Subscribe to Our Newsletter ! Free and No SPAM !

Cara Mencegah Jerawat Datang Kembali Secara Alami dengan Hanya Lakukan Kebiasaan Ini

logoblog

Hallo lagi sahabat ChannelBunda.....salam sehat ya...kali ini Bunda mau berbagi informasi lagi nih mengenai salah satu permasalahan kulit yang paling sering dialami banyak orang...apa itu?? Ya jerawat namanya. Jerawat aka acne merupakan timbulnya tanda bintil kecil putih atau memerah pada permukaan kulit.

cara mencegah jerawat

Kondisi ini dapat hadir di bagian mana saja, tidak melulu hanya wajah dan dialami oleh berbagai usia meskipun jerawat sering diidentikkan pada kaum remaja. Biasanya pada remaja mudah sekali terkena keluhan ini pada bagian punggung dan wajah. Namun tak sedikit juga orang dewasa juga banyak yang mengalaminya bahkan sampai tingkat parah.

Berbagai macam faktor seperti salah satunya; lingkungan kurang bersih memang tidak bisa dihindarkan. Akan tetapi kamu tetap bisa melakukan cara-cara untuk mencegah agar tidak timbul jerawat kembali terutama pada bagian sensitif seperti di pipi dan hidung. Sebelum menjurus ke bagian langkah praktis mencegahnya, ada baiknya kamu perlu tahu mengenai pengetahuan umum seputar jerawat.

Pengetahuan umum tentang jerawat yang perlu kamu tahu


cara mencegah timbulnya jerawat

Memang jerawat bukanlah sebuah penyakit yang membahayakan namun membuat risih yang mengalaminya. Tentunya jika ada jerawat yang datang lagi meskipun satu saja akan menurunkan kepercayaan diri sehingga membuat lebih minder dihadapan orang lain.

Terkadang jerawat suka datang membandel lagi, saat sudah ada yang hilang, timbul kembali di area lain. Dan ini membuat refleks diri ingin menyentuh bahkan memencet sehingga jika nekat akan meninggalkan bekas yang susah dihilangkan atau malah menambah jumlah jerawat di area sekitarnya.

Kamu saat ini yang belum jerawatan atau ada satu di bagian tertentu, maka perlu segera mencegahnya agar tidak terlanjur ke tingkat yang lebih buruk. Namun sebelum itu, apakah kamu sudah tahu betul mengenai semua hal yang berhubungan dengan jerawat? Misalnya seperti penyebab dan bagaimana terbentuknya? Jika belum pelajari dulu informasi dasarnya tersebut agar kedepan pola perawatan pencegahan bisa lebih maksimal. Yuk mari disimak dengan seksama.


Bagaimana terbentuknya jerawat dikulit?


cara mencegah jerawat secara alami

Biasanya jerawat terbentuk karena berbagai faktor seperti perubahan hormon. Ketika sel-sel kulit mati dan minyak berlebih pada kelenjar minyak tercampur lalu menutup folikel rambut (pori-pori) maka akan mengalami penyumbatan. Saat itulah bakteri masuk dan menyebabkan pembengkakan di bagian bawah kulit.

Ketika bagian yang tersumbat itu luruh maka akan muncul bintil, itulah yang dinamakan jerawat. Sebagian besar bintil ini memang berasal dari folikel yang tersumbat. Jika penyumbatan tersebut dibiarkan dalam waktu beberapa saat maka bintil yang sebelumnya kecil akan berkembang lebih besar.


Penyebab jerawat apa aja sih?


cara mencegah jerawat tumbuh

Berbagai macam spekulasi mengenai penyebab munculnya jerawat sangat beragam. Mulai dari faktor sisi luar maupun dalam. Namun kali ini kamu memaparkan dari sudut pandang yang lain dimana mungkin belum begitu terlintas dalam pikiran kamu.

  1. Riwayat orangtua, barangkali kalau keluargamu jerawatan, kamu mungkin lebih berpotensi mengalaminya juga.
  2. Perubahan hormon yang signifikan ketika menjalani masa kehamilan bagi kamu yang sudah menikah.
  3. Puberitas, ini usia yang paling mudah jerawatan karena hormon meningkat tajam dan produksi kelenjar minyak keluar lebih banyak.
  4. Penggunaan berbagai obat yang berlebihan yang bisa jadi memicu munculnya jerawat sebagai efek samping.
  5. Berlebihan dalam penggunaan make-up juga mempengaruhi karena produk tersebut berpotensi menyumbat pori-pori kulit.


Makanan sehat sebagai cara alami mencegah jerawat tumbuh


Makanan sehat untuk mencegah jerawat tumbuh

Jika seseorang terutama wanita sampai memiliki jerawat tentu merasa tak nyaman. Ingin segera mencegah sebelum terlambat tapi butuh biaya banyak. Sebenarnya ada faktor dari dalam yang perlu kamu perhatikan dulu yaitu dari makanan yang dikonsumsi.

