Breaking

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis, Aman dan Cepat

Jerawat merupakan keluhan kulit yang pastinya semua orang mengalaminya, hanya saja tingkatannya berbeda-beda, ada yang ringan maupun parah. Untuk yang ringan biasanya hanya terdiri dari komedo atau bintil jerawat kecil. Untuk yang parah terdiri dari jerawat yang sudah membesar atau bernanah.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis, Aman dan Cepat

Timbulnya jerawat biasanya terjadi karena adanya sel kulit mati, minyak dan bakteri yang bercampur menjadi satu lalu menyumbat pori-pori. Jerawat perlu ditangani segera karena kalau tidak malah akan semakin membengkak bahkan bernanah. Belum lagi, kalau jerawat pecah akan berpotensi menyebar ke area sekelilingnya.

Jerawat paling sering muncul di bagian wajah dan punggung, namun yang paling nampak adalah bagian wajah. Dengan hadirnya jerawat di wilayah terbuka ini maka akan sangat mengurangi kepercayaan diri ketika berada di hadapan khalayak ramai.

Beragam cara bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat baik di muka maupun punggung. Cara yang bisa diterapkan bisa dengan cara alami ataupun non-alami dengan menggunakan produk tertentu. Kedua metode tersebut bisa digunakan tergantung selera masing-masing.

Nah, Bunda akan membahas satu cara alami yang terbukti manjur untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan buah jeruk nipis. Manfaat jeruk nipis sudah tak perlu diragukan karena sejak zaman dulu buah kecil ini sudah dimanfaatkan untuk berbagai hal terutama perawatan tubuh.

Kandungan vitamin dalam jeruk nipis


Kandungan vitamin dalam jeruk nipis

Kandungan vitamin C pada jeruk nipis sangat tinggi yang mana dalam sebutirnya terdapat setidaknya 30 miligram. Jika kamu mendapati luka pada kulit maka akan cepat sembuh apabila diobati dengan menggunakan jeruk nipis meski agak terasa perih dikit tapi efektif mengurangi infeksi.

Kandungan vitamin C didalam jeruk nipis juga efektif untuk mempercepat regenerasi kulit serta menghaluskan kulit. Selain itu, buah ini juga mujarab banget untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya karena airnya mudah meresap ke jaringan kulit terdalam. Jika kamu saat ini melakukan perawatan ke klinik kecantikan, tak ada salahnya jika memasukkan perawatan natural dalam keseharianmu.

Selain sebagai pembersih dan pembasmi kotoran alami yang menyebabkan komedo dan jerawat, ternyata jeruk nipis juga mengandung antioksidan alami. Jika dikonsumsi dengan cara diminum, maka vitamin C didalamnya mampu membersihkan usus secara alami.

Manfaat jeruk nipis yang perlu kamu tahu


Manfaat jeruk nipis yang perlu kamu tahu

Meski rasa jeruk nipis sangat kecut dan asam, siapa sangka memiliki manfaat yang sangat luar biasa baik untuk tubuh luar maupun dalam. Buah mungil ini juga bisa langsung dirasakan efeknya baik ketika diminum maupun dioles. Yang pasti manfaatnya tidak bisa kamu remehin begitu saja. Mari disimak bersama apa saja manfaat yang terkandung dalam jeruk nipis.

Menghaluskan kulit wajah


Menghaluskan kulit wajah

Jeruk nipis sudah dikenal sejak lama untuk mengatasi kulit wajah yang kering dan kasar. Kandungan vitamin C pada buah ini tak hanya berperan untuk mencerahkan wajah saja namun juga untuk menghaluskan kulit.

Mengatasi wajah kusam


Mengatasi wajah kusam

Jika kamu sering mendapat wajah kusam akibat aktivitas atau kegiatan berlebih diluar, maka coba atasi dengan memanfaatkan buah jeruk nipis yang mungil ini. Dengan dijadikan masker, wajah yang sebelumnya kusam akan kembali cerah seketika.

Solusi untuk wajah berminyak


Solusi untuk wajah berminyak

Perasan jeruk nipis tak hanya ampuh untuk mengobati komedo dan jerawat pada wajah tetapi juga sangat ampuh untuk mengatasi wajah berminyak. Jika kulitmu termasuk jenis berminyak, maka rutinlah memanfaatkan jeruk nipis untuk mengatasi wajah yang mengkilap. Ia akan membuat pori-pori mengecil sehingga wajah nampak lebih halus dan glowing.

Sebagai bahan kosmetik alami


Sebagai bahan kosmetik alami

Perawatan kulit dengan jeruk nipis juga bisa dikombinasikan dengan bahan lain. Misal jika kamu ingin melakukan perawatan rambut maka kamu bisa mencampurkan lidah buaya atau zaitun dengan jeruk nipis. Masih banyak lagi kombinasi bahan yang bisa kamu gabungkan seperti:

  • air mawar
  • putih telur
  • kunyit
  • madu
  • tomat

Sebagai minuman kesehatan


Sebagai minuman kesehatan

Selain juga dimanfaatkan untuk perawatan luar, jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan dalam dengan cara dijadikan minuman kesehatan. Minuman herbal ini sudah lama dikonsumsi sejak jaman dulu. Jika terlalu asam, maka bisa ditambahkan madu alami.

