Subscribe to Our Newsletter ! Free and No SPAM !

Panduan Komplit Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tomat

logoblog

Persoalan jerawat seakan tak pernah bisa lepas dari kehidupan, setidaknya hampir sebagian besar orang akan merasakan adanya jerawat meskipun hanya sekali dalam seumur hidup. Penyakit jerawat ini bisa muncul kepada siapa saja, muda ataupun tua juga berpotensi terkena jerawat.

Panduan Komplit Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tomat

Pada umumnya, dampak psikologis akan didapat bagi seseorang yang terkena jerawat yang mana akan mempengaruhi mood diri. Selain itu, diri juga akan merasa tidak percaya diri saat tampil didepan banyak orang karena ada bintil-bintil jerawat yang tampak di muka.

Munculnya jerawat biasanya dipicu oleh beberapa penyebab yang sedikit orang tahu. Kebanyakan orang hanya lebih fokus pada cara menghilangkan jerawat baik dengan cara tradisional maupun modern. Padahal dengan mengetahui penyebab munculnya jerawat, maka perawatan yang dilakukan tidak sia-sia. Jadi, ketika kamu merasa sudah melakukan perawatan tapi kok masih muncul jerawat lagi, bisa jadi karena ada sebab yang menjadi pemicunya.

Mengenal penyebab jerawat sejak awal


Mengenal penyebab jerawat sejak awal

Sebelum fokus pada perawatan untuk menghilangkan jerawat, alangkah baiknya kamu tahu seluk beluk mengenai penyebab tumbuhnya jerawat. Dengan mengetahuinya sejak awal tentu juga sebagai antisipasi untuk mencegah agar tak timbul kembali. Berikut ini beberapa penyebab jerawat yang paling umum terjadi.

  • Konsumsi makanan berlemak
  • Konsumsi alkohol berlebihan
  • Tidak seimbangnya hormon reproduksi pada kalangan remaja
  • Kurang nutrisi yang baik untuk tubuh
  • Munculnya bakter akibat bersentuhan dengan sesuatu yang kotor
  • Timbunan sel kulit mati dan kotoran pada kulit
  • Debu dan kotoran yang menempel akibat udara kotor
  • Air mandi yang tidak steril
  • Resistensi insulin pada orang yang terkena diabetes
  • Terkena stress maupun depresi

Jika sudah mengetahui apa saja penyebab tumbuhnya jerawat, maka tahap selanjutnya yaitu cara untuk menghilangkan jerawat. Banyak cara yang bisa dilakukan mulai dari cara tradisional dengan bahan alami hingga modern dengan menggunakan teknologi canggih. Kali ini Bunda ingin membagi informasi untukmu mengenai penghilangan jerawat dengan menggunakan tomat.

Kandungan tomat yang perlu kamu tahu


Kandungan tomat yang perlu kamu tahu

Tomat merupakan sayuran yang pastinya semua orang tahu, biasanya dipakai untuk bahan masakan. Ternyata sayuran tomat juga ampuh untuk menghilangkan jerawat beserta bekasnya tanpa meninggalkan efek samping negatif sehingga aman sekali untuk jangka panjang.

Sebelum masuk pada langkah penerapan tomat untuk perawatan wajah, terlebih dahulu Bunda ingin sharing mengenai khasiatnya yang sangat lengkap. Dengan mengetahui khasiat serta kandungan tomat tentunya kamu akan semakin yakin untuk memanfaatkannya sebagai cara alami untuk mengatasi jerawat. Berikut beberapa khasiat serta kandungan tomat yang ampuh untuk mengusir jerawat.

Tomat mengandung vitamin A, C & K

Tomat mengandung vitamin A, C & K

Dalam tomat terdapat beberapa vitamin yang sangat baik untuk kulit seperti vitamin A, C serta K. Vitamin A sendiri berperan untuk meremajakan kulit sedangkan vitamin C untuk meningkatkan produksi kolagen yang berfungsi untuk keelastisitas kulit serta vitamin K untuk memudarkan bekas merah pada jerawat.

