Breaking

Kulit Wajah Kering? Gunakan Bahan-Bahan Alami di Sekitamu untuk Mengatasinya

Banyak hal yang menyebabkan kulit wajah kita menjadi kering. Kulit kering membuat para kaum hawa tidak percaya diri. Kamu pasti tidak mau kan kalau kulit wajahmu kering tampak tak ternutrisi? Mau kemana-mana kamu pasti malu. Waaah.. sungguh menakutkan bukan. Menakutkan lagi apabila kulit keringmu dalam level yang sangat kering, itu bisa menjadi sebuah pertanda bahwa kamu sedang mengalami sakit yang serius.

Kulit Wajah Kering? Gunakan Bahan-Bahan Alami di Sekitamu untuk Mengatasinya

Kesimpulan dari kebanyakan kasus mengenai jenis kulit yang kering ialah kondisi ini muncul dikarenakan oleh faktor lingkungan dimana dapat menghilangkan kelembapan kulit. Faktor lingkungan seperti cuaca panas dan iklim kering dapat membuat kulit wajahmu kering lo.

Kamu yang bekerja di lapangan akan rentan mengalami kulit wajah yang kering karena wajah sering terkena paparan matahari. Eeeits.. tapi buat kamu yang berkerja di kantoran pun bisa dalam zona berbahaya. Sebab apabila kamu berada cukup lama di dalam ruangan ber-AC, kulitmu pun bisa saja berubah menjadi kering lo. Dingin efek dari AC dapat menyebabkan kulitmu kehilangan kelembabannya.

Bila kamu termasuk orang yang takut menggunakan bahan kimia sebab kamu takut bila ada efek samping dari itu, maka kamu bisa memilih bahan-bahan alami yang dapat kamu temukan dengan mudah di sekelilingmu. Dan tentu saja dengan biaya yang lebih murah loo.

Bahan-bahan tersebut diklaim dapat mengatasi gejala kulit kering dan mengembalikan kelembapan kulit wajah keringmu. Baca terus yaa. Supaya kamu tau apa saja bahan-bahan alami tersebut. Selain itu, ada pula tips-tips agar merawat wajahmu agar terlihat lebih segar. Cara-caranya mudah dan tentunya gak bakal ribet.

1. Gunakan masker buatan sendiri


Gunakan masker buatan sendiri

Membuat masker buatan sendiri adalah cara alami untuk menenangkan kulit kering. Penggunaan alat kecantikan yang bahan-bahan kimia memang ditakutkan bahwa malah akan menyebabkan masalah dalam kulit. Oleh sebab itu, masker buatan dari bahan-bahan alami dapat sebagai alternatif yang lain untuk menutrisi kulit wajahmu yang kering. Adapun beberapa bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk membuat masker ialah sebagai berikut:

• Alpukat


Alpukat untuk kulit wajah kering

Alpukat mengandung vitamin C, vitamin E, dan minyak yang berguna dalam menghidrasi kulit keringmu. Cara membuat masker menggunakan alpukat ialah dengan mengambil setengah dari satu buah alpukat dan mencampurnya dengan satu sendok the minyak zaitun.

Kamu juga bisa menambahkan satu sendok makan madu untuk kulit yang sangat kering, Oleskan makser ke wajah kamu, biarkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bersihkan. Niscaya kulitmu akan terasa lebih lembab. Untuk hasil yang lebih maksimal, setelah menggunakan masker dan membersihkan wajah, kamu dapat mengaplikasikan pelembab yang biasanya kamu pakai.

• Oatmeal & Madu


Oatmeal & Madu untuk kulit wajah kering

Campuran oatmeal dan madu disinyalir menjadi salah satu dari bahan alami yang ampuh mengatasi kulit keringmu. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang terdapat pada oatmeal. Berikut cara membuat masker oatmeal dengan mudah. Campurkan 2 sendok makan oatmeal dengan satu sendok makan madu dan sedikit air. Lalu aplikasikan ke kulit wajah.

Biarkan masker ini bekerja untuk menenangkan dan menghidrasi kulit selama 15 hingga 20 menit. Bisa juga digunakan untuk scrub. Lebih disarankan untuk menghangatkan terlebih dahulu campuran tersebut sebelum digosokkan kepada kulit wajah. Campuran ini dapat berfungsi dalam hal pengelupasan kulit mati. Setelah menggosok-gosokkannya ke kulit wajahmu, segera bilas bersih ya.