Beberapa cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis


Beberapa cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis

Terdapat berbagai macam cara untuk menghilangkan jerawat dengan memanfaatkan jeruk nipis yang bisa kamu aplikasikan. Kesemua cara yang akan Bunda share disini tidak terlau rumit dan berbelit-belit. Bagi orang awam sekalipun bisa mengaplikasikan semua cara berikut ini dirumah masing-masing.

1. Jeruk nipis saja


cara menghilangkan jerawat dengan hanya jeruk nipis saja

Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis yang pertama adalah hanya menggunakan buah jeruk nipis tanpa tambahan apapun. Jadi perawatan yang dibagikan disini tanpa ada kombinasi dengan bahan apapun, bisa dikatakan ini cara yang paling sederhana. Untuk langkah penerapannya bisa ikutin tahapnya berikut ini.

  1. Siapkan beberapa jeruk dengan ukuran sedang saja.
  2. Peras sampai mendapatkan sari air yang cukup dan tampung dalam mangkuk.
  3. Ambil kain atau kapas bersih lalu celup sampai agak basah.
  4. Oles secara merata pada kulit yang terkena jerawat.
  5. Diamkan selama 10 menit atau sampai kering.
  6. Bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin minimal 2X dalam 1 minggu.

2. Jeruk nipis dan putih telur


cara menghilangkan jerawat dengan mencampur putih telur

Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis yang kedua adalah mengkombinasikannya dengan putih telur. Mungkin kedengarannya agak aneh tapi ternyata kedua bahan tersebut ampuh untuk mengusir jerawat. Putih telur sendiri memiliki kandungan vitamin B2 yang berfungsi untuk mencegah stress yang menjadi penyebab jerawat, vitamin B3 yang berfungsi untuk  memperlancar proses penyembuhan luka serta Riblofavin untuk membasmi debu akibta polusi. Untuk langkah penerapan bisa ikutin tahapnya berikut ini.

  1. Siapkan perasan jeruk nipis segar dan simpan selama beberapa hari dalam kulkas.
  2. Sediakan pula 1 butir putih telur lalu campurkan dengan sari perasan jeruk. Aduk sampai tercampur merata.
  3. Jika sudah, oleskan campuran masker ke wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya.
  4. Diamkan sampai masker mengering. Lalu bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin maka jerawat akan cepat hilang.

3. Jeruk nipis dan madu


cara menghilangkan jerawat dengan mencampur madu

Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis yang ketiga adalah mencampurnya dengan madu alami. Campuran kedua bahan tersebut tak hanya untuk membasmi jerawat dan bekasnya namun juga untuk meremajakan kulit lho.. Didalam madu terdapat antiseptik yang mampu menghilangkan bakteri penyebab munculnya jerawat serta pelembab alami untuk menghaluskan kulit. Sedangkan jeruk nipis berfungsi untuk mencegah debu atau kuman menempel di kulit. Berikut ini cara penerapannya.

  1. Iris jeruk nipis tipis-tipis lalu peras airnya sampai 1 sendok teh.
  2. Tambahkan setengah sendok madu lalu aduk sampai tercampur rata.
  3. Oles campuran jeruk nipis ke wajah lalu diamkan sekitar 30 menit.
  4. Terakhir, basuh wajah dengan air sampai bersih.

Saran, sebaiknya sebelum dioles masker alangkah baiknya wajah sudah dicuci terlebih dahulu agar sebagian besar kotoran sudah hilang dan tinggal sisanya saja yang dihilangkan oleh masker.

4. Jeruk nipis dan air hangat


cara menghilangkan jerawat dengan mencampur air hangat

Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis yang terakhir adalah mencampurnya dengan air hangat. Cara ini menjadi antisipasi jika kamu tidak kuat menahan perih karena mengaplikasikan masker hanya dengan jeruk nipis saja. Kamu bisa memformulasikan agar lebih soft dengan campuran air hangat. Untuk cara penerapan sangat-sangat simpel, ikutin langkah berikut ini.

  1. Peras beberapa jeruk nipis hingga menjadi 2 sendok teh.
  2. Campur dalam 1 gelas air hangat dan aduk.
  3. Basuh wajah dengan campuran jeruk lalu diamkan selama beberapa menit.
  4. Terakhir, basuh lagi dengan air biasa dan keringkan.

Efek samping jeruk nipis


Efek samping jeruk nipis

Dikarenakan menggunakan bahan alami, maka tidak akan menimbulkan efek samping yang berlebihan. Kemungkinan akan ada rasa perih ketika ada kontak langsung antara luka dan jeruk. Kemudian untuk penyembuhan bekas jerawat juga relatif lebih cepat. Kulit juga akan lebih bersih dan bersinar serasa muda kembali.

Nahh mudah bukan... sekarang kamu sudah bisa lebih menghemat untuk perawatan menghilangkan jerawat. Jadi, tak perlu khawatir akan pengeluaran budget besar tiap bulan untuk mengatasi keluhan jerawat, cukup dengan memanfaatkan bahan alami seperti jeruk nipis. Jeruk nipis disamping murah harganya juga mudah dapatnya. So, tunggu apa lagi? Selamat mencoba ya sahabat semua!

Baca Juga :

No comments:

Powered by Blogger.