kamu gunakan.

2. Garam, sekalipun rasanya asin tapi bahan dapur ini memiliki kandungan yang mampu menghilangkan ketombe


Garam, sekalipun rasanya asin tapi bahan dapur ini memiliki kandungan yang mampu menghilangkan ketombe

Garam mengandung mineral yang mampu menyerap minyak berlebih di kulit kepala. Selain itu, garam memiliki zat sebagai antibakteri yang bisa menghilangkan ketombe dengan cepat. Dengan menggunakan garam, sel-sel kulit mati yang menempel pada kulit kepala bisa dihilangkan dengan mudah. Cara menghilangkan ketombe yang parah dengan garam adalah:

  • Siapkan 1 sendok teh garam dapur
  • Basahi rambut dan kulit kepala kamu
  • Taburkan sedikit demi sedikit garam pada kulit kepala sambil dipijat selama beberapa menit
  • Setelah kamu selesai melakukan pijatan, bilas rambut dengan air hangat kemudian bilas kembali dengan air dingin
  • Bersihkan kembali rambut dengan shampoo yang tepat
  • Ulangi cara ini 2 kali setiap minggu

3. Rasanya memang masam, tapi jeruk nipis bisa menghilangkan ketombe kamu dengan sangat mudah


Rasanya memang masam, tapi jeruk nipis bisa menghilangkan ketombe kamu dengan sangat mudah

Jeruk nipis mengandung citric acid yang bisa mengontrol pH pada kulit kepala. Jika pH kulit kepala seimbang, maka ketombe tidak mudah berkembang. Selain citric acid, buah ini juga mengandung astringent effect yang mencegah minyak berlebih di kulit kepala. Untuk mengatasi ketombe, kamu bisa mencoba cara dibawah ini.
  • Siapkan satu buah jeruk nipis, ambil airnya saja
  • Basahi rambut, kemudian oleskan air jeruk nipis pada kulit kepala sambil pijat-pijat
  • Diamkan air jeruk nipis meresap pada kulit kepala selama 20 menit
  • Setelah itu bilas rambut dengan air hangat, ulangi dengan air dingin
  • Lakukan cara ini 2 kali seminggu untuk hasil maksimal

4. Minyak zaitun, minyak yang berkhasiat untuk kecantikan kulit dan wajah tapi juga bisa menghilangkan ketombe


Minyak zaitun, minyak yang berkhasiat untuk kecantikan kulit dan wajah tapi juga bisa menghilangkan ketombe

Minyak zaitun mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk menutrisi kulit kepala dan rambut. Minyak zaitun sangat cocok bagi kamu yang memiliki kulit kepala kering. Cara menghilangkan ketombe membandel dengan minyak zaitun sangat mudah, kamu bisa mencoba cara dibawah ini.
  • Ambil 2 sendok makan minyak zaitun
  • Pastikan kamu sudah mencuci rambut dan rambut dalam keadaan setengah kering
  • Oleshkan minyak zaitun pada kulit kepala secara perlahan dan merata
  • Pijat-pijat kulit kepala
  • Diamkan minyak zaitun meresap selama 30 menit
  • Setelah itu bilas rambut hingga bersih
  • Lakukan cara ini secara rutin 2-3 kali seminggu hingga ketombe kamu berkurang

5. Lidah buaya, salah satu bahan perawatan rambut yang tidak diragukan lagi khasiatnya terutama untuk menghilangkan ketombe


Lidah buaya, salah satu bahan perawatan rambut yang tidak diragukan lagi khasiatnya terutama untuk menghilangkan ketombe

Gel lidah buaya mampu menutrisi kulit kepala yang kering sekaligus mengatasi masalah ketombe. Cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya sangat mudah, berikut caranya.

  • Siapkan gel lidah buaya secukupnya
  • Siapkan 1 sendok makan air lemon
  • Campur gel lidah buaya dengan air lemon, aduk hingga rata
  • Oleskan campuran pada kulit kepala hingga merata dan diamkan selama 30 menit
  • Setelah itu bilas rambut dengan air dingin tanpa menggunakan shampo
  • Lakukan cara alami ini setidaknya 3 kali seminggu untuk hasil yang optimal

Cara menghilangkan ketombe parah atau membandel ternyata sangat mudah dan murah, tidak harus menggunakan produk mahal untuk menghilangkan ketombe. Kamu bisa memanfaatkan beberapa bahan alami di atas untuk mengatasinya. Jadi, tidak perlu bingung lagi untuk memilih cara menghilangkan ketombe. Praktekkan cara-cara di atas dan kamu tidak bakal kecewa dengan hasilnya.

Baca Juga :

No comments:

Powered by Blogger.