Hilangkan Pikiran Negatifmu, Mereka Tak Ada Gunanya

3 min read

Tak perlu dikatakan lagi bahwasanya pikiran positif dan negatif kita mempengaruhi semua aspek dalam hidup kita.

Hilangkan Pikiran Negatifmu, Mereka Tak Ada Gunanya

Pikiran negatif dapat memperlambat pekerjaan dan juga tujuan hidup kita. Tak bisa dipungkiri jika mereka memberikan dampak terhadap apa yang kita fikirkan tentang diri kita sendiri dan orang lain.

Dan itu juga memungkinkan untuk berdampak pada bagaimana kita mengekspresikan pendapat dan penilaian terhadap sesuatu hal.

Hal ini dikarenakan pikirkan kita terbentuk oleh bagaimana kita melihat sesuatu dan tergantung pada pengalaman yang kita miliki baik itu pengalaman yang positif maupun negatif.

Ide dan sikap kita terhadap segala hal bersumber tidak hanya pada bagaimana kita dipengaruhi oleh suatu pengalaman, tapi juga pada bagaimana kita mengartikan pengalaman tersebut.

berhenti berpikir negatif

Seseorang yang memiliki pikiran negatif di taraf parah dapat menyebabkan munculnya kekhawatiran dalam dirinya dengan sangat mudah.

Kekhawatiran dan pikiran negatif adalah bagaikan sepasang iblis yang dapat menguatkan satu sama lain dan membuat kita terlihat menyedihkan dan mengalami keterpurukan yang akut.

hindari berpikir negatif

Memang benar, mereka mungkin saling memperkuat satu sama lain, tetapi harus diingat bahwa kita sesungguhnya lebih kuat.

Ketika kita belajar dan mengetahui cara menghadapinya, kita bisa menyingkirkan mereka.

jangan larut dalam berpikir negatif

Banyak sekali ahli yang mengemukakan sesunggunya betapa kuatnya pikiran yang kita miliki.

Apa yang kita pikirkan tentang diri kita lah yang memperburuk kecemasan, bukan peristiwa nyata yang muncul dalam hidup kita.

melihat alam terbuka untuk menghilangkan pikiran negatif

Kamu dapat mengusir pikiran negatifmu.

Namun sebelumnya, kamu harus memulainya dengan melakukan observasi mengenai pikiran dan dirimu. Otak bekerja untuk berfikir dan mengamati.

Sungguh berbahaya bila otakmu ternyata telah diambil alih dan didominasi oleh pikiran negatif.

pergi keluar untuk buang pikiran negatif

Bagian dari kinerja otak kita mampu untuk mengamati.

Ia melihat dan memperhatikan apa yang ada dalam diri kita dan apa yang ada pada dunia luar.

Namun, ia tidak menganalisis, mengkritisi, atau pun memberikan penilaian.

santai sejenak untuk menghilangkan pikiran negatif

Kembangkanlah pengamatan pada diri kita, perspektif yang netral dapat membantumu membunuh pikiran negatif bahkan kekhawatiran dapat pula dimusnahkan.

Dibutuhkan kemampuan untuk balajar dalam hal ini.

Dan bila kita sukses mengendalikan pikiran kita, kita dapat terlepas dari pikiran kita.

Ini berpengaruh pada pengurangan dampak buruk yang tercipta dan melahirkan kehidupan yang lebih baik.

sejenak duduk dipantai untuk buang pikiran negatif

Kata-kata dan bahasa memiliki pengaruh yang besar dalam pikiran negatif.

Jika kita ingin meredam diri dengan pikiran negatif, kita harus memperhatikan bahasa dalam tubuh kita yaitu cara kita berbicara dengan diri kita sendiri.

stop untuk negatif thinking

Mari kita ambil beberapa contoh, yaitu ketika kita secara terus-menerus memberikan cap diri kita dan selalu menanamkan pada benak kita bahwa kita sebagai sosok yang buruk, misalnya saja “aku bodoh”, “aku tak cukup baik untuk melakukan ini semua”, “aku fikir aku akan gagal”.

tetap berpikir positif dan jangan negatif

Atau barangkali kamu merasa dalam benak terlintas pikiran “aku yakin aku tak bisa menyelesaikannya bahkan memulainya pun sudah pasti susah”.

Hal-hal ini akan membuat kita selalu berfikiran negatif dan ini mempengaruhi bagaimana kita menilai diri kita bahkan dapat pula berdampak pada bagaimana kita menilai orang lain dan lingkungan sekitar.

merenung sejenak untuk merubah pikiran negatif ke positif

Observasi diri membuat kita perhatian dengan bagaimana kita menilai diri kita sendiri.

Setelah kita mengetahui bahwa diri kita telah dikuasai oleh pikiran negatif, kita menjadi pribadi yang pendiam dan sangat terpengaruh oleh itu.

Namun apabila kita telah mengetahui itu, kita dapat menjadi waspada dan berusaha mengusir pikiran negatif.

observasi diri untuk buang pikiran negatif

Lalu bagaimana cara yang dapat kita lakukan untuk mengusir pikiran negatif? Ada beberapa cara untuk menghilangkannya secara permanen.

Telah dijelaskan sebelumnya bahwasanya langkah yang penting dalam membunuh pikiran negatif adalah dengan cara observasi diri.

