Breaking

Resep Kue Lidah Kucing, Camilan Berusia Tua Setua Kemerdekaan Indonesia

Kue lidah kucing sudah menjadi salah satu kue kering yang wajib ada, khususnya saat hari raya idul fitri. Kue ini memiliki rasa yang enak, tekstur yang gurih dan lembut sehingga masyarakat Indonesia sangat menyukainya. Bentuknya kecil, memanjang, dan tipis sangat cocok untuk menjadi camilan ataupun disajikan untuk tamu yang berdatangan.

Kue lidah kucing juga terinspirasi dari masakan Belanda


Kue lidah kucing juga terinspirasi dari masakan Belanda

Bersanding dengan kue nastar, kue lidah kucing juga terinspirasi dari Belanda yang masuk ke Indonesia pada jaman penjajahan dulu. Dan kini ia menjadi salah satu jajaran kue favorit di antara deretan kue kering lebaran yang digemari.

Kue ini memang memiliki nuansa dari bentuknya, dan cukup disukai pada jaman Penjajahan Belanda dahulu. Selain itu, pada jaman dahulu kue ini hanya disajikan untuk bangsawan-bangsawan tinggi di Belanda dan tidak semua orang dapat mencicipinya.

Masyarakat Indonesia biasanya sudah menyiapkan kue lidah kucing pada saat puasa maupun lebaran, untuk disantap sambil menonton televisi, bermain smartphone, ataupun membaca buku. Kue ini memang sangat nikmat disantap sebagai camilan saat kita melakukan hal lain di kala senggang karena ukurannya yang kecil dan rasanya yang manis.

Perkembangan kue lidah kucing di tahun 2019


Perkembangan kue lidah kucing di tahun 2019

Kue lidah kucing juga sudah mengalami banyak perkembangan di tahun 2019 ini baik dari segi penampilan maupun rasa. Terdapat kue lidah kucing pelangi yang menggunakan adonan dengan campuran warna berbeda, selain itu terdapat juga ke lidah kucing cokelat susu dengan taburan almond sehingga terlihat lebih special dan lezat.

Sekarang ini juga terdapat berbagai kreasi toping pada kue kering ini dengan bentuk yang lucu-lucu. Masih banyak lagi inovasi dan perkembangan pada kue lidah kucing ini, karena seiring dengan bertambahnya waktu akan terus ada tambahan bahan dan resep yang selalu memperbaharuinya.

Tips agar kue lidah kucing tidak cepat rusak


Tips agar kue lidah kucing tidak cepat rusak

Bagi kamu yang ingin membuat kue lidah kucing agar awet dan tahan lama, ataupun membelinya do toko cookies yang tanpa bahan pengawet, kamu harus memperhatikan beberapa hal dengan seksama agar kue tersebut tidak berjamur atau rusak.

Kamu dapat meletakan kue lidah kucing pada wadah yang memiliki penutup dan diikat rapat, selain itu kamu juga harus memastikan suhu ruangan yang ada tidak boleh terlalu panas. Beberapa orang juga meletakan kue lidah kucing pada kulkas untuk mempertahakan kerenyahan kue kering, tetapi kamu harus memastikan wadah kue kering tetap tertutup saat diletakan di kulkas.

Untuk mendapatkan kue ini, jika kamu tinggal di kota-kota besar biasanya toko kue sudah banyak yang menyediakan kue lidah kucing dan kue kering lainnya. Tetapi bagi kamu yang kesulitan, kamu dapat membeli kue lidah kucing melalui online.

Harga kue lidah kucing sendiri relatif murah jika dibandingkan dengan kue kering lainnya, tetapi untuk masalah harga tergantung dari toko-toko kue yang menjualnya. Pastikan jika kamu ingin membeli lidah kucing, rasakan dulu sample atau tester yang disajikan toko jika memang ada dan pilihlah kue yang berwarna segar dan tidak pucat.

Resep kue lidah kucing renyah


Bahan yang dibutuhkan :

  • 400 gram butter (200 gram margarin+200 gram butter)
  • 300 gram terigu kunci
  • 200 gram (6 butir) putih telur
  • 200 gram gula halus
  • 30 gram susu bubuk
  • 2 sendok teh garam

Cara membuat :

  1. Pertama, kocok putih telur hingga berbusa atau mengembang selama 5 menit seperti bentuk whipped cream.
  2. Dalam wadah terpisah, kocok margarin+butter,gula halus, susu bubuk selama 2 menit. Lalu tambahkan terigu, aduk sampai merata.
  3. Selanjutnya, tuang adonan margarin ke dalam adonan putih telur, aduk dengan spatula sampai merata. Kemudian tambahkan garam.
  4. Berikutnya, masukkan campuran adonan ke dalam plastik spuit, semprotkan ke loyang khusus cetakan lidah kucing dengan tebal 1 centimeter dan panjang 5 centimeter.
  5. Terakhir, panggang dalam oven dengan suhu 140 derajat selama 20 menit. Jika sudah dingin, angkat dan lepaskan dari loyang lalu simpan dalam toples.

Semoga artikel ini makin membuka pandangan kamu tentang kue lidah kucing yang fenomenal. Selamat berburu kue ya dan selamat menikmati hidangan kamu di rumah bersama keluarga.

No comments:

Powered by Blogger.