Tomat mengandung zat anti-inflamasi

Tomat mengandung zat anti-inflamasi

Zat anti-inflamasi sangat berguna untuk menyembuhkan luka secara cepat serta mengurangi peradangan. Pada tomat sendiri terdapat zat ini sehingga sangat cocok untuk kamu yang memiliki jerawat cukup parah hingga terjadi infeksi atau peradangan. Dengan menerapkan tomat sebagai perawatan alami, jerawat pada wajahmu akan menghilang secara perlahan.

Tomat mengandung likopen

Tomat mengandung likopen

Terdapat kandungan terbaik pada tomat yang jarang orang tahu yaitu likopen. Likopen adalah zat antioksidan yang berperan sangat besar untuk kekebalan tubuh terutama kulit sehingga kulit lebih tahan terhadap berbagai penyakit. Ternyata ada manfaat luar biasa dari likopen untuk kesehatan kulit seperti :

  • Mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit mati
  • Melindungi kulit secara total/sempurna
  • Meningkatkan produksi kolagen supaya kulit lebih cerah alami
  • Melindungi kulit dari efek paparan sinar UV dari matahari

Tomat mengandung asam salisilat dan zat adstringen

Tomat mengandung asam salisilat dan zat adstringen

Sayuran tomat mengandung asam salisilat yang mana kandungan ini biasanya terdapat pada cream penghilang noda jerawat. Tapi asam salisilat pada tomat bersifat alami sehingga efek yang didapat juga positif. Zat ini sangat manjur untuk membasmi kotoran dan debu yang menempel pada pori-pori.

Selan itu, tomat juga mengandung adstringen, zat yang mampu mengurangi kerutan serta mengencangkan kulit sehingga penampilan lebih muda. Jadi penggunaan tomat untuk perawatan kulit yang diterapkan secara rutin juga akan meminimalisir penuaan.

Manfaat tomat yang luar biasa


Manfaat tomat yang luar biasa

Sayuran berwarna merah ini ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk perawatan tubuh baik dari dalam ataupun luar tubuh. Jika dimanfaatkan secara rutin maka tomat akan memberikan dampak positif yang baik untuk tubuh dalam jangka panjang.

Tomat mampu menyeimbangkan pH kulit

Tomat mampu menyeimbangkan pH kulit

Kemampuan tomat yang paling unggul adalah menyeimbangkan pH kulit sehingga kondisinya akan stabil normal. Maksudnya disini adalah tidak terlalu berminyak atau kering. Kulit yang terlalu berminyak atau kering akan sangat mudah timbul jerawat.

Tomat mampu memperkecil pori-pori

Tomat mampu memperkecil pori-pori

Pori-pori yang membesar dapat memicu penyumbatan dari kotoran dan minyak sehingga menyebabkan jerawat mudah tumbuh. Dengan tomat yang dijadikan masker, pori-pori kulit akan mengecil secara perlahan karena didalam tomat terdapat zat alami untuk mengatasi pori-pori membesar.

Tomat mengurangi produksi minyak

Tomat mengurangi produksi minyak

Penyebab tumbuhnya jerawat paling utama adalah produksi minyak berlebih pada kulit. Terdapat kandungan bahan khusus yang mampu mencegah pengeluaran minyak yang berlebihan sehingga sangat ampuh untuk mencegah munculnya jerawat di kulit wajah.

Cara menghilangkan jerawat dengan tomat yang bisa kamu praktekkan segera


Cara menghilangkan jerawat dengan tomat yang bisa kamu praktekkan segera

Setelah kamu mengetahui kandungan serta manfaat tomat untuk kesehatan tubuh terutama kulit, maka saatnya Bunda membagikan beberapa cara menghilangkan jerawat dengan tomat. Cara-cara berikut bisa diterapkan siapa saja tanpa rumit dan berbelit-belit, pemula sekalipun bisa mempraktekkannya. Langsung saja masuk ke bagian langkahnya.

