Breaking

Terbukti! Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Punggung dengan Cepat

Siapapun yang sedang mendapati jerawat pada tubuhnya pasti akan merasa sangat risih. Berbagai cara pasti akan dicoba untuk menghilangkannya baik dengan cara tradisional maupun modern. Jerawat sendiri berpotensi dapat muncul dimana saja, tapi yang paling sering muncul di muka dan punggung.

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secara Alami dan Mudah, yang Pastinya Aman Bagi Kulitmu

Jerawat yang paling banyak tumbuh malah berada di punggung karena area ini tingkat kelembaban sangat tinggi. Produksi keringat juga lebih banyak, ditambah lagi ketutup oleh baju yang memicu terjadinya penyumbatan pori-pori sehingga mudah sekali tumbuh jerawat.

Ketika jerawat di punggung sudah hilang dengan beberapa cara yang dilakukan tentu akan merasa bahagia bukan...tapi kebahagiaan tersebut mulai memudar ketika terdapat jejak bekasnya dikulit. Bekas jerawat di punggung pastinya sangat menganggu penampilan terutama saat akan berenang atau menjemur dipantai.

Pada umumnya bekas jerawat di punggung berupa noda-noda hitam/coklat yang disebabkan hiperpigmentasi sesudah peradangan. Walaupun jarang terlihat karena tertutup baju, namun bekas jerawat di area punggung juga sering menganggu.

Disamping itu, bekas jerawat di punggung tak dapat ditutup dengan make-up seperti di wajah. Bekas ini juga tak langsung hilang meskipun sudah mengonsumsi aneka obat atau lotion penghilang bekas jerawat. Faktanya, menghilangkan bekas jerawat tentu lebih sulit daripada jerawat itu sendiri.

Barangkali kamu yang sekarang sedang mengalami bekas jerawat membandel pada bagian punggung pasti bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkannya? Namun, sebelum Bunda membahas secara detail mengenai cara menghilangkan bekas jerawat di punggung, alangkah baiknya kamu perlu tahu terlebih dahulu mengenai penyebab munculnya jerawat di punggung.

Penyebab timbulnya jerawat di punggung


Penyebab timbulnya jerawat di punggung

Jerawat mudah berkembang biak dimana saja terkecuali telapak kaki dan tangan. Hal tersebut dikarenakan pada kedua area tersebut tidak memiliki folikel sebaceous yang mendorong timbulnya jerawat. Pada umumnya penyebab jerawat di area punggung sama dengan di area muka.

Biasanya penyebab terdiri dari kelebihan sel kulit mati, produksi kelenjar minyak berlebih serta menyebarnya bakteri penyebab jerawat. Kulit dada dan punggung memang lebih banyak mengeluarkan minyak kulit (sebum) dan bakteri dibanding bagian lain. Nah, inilah beberapa faktor yang berkaitan dengan penyebab munculnya jerawat di punggung :

Keringat


Keringat yang menjadi penyebab munculnya jerawat

Saat kamu melakukan aktivitas atau kegiatan banyak diluar rumah, pasti area punggung akan mudah sekali berkeringat. Punggung berkeringat lebih tentunya akan menjadi lebih lembab dan sangat rawan terkena jerawat.

Pewangi dan pelembut pakaian


Pewangi dan pelembut pakaian

Beberapa pewangi dan pelembut pakaian dapat dengan mudah memicu tumbuhnya jerawat di punggung kamu. Kulit punggung sangat rawan alergi terhadap pelembut atau pewangi karena keduanya terkadang memiliki bahan kimia keras. Tak semua kulit tahan dengan bahan kimia tersebut yang mana mudah membuat iritasi.

Pakaian yang kurang tepat


Pakaian yang kurang tepat

Tidak tepat dalam menggunakan pakaian, misal menggunakan pakaian yang tidak mampu menyerap keringat berlebih atau terlalu ketat sehingga menjadikan kulit punggung susah bernapas yang menyebabkan muncul bintik-bintik jerawat memerah.

Menggunakan tas berat


Menggunakan tas berat

Beban tas yang berlebih bisa mendorong pertumbuhan jerawat akibat gesekan dan tekanan ke kulit punggung. Terkadang gesekan yang menekan kulit memberikan efek luka dan rawan terkena infeksi, belum lagi ada percampuran bakteri dan keringat yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Cara ampuh menghilangkan bekas jerawat di punggung


Cara ampuh menghilangkan bekas jerawat di punggung

Nah, dengan pembahasan yang sudah Bunda ulas sebelumnya, kamu pasti sudah paham mengenai faktor apa saja yang menjadi pemicu tumbuhnya jerawat di punggung. Bunda mau lanjut ke pembahasan cara menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan bahan-bahan yang dapat kamu temukan dimana saja. Cara yang akan diulas disini juga mudah untuk diaplikasikan.

