Subscribe to Our Newsletter ! Free and No SPAM !

6 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah di Kulit Wajah

logoblog

Segala hal mengenai jerawat terdengar sangat menjengkelkan terutama bagi kalangan wanita. Jerawat ini ketika tersentuh terasa ngilu bahkan ngefek ke kepala. Dampak psikologis seperti mental juga akan dirasakan bagi yang mengalaminya sehingga keluhan jerawat tak bisa diremehkan begitu saja. Jika tidak segera dihilangkan maka ia akan sangat mengganggu penampilan diri.

6 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah di Kulit Wajah

Terkadang seseorang tidak sabaran, akhirnya segera ingin menghilangkannya dengan cara pintas yaitu memencet jerawat secara paksa yang mana malah akan menimbulkan bekas jerawat memerah yang cukup rumit untuk dihilangkan kedepannya. Perlu dipahami kalau noda memerah ini tidak langsung instan hilang begitu saja.

Pada dasarnya, bekas jerawat memerah ini hampir sama yang mana disebabkan karena kebiasaan negatif seperti memencet jerawat sampai pecah hingga menimbulkan peradangan, mengonsumsi makanan penyebab jerawat hingga kulit sering mendapat paparan sinar matahari.

Nah, apabila bekas jerawat merah menghiasi kulit wajah maka itu bisa dipastikan terjadi peradangan sampai lapisan kulit terdalam sehingga jenis bekas ini bisa dikatakan paling sulit untuk dihilangkan. Maka dari itu perlu segera penanganan agar tidak memperburuk keadaan. Akan tetapi sebelum membahas mengenai cara menghilangkan bekas jerawat merah, alangkah baiknya kamu perlu tahu dulu penyebab tumbuhnya bekas jerawat ini.

Penyebab bekas jerawat yang wajib diketahui


Penyebab bekas jerawat yang wajib diketahui

Sebelum menjurus ke pembahasan mengenai cara menghilangkan bekas jerawat merah, kamu perlu paham mengenai faktor munculnya bekas jerawat. Hal ini penting untuk dipahami sejak awal karena kebanyakan orang merasa sudah melakukan berbagai cara tetapi bekasnya ternyata tidak hilang-hilang. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan mereka masih melakukan kebiasaan yang menjadi penyebab munculnya bekas jerawat.

Memencet jerawat


Memencet jerawat sebagai cara menghilangkan bekas jerawat merah

Ini adalah kebiasaan paling sering dilakukan banyak orang ketika terkena jerawat. Memang ketika memencet, semua isi jerawat akan keluar namun perlu diketahui kalau kebiasaan ini malah menimbulkan luka baru pada permukaan kulit. Biasanya jerawat yang masih belum matang itu pecah maka akan meninggalkan jejak bekas merah.

Sinar ultraviolet


Sinar ultraviolet sebagai cara menghilangkan bekas jerawat merah

Paparan sinar ultraviolet dari matahari berdampak sangat negatif ke kulit langsung. Sinar ini mengakibatkan produksi melanin berlebih sehingga menumbuhkan flek merah atau hitam. Oleh karena itu, jika kamu mendapati jerawat pada wajah, alangkah baiknya kamu jangan sampai terkena sinar ultraviolet terlalu lama.

Kosmetik


Kosmetik sebagai cara menghilangkan bekas jerawat merah

Kosmetik memiliki kandungan bahan tertentu seperti pewarna dan parfum. Kedua bahan tersebut mudah mengalami proses fotosintesis ketika terpapar sinar matahari. Dari sinilah akan menimbulkan bekas merah dan hitam. Maka dari itu sebaiknya gunakan kosmetik seperlunya saja dan jangan lupa untuk membersihkannya sehabis memakai.

Sekarang kamu jadi tahu kalau ada beberapa penyebab tumbuhnya bekas jerawat yang barangkali sering kamu lakukan seperti memencet jerawat, Jika iya, mulai sekarang kamu perlu menghindarinya. Nah, Bunda mau lanjut kasih informasi mengenai cara menghilangkan bekas jerawat merah yang mungkin sudah kamu tunggu-tunggu. Ini dia ulasan lengkapnya :

1. Minum green tea


Minum green tea sebagai cara menghilangkan bekas jerawat merah

Cara menghilangkan bekas jerawat merah yang pertama adalah mengonsumsi green tea atau teh hijau. Teh ini tak hanya berkhasiat untuk menurunkan berat badan tetapi juga berkhasiat untuk memudarkan bekas jerawat. Konsumsi teh hijau memang tidak sebanyak teh hitam biasa.