1. Menggunakan campuran lemon

Cara menghilangkan jerawat dengan tomat dan lemon

Cara menghilangkan jerawat dengan tomat yang pertama adalah mencampurnya dengan buah lemon. Lemon merupakan buah asam yang tak perlu diragukan lagi khasiatnya baik untuk perawatan dalam tubuh ataupun luar tubuh. Buah ini nyatanya ampuh untuk memudarkan bekas jerawat karena terdapat kandungan blaching agent.

Kita tahu, manfaat vitamin C utuk menghilangkan bekas jerawat sangat baik, karena akan menghambat inflamasi/peradangan yang bisa saja ditimbulkan akibat bakteri penyebab jerawat. Selain itu, vitamin C juga bisa mencerahkan kulit dan menyamarkan flek hitam bekas jerawat.

Lemon juga mengandung vitamin C tinggi yang mampu menghilangkan jerawat membandel karena sifatnya sebagai disinfektan alami. Air perasan dari buah ini juga bisa menjadi asam alami yang manjur untuk membasmi bakter penyebab jerawat. Jadi, dengan gabungan tomat dan lemon maka perawatan akan menjadi maksimal. Berikut ini langkah pengaplikasiannya:

  1. Persiapkan 1 buah tomat lalu dihaluskan dengan blender
  2. Blender sampai benar-benar halus dan teksturnya layak untuk dijadikan masker
  3. Selanjutnya, belah 1 buah lemon dan peras hingga keluar semua airnya
  4. Tambahkan air lemon ke tomat yang telah anda blender sebelumnya
  5. Tuang air perasan ke tomat yang sudah dihaluskan lalu campur sampai merata
  6. Oles masker ke wajah yang terdapat jerawat dan bekasnya
  7. Diamkan hingga mengering sekitar 15 menit kemudian bilas dengan air hangat
  8. Aplikasikan masker ini secara rutin supaya hasil yang lebih maksimal

2. Menggunakan campuran alpukat

Cara menghilangkan jerawat dengan tomat dan alpukat

Cara menghilangkan jerawat dengan tomat yang kedua adalah mengkombinasi dengan alpukat. Buah berwarna hijau ini sangat berkhasiat untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Alpukat kaya akan kandungan vitamin E yang sangat ampuh untuk mencegah iritasi dan peradangan akibat jerawat.

Selain itu, alpukat juga dapat dijadikan pelembab alami untuk jenis kulit kering dan sensitif. Walaupun dengan mengaplikasikan alpukat, kulit akan semakin lembab tapi ia tidak menimbulkan penyumbatan pada pori-pori kulit. Inilah yang menjadi satu kelebihan khusus dari buah alpukat. Untuk penerapan cara menghilangkan jerawat dengan campuran tomat dan alpukat, bisa ikuti langkah berikut ini :

  1. Rebus air secukupnya dalam wadah sampai mendidih
  2. Sambil menunggu, siapkan 1 irisan alpukat serta 1 buah tomat
  3. Haluskan kedua bahan tersebut dengan blender sampai teksturnya cocok untuk jadi masker
  4. Jika air sudah mendidih, matikan api lalu tuang ke panci
  5. Terapkan sauna dengan cara didekatkan wajah untuk dapatkan uapnya
  6. Lakukan penguapan selama sekitar 15 menit supaya pori-pori kulit terbuka lebar
  7. Jika sudah, oleskan masker campuran ke wajah ke seluruh wajah. Diamkan sekitar 30 menit
  8. Terakhir, bilas dengan air hangat sampai bersih, lakukan setidaknya 1X sehari

3. Menggunakan campuran yoghurt

Cara menghilangkan jerawat dengan tomat dan yoghurt

Cara menghilangkan jerawat dengan tomat yang ketiga adalah mengkombinasi dengan yoghurt. Biasanya yoghurt lebih banyak dikonsumsi karena rasanya yang enak. Ternyata krim lembut ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat beserta bekasnya.