Pemilihan akan makanan yang masuk kedalam tubuh merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan betul. Karena sesuatu yang masuk akan memberikan dampak positif atau nagatif. Nah dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan sehat berikut tentunya tak hanya baik untuk kesehatan tubuh saja tapi juga kulit.

1. Air


cara mencegah jerawat muncul

Semua pasti sudah tahu kalau sebagian besar tubuh terdiri dari air. Air sangat dubutuhkan demi kelancaran proses metabolisme serta berfungsi untuk memberi nutrisi pada bagian tubuh tertentu terutama kulit. Dengan mengonsumsinya dalam taraf cukup maka akan menghasilkan kulit yang kenyal dan sehat.

Air juga dipercaya mampu membantu penyembuhan regenerasi kulit serta menghilangkan keluhan kulit lainnya. Memang terlihat remeh dan tidak banyak orang mengaplikasikan untuk meminum air secara rutin. Awalnya terasa berat namun lama kelamaan akan terbiasa, jadi minum tak hanya saat haus saja. Jadi perlu untuk melatih dari sekarang demi kesehatan kulitmu.

2. Buah beri dan jeruk (vitamin C)


cara mencegah datangnya jerawat

Vitamin C sangat berperan penting untuk ketenangan kulit. Vitamin ini juga baik untuk mendukung penyembuhan jarangan kulit yang rusak serta melindungi dari infeksi. Infeksi sangat mudah menyebabkan bekas jerawat dan memperparahnya.

Belum cukup sampai disitu saja, kerennya lagi vitamin C juga berfungsi untuk mempercepat proses produksi kolagen yang sangat penting untuk mendapatkan kulit yang lembut. Kamu bisa memperoleh berbagai makanan yang mengandung vitamin C seperti berikut ini:

  • Variasi buah jeruk : keruk nipis, lemon, keprok dan bali
  • Variasi buah berry : blueberry, strawberry, blackberry, raspberry, cranberry
  • Semangka, nanas dan mangga
  • Sayuran tertentu seperti tomat, brokoli dan paprika merah

3. Gandum dan almond (zinc)


cara mencegah jerawat datang kembali

Tubuh memerlukan jumlah zinc yang cukup untuk membantu melawan bakter P.acne yang menyebabkan kulit berjerawat. Zinc juga dapat menenangkan kulit yang teriritasi akibat jerawat yang terlanjur menyebar. Kamu dapat dengan mudah menemukan zinc pada gandum, almond dan kalkun.

4. Wortel dan bayam (vitamin A)


cara alami mencegah jerawat

Kesehatan kulit juga tidak lepas dari peran vitamin A. Vitamin ini turut berperan besar untuk memperkuat kolagen ditubuh yang mana keberadaannya sangat penting untuk bentuk dan penampilan kulit. Selain itu ia juga meningkatkan sistem imun dan mempercepat penyembuhan bekas jerawat.

Kamu dapat menemukan berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin A, semua bisa ditemukan di pasar tradisional atau supermarket.

  • Sayuran berwarna kuning, merah dan orange seperti tomat, wortel dan paprika
  • Sayuran berdaun gelap seperti sawi, bayam dan kale
  • Tumbuhan berakar seperti labu dan ubi jalar

Selain yang sudah disebutkan diatas sebelumnya, Bunda juga menemukan tambahan referensi lain yang sangat bagus dari situs republika yang mana disampaikan melalui infografis keren, singkat namun padat isi. Ini dia penampakannya...

cara mencegah jerawat timbul

Ini dia cara alami mencegah jerawat datang kembali


cara mencegah jerawat datang lagi

Banyak sekali cara yang bisa kamu coba untuk mencegah timbulnya jerawat lagi. Mulai dari perawatan mahal ke klinik spesialis kecantikan sampai cara aneh yang terdengar murah namun belum terbukti secara medis dapat mencegah jerawat. Daripada kamu ribet dan bersusah payah, mendingan coba dengan kebiasaan sederhana dan praktis yang bisa kamu praktekkan sehari-hari berikut ini.

1. Benahi pola makan


cara mencegah munculnya jerawat

Cara alami mencegah jerawat yang pertama agar tidak tumbuh atau muncul kembali adalah dengan membenahi pola makan. Jika kamu memang serius ingin menjaga kulit dari munculnya jerawat, maka mulai dari sekarang untuk mengurangi makan makanan yang mengandung lemak dan gula seperti gorengan, roti coklat, cake dan lain sebagainya. Memang makanan tersebut sangat enak dan terkadang bikin ketagihan.

Bolehlah kamu sesekali menyantapnya namun jangan terlalu sering. Kalau sampai tidak terkontrol dengan baik dan berlebihan mengonsumsinya, maka produksi minyak pada kelenjar akan meningkat dan membuat kulit semakin berminyak dan rentan timbul jerawat. Mulai sekarang benahi dengan pola makan sehat yang seimbang demi kesehatan kulit secara bertahap.