1. Aspirin


aspirin untuk menghilangkan bekas jerawat di punggung

Cara menghilangkan bekas jerawat di punggung yang pertama adalah menggunakan aspirin. Apakah benar cukup ampuh untuk mengatasi bekas jerawat? Ini dia alasan singkatnya agar lebih yakin.

Secara medis, kemampuan aspirin adalah exfoliate yang mana dapat mengangkat sel kulit mati dan mendorong tumbuhnya sel baru. Jadi dengan aspirin akan mempercepat pemudaran bekas jerawat di punggung kamu.

Kandungan pokok dari aspirin sendiri adalah asam salisilat yang sangat bagus untuk mencegah peradangan jerawat di punggung sekaligus menyusutkan pembengkakan jerawat secara cepat. Untuk cara pemakaian aspirin pada kulit, ikuti langkahnya berikut ini.

  1. Siapkan 15 butir aspirin lalu tumbuk sampai jadi bubuk halus.
  2. Tambahkan beberapa sendok air hingga teksturnya layak digunakan untuk masker wajah.
  3. Oleskan campuran air dan aspirin tersebut ke bagian punggung kamu yang terlihat bekas jerawatnya dan diamkan hingga mengering.
  4. Jika sudah, bilas dengan air hangat sampai bersih. Agar hasil optimal, lakukan secara rutin 3X seminggu.

2. Lidah buaya


lidah buaya untuk menghilangkan bekas jerawat di punggung

Cara menghilangkan bekas jerawat di punggung yang kedua adalah menggunakan lidah buaya. Selama ini lidah buaya dimanfaatkan sebagai tanaman hias untuk mempercantik eksterior rumah supaya lebih menarik dipandang mata. Ternyata pemanfaatannya bisa untuk hal lain terutama pada kulit. Bagian yang bisa dimanfaatkan adalah gelnya yang lembut dimana ampuh dalam mengatasi bekas jerawat di punggung kamu.

Sifat lidah buaya dapat menurunkan rasa nyeri akibat jerawat, memudarkan bekas jerawat secara efektif serta mempercepat penyembuhan luka akibat peradangan yang memicu muncul bekas jerawat. Selain itu ia juga memiliki kandungan antioksidan tinggi untuk merecover ulang sel kulit yang sudah rusak dan mati. Terdapat juga kandungan vitamin C, E dan zinc yang akan memperlaju penyembuhan bekas jerawta di punggungmu. Untuk detail pengaplikasian bisa ikuti langkahnya berikut ini.

  1. Siapkan aloe vera atau lidah buaya lalu potong kulitnya hingga nampak gel didalamnya.
  2. Kamu bisa mengoleskan gel aloe tersebut ke bagian punggung kamu yang kedapatan bekas jerawat.
  3. Diamkan selama kurang lebih 15 menit sampai gel benar-benar meresap ke pori-pori kulitmu.
  4. Jika sudah mengering, kamu bisa mencuci kulit yang terkena gel dengan air hingga bersih.
  5. Agar hasil maksimal, aplikasikan gel setidaknya 2-3X dalam seminggu.

3. Minyak zaitun


minyak zaitun untuk menghilangkan bekas jerawat di punggung

Cara menghilangkan bekas jerawat di punggung yang ketiga adalah menggunakan minyak zaitun. Selain dimanfaatkan untuk bahan masakan, zaitun juga digunakan untuk perawatan tubuh, terutama kulit. Bahkan konon sejak zaman permaisuri Mesir dulu, mereka memanfaatkan buah zaitun untuk mendapatkan kulit tubuh yang cantik.

Layaknya aspirin, minyak zaitun juga bersifat exfoliate yang mana sangat ampuh dalam mengangkat sel kulit mati dengan cepat serta mempercepat pemudaran bekas jerawat. Selain itu, zaitun juga mengandung antioksidan yang berguna untuk memacu percepatan penyembuhan luka agar tidak menimbulkan iritasi. Sekarang ini sudah banyak orang yang memanfaatkan minyak ini untuk pengobatan. Untuk pengaplikasian, kamu bisa ikuti langkahnya berikut ini.