Peran yoghurt sendiri sebenarnya adalah menyeimbangkan pH pada kulit. Jika pH seimbang, maka kulit akan lebih terlindung dari iritasi akibat bakteri penyebab tumbuhnya jerawat. Yoghurt juga mengandung asam laktat yang ampuh membasmi bakteri. Selain itu, krim ini juga bagus untuk mencerahkan kulit sehingga noda-noda jerawat lebih tersamarkan. Berikut penerapan cara menghilangkan jerawat dengan campuran tomat dan yoghurt :

  1. Siapkan tomat setengah saja, jangan lupa gunakan tomat yang masih segar
  2. Siapkan setengah tomat segar lalu haluskan dengan blender
  3. Tambahkan 2 sendok yoghurt ke dalam tomat yang sudah dihaluskan
  4. Aduk sampai merata kemudian oles ke seluruh wajah sambil dipijat ringan
  5. Diamkan sekitar 15 menit lalu bilas dengan air sampai bersih
  6. Lakukan minimal sekali dalam 2 hari agar hasil optimal

4. Menggunakan campuran madu

Cara menghilangkan jerawat dengan tomat dan madu

Cara menghilangkan jerawat dengan tomat yang keempat adalah mencampur dengan madu. Madu menjadi salah satu herbal alami yang dikenal baik untuk menyembuhkan berbagai penyakit baik dari dalam maupun luar tubuh. Jika dikonsumsi bisa memberikan stamina lebih agar lebih bugar sedangkan jika dioles bisa menghaluskan kulit, mengurangi keriput serta melembabkan kulit.

Tak sampai disitu saja, madu juga berkhasiat untuk memperlaju kinerja regenerasi kulit serta membuang sel kulit mati yang menempel di kulit. Jadi dengan madu ini jerawat mudah kempes dan yang sudah jadi bekas jerawat akan lebih mudah memudar karena sel kulit yang mati sudah terganti dengan yang baru. Untuk penerapan cara menghilangkan jerawat dengan campuran tomat dan madu, ikuti saja langkahnya berikut ini.

  1. Sediakan 1 tomat segar lalu haluskan sampai teksturnya pas untuk dijadikan masker wajah
  2. Tuang 3 sendok madu ke dalam adonan tomat, aduk hingga tercampur merata
  3. Oles ke seluruh wajah sambil pijat-pijat melingkar supaya masker mudah meresap ke kulit
  4. Diamkan sekitar 15 menit kemudian bilas sampai bersih
  5. Lakukan perawatan masker madu dan tomat ini setidaknya 1X sehari

5. Menggunakan campuran kunyit

Cara menghilangkan jerawat dengan tomat dan kunyit

Cara menghilangkan jerawat dengan tomat yang kelima adalah mengkombinasi dengan kunyit. Semua orang pasti kunyit mudah sekali dijumpai dipasar lokal sebagai bahan masakan yang bertekstur kuning. Faktanya, bahan rempah ini bisa digunakan sebagai masker untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Pada kunyit terdapat zat anti bakteri atau jamur yang mana mampu melawan bakter penyebab munculnya jerawat. Selain itu, kunyit mengandung kurkuminoid, senyawa khusus untuk mencegah peradangan/inflamasi yang disebabkan oleh jerawat yang cukup parah. Untuk pengaplikasian cara menghilangkan jerawat dengan campuran tomat dan kunyit, ikuti langkahnya berikut ini.

  1. Siapkan 1 tomat, boleh ukuran sedang atau besar lalu potong-potong
  2. Haluskan dengan blender lalu tuang kedalam wadah
  3. Tumbuk kunyit seukuran setengah jari sampai halus
  4. Tuang bubuk kunyit ke dalam cairan tomat dan aduk sampai merata
  5. Oles masker campuran ke area wajah yang terdapat jerawat dan bekasnya
  6. Diamkan sekitar 25 menit lalu bilas dengan air dingin
  7. Lakukan perawatan 1 atau 2 hari sekali agar hasil maksimal

6. Menggunakan campuran mentimun

Cara menghilangkan jerawat dengan tomat dan mentimun

Cara menghilangkan jerawat dengan tomat yang keenam adalah mencampurnya dengan mentimun. Mentimun merupakan sayuran yang biasanya disantap dalam bentuk lalapan mentah atau digunakan untuk bahan sayur. Ternyata timun dapat dimanfaatkan sebagai perawatan alami untuk menghilangkan jerawat serta bekasnya.

