Subscribe to Our Newsletter ! Free and No SPAM !

Tips Membeli Laptop Bekas dan Standar Pengecekannya agar Tidak Tertipu

logoblog

Membeli laptop bekas memang menjadi salah satu solusi yang tepat saat Anda memiliki dana yang cukup terbatas dan Anda membutuhkan laptop dengan segera. Di berbagai wilayah cukup banyak tersedia laptop bekas yang dipasarkan. Bahkan, di marketplace online pun Anda akan menemukan banyak sekali laptop bekas yang dijual.

Tips Membeli Laptop Bekas dan Standar Pengecekannya agar Tidak Tertipu

Adanya banyak laptop bekas yang dijual tersebut tentu saja akan memberikan banyak opsi untuk Anda. Hanya saja, Anda tentu harus mengetahui tips membeli laptop bekas karena kondisinya yang berbeda dengan barang baru.

Beberapa tips untuk membeli laptop bekas ini penting agar Anda tetap menemukan produk yang bagus meskipun bekas. Lantas, apa saja tips tepat untuk membeli laptop bekas agar tidak tertipu? Simak ulasan di bawah ini.

Lihat kondisi fisik


Lihat kondisi fisik

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat hendak membeli laptop bekas adalah melihat kondisi fisik dari laptop tersebut. Dalam hal ini, laptop bekas yang masih memiliki fisik mulus tentu saja lebih disarankan. Selain itu, hindari membeli laptop yang banyak goresan pada bagian body. Hal tersebut bisa menjadi tanda jika laptop tersebut pernah terjatuh.

Selain kondisi fisik pada bagian body, jangan lupa untuk mengecek segel laptop. Ya, tips membeli laptop bekas ini cukup penting untuk memastikan laptop dalam kondisi yang baik. Jika segel laptop tersebut masih utuh, maka laptop belum pernah dibongkar untuk penggantian spare part bagian dalam.

Ketahui lama penggunaan


Ketahui lama penggunaan

Lama penggunaan menjadi hal yang cukup krusial terutama saat hendak membeli laptop bekas. Dalam hal ini, lama penggunaan laptop juga sebagian besar akan berpengaruh pada performa laptop bekas tersebut. Biasanya, masalah utama yang kerap muncul pada laptop yang sudah digunakan terlalu lama adalah RAM dan HDD yang menurun kualitasnya.

Oleh karena itu, tanyakan pada penjual berapa lama laptop tersebut sudah digunakan. Biasanya, jika Anda berkunjung ke tempat jual beli laptop bekas, maka pemilik toko akan menempelkan stiker mengenai lama penggunaan laptop. Sebagai saran, belilah laptop bekas yang baru digunakan maksimal 2 tahun.

Cek kelengkapan


Cek kelengkapan

Untuk mendapatkan laptop bekas yang masih bagus, mengecek kelengkapan laptop juga menjadi hal penting. Salah satu tips membeli laptop bekas ini harus diperhatikan agar Anda tidak merasa tertipu. Saat proses transaksi, coba tanyakan mengenai kelengkapan laptop, seperti charger, dus dan lainnya.

Tentu, Anda juga harus memastikan bahwa kelengkapan yang ada pada laptop tersebut original atau bawaan laptop. Hindari membeli laptop bekas jika kelengkapannya tidak ada atau tidak original. Aksesoris laptop yang tidak original biasanya justru akan merusak komponen laptop tersebut.

Bandingkan harga


Bandingkan harga

Nah, tips membeli laptop bekas lain yang juga sangat penting adalah membandingkan harga. Harga memang menjadi salah satu pertimbangan yang sangat penting untuk membuat kalkulasi pengeluaran. Secara umum, harga laptop bekas memang lebih murah dan terjangkau daripada laptop baru.

Namun, tidak ada standard yang pasti mengenai harga dari laptop bekas tersebut. Artinya, Anda bisa menawar harga tersebut hingga sesuai keinginan. Dalam hal ini, sebelum melakukan penawaran, Anda sebaiknya melakukan riset guna mencari harga pasaran dari laptop yang Anda inginkan agar bisa melakukan penawaran dengan sesuai.

Demikian beberapa ulasan mengenai tips membeli laptop bekas yang bisa dilakukan. Dengan mengikuti beberapa tips di atas, maka Anda bisa terbantu untuk mendapatkan laptop bekas berkualitas. Sebagai tambahan, Anda lebih baik mendatangi tempat jual laptop bekas daripada pasar online untuk memudahkan pengecekan.