  1. Teteskan beberapa minyak pada kain atau kapas bersih yang kamu miliki hingga agak basah.
  2. Oleskan pada area punggung yang terdapat bekas jerawat sampai merata.
  3. Diamkan minyak selama 15 menit supaya minyak meresap hingga ke jaringan terdalam kulit.
  4. Jika sudah, Bilas dengan air hangat hingga bersih. Untuk hasil maksimal, kamu perlu memanfaatkan minyak zaitun untuk perawatan kulit setiap hari.

4. Lemon


lemon untuk menghilangkan bekas jerawat di punggung

Cara menghilangkan bekas jerawat di punggung yang keempat adalah memanfaatkan lemon. Lemon sudah sangat terkenal untuk perawatan tubuh baik dalam maupun luar tubuh. Tapi pembahasan disini akan lebih mengarah ke perawatan luar tubuh terutama kulit, termasuk area punggung.

Kandungan vitamin C pada lemon sangat tinggi yang mendorong produksi kolagen. Kolagen sendiri bermanfaat untuk melembabkan dan menghaluskan kulit serta memudarkan bekas jerawat secara efektif. Selain itu, vitamin C pada buah ini juga berperan mendorong percepatan regenerasi kulit serta memperbaharui sel kulit mati. Untuk pengaplikasian, ikuti langkahnya berikut ini.

  1. Siapkan perasan lemon lalu campur dengan beberapa sendok air supaya air perasan tak mengiritasi kulit.
  2. Oleskan campuran perasan lemon dengan tangan atau kain ke area punggung kamu yang terdapat bekas jerawat.
  3. Biarkan selama 15 menit sampai meresap total atau mengering.
  4. Jika sudah, bilas punggung dengan air hangat. Untuk hasil optimal, kamu dapat menggunakan campuran lemon ini sehari sekali.

5. Cuka apel


cuka apel untuk menghilangkan bekas jerawat di punggung

Cara menghilangkan bekas jerawat di punggung yang kelima adalah memanfaatkan cuka apel. Selain dimanfaatkan untuk bumbu masakan, ternyata cuka ini memiliki beragam khasiat yang terbukti untuk mengatasi bekas jerawat di punggung. Beberapa manfaat yang didapat dari cuka apel.

  • Cuka apel memiliki kandungan asam laktat dan asam malat yang mampun menghaluskan kulit dan memperlaju proses pemudaran bekas jerawat baik yang berwarna merah, coklat atau hitam.
  • Cuka apel juga mengandung asam amino dan juga alpha hidroxi yang mempercepat penghilangan sel kulit mati hingga tidak heran kalau bekas jerawat mudah memudar.

Berikut ini cara mengaplikasikan cuka apel untuk menghilangkan bekas jerawat di punggung.

  1. Siapkan cuka apel dan air agak banyak dalam wadah.
  2. Aduk kedua bahan sampai tercampur rata hingga campuran cuka tidak terlalu mengiritasi kulit.
  3. Oleskan campuran cuka ke bagian punggung yang ada bekas jerawat lalu biarkan selama 1 jam.
  4. Bilas kulit punggung dengan air sampai bersih. Untuk hasil yang lebih optimal, aplikasikan campuran ini 1X dalam sehari.

6. Kentang


kentang untuk menghilangkan bekas jerawat di punggung

Cara menghilangkan bekas jerawat di punggung yang keenam adalah menggunakan kentang. Selain enak untuk dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat sehari-hari, ternyata kentang juga bermanfaat untuk dijadikan sarana penghilang bekas jerawat di punggung. Beberapa manfaat yang didapat dari kentang antara lain:

  • Kandungan niacin dan vitamin B pada kentang bermanfaat untuk mempercepat regenerasi sel kulit yang sudah rusak atau mati kemudian memperbaharuinya dengan yang baru.
  • Kandungan lain pada kentang adalah vitamin C yang berfungsi untuk mendorong produksi kolagen. Vitamin C ini juga bagus untuk menghaluskan kulit dan memudarkan bekas jerawat pada punggung. Untuk cara pemakaiannya sangat mudah, kamu bisa ikutin tahap-tahapnya berikut ini.

  1. Siapkan 1 buah kentang lalu kupas kulitnya. Jika sudah, tumbuk kentang sampai halus teksturnya.
  2. Setelah itu kamu dapat mengoleskan tumbukan tersebut ke seluruh area punggung yang ada bekas jerawat.
  3. Biarkan menempel selama 7 menit hingga mengering. Kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih.
  4. Lakukan secara rutin sehari sekali agar hasil yang didapat maksimal.