Khasiat teh hijau sendiri 50% lebih ampuh untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Teh ini juga memiliki kandungan anti bakteri yang sangat efektif dalam melawan bakteri P.acne yang menyebabkan timbulnya jerawat. Selain itu, herbal ini juga mengandung antioksidan kuat yang berperan dalam mencegah peradangan dan iritasi yang menjadi penyebab tumbuhnya bekas jerawat merah.

Cara menerapkan green tea untuk bekas jerawat merah sangat gampang. Kamu bisa menyeduh tea dengan menggunakan air panas seperti teh pada umumnya. Jika sudah agak hangat, kamu bisa segera langsung meminumnya selagi hangat. Apabila kamu meminum teh rutin 3X sehari maka produksi sebum akan terkontrol dengan baik sehingga mampu mencegah timbulnya jerawat.

Solusi lain, kamu bisa menyeduh teh dengan air panas lalu diamkan beberapa saat. Jika sudah, airnya bukan untuk diminum tetapi dibasuh ke wajah beberapa kali terutama ke area yang ada bekas jerawatnya. Tapi yang perlu dipahami, saat membasuh, usahakan suhu air tidak terlalu panas sehingga aman untuk kulitmu. Agar hasil optimal, aplikasikan metode green tea ini secara rutin setiap hari.

2. Gunakan masker pala


Gunakan masker pala sebagai cara menghilangkan bekas jerawat merah

Cara menghilangkan bekas jerawat merah yang kedua adalah menggunakan buah pala. Lantas, apa yang menjadikan pala ini bisa menghilangkan jerawat kemerahan?. Metode yang akan diterapkan atau diaplikasikan kali ini adalah menjadikannya sebagai masker wajah.

Terdapat kandungan antioksidan tinggi pada buah pala sehingga berguna sekali untuk melawan radikal bebas, mencegah infeksi jerawat serta peradangan jerawat yang memicu menimbulkan bekas jerawat memerah. Pada bubuk pala juga terdapat anti-bakteri yang ampuh untuk membunuh bakteri P.acne yang menyebabkan jerawat kemerahan di kulit.

Masih tak hanya disitu saja, bubuk pala juga ampuh untuk mempercepat penyembuhan luka pada kulit yang tentunya proses pemudaran bekas jerawat akan semakin cepat. Untuk pertama, tumbuk pala sampai menjadi bubuk lalu campur dengan beberapa sendok air hingga siap menjadi masker. Oleskan masker pada area kulit yang terdapat bekas jerawat memerah dan diamkan selama sekitar 15 menit.

Jika sudah, segera bilas kulit wajah dengan air sampai bersih. Gunakan masker pala ini secara rutin agar hasil yang didapat optimal. Jika kamu mendapati jenis kulit kering atau kombinasi, tambahkan susu ke masker ini karena sangat bermanfaat untuk memudarkan bekas jerawat memerah sekaligus mencerahkan kulit.

3. Gunakan obat tetes mata


Gunakan obat tetes mata sebagai cara menghilangkan bekas jerawat merah

Cara menghilangkan bekas jerawat merah yang ketiga yaitu menggunakan obat tetes mata. Cara ini terbilang masih jarang diaplikasikan banyak orang karena memang fungsinya untuk obat mata. Ternyata obat ini juga dikenal ampuh untuk menghilangkan jerawat beserta bekasnya yang sudah meradang.

Untuk mengaplikasikan obat tetes mata ini, maka teknik yang perlu kamu lakukan adalah membasahi kapas atau cotton bud dengan obat ini lalu usap secara lembut dan pelan-pelan pada bagian yang terkena bekas jerawat merah. Usahakan menggunakan merek obat tetes dengan kandungan bahan yang aman untuk kulit.

4. Gunakan pembersih wajah


Gunakan pembersih wajah sebagai cara menghilangkan bekas jerawat merah

Cara menghilangkan bekas jerawat merah yang keempat yaitu menggunakan pembersih wajah yang lembut. Saat kamu mendapati bekas di area wajah maka sebaiknya pilih pembersih wajah yang tidak mengandung alkohol dan astringent karena kedua bahan tersebut dapat membuat kulitmu rawan kering dan iritasi.

Untuk jenis kulit kering perlu berhati-hati dalam pemilihan produk karena akan mudah terkena iritasi bahkan lebih membuat kulit semakin lebih kering. Usahakan pilih pembersih yang non alkohol karena reaksi ke kulit tidak terlalu keras. Ketika jerawat dipaksa pencet lalu dibersihkan dengan pembersih yang mengandung bahan keras maka akan menimbulkan peradangan.

5. Gunakan obat topikal


Gunakan obat topikal sebagai cara menghilangkan bekas jerawat merah

Cara menghilangkan bekas jerawat merah yang kelima yaitu menggunakan obat topikal. Selain obat antibiotik, kamu juga bisa mengaplikasikan obat topikal dari resep dokter yang terpercaya. Biasanya kandungan bahan pada obat resep dokter sudah teruji secara klinis sehingga aman untuk kulit. Selain itu, jika obat dari dokter terpercaya sudah dijamin keampuhannya. Berikut beberapa kandungan yang terdapat dalam obat ini.

