Subscribe to Our Newsletter ! Free and No SPAM !

Pentingnya Belajar Membaca untuk Anak Usia Dini

logoblog

Pastinya kamu sudah sangat tahu betul manfaat membaca khususnya pada anak-anak usia dini. Sebagai orangtua yang baik terutama yang sudah mengenyam pendidikan tinggi, pasti kamu juga mengidamkan supaya buah hati tercinta nantinya menjadikan membaca sebagai suatu kebiasaannya. Apalagi berdasar penelitian menyatakan bahwasannya minat baca anak di Indonesia masih belum tinggi seperti di negara lain, bahkan untuk kawasan Asia sekalipun.

Pentingnya Belajar Membaca untuk Anak Usia Dini

Anak merupakan aset bangsa yang nantinya akan meneruskan perjuangan untuk dapat memajukan tanah air. Sering sekali dikatakan bahwasannya negara maju masyarakatnya memiliki kualitas pribadi tinggi, hal tersebut hanya dapat dicapai dengan cara belajar untuk dapat memperluas wawasan dan menambahkan ilmu pengetahuan. Ini sebab sangat penting sekali untuk menanamkan minat baca pada anak-anak sejak usia dini.

Meskipun sebagai orangtua bercita-cita untuk bisa membiasakan si anak membaca sejak usia masih dini, akan tetapi pada kenyataannya terkadang tidak terlalu mudah untuk bisa menanamkan budaya membaca tersebut. Beberapa penghalangnya sebagai berikut ini.

Banyak sekali penghalang


Banyak sekali penghalang

Sekarang ini sudah sangat banyak sekali alternatif kegiatan yang dapat dilakukan anak untuk isi waktu luangnya, contohnya saja menonton tv atau bermain game. Pastinya dibandingkan kegiatan membaca, aktifitas tersebut sepertinya jauh lebih menyenangkan dan lebih banyak dipilih sebab ia memang masih belum paham akan manfaat dari kegiatan membaca.

Sebenarnya para orangtua tidak perlu melarang anak untuk lakukan hal tersebut, akan tetapi silakan berikan batasan dan dampingi si anak pada saat menonton tv atau bermain game. Ada baiknya kamu ciptakan suasana nyaman pada saat membaca serta berikan saja kesan bahwasannya membaca itu adalah hal yang sangat menyenangkan.

Orangtua tak memberikan contoh


Orangtua tak memberikan contoh

Orangtua di sini haruslah berperan di dalam menumbuhkan minat baca anak usia dini dan anak pastinya sulit membiasakan dirinya untuk membaca jika ia tidak melihat orangtuanya juga rajin dalam membaca.

Kamu pastinya sudah paham bahwasanya si anak adalah peniru paling baik. Oleh sebab itulah, supaya sih kecil suka membaca, silakan mulai dari dirimu sendiri dengan berdisiplin dalam membaca setiap hari.

Sarana


Sarana

Pastinya akan terasa sulit sekali untuk bisa menumbuhkan minat baca anak usia dini jika di rumah juga tidak tersedia sarana berupa buku untuk itu. Jika kamu mempunyai keterbatasan keuangan untuk bisa dialokasikan membeli buku-buku, maka perpustakaan umum bisa jadi pilihan terbaiknya.

Sekarang ini pemerintah sudah mewadahi fasilitas yang memadai untuk menumbuhkan budaya baca dengan berbagai saranan seperti halnya dengan pendirian perpusatakaan, pengadaan perpustakaan keliling, dan lain-lain.

Demikianlah sekilas informasi tentang pentingnya belajar membaca untuk anak usia dini yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.