Breaking

Di Balik Rawon Surabaya, Terdapat Banyak Kisah yang Terlupakan

Ada banyak jenis ragam rawon yang dapat kamu jumpai, salah satunya yaitu rawon Surabaya. Sejarah awal dari rawon ini adalah resep dari masakan Jawa Timur, terutama di daerah Surabaya, Probolinggo, Malang dan Ngawi.

Di Balik Rawon Surabaya, Terdapat Banyak Kisah yang Terlupakan

Akan tetapi untuk menyantap rawon Surabaya pun juga tidak harus datang ke Surabaya, akan tetapi saat ini sudah ada banyak daerah yang menjual rawon Surabaya ini. Ada beberapa sejarah yang dapat kamu ketahui mengenai rawon yang berasal dari Jawa Timur ini, diantaranya yaitu:

Menu santapan rawon Surabaya yang biasa dilahap para anggota kerajaan


Menu santapan rawon Surabaya yang biasa dilahap para anggota kerajaan

Sejarah yang paling dikenal oleh para masyarakat setempat mengenai rawon Surabaya yaitu makanan yang berasal dari Jawa Timur ini adalah menu untuk para anggota kerajaan. Dari menu yang dikhususkan untuk anggota kerajaan inilah yang menjadikan menu masakan ini semakin banyak dikenal oleh para masyarakat setempat.

Penggunaan bumbu yang berbeda membuat rawon Surabaya begitu unik


Penggunaan bumbu yang berbeda membuat rawon Surabaya begitu unik

Rawon Surabaya memang memiliki bumbu yang dianggap lebih berbeda dengan bumbu rawon yang lainnya. Sedangkan bumbu yang digunakan dalam pembuatan rawon ini adalah bumbu masakan jawa pada umumnya, yaitu kluwak. Tidak hanya itu saja, daging sapi dijaman dahulu memang menjadi masakan yang sangat jarang dimasak oleh para masyarakat yang ada dikalangan bawah.

Dari bumbu yang ada dalam rawon inilah yang menjadikan masakan kuliner ini semakin terkenal dan semakin banyak diminati oleh para masyarakat diberbagai kalangan, tidak hanya kalangan raja saja yang dapat menikmatinya, akan tetapi semua masyarakat diberbagai kalangan bisa menikmatinya.

Baca juga : 14 Destinasi Wisata Kuliner Malang yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

Bahan untuk pembuatan rawon ini pun juga sangatlah menggoda lidah. Rawon memiliki bumbu dan bahan yang spesial, sehingga hal ini menjadikan banyak para masyarakat mulai tidak sabar untuk menikmati masakan khas Surabaya ini. selain itu cara memasaknya pun juga sangatlah spesial.

Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan rawon yaitu daging sapi yang telah cuci bersih dan kemudian dipotong kotak-kotak. Daging sapi yang digunakan kurang lebihnya sebanyak 1000 gram. Daging sapi yang digunakan dapat dari bagian mana saja.

Untuk lebih membuat aroma dan rasanya lezat, maka kamu dapat menggunakan daging sapi yang terdapat lemaknya. Selain menggunakan bahan utama berupa daging sapi, maka rawon Surabaya juga ditambahkan lagi dengan batang sereh, daun jeruk gula pasir, minyak goreng, kemiri, bawah putih, bawang merah, kunyit, merica, cabai merah kriting , jahe dan yang lainnya.

Warna hitam rawon Surabaya justru menjadi daya tarik tersendiri


Warna hitam rawon Surabaya justru menjadi daya tarik tersendiri

Seperti yang sudah kamu ketahui, bahwa rawon merupakan masakan Indonesia yang berupa sup daging dengan kuah hitam yang dapat dijadikan sebagai campuran bumbu. Rawon memang sudah terkenal sebagai makanan khas Jawa Timur yang paling ikonik. Selain cita rasanya yang nikmat dan menggoda lidah, siapa pun yang mencium aroma masakan ini sangatlah menggoda perut yang sedang keroncongan.

Pada biasanya, rawon ini akan disajikan dengan nasi beserta tauge kecil-kecil, dengan kerupuk udang, daun bawang, sambal dan juga daging sapi. Tidak hanya itu saja, campuran bumbu dalam rawon Surabaya ini pun juga memiliki warna yang lebih gelap, hal ini dikarenakan kuah yang digunakan berasal dari kluwek.

Tidak hanya di Indonesia saja rawon disajikan, akan tetapi di luar negeri pun rawon juga sudah mulai disajikan. Rawon yang ada di luar negeri disebut sebagai black soup. Apabila kamu penasaran dengan rasa rawon Surabaya, maka kamu dapat mencicipinya dan rasakan kelezatan rawon yang siap memanjakan perutmu yang sedang dilanda lapar.

No comments:

Powered by Blogger.