Jika kamu sudah melakukan observasi, hal yang dapat dilakukan setelahnya adalah mengganti pikiran negatif tersebut dengan pikiran yang positif.

Pikiran yang positif dalam segi ini adalah hal-hal yang realistis.

jangan sampai pikiran negatif terus merasukimu

Untuk menyingkirkan pikiran negatif tanpa menggantinya dengan sesuatu yang lainnya adalah hal yang mustahil.

Tanpa sesuatu yang baru, pikiran kita akan kembali lagi kepada pikiran kita yang lama, yaitu berfikir secara negatif.

Mungkin kamu dapat melakukan beberapa hal di bawah ini untuk membantumu mengusir pikiran negatif dan menggantinya dengan hal-hal yang positif.

  • Observasi diri apakah kamu benar-benar berfikir negatif akan segala hal yang ada.
  • Lakukan refleksi. Cara untuk melakukan refleksi ini misalnya saja dengan cara menulis jurnal tentang cara berfikirmu yang tidak tepat.
  • Tanyakan dalam dirimu sendiri tentang cara berfikir negatifmu dan berusahalah untuk mengubahnya. Sebagai contoh adalah mungkin kamu adalah sosok yang tidak memiliki kompetensi dalam suatu hal. Lalu berfikirlah dengan hal apa yang menjadi kekuatan dari dirimu? Kekuatan yang dapat membuatmu menjadi pribadi yang lebih. Setelah kamu mengetahui kekuatanmu, kamu dapat mencari tahu dimana dan bagaimana kamu dapat mengembangkannya sehingga terciptakah kamu yang sukses.
  • Buat kalimat-kalimat yang sekiranya dapat membangunmu untuk menjadi pribadi yang berfikiran positif. Sehingga hal ini dengan secara terus-menerus dapat mematikan pikiran negatif yang telah lama hinggap dalam pikiranmu. Pikiran positif dalam hal ini dapat disebut dengan afirmasi atau penguatan. Dengan mengulangi penguatan secara teratur dan sesering mungkin tiap harinya dapat melatih otakmu untuk menyingkirkan pikiran negatif, dan mengubahnya dengan sesuatu yang lebih nyata seperti halnya pikiran positif.
  • Jika kamu telah melakukan hal-hal yang dapat mengubahmu menjadi sosok yang selalu berpikiran positif dari segi dalam, yaitu dari dalam dirimu sendiri, maka cobalah untuk mendapatkan aspek dari luar. Yang dimaksud dalam poin ini adalah carilah lingkungan dengan orang-orang yang selalu berpikiran positif.
  • Jika kamu tidak ingin tertular dengan orang-orang yang berpikiran negatif, maka sebisa mungkin jauhi mereka dan jangan mencoba untuk menjadi bagian dari mereka. Lingkungan negatif tentu saja akan mempengaruhi prospek dirimu sebab orang-orang yang berpikiran negatif adalah orang-orang yang pesimis sehingga kamu tidak bisa berpikiran positif dan maju, dan ini akan menghambat segala hal dalam duniamu. Ada pepatah yang mengatakan, tempatkan dirimu secara fisik dalam lingkungan yang positif yaitu melalui penglihatanmu juga melalui pendengaranmu.
  • Berjanjilah dan fokuskan dirimu pada janji itu. Maksudnya adalah fokuskan dirimu pada janji yang telah kamu buat apabila kamu ingin menjadi orang yang lebih baik degan berfikir positif. Sehingga kamu akan selalu berusaha untuk menyingkirkan pikiran negatif dan mengganti pikiran-pikiran tersebut dengan hal yang positif yang lebih membangun dirimu.
  • Kembangkan rasa kagummu dan rasa bersyukurmu. Hubungkan hal-hal yang lebih besar darimu, dari pada kita semua para manusia. Cara yang ini merupakan cara yang alami untuk melawan pikiran negatif.
  • Meningkatkan level kewaspadaan terhadap pikiran kita dan bagaiamana kita berbicara pada diri kita dikenal cukup kuat dalam mempengaruhi kita. Ketika kamu melakukan observasi diri mengenai apa yang terjadi di dalam otak kita dan kemudian menggantinya dengan pikiran-pikiran positif dan keyakinan kita, hal ini terbilang lebih akurat.

Untukmu yang Sedang Merasakan Kegagalan, Berikut 9 Cara Berpikir…

Kegagalan bisa jadi momok terbesar bagi sebagian orang. Tidak jarang, kegagalan bisa berujung pada keputusasaan dan bahkan kematian. Serem ya? Tenang kawan, sebenarnya kamu...
Channel Bunda
3 min read

Ingin Jadi Orang Sukses Dalam Segala Hal? Berikut Tips…

Sukses merupakan harapan setiap orang, namun demikian, sukses merupakan suatu hal yang tidak mudah untuk didapatkan. Perlu perjuangan dan kerja keras untuk mencapai sebuah...
Channel Bunda
3 min read

Yakin Sudah Bisa Menghargai Diri Sendiri? Sudah Melakukan 7…

Sebagai sesama ciptaan Tuhan, kita diwajibkan untuk saling menghargai satu sama lain. Tidak hanya kepada sesama manusia, tetapi juga kepada hewan, tumbuhan, bahkan lingkungan....
Channel Bunda
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *