Resep Kue Bangkit, Pernah Dengarkah? Hayo, Sekali Mencoba Dijamin Ketagihan

2 min read

Bagi kamu yang tinggal di daerah tanah Jawa, barangkali mungkin tidak begitu mengetahui betul mengenai makanan bernama kue bangkit.

Resep Kue Bangkit, Pernah Dengarkah? Hayo, Sekali Mencoba Dijamin Ketagihan

Kue ini adalah kue tradisional Melayu dan cukup terkenal di daerah Malaysia, Riau, dan daerah lainnya.

Di kalangan masyarakat Riau sendiri, kue ini menjadi sudah menjadi salah satu kue kering lebaran ngetop kebanggan masyarakat Riau khususnya anak-anak karena rasanya yang dominan manis.

Camilan renyah ini bisa dikatakan wajib hadir bagi masyarakat disana.

Kue bangkit punya nama lain, yaitu kue bangket

Kue bangkit punya nama lain, yaitu kue bangket

Di beberapa daerah kue bangkit dikenal juga dengan kue bangket, dengan warna putih kekuningan dan dengan tambahan noktah berwarna merah pada bagian atasnya.

Kue bangkit memiliki tekstur yang sangat halus dan gampang remuk, sehingga biasanya bagi orang yang menyantapnya selalu menyisakan remah-remah kue di sekitarnya.

Selain itu kue bangkit ini juga disukai orang-orang karena saat digigit akan melumer di mulut dan sangat renyah saat dikunyah.

Untuk membuatnya juga tidak begitu sulit karena prosesnya terbilang sederhana sehingga pemula sekalipun dapat mencoba praktek sendiri dirumah.

Bangkit = keluar dari oven alias masih panas

Bangkit ='' keluar dari oven alias masih panas

Kue bangkit juga tergolong unik, ada alasan kue ini disebut bangkit adalah jika kue sudah matang dan dikeluarkan dari oven, ukurannya akan membesar hampir dua kali lipat dari adonan atau cetakan semula.

Selain itu kue bangkit juga sudah mengalami perkembangan sejak keberadaannya baik dari segi bentuk maupun rasa.

Biasanya kue bangkit dibentuk dalam tiruan menyerupai bunga-bunga dengan tambahan kecil seperti nectar pada bunga.

Tetapi seiring perkembangan zaman dan tingginya tuntutan pasar, sekarang kue bangkit  juga memiliki bentuk lain seperti hello kitty, buah-buahan, lonjong, dan lain-lain tergantung dari keinginan si pembuat.

Tak sedikit orang yang meminta pemesanan dalam bentuk yang sesuai keinginan jika mereka beli langsung di toko kue kering.

Dari segi rasa juga kue bangkit ada yang menggunakan tambahan keju, daun pandan, taburan kelapa, dan lain-lain sehingga kamu tidak akan bosan mencicipi kue bangkit.

Kue bangkit tidak seperti kue kering lainnya, disajikan untuk setiap acara tidak peduli itu acara besar atau acara kecil.

Kue ini dapat menjadi camilan di kala senggang selagi kamu menonton tv atau menggunakan computer karena porsinya yang kecil dan rasanya yang pas di mulut setiap orang.

Untuk merasakan kue bangkit, kamu dapat juga membuat kue ini karena pembuatannya tidak memerlukan keterampilan khusus, kamu hanya perlu mengikuti resep.

Untuk menemukan resepnya, sekarang sudah banyak resep kue bangkit yang tersebar di majalah makanan maupun situs online.

Tetapi jika kamu tidak ingin repot, kamu juga dapat membeli kue ini.

Harga dari kue bangkit cukup kompetitif dan tidak terlalu mahal, mengingat rasa dan porsi kue yang disajikan.

Bagi kamu yang ingin membeli dan merasakan kue bangkit, di beberapa daerah mungkin kue ini tidak disajikan di toko.

Bisa dibilang kue ini belum sepopuler kue nastar, kue putri salju ataupun kastengel, tetapi kamu bisa juga membelinya melalui toko kue online.

Pastikan jika kamu membeli secara online agar melihat ulasan dari pembeli-pembeli sebelumnya, dan pastikan juga penjualnya sudah memliki pengalaman dalam menjual kue.

Resep kue bangkit enak banget

Bahan yang dibutuhkan :

  • 500 gram tepung tapioka
  • 170 gram gula halus
  • 160 mililiter santan kara
  • 50 gram margarin
  • 3 helai daun pandan, 1 helai potong jadi 4 bagian
  • 2 butir kuning telur

Cara membuat :

  1. Tuang tepung tapioka beserta daun pandan kedalam wajan. Sangrai pakai api kecil sekitar 15 menit hingga daun pandannya kering dan tepungnya agak menguning.
  2. Selanjutnya, masukan margarin, kuning telur dan gula halus ke dalam wadah yang bersih, aduk sampai tercampur merata.
  3. Berikutnya, masukan tepung yang sudah di sangrai sebelumya keadonan tahap kedua (sisakan sedikit tepung untuk ditabur ke loyang), aduk sambil dituangkan santan secara perlahan.
  4. Kemudian, panaskan oven dengan suhu sekitar 160° C. Cetak adonan sesuai selera lalu taburi sedikit tepung yang disangrai sebelumnya ke loyang agar adonan tidak lengket.
  5. Panggang dalam oven dalam suhu 160° dengan api atas dan bawah sekitar kurang lebih 20 menit. Setelah matang, angkat dan dinginkan, terus masukan kedalam wadah tertutup rapat.

Cukup lengkap dan semoga mewakili jawaban untuk kamu yang baru mengenal apa itu kue bangkit serta resep lengkapnya ini menjadi bahasan kita kali ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *