Subscribe to Our Newsletter ! Free and No SPAM !

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dengan Cepat

logoblog

Jerawat merupakan salah satu keluhan kulit yang sering muncul pada area-area tertentu seperti punggung, dada, leher terutama wajah. Pada umumnya jerawat yang hadir juga dibarengi munculnya bintik-bintik kecil seperti blackhead dan whitehead.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dengan Cepat

Pada kasus yang lebih parah seperti komedo bernanah, jenis ini umumnya akan meninggalkan jejak bekas jika dipencet paksa. Kehadiran jerawat pada kulit biasanya ditandai dengan tanda nyata seperti tonjolan-tonjolan kecil, kulit berminyak serta nyeri ketika disentuh. Yang paling vital, wajah yang menjadi area paling sensitif terkena jerawat.

Jerawat dapat menyerang siapa saja tanpa membedakan usia dan gender. Baik wanita maupun pria berpotensi terkena penyakit kulit ini. Untuk kalangan remaja sekitar 14-20 tahun, biasanya paling sering terkena jerawat. Hal ini disebabkan karena peningkatan hormon selama puber yang mana masa ini mempengaruhi kinerja produksi kelenjar minyak yang dekat dengan folikel rambut pada kulit.

Akibat aktivitas produksi kelenjar tersebut, maka produksi sebum juga meningkat tajam sehingga menumpuk menjadi satu dengan sel kulit mati beserta kotoran yang menyebabkan pori-pori kulit tersumbat. Pada situasi seperti ini memicu bakteri P. acnes berkembang dan mendorong timbulnya jerawat.

Apabila sudah terkena jerawat, maka tangan serasa gatal ingin memencet. Ketika mencet sembarangan apalagi dengan tangan kotor maka akan menimbulkan bekas yang sulit dihilangkan. Tentunya dengan adanya bekas jerawat akan mengurangi kepercayaan diri dihadapan khalayak ramai karena ia memang terlihat jelas.

Meskipun terkesan sederhana, bekas jerawat bikin bikin diri jadi minder dan tak PD. Tidak perlu khawatir, kamu bisa menghilangkan bekas jerawat dengan beberapa cara mulai dari perawatan modern hingga alami. Memilih cara menghilangkan bekas jerawat memang tak mudah. Banyak pertimbangan yang perlu dipikir terutama budget.

Jika kamu saat ini memiliki budget rendah maka kamu bisa menggunakan cara alternatif untuk menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan bahan alami yang gampang ditemukan dimana saja. Perawatan mahal juga belum tentu cocok dan berefek baik untuk kulit. Dengan bahan alami, efek negatif yang didapat hampir tidak ada. Selain itu, cara alami juga baik untuk jangka panjang. Beberapa bahan berikut yang bisa kamu manfaatkan.

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang terbukti manjur


1. Madu


cara menghilangkan bekas jerawat dengan madu

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang  pertama yaitu menggunakan madu. Secara medis madu memiliki kandungan antibiotik yang mampu mencegah infeksi peradangan. Selain itu, bahan manis ini dipercaya mampu menyamarkan bekas jerawat pada kulit terutama bagian wajah.

Untuk langkah penerapannya yaitu oles madu alami pada area bekas jerawat lalu biarkan sampai mengering. Setelah itu, bilas dengan air hangat sampai bersih. Disarankan untuk menggunakan madu asli dan alami tanpa ada campuran pengawet atau pemanis.

2. Baking soda


cara menghilangkan bekas jerawat dengan baking soda

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang kedua yaitu memanfaatkan baking soda. Barangkali terdengar sepele ditelingamu namun ternyata ampuh dalam mengatasi bekas jerawat. Setelah diteliti, ternyata ia memiliki kandungan kristal sodium bicarbonate yang bisa mengeluarkan sel kulit mati apabila dijadikan scrub.

Untuk penerapannya, campurkan 2 sendok air dengan 2 sendok baking soda. Aduk sampai mengental, jika kurang air bisa ditambahkan secukupnya. Kemudian usapkan pada wajah yang terdapat bekas jerawat sembari dipijat-pijat. Lakukan selama tiga menit lalu bilas sampai bersih.

3. Lidah buaya


cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang ketiga adalah memanfaatkan lidah buaya. Semua pasti setuju jika aloe vera atau lidah buaya memiliki manfaat luar biasa terutama untuk kulit. Aloe ini mengandung zat bernama aloesin yang dapat memperlambat pembentukan melanin dalam menggelapkan kulit.

Langkah penerapan, oles gel aloe pada kulit wajah, diamkan sekitar 15 menit tanpa harus dibilas. Disarankan sebelum mengoles, alangkah baiknya membersihkan wajah menggunakan air hangat-hangat kuku supaya pori-pori terbuka lebar dan gel lidah buaya mudah menyerap dengan maksimal.

4. Kentang


cara menghilangkan bekas jerawat dengan kentang

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang keempat yaitu menggunakan kentang. Kandungan mineral serta vitamin mampu mengangkat flek hitam, mempercepat penyembuhan peradangan kulit dan tentunya menghilangkan jerawat.

Langkah penerapan, potong tipis-tipis kentang kemudian tempel pada area kulit wajah yang terdapat bekas jerawat. Diamkan selama sekitar 15 menit lalu bilas sampai bersih. Lakukan tiga kali selama seminggu agar hasil yang didapat optimal.

5. Putih telur


cara menghilangkan bekas jerawat dengan putih telur

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang kelima yaitu menggunakan putih telur. Bahan ini mudah sekali didapat dipasar atau supermarket dengan harga cukup murah. Putih telur dipercaya dapat mengencangkan dan mencerahkan kulit wajah sehingga bekas jerawat mudah memudar.

Langkah penerapan cukup sederhana, oles putih telur pada area kulit yang ada bekasnya kemudian diamkan selama 10 menit. Aplikasikan setiap hari dan rasakan manfaatnya.

6. Kunyit


cara menghilangkan bekas jerawat dengan kunyit

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang keenam yaitu memanfaatkan kunyit. Bahan rempah ini dicek secara medis memiliki kandungan antiseptik dan anti-inflamasi yang sangat bagus untuk kulit jerawatan.

Selain itu, kunyit juga ampuh untuk menyamarkan bekas atau noda jerawat. Untuk langkah penerapan sangat mudah, kunyit ditumbuk sampai menjadi bubuk halus lalu campur dengan beberapa sendok air. Jadikan sebagai masker lalu oles pada bagian wajah yang ada bekas jerawatnya. Lakukan secara rutin agar hasil maksimal.

7. Tomat


cara menghilangkan bekas jerawat dengan tomat

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang ketujuh yaitu memanfaatkan tomat. Kandungan vitamin C dan A dalam tomat dipercaya dapat mengenyalkan kulit wajah sekaligus mempercepat pemudaran bekas jerawat.

Langkah pengaplikasian, iris tomat tipis-tipis atau jadikan masker tomat dengan cara diblender sampai halus lalu tempelkan atau usap pada bagian bekas jerawat lalu diamkan selama 30 menit. Jika sudah, bilas dengan air sampai bersih.

8. Timun


cara menghilangkan bekas jerawat dengan timun

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang kedelapan yaitu menggunakan mentimun. Kandungan magnesium, vitamin A dan C dapat memberikan peluang lebih bagi kulit wajah untuk bernafas. Timun juga bisa menghilangkan flek-flek jerawat serta kemerahan kulit akibat jerawat.

Untuk langkan pengaplikasian, iris mentimun tipis-tipis lalu letakkan pada wilayah bekas jerawat. Biarkan selama 20 menit kemudian basuh sampai bersih menggunakan air bersih.

9. Lemon


cara menghilangkan bekas jerawat dengan lemon

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang kesembilan yaitu memanfaatkan buah lemon. Kandungan AHA atau alfa-hidroksi alami mampu menghilangkan noda bekas jerawat dan berfungsi untuk revitalisasi kulit.

Untuk penerapan, kamu bisa menggunakan dua metode yaitu dengan irisan lemon yang ditempel di kulit wajah atau mengoles perasan lemon ke wajah lalu diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

10. Belimbing wuluh


cara menghilangkan bekas jerawat dengan belimbing wuluh

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang kesepuluh yaitu menggunakan belimbing wuluh. Banyak orang menganggap sepele buah ini karena memang jarang digunakan untuk kulit. Kandungan asam pada buah ini ampuh dalam menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Belimbing wuluh dipercaya kaya akan vitamin C yang baik untuk kulit. Cara penerapan relatif mudah, siapkan beberapa buah belimbing lalu cuci sampai bersih. Setelah itu, tuang garam lalu tumbuk sampai lembut. Oles pada bagian yang terkena jerawat dan bekasnya selama 10 menit. Jika sudah, bilas dengan air hangat sampai bersih, lakukan secara rutin 2 hari sekali.

11. Kayu manis


cara menghilangkan bekas jerawat dengan kayu manis

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang kesebelas yaitu menggunakan bahan rempah kayu manis. Bahan ini tergolong sangat gampang didapat terutama di pasar tradisional. Disamping bisa dimanfaatkan sebagai pengganti gula pada minuman atau sebagai tambahan pada masakan, ternyata ampuh sebagai penghilang jerawat dan bekasnya dengan cepat.

Kayu manis terdapat zat antimikroba yang berfungsi untuk membasmi jerawat dan bekasnya. Untuk penerapannya, siapkan 2 sendok teh kayu manis beserta madu alami. Kemudian campur jadi satu sampai seperti pasta. Setelah itu, oles pada area yang terkena jerawat dan bekasnya ketika mau tidur. Jika sudah, bilas ketika bangun tidur dengan menggunakan air hangat.

12. Bengkuang


cara menghilangkan bekas jerawat dengan bengkuang

Cara menghilangkan bekas jerawat sekaligus mencerahkan kulit yang terakhir yaitu memanfaatkan bengkuang. Pada cara ini tidak kalah manjur dengan bahan alami sebelumnya. Faktanya bengkuang tak hanya untuk mencerahkan kulit saja tetapi juga untuk memudarkan flek jerawat.

Bengkuang diteliti secara klinis mengandung vitamin C yang berfungsi untuk mempercepat penyembuhan pada luka. Tak sampai disitu saja, kandungan vitamin A dan beta-karoten didalamnya juga berperan sebagai antioksidan. Untuk langkah pengaplikasian, tumbuk beberapa bengkuang sampai halus lalu tempel di wajah sampai merata. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air dan keringkan dengan handuk.

Wajib diperhatikan


Semua cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami yang sudah Bunda share sebelumnya diterapkan secara rutin supaya hasil yang didapat memuaskan. Disarankan juga untuk menggunakan bahan-bahan yang steril dan segar terutama buah.

Perlu diketahui sejak awal bahwa hasil yang didapat tidak instan alias sekali pemakaian langsung terlihat. Maka dari itu, kamu perlu sabar dan telaten dalam menerapkan semua cara diatas. Hasil akan terlihat dalam beberapa bulan kedepan.

Bagaimana? Mudah bukan? So, silahkan mencoba dan jangan pantang menyerah ya untuk mendapatkan wajah bebas bekas jerawat.

Baca Juga :