2. Kurangi stress dan istirahat cukup


cara mencegah tumbuhnya jerawat

Cara mencegah timbulnya jerawat secara alami supaya tidak datang kembali yang kedua adalah mengurangi stress dan cukup istirahat. Di era yang segalanya serba butuh cepat sekarang ini, tuntunan pekerjaan dalam dan luar rumah akan terus menghampiri. Belum lagi suasanan jalan yang macet karena semua transportasi menumpuk jadi satu karena semua orang ingin segera sampai tempat kerja sebelum terlambat. Masih banyak lagi persoalan dalam kehidupan yang menghampiri.

Dengan kondisi seperti itu tentunya memicu stress bahkan depresi. Dengan situasi tersebut orang jadi susah tidur dan tubuh jadi kurang istirahat. Nahh jika sampai keseringan stress dan kurang tidur maka akan memicu munculnya jerawat secara cepat yang mana terjadi karena meningkatnya jumlah minyak pada kulit. Peningkatan minyak terjadi karena dorongan hormon glukokortikoid. Maka dari itu istirahatlah yang cukup dan kurangi stress.

3. Bersihkan wajah hingga tuntas


cara mencegah jerawat di wajah

Cara mencegah jerawat tumbuh atau muncul yang ketiga adalah membersihkan wajah sampai tuntas. Tak sedikit orang jadi takut untuk menggunakan riasan make-up karena khawatir akan jerawatan. Sebenarnya yang membuat wajah mudah berjerawat bukan karena make-up, namun karena setelah pemakaian tidak dibersihkan secara tuntas. Sebagian besar orang membersihkan tidak tuntas dan asal-asalan.

Jika tidak bersih, sisa make-up akan mudah bercampur dengan minyak dan kotoran lalu mengendap di pori-pori kulit yang dapat mendorong percepatan munculnya jerawat. Gunakan face cleanser terlebih dahulu sebelum mencuci muka dan lakukan setiap selesai pemakaian make-up.

4. Paham betul kandungan dalam produk skin care


cara mencegah timbulnya jerawat secara alami

Cara mencegah jerawat datang kembali secara alami berikutnya adalah mengerti betul akan skin care yang akan digunakan. Jika kamu memang ingin menggunakan skin care untuk pencegahan jerawat, maka jangan langsung mentah-mentah dibeli apalagi digunakan. Kenali dulu tipe kulitmu, apakah berminyak, kering atau normal. Mengetahui sejak awal mengenai tipe kulit akan menentukan hasil selama pemakaian.

Jika sudah paham betul akan kulitmu, maka pilih dan baca kandungan produk skin care yang kamu minati terlebih dahulu sebelum membeli. Baca dengan seksama apakah ada bahan berbahaya yang merusak kulit didalamnya. Masih ada satu lagi, cek review-review bagi yang sudah memakainya. Jika sudah yakin, barulah membeli di toko terpercaya.

5. Jaga kebersihan rambut, handuk dan bantal


cara mencegah jerawat datang

Terakhir, cara mencegah datang dan timbulnya jerawat secara alami yang tidak kalah pentingnya untuk diterapkan adalah memperhatikan betul kebersihan rambut, handuk dan bantal. Menjaga rambut tetap bersih juga menjadi cara yang tepat untuk mencegah datangnya jerawat apalagi bagi para penggemar berambut poni.

Saat membersihkan dengan keramas diharapkan sampai benar-benar bersih hingga sisa shampoo dan produk hair care lainnya tidak menempel yang mana bisa menyebabkan muncul bintil bintil jerawat. Selain keramasan, kamu juga bisa memberikan nutrisi rambut dengan bahan alami seperti lidah buaya, disamping lembut juga sehat.

Selain rambut, ada barang lain yang juga paling sering tersentuh dengan kulit wajah dan kepala yaitu handuk dan bantal. Tak sedikit orang malas untuk membersihkan secara berkala dua barang tersebut. Padahal debu dan kotoran paling mudah menempel dan menumpuk disana. Maka dari itu gantilah sarung bantal secara rutin dan cucilah handuk kalau sudah beberapa kali dipakai.

Nahh dengan melakukan 5 kebiasaan diatas, kamu sudah mengurangi potensi terkena penyakit jerawat. Memang awalnya mungkin terkesan ribet namun jika sudah dilakukan secara rutin maka akan refleks dengan sendirinya dan akan jadi aktivitas wajib dalam kehidupanmu.

Kesimpulan


Sejatinya, jerawat tak hanya hadir saat kondisi kulit kurang fit saja, melainkan ada faktor pendorong lain yang menyebabkan kemunculannya seperti hormonal, makanan dan kebiasaan sehari-hari. Oleh karenanya diri ini harus selalu terus berusaha untuk menjaga kulit agar tetap sehat.

Tidak perlu melulu dengan cara mahal, masih banyak cara murah dan mudah untuk dilakukan. Jika kamu senantiasa menerapkannya setiap hari maka potensi memiliki wajah mulus dan bebas jerawat tentunya bukan angan-angan lagi. Selamat mencoba.... jika ada pertanyaan silahkan berkomentar dibawah ya...

Baca Juga :