Mentimun mampu mengangkat kotoran dan debu yang menjadi penyebab utama tumbuhnya jerawat di muka. Tak hanya kotoran dan debu saja, mentimun juga bisa dijadikan alat untuk membersihkan sisa-sisa makeup pada wajah sehingga wajah kembali lebih segar.

Pada mentimun terdapat kandungan mineral dan vitamin yang berperan penting untuk menyehatkan kulit. Mineral didalamnya terdiri dari kalsium, magnesium, potassium dan fosfor. Sedangkan vitamin didalamnya terdiri dari A,C dan E. Untuk pengaplikasian cara menghilangkan jerawat dengan tomat dan mentimun, kamu bisa ikuti langkahnya berikut ini.

  1. Siapkan setengah mentimun dan 1 buah tomat segar
  2. Haluskan kedua bahan tersebut hingga cocok dijadikan masker
  3. Jika sudah, usap-usap masker ke seluruh wajah dan diamkan sekitar 10 menit
  4. Terakhir, bilas dengan air hangat-hangat kuku
  5. Lakukan perawatan alami ini minimal satu kali dalam sehari

7. Menggunakan campuran bawang putih

Cara menghilangkan jerawat dengan tomat dan bawang putih

Cara menghilangkan jerawat dengan tomat yang terakhir adalah mencampurnya dengan bawang putih. Hampir semua masakan baik yang sederhana maupun yang kompleks pasti menggunakan bawang putih. Ia dikenal memiliki sifat anti-virus dan anti-bakteri sehingga ampuh untuk melawan segala virus atau bakteri yang menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit terutama jerawat.

Dalam bawang putih terdapat kandungan senyawa sulfur yang bernama tiacremonon. Senyawa ini mampu mengempeskan jerawat serta mencegah munculnya noda hitam akibat jerawat. Bawang putih juga bisa dijadikan anti-septik sehingga mencegah jamur hinggap di kulit. Nah, untuk penerapan cara menghilangkan jerawat dengan campuran bawang putih dan tomat, kamu ikuti saja langkah detailnya berikut ini.

  1. Siapkan 4 siung bawang putih, kupas kulitnya dan 1 buah tomat, iris-iris
  2. Tuang kedua bahan dalam blender lalu haluskan, tambahkan air secukupnya agar bisa dijadikan masker
  3. Jika sudah jadi, oleskan masker ke wajah yang terdapat jerawat serta bekasnya
  4. Diamkan sekitar 5 menit lalu apabila sudah selesai, bilas dengan air bersih dan usap dengan handuk
  5. Lakukan perawatan masker bawang putih ini 1X sehari

Setelah kamu mengetahui beberapa cara menghilangkan jerawat dengan memanfaatkan sayuran tomat, kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Ketika mau menggunakan masker tomat, alangkah baiknya mengetes dulu pada kulit kamu. Meskipun kasusnya jarang terjadi, tapi ini sebagai antisipasi saja jika ada hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Untuk memperlaju proses penyembuhan jerawat, kamu disarankan untuk mengonsumsi sayuran tomat mentah baik dengan dimakan langsung atau dibuat jus tapi sebelumnya dibersihkan dulu. Hal ini supaya kamu juga mendapat nutrisi dari dalam tubuh.
  • Jika kamu mengaplikasikan masker tomat dengan berbagai campuran bahan yang sudah Bunda sebutkan sebelumnya namun tidak habis, maka kamu bisa menyimpan sisanya di kulkas, biasanya batas awet sekitar 3 hari. Jika lebih dari 3 hari sebaiknya dibuang saja.
  • Pada beberapa kasus dimana orang yang memiliki jenis kulit sensitif, penggunaan masker akan menimbulkan reaksi alergi, iritasi, perih atau kulit kemerahan. Oleh sebab itu, tes sensitifitas terlebih dahulu pada kulitmu.

Demikian artikel detail mengenai cara menghilangkan jerawat dengan tomat yang bisa kamu praktekkan sekarang juga untuk mendapatkan kulit idaman bebas jerawat. Yukk langsung coba saja ya...

Baca Juga :