• Lidah buaya


Lidah buaya untuk kulit wajah kering

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa lidah buaya dapat digunakan untuk menyembuhkan kulit kering akibat paparan sinar matahari yang langsung mengenai kulit. Lidah buaya bekerja mengurangi kemerahan dan iritasi terkait kekeringan yang berlebihan.

Lidah buaya dianggap cukup manjur tidak hanya dalam mengatasi kulit wajah yang kering, namun juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan, serta jerawat. Dalam penelitian tersebut, diketahui bahwa lidah buaya mengandung senyawa lignin yang berfungsi meningkatkan level kelembaban kulitmu. Sensasi dingin yang muncul dari lidah buaya dapat membantumu merelaksasikan diri juga.

Namun perlu diperhatikan bahwa ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa pengguna lidah buaya mengalami iritasi dikarenakan alergi. Jadi lebih baik kamu melakukan tes kecil-kecilan sebelum mengaplikasikan secara keseluruhan ke wajahmu dengan cara mengoleskan lidah buaya ke area yang tidak begitu terlihat di wajahmu. Apabila tidak muncul efek buruk yang berarti, maka masker lidah buaya tergolong aman untuk kamu pakai.

• Pisang


Pisang untuk kulit wajah kering

Pisang ialah buah yang banyak ditemui di negara kita dan haraganya pun relatif terjangkau. Pisang merupakan buah yang kaya akan kandungan gizi dengan banyak manfaat untuk kesehatan. Apabila pisang disebut sebagai buah yang mempunyai efek baik bagi kulit, apakah kamu percaya?

Nyatanya pisang memang benar dapat memberikan beberapa manfaat kepada kulit wajah, terutama pada kulit wajah yang kering. Hal ini terlah teruji oleh beberapa ahli yang melakukan penelitian pada dampak pisang terhadapat kulit kering. Pisang mengandung berbagai jenis mineral seperti kalium, vitamin E dan vitamin C yang berfungsi melembabkan kulit.

Untuk membuat masker pisang untuk kulit, sebelumnya kamu harus menyiapkan 2 buah pisang, 1 sendok makan madu, dan 1/4 cangkir yoghurt. Setelah bahan-bahan tersebut telah tersedia, kemudian langkah selanjutnya ialah kupas pisang tersebut dan hancurkan menggunakan garpu. Lalu tambahkan dengan yoghurt dan madu.

Aduk campuran tersebut hingga rata. Gunakan kuas masker untuk mempermudahkanmu dalam pengaplikasikan masker. Tunggu selama kurang lebih 20 menit atau hingga masker tersebut benar-benar kering. Apabila dirasa cukup, bilas dengan air hangat dan keringkan wajahmu menggunakan handuk yang lembut.

2. Aplikasikan scrub dari minyak zaitun dan gula


Aplikasikan scrub dari minyak zaitun dan gula

Selain menggunakan masker dari bahan-bahan alami, kamu juga bisa memakai scrub campuran dari minyak zaitun dan gula untuk melembabkan kulit wajahmu yang kering. Langkah-langkah yang harus kamu lakukan sangatlah mudah yaitu dengan mencampurkan 1/2 cangkir kecil gula dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Kamu bisa menambahkan minyak essensial seperti lavender atau kopi untuk aroma terapi. Jadi selain kulitmu nanti akan menjadi lebih lembab, pikiranmu yang penatpun juga akan hilang.

Setelah campuran tersebut telah siap, maka kamu bisa langsung mengaplikasikannya dengan cara menggosokkan dengan lembut scrub ke kulit wajah keringmu. Lalu bersihkan dengan cara membilas. Gunakan pula pelembab setelahnya untuk hasil yang lebih maksimal. Kandungan anti inflamasi pada minyak zaitun bermanfaat untuk melembabkan kulitmu secara berangsur-angsur. Sehingga kulitmu yang kering karena terbakar sinar matahari dapat menjadi ternutrisi lagi oleh scrub minyak zaitun dan gula.

Ternyata bahan-bahan alami yang sering kita jumpai seperti alpukat, oatmeal, lidah buaya, pisang dan minyak zaitun sangat berguna untuk kesehatan, khususnya kesehatan kulit wajah. bahan-bahan alami tersebut dapat digolongkan ampuh dalam mengatasi kulit kering yang kamu alami. Hasil dari pengaplikasiannya dapat membuat kulit wajahmu menjadi lembab, bahkan bisa menjadi lembut selembut kulit bayi lo. Tidak percaya? Coba dulu, baru kamu bisa berkomentar. Selamat mencoba ya.

Baca Juga :

No comments:

Powered by Blogger.