  • Benzoil peroksida terbukti ampuh dan bermanfaat untuk memudarkan bekas jerawat merah dan membasmi bakteri penyebab munculnya jerawat yang sangat kebal terhadap obat antibiotik.
  • Kandungan retinoid yang terdapat dalam obat topikal sangat bermanfaat untuk mengatasi kemerahan pada jerawat maupun bekasnya karena zat ini mampu mencegah penyumbatan sebum berlebih pada folikel di kulit.
  • Asam salisilat merupakan senyawa yang sangat bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan jerawat serta bekasnya yang memerah sekaligus mengurangi penyumbatan pori-pori yang menyebabkan jerawat tumbuh.

6. Manfaatkan teknologi laser


Manfaatkan teknologi laser sebagai cara menghilangkan bekas jerawat merah

Cara menghilangkan bekas jerawat merah yang terakhir yaitu memanfaatkan teknologi laser yang sangat canggih. Cara ini dilakukan ketika semua cara sebelumnya kurang memberikan hasil yang memuaskan. Disamping itu, teknologi laser terbilang cukup cepat untuk menghilangkan bekas jerawat memerah karena sinarnya langsung menembus jaringan kulit terdalam.

Teknologi ini bekerja dengan sangat maksimal sehingga bekas jerawat bisa hilang total secara singkat. Pada umumnya laser ini berperan dalam meningkatkan kinerja collagen pada kulit yang berfungsi untuk menghaluskan serta mengenyalkan kulit. Akan tetapi perlu dimengerti kalau biaya yang dikeluarkan juga mahal dan itupun jenis perawatan laser juga ada tingkatan harganya.

Tips ampuh supaya terhindar dari bekas jerawat merah


Tips ampuh supaya terhindar dari bekas jerawat merah

Nah, Bunda sudah kasih tahu cara menghilangkan bekas jerawat merah, silahkan dipraktekan semuanya atau salah satunya. Jika dalam kurun waktu jerawat kamu sudah hilang maka kamu perlu tips-tips untuk mencegahnya agar tidak tumbuh kembali. Seperti pepatah mengatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.

Gunakan pelembab


Gunakan pelembab untuk mencegah bekas jerawat merah

Alangkah baiknya kamu menggunakan pelembab secara rutin supaya terhindar dari kotoran dan iritasi kulit. Selain itu, pelembab ini juga tentunya menghindarkan kulitmu dari kekeringan yang berpotensi menimbulkan jerawat. Kamu bisa menggunakan pelembab dengan bahan alami seperti minyak zaitun atau lidah buaya yang tentunya lebih murah dan mudah didapat.

Hindari mandi langsung setelah olahraga


Hindari mandi langsung setelah olahraga untuk mencegah bekas jerawat merah

Ketika selesai berolahraga biasanya akan mengeluarkan keringat apalagi kalau olahraga secara intens. Disarankan setelahnya jangan langsung mandi karena akan menimbulkan penyumbatan pori-pori pada kulit yang sangat memicu munculnya jerawat terutama area punggung dan dahi. Usahakan keringat hilang total terlebih dahulu baru boleh mandi.

Jangan menggosok-gosok kulit secara kencang


Jangan menggosok-gosok kulit secara kencang  untuk mencegah bekas jerawat merah

Saat situasi kulit basah kuyup maka perlu untuk mengeringkannya. Jika kulitmu tipe kering atau sensitif maka jangan digosok-gosok tapi ditepuk-tepuk saja, yang penting tubuh kering. Menggosok kulit terlalu kencang supaya kering terkadang malah memperburuk kondisi kulit terutama pada area yang ada jerawat besar memerah.

Cuci wajah pagi dan malam hari


Cuci wajah pagi dan malam hari untuk mencegah bekas jerawat merah

Tips paling sederhana yang cukup terbukti untuk menghindarkan kamu dari bekas jerawat adalah rutin membersihkan muka setidaknya dua kali sehari. Cuci muka ini juga turut membantumu menghilangkan kotoran, debu dan bakteri yang menempel di kulit. Untuk itu, lakukan secara rutin agar wajah tetap bersih dan segar.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan. Tips diatas tidak memerlukan biaya yang cukup banyak. Ketika melakukan perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat merah, maka bersabar dan telaten dalam menerapkannya. Hasil akan nampak terlihat setelah beberapa bulan. Disarankan juga untuk melakukan perawatan dari dalam seperti mengonsumsi buah dan sayuran yang baik untuk kulit.

Baca Juga :