Breaking

Ternyata Inilah Alasan Kenapa Desain Rumah Minimalis Modern Masih Menjadi Hunian Idaman Sampai Saat Ini

Memiliki rumah yang nyaman sudah pasti menjadi idaman setiap keluarga. Sayangnya, punya rumah impian pun membutuhkan sedikit pengorbanan. Apalagi jika Kamu tinggalnya di daerah perkotaan padat penduduk seperti Jakarta. Pasti pusing kan mengatur lahan untuk rumah? Untuk itulah desain rumah minimalis menjadi pilihan utama.

Ternyata Inilah Alasan Kenapa Desain Rumah Minimalis Modern Masih Menjadi Hunian Idaman Sampai Saat Ini

Istimewanya lagi nih, seiring perkembangan trend, desain rumah minimalis modern gak cuma diterapkan di kota-kota besar dengan lahan terbatas saja lho. Di daerah dengan lahan yang masih cukup luas pun, desain minimalis banyak digunakan. Kenapa begitu? Tentu saja karena desain ini dianggap kekinian dan trend.

Ciri-ciri dan karakter khusus yang membedakan desain rumah minimalis dengan desain rumah lainnya


Tahu gak sih, kalau Desain minimalis  itu pada dasarnya berprinsip pada istilah “less is more”. Dari frasa ini pasti Kamu bisa tahu kalau dalam membuat desain minimalis, baik rumah atau bangunan lain, yang lebih ditonjolkan pasti aspek fungsinya. Semakin sedikit semakin banyak fungsinya. Yang lebih mudah dilihat sih penggunaan elemen bangunannya. Semua serba sederhana

Kalau dilihat, rumah minimalis modern banyak dipilih saat membangun sebuah gedung atau hunian akhir-akhir ini. Pesan kesederhanaan yang ingin disampaikan direpresentasikan dengan rumah yang memanfaatkan bentuk geometris sebagai bentuk dasarnya. Selain itu, Desain rumah minimalis dan modern ini cenderung tidak menggunakan hiasan yang terlalu berlebihan.

Desain rumah ini nih sebenarnya masih baru. Kalau dilihat dari sejarah, tercipta sekitar abad ke-19. Desainnya juga memiliki karakteristik atau ciri khusus yang membedakannya dengan jenis desain lain. Karakternya cenderung memberikan banyak keunggulan bagi penghuninya. Gak heran kalau desain minimalis sangat populer di kalangan masyarakat.

Ada beberapa karakteristik yang menjadi ciri khusus dari rumah berdesain minimalis. Ciri-ciri ini adalah ciri yang paling jelas terlihat kalau Kamu mengamati rumah berdesain minimalis.

1. Bentuknya lebih geometris


Bentuknya lebih geometris

Kalau diperhatikan baik-baik, rumah minimalis modern itu bentuknya geometris saat dilihat dari luar. Yang paling sering sih bentuknya kubus atau persegi panjang. Dimensinya pun tidak seperti kebanyakan rumah dengan desain khas berdimensi limas plus yang paling penting bagian atas berbentuk segitiga sebagai atapnya.

Sedangkan rumah minimalis, bagian atasnya cenderung datar dan tidak menggunakan bentuk atap segitiga seperti desain rumah pada umumnya. Karena itulah ketika dilihat dari jauh bentuknya terlihat sangat geometris.

2. Elemen yang digunakan lebih mengutamakan fungsi


Elemen yang digunakan lebih mengutamakan fungsi

Ciri lain yang menggambarkan desain minimalis adalah elemen-elemen yang digunakan. Masih berpegang pada konsep kesederhanaan, elemen yang digunakan di dalam rumah berdesain minimalis ini lebih difokuskan pada aspek fungsinya. Tapi jangan salah, biar kata elemennya sederhana tetap bisa menampilkan kesan rumah minimalis mewah.

Biar karakter mewahnya terlihat, bisa diakali dengan penggunaan furniture di dalamnya. Furniture yang digunakan cenderung sangat sederhana modelnya gak neko-nek atau banyak hiasan. Biasanya sih polos saja sudah cukup.

Sekali lagi, itu dibuat untuk menonjolkan fungsinya. Jadi, furniture yang ada di dalam rumah berdesain minimalis sudah pasti multifungsi. Contohnya nih ranjang dengan tambahan space atau ruang kosong di bawahnya. Kalau gini kan tidak hanya bisa jadi tempat tidur, tapi juga tempat penyimpanan sekaligus bukan?

3. Say no to pembatas dan sekat di dalam ruangan


Say no to pembatas dan sekat di dalam ruangan

Ingat rumah minimalis dibuat untuk mengakali lahan yang sempit. Supaya rumah bisa kelihatan lebih luas, ini nih trik yang diterapkan di dalamnya. Trik yang digunakan adalah tidak memasang sekat atau pembatas pada ruangan-ruangan yang ada di dalamnya, kecuali ruangan yang bersifat pribadi lho.

Bandingkan saja Kalo gak ada sekat, ruangan bisa jadi lebih luas sekaligus terang. Ini juga nih yang jadi ciri khas rumah minimalis modern, menonjolkan ketersediaan ruang terbuka. Untuk menerapkan prinsip ini biasanya juga dilakukan dengan pemilihan furniture minimalis.

4. Penataan cahaya yang tepat


Penataan cahaya yang tepat

Jangan heran kalau Kamu melihat rumah-rumah di perumahan elite itu nampak begitu mempesona. Salah satunya ya karena penataan cahaya atau lightingnya yang diatur sedemikian rupa. Kalau cahayanya ditata sedemikian rupa, rumah gak hanya tampil lebih stunning tapi juga lebih luas.

Penataan cahayanya bisa Kamu lakukan baik dari sumber cahaya alami maupun cahaya buatan. Untuk sumber cahaya alami seperti cahaya matahari misalnya, penataan cahayanya bisa dilakukan dengan banyak menggunakan kaca sebagai dindingnya. Penggunaan kaca sebagai dinding ini akan memudahkan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan di dalam rumah.

Semakin banyak cahaya matahari yang bisa masuk, maka rumah bisa tampak lebih luas. Selain penataan cahaya secara alami, Kamu juga harus melakukan penataan pada sumber cahaya buatan seperti lampu.

Penataan dan penempatan lampu yang tepat selain akan membuat ruangan tampak lebih terang, juga bisa menjadi daya tarik pada tampilan rumahmu. Jika Kamu menempatkan lampu pada spot yang tepat, maka ketika malam tiba dan lampunya dinyalakan percayalah, rumah Kamu pasti tampak lebih cantik.

Contoh jenis-jenis rumah minimalis yang sedang trend dan kekinian, desain yang nyaman dan hits saat ini


Sudah bukan rahasia lagi kalau rumah dengan desain minimalis saat ini sedang hits dan booming. Seperti beberapa contoh rumah dengan desain minimalis berikut yang mungkin bisa menjadi ide desain rumah minimalis idaman Kamu.

1. Rumah minimalis 1 lantai


Rumah minimalis 1 lantai

Contoh rumah dengan desain minimalis yang pertama dan paling banyak ditemui adalah rumah minimalis lantai 1. Rumah ini biasanya banyak terdapat di daerah perkotaan padat penduduk atau berada tepat di tengah kota. Kalau jenis ini sih, meskipun Cuma 1 lantai tapi sudah pasti nyaman dan desainnya juga menarik.

Biarpun hanya memiliki 1 lantai namun tetap tidak meninggalkan kesan mewah pada rumah tersebut. Memaksimalkan bahan dan desain yang sederhana justru membuat rumah ini terlihat tampak mewah.

2. Rumah minimalis 2 lantai


Rumah minimalis 2 lantai

Selanjutnya kalau Kamu mau menambah ruangan rumah minimalis 2 lantai bisa menjadi pilihan. Idenya sih untuk Kamu yang mau ada ruang lebih tapi lahan yang tersedia sangat terbatas. Karena itu menambahkan bangunan secara vertikal menjadi pilihan.

Jika dibandingkan dengan jenis sebelumnya, rumah ini bisa tergolong sebagai rumah minimalis mewah. Hal ini karena pembangunan vertikal tentu membutuhkan komponen yang lebih kompleks. Karena itu biasanya rumah jenis ini juga dibandrol dengan harga yang cukup tinggi dibandingkan jenis sebelumnya.

3. Rumah minimalis 3 lantai


Rumah minimalis 3 lantai

Jenis selanjutnya ini merupakan jenis yang cukup jarang dijumpai sehingga bisa juga dikategorikan sebagai rumah minimalis mewah. Dua lantai saja sudah pasti butuh komponen tambahan yang tidak sedikit, apalagi berlantai tiga.

Yang perlu diperhatikan biasanya sih pengaturan suhunya. Semakin tinggi bangunan pasti suhu udara di dalamnya juga semakin tinggi. Karena itu biasanya rumah minimalis 3 lantai dibuat sedemikian rupa untuk agar penghuninya tetap nyaman saat tinggal di dalamnya.

