Cobain Deh! 8 Tips Tes TOEFL Mudah Berikut Ini untuk Mendapatkan Skor Tinggi

TOEFL atau Test of English as a Foreign Language merupakan sebuah tes untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris, yang mana ujian tersebut biasanya diperlukan untuk mendaftar ke Universitas di Amerika Serikat atau pun negara lainnya di dunia. Namun selain itu, tes TOEFL tersebut juga kerap digunakan sebagai syarat untuk melamar kerja pada beberapa perusahaan.

Untuk mendapatkan skor tinggi agar lulus dalam ujian Toefl memang tidaklah mudah, padahal tes TOEFL tersebut sangat dibutuhkan untuk Anda yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi atau melamar sebuah pekerjaan.

Nah, bagi Anda yang ingin sukses dalam tes Toefl, berikut beberapa tips tes Toefl untuk mendapatkan skor tinggi dengan cara sederhana:

1. Pahami dulu apa itu tes TOEFL dan tujuannya


Pahami dulu apa itu tes TOEFL dan tujuannya

Tips tes Toefl yang paling pertama adalah memahami apa itu tes Toefl dan mengetahui apa tujuan Anda mengikuti tes tersebut. Apakah test Toefl tersebut untuk melamar sebuah pekerjaan ataukah untuk mendaftar di sebuah Universitas.

Hal tersebut perlu diperhatikan agar Anda juga bisa mengetahui terkait berapakah nilai atau skor Toefl yang harus dicapai. Karena pada sebuah perusahaan ataupun Universitas terkadang memiliki standar tersendiri terhadap skor Toefl yang harus dipenuhi.

2. Jangan lupa atur waktu belajar sendiri


Jangan lupa atur waktu belajar sendiri

Tips tes Toefl selanjutnya memang terkadang tidak mudah dilakukan untuk sebagian orang. Apalagi bagi Anda yang memiliki kesibukan yang cukup padat, tentu akan sangat sedikit memiliki waktu untuk belajar menghadapi tes Toefl.

Meskipun bukan sebuah ujian nasional, tapi untuk mengikuti tes Toefl Anda juga harus mempersiapkan banyak materi untuk dipelajari. Oleh karena itu, sekalipun Anda tengah sibuk, usahakan untuk bisa mengatur sendiri waktu belajarnya.

3. Jangan sampai mengabaikan grammar dasar, pelajari dulu ilmu dasarnya


Jangan sampai mengabaikan grammar dasar, pelajari dulu ilmu dasarnya

Tak jauh berbeda dari Ujian Nasional bahasa Inggris yang pernah Anda lalui saat duduk di bangku SMA atau sederajat, untuk menghadapi test Toefl Anda juga harus mempelajarinya mulai dari ilmu dasarnya, Grammar atau tata bahasa.

4. Asah kemampuan dengan sering mengerjakan soal latihan test TOEFL


Asah kemampuan dengan sering mengerjakan soal latihan test TOEFL

Salah satu tips tes Toefl yang paling penting adalah belajar untuk mengerjakan soal-soal latihan test Toefl itu sendiri. Selain dari les atau bimbingan belajar, sebaiknya Anda juga mengasah kemampuan Anda sendiri dengan latihan soal-soal tersebut, mulai dari listening hingga reading.

5. Tak ada salahnya belajar dari orang lain


Tak ada salahnya belajar dari orang lain

Selain belajar sendiri, Anda juga bisa belajar dengan orang lain yang lebih pintar dalam berbahasa Inggris, atau dengan mereka yang pernah sukses mengikuti test Toefl. Tak ada salahnya untuk mengikuti metode pembelajaran mereka atau trik mereka dalam mengerjakan test Toefl.

6. Seringlah berlatih membaca maupun menulis bahasa inggris


Seringlah berlatih membaca maupun menulis bahasa inggris

Tips tes Toefl selanjutnya yakni mengasah kemampuan berbahasa Inggris Anda dengan membaca tulisan-tulisan berbahasa Inggris lalu terjemahkan ke dalam Bahasa Inggris atau menulis kembali tulisan-tulisan berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris.

7. Belajar dari hal kecil seperti mendengarkan atau menonton film berbahasa inggris


Belajar dari hal kecil seperti mendengarkan atau menonton film berbahasa inggris

Nah, bagi Anda yang memiliki waktu belajar sangat sedikit, Anda juga bisa memulai belajar bahasa Inggris dari hal-hal kecil, seperti mendengarkan dan menyanyikan lagu-lagu berbahasa Inggris, ataupun menonton acara TV berbahasa Inggris serta menonton film-film berbahasa Inggris tanpa subtitle.

8. Pelajari trik-trik dalam mengerjakan test TOEFL


Pelajari trik-trik dalam mengerjakan test TOEFL

Tips tes Toefl yang paling banyak dicari adalah trik-trik mudah untuk mengerjakan tes Toefl, mulai dari listening, Structure and written Expression dan reading.

Selain mendapatkan trik-trik tersebut dengan les Bahasa Inggris, kini Anda juga bisa dengan mudah menemukan berbagai trik dari internet, baik Google maupun YouTube. Kemudian coba Anda terapkan trik-trik tersebut pada soal-soal latihan yang Anda kerjakan.

Sebagai orang yang kesehariannya menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa daerah, mengikuti tes Toefl memang terkadang tidak semulus ujian Bahasa Indonesia. Maka dari itu, persiapkanlah segala sesuatu untuk menghadapi tes Toefl, mulai dari belajar dan mengikuti beberapa tips tes Toefl di atas. Selamat mencoba!

No comments:

Powered by Blogger.