Breaking

Resep Ketoprak, Makanan Tradisional Indonesia yang Wajib Kamu Dicicipi

Ketoprak menjadi kuliner yang tidak boleh dilewatkan. Makanan tersebut sekilas mirip dengan pecel. Hanya saja pecel menggunakan berbagai jenis sayuran sedangkan kuliner ini hanya menggunakan sayur toge saja dicampur dengan bihun yang diberi sambel kacang tanah.

Resep Ketoprak, Makanan Tradisional Indonesia yang Wajib Kamu Dicicipi

Makanan ini mempunyai saos yang berbahan sama dengan gado-gado dan karedok yaitu dengan menggunakan saos kacang. Jadi cita rasa yang diberikan hampir mirip satu dengan yang lain yang membedakan adalah bahan baku pembuatnya dan pelengkapnya yang berbeda.

Asal mula makanan ketoprak


Tidak jelas makanan ini berasal dari mana. Ada yang mengatakan berasal dari Jakarta tetapi ada juga yang mengatakan dari Cirebon. Bahkan ada yang bilang dari Jawa Tengah. Tidak masalah ketoprak berasal dari mana yang penting merupakan makanan asli dari Indonesia dan mempunyai cita rasa khas asli orang Indonesia juga.

Masyarakat Jawa kadang mengenalnya sebagai salah satu jenis kesenian drama asli Jawa. Dan ternyata memang mempunyai nama yang sama. Asal mula namanya juga unik karena konon berawal karena piring sang penjual yang jatuh dan berbunyi ketuprak. Ditambah penjual yang menggunakan gramobak untuk menjajakan makanannya dan masyarakat lebih mengenalnya sebagai gedubrak. Dari situlah asal mula nama makanan yang unik itu.

Sebagai topping ketoprak, kamu bisa menambahkan telur rebus dan kerupuk kecil atau emping melinjo. Rebusan telur itu menjadikan ketoprak lengkap istimewa. Tetapi kalau memang tidak suka dengan telur rebus tidak perlu cukup taburan bawang goreng saja sudah cukup memberikan kelezatan di lidah yang sulit untuk ditolak.

Makanan ini biasa menjadi makanan utama karena terdapat ketupat sebagai bahannya. Ketupat dicampur jadi satu dengan bumbu dan bahan lainnya supaya bercampur jadi satu dengan bumbu kacang. Di samping itu, ada bihun dan mentimun yang menambah rasa segar dan nikmat. Jadi tidak mengherankan kalau banyak orang yang memburu makanan ini sebagai makan siang saat di kantor karena mengenyangkan.

Untuk mendapatkannya juga tidak sulit karena kamu tinggal mencarinya di pinggir jalan. Banyak pedagang kaki lima yang menjualnya dan harganya juga murah. Dijamin aman untuk kantong. Apalagi saat tanggal tua yang menuntut untuk berhemat. Tetapi saat ini juga sudah banyak restoran yang menyediakannya sebagai salah satu sajiannya karena banyak peminat dan harganya juga tidak beda jauh dengan yang di kaki lima.

Jika kamu ingin menambah khasanah kuliner tradisional Indonesia maka ketoprak wajib kamu coba. Rasanya yang gurih dari saus kacang tanah dicampur dengan segarnya irisan mentimun memberikan sensasi tersendiri. Disamping mengenyangkan, makanan ini memberikan rasa nikmat di lidah dan tidak mengecewakan. Jadikan makanan tradisional menjadi raja di Indonesia supaya terjaga kelestariannya.

Resep ketoprak praktis enak


Bahan utama

  • 250 