4. Rumah minimalis terbaru


Rumah minimalis terbaru

Selain 3 jenis rumah berdesain minimalis yang sudah disebutkan di atas, beberapa waktu belakangan rumah minimalis terbaru dan kekinian terus bermunculan dengan inovasi-inovasi yang kekinian pula. Rumah-rumah minimalis terbaru ini biasanya menggabungkan lebih dari 1 konsep sekaligus.

Misalnya menggabungkan konsep minimalis dengan konsep alam. Konsep alaminya didapat  dari menambahkan ornamen-ornamen alami seperti batu alam di dalamnya. Kalau ada unsur-unsur alamnya, rumah pasti tampak lebih asri kan.

Inovasi yang lebih kekinian lainnya akan membuat rumah berdesain minimalis menjadi rumah minimalis idaman. Caranya dengan menggabungkan konsep minimalis modern dengan konsep split level misalnya. Konsep ini juga sedang hits lho untuk digunakan dalam desain rumah.

For your information aja nih, yang namanya split level itu menerapkan satu prinsip utama dalam pembuatannya.  Konsep split level ini memberikan perbedaan pada ketinggian lantainya. Karena tingginya berbeda jadi seperti berlevel-level gitu kan, makanya disebut split level

Perbedaan ketinggian lantai yang digunakan pada konsep split level ini akan membuat semua ruangan di dalam rumah tampak lebih lapang. Cara ini juga menjadi cara untuk mengakali keterbatasan lahan yang biasanya dialami ketika membangun sebuah rumah dengan konsep minimalis.

5. Rumah minimalis cantik


Rumah minimalis cantik

Tidak hanya terkesan sederhana, modern dan mewah, rumah dengan desain minimalis juga bisa menampilkan kesan cantik saat dipandang. Kesan cantik ini bisa Kamu dapatkan jika bisa memberi tambahan aksen atau elemen lain yang  tepat yang bisa mempercantik tampilan rumah.

Kesan rumah minimalis cantik biasanya ditampilkan dengan pemilihan warna cat yang tepat. Jika biasanya rumah dengan desain minimalis cenderung memilih cat dengan warna-warna netral seperti hitam, putih atau abu-abu, biar jadi cantik, Kamu bisa coba warna lain selain warna-warna itu.

Selain warna-warna modern seperti hitam, putih atau abu-abu, pilihan warna lainnya akan membuat tampilan rumah berdesain minimalis jadi lebih berbeda. Misalnya untuk menampilkan kesan cantik, Kamu bisa memilih cat berwarna lebih cerah atau lebih lembut seperti warna pink muda, krem atau warna-warna cerah lainnya.

Kesan cantik juga bisa didapatkan jika Kamu menambahkan elemen lain di bagian luar seperti tanaman hias atau taman kecil. Selain dari bagian depan, Kamu juga bisa memperkuat kesan cantik dari dalam.

Penataan dekorasi di dalam ruangan yang tepat akan membuat rumah Kamu jadi semakin cantik. Caranya pilih furniture atau perabotan di dalam ruangan sesuai dengan konsep ruang yang Kamu gunakan. Misalnya jika Kamu menggunakan konsep modern, maksimalkan konsep yang Kamu pilih ini dengan penataan furniture modern di dalamnya.

6. Rumah minimalis keren


Rumah minimalis keren

Kalau berbicara soal desain rumah yang minimalis, pasti yang terbayang adalah keren. Konsep minimalis yang mengedepankan kesederhanaan namun tetap diperhitungkan dengan baik mulai dari pemilihan bahan dan pemanfaatan lahan yang terbatas, membuat siapa saja pasti menganggap rumah ini keren.

Namun ada cara lain yang bisa Kamu lakukan untuk kesan rumah minimalis keren ini semakin kuat. Sama seperti pada contoh jenis rumah berdesain minimalis sebelumnya, kesan keren bisa semakin Kamu tonjolkan dengan pemilihan aksen dan pengaturan perabot, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Kamu bisa membuat kesan keren pada rumah Kamu dengan memperkuat konsep rumah yang Kamu gunakan. Misalnya jika Kamu menerapkan konsep minimalis modern, maka perkuat konsep tersebut dengan cara pemilihan warna, pemilihan furniture hingga penataan furniture. Dengan begitu tampilan rumah Kamu akan semakin keren.