7. Timun


timun untuk menghilangkan bekas jerawat di punggung

Cara menghilangkan bekas jerawat di punggung yang terakhir adalah menggunakan mentimun. Timun biasanya dijadikan lalapan yang bersanding dengan ayam bakar, lele bakar dan makan lesehan lainnya. Ternyata timun juga bermanfaat sebagai obat yang efektif untuk mengatasi jerawat maupun bekasnya. Berikut ini beberapa manfaat yang kamu dapat dari mentimun serta langkah penggunaannya sebagai masker timun.

  • Sifat astringent pada timun mampu membasmi jerawat dan menyamarkan noda bekas jerawat dengan cepat.
  • Timun juga ampuh menghilangkan kotoran, debu serta bakteri yang menempel di kulit sehingga melindungi anda dari munculnya jerawat.

  1. Siapkan 1 mentimun segar lalu potong-potong tipis.
  2. Tempelkan potongan tersebut secara merata ke area punggung yang ada jerawat dan bekasnya.
  3. Diamkan selama 30 menit supaya zat dalam mentimun meresap total ke pori-pori kulit.
  4. Bilas atau usap dengan air hingga bersih. Untuk hasil terbaik, trerapkan secara rutin.

Tips Menghindari Munculnya Bekas Jerawat di Punggung


Tips Menghindari Munculnya Bekas Jerawat di Punggung

Setelah kamu tahu beragam cara menghilangkan bekas jerawat di punggung, maka supaya lebih afdhol, kamu perlu tahu juga cara mencegahnya supaya tidak muncul bekas jerawat di kemudian hari. Jika tidak dicegah segera, terkadang bekas yang sudah mulai hilang akan nampak kembali karena beberapa faktor. Berikut beberapa tips menghindari munculnya bekas jerawat di punggung.

Mandi rutin


Mandi rutin untuk menghilangkan bekas jerawat di punggung

Ketika kamu melakukan aktivitas berat diluar seperti olahraga, maka akan menimbulkan keringat berlebih terutama dada atau punggung. Keringat menjadi penyebab tumbuhnya jerawat jika bercampur dengan kotoran dan bakteri. Maka dari itu sesudah beraktivitas, segeralah mandi tapi keringat biar hilang total terlebih dahulu.

Gunakan pakaian longgar


Gunakan pakaian longgar untuk mencegah bekas jerawat

Faktor penyebab jerawat di punggung yang sering tidak dipedulikan kebanyakan orang adalah memakai pakaian terlalu ketat. Jika kulit tidak diberi ruang untuk udara, maka ketika ada keringat berlebih akan meningkatkan kelembaban dan memungkinkan penyumbatan pori-pori kulit.

Jangan gunakan tas dengan beban berlebih


Jangan gunakan tas dengan beban berlebih untuk mencegah bekas jerawat

Beban berlebih yang dialami punggung berpotensi menyebabkan tumbuhnya jerawat karena kulit mendapat gesekan-gesekan yang membuat permukaan kulit lebih lembab. Alangkah baiknya membawa barang yang ringan saja sehingga tak akan melukai kulit punggung. Hal ini juga tentunya memberikan ruang udara lebih pada punggung.

Gunakan sunscreen


Gunakan sunscreen untuk mencegah bekas jerawat

Sinar UVB dan UVA dari matahari memberikan dampak sangat buruk pada kulit. Ketika kamu sedang melakukan piknik ke pantai, selalu gunakan sunscreen supaya tidak memperburuk tampilan noda hitam. Pilih sunscreen yang sesuai dengan jenis kulitmu supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Terapkan pola hidup sehat


Terapkan pola hidup sehat untuk mencegah bekas jerawat

Tips terakhir untuk mencegah munculnya bekas jerawat di punggung yang paling penting adalah menerapkan pola hidup sehat. Konsumsi makanan-makanan bergizi dan penuhi asupan cairan dengan meminum setidaknya 8 gelas air setiap hari. Hindari juga makanan berlemak yang mengandung kolesterol tinggi. Rutinlah untuk melakukan olahraga meskipun hanya dengan gerakan ringan.

Bagaimana?? Sekarang tak perlu khawatir lagi akan bekas jerawat di punggung. Praktekkan saja semua cara yang sudah Bunda ulas diatas. Jika diterapkan secara rutin maka Bunda yakin kamu akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan.

Baca Juga :

No comments:

Powered by Blogger.