Kesan keren pada tampilan rumah juga bisa Kamu dapatkan melalui pengaturan cahaya atau lightingnya. Konsep rumah minimalis pada dasarnya memang menekankan pada penataan cahaya atau lighting yang diatur sedemikian rupa agar rumah menjadi lebih terang. Dengan begitu juga rumah akan tampak lebih luas karena pencahayaan yang cukup.

Pencahayaan yang cukup tidak hanya akan membuat rumah tampak lebih terang dan luas namun juga lebih keren lho. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menempatkan sumber cahaya di tempat yang tepat untuk menonjolkan rumah Kamu.

Misalnya adalah dengan menempatkan lampu di bagian luar yang menyorot ke arah rumah Kamu. Dengan cara ini, rumah Kamu akan tersorot layaknya bintang utama di atas panggung. Cara penempatan pencahayaan ini seperti ini akan membuat rumah Kamu tampak keren saat dilihat dari luar.

7. Rumah minimalis bagus


Rumah minimalis bagus

Setiap desain untuk rumah yang minimalis saat ini dirancang tidak hanya untuk membuat rumah bisa berfungsi sebagai tempat berlindung saja, namun juga memiliki nilai keindahan lebih. Dengan menggabungkan beragam konsep bersama dengan rumah berkonsep minimalis akan membuat rumah Kamu menjadi semakin bagus.

Penggabungan dua konsep sekaligus dalam satu buah bangunan juga sedang banyak diminati untuk membuat rumah tampak nyaman sekaligus bagus saat dipandang. Dengan menggabungkan dua konsep sekaligus ini, tampilan rumah tidak hanya akan tampak itu-itu saja dan cenderung membosankan. Dengan ide dan inovasi ini akan membuat rumah minimalis bagus sekaligus multifungsi.

Hasil tampak luar yang bagus namun tetap mengedepankan kenyamanan saat ditinggali membuat rumah berdesain minimalis banyak diminati. Dengan beragam keunggulan ini, tak heran jika saat ini banyak orang yang lebih memilih menggunakan desain minimalis meskipun lahan yang digunakan cukup luas untuk membuat rumah minimalis idaman penghuninya.

8. Warna cat rumah minimalis tampak depan


Warna cat rumah minimalis tampak depan

Saat mengamati rumah yang menerapkan konsep minimalis, penggunaan warna catnya yang lebih beragam. Tidak seperti rumah biasa, pemilihan warna cat rumah minimalis tampak depan maupun di dalamnya harus diperhitungkan dengan baik dan disesuaikan dengan konsepnya.

Kebanyakan penampakan luar pada rumah dengan desain minimalis menggunakan cat-cat berwarna lebih modern seperti warna hitam, putih, abu-abu, atau bahkan warna-warna cerah. Pemilihan warna yang digunakan lebih beragam dibandingkan dengan rumah tanpa konsep yang umumnya hanya menggunakan warna putih saja.

Gak hanya warna netral yang bersifat modern saja, warna yang lebih berani ini juga memberi karakteristik tersendiri pada konsep rumah berdesain minimalis. Dengan pemilihan warna yang lebih banyak dan beragam ini, rumah yang dibangun di atas lahan yang terbatas tidak akan nampak kumuh karena warna-warna yang digunakan umumnya merupakan warna-warna yang segar.

Semakin berkembang jaman, semakin berkembang pula fungsi dari rumah. Tidak cuma berfungsi untuk berlindung saja, rumah juga bisa menjadi simbol gaya hidup dan selera dari pemilik rumah itu sendiri. Jangan heran kalau saat ini desain rumah juga terus berkembang mengikuti permintaan masyarakat dan perkembangannya.

Jika dulu desain rumah hanya terbatas desain yang biasa saja dengan atap berbentuk segitiga, maka kini desain rumah sudah berkembang dengan pesat. Salah satunya adalah desain minimalis yang merupakan pengembangan dari desain lama. Rumah dengan desain minimalis yang awalnya dibuat untuk mengatasi masalah keterbatasan ruang pun kini menjadi trend desain rumah yang banyak digemari masyarakat.

Rumah dengan desain minimalis banyak dipilih karena memiliki daya tarik tersendiri. Selain memberikan nuansa lebih nyaman, desain rumah ini juga lebih menarik. Apalagi jika diterapkan di kota-kota besar dengan lahan yang terbatas.

Kenyamanan ini didapatkan selain dari desain rumahnya sendiri juga dari penataan di dalamnya. Dengan begitu Kamu bisa tetap mendapatkan rumah minimalis idaman bahkan dengan lahan yang tidak begitu besar. 

No comments:

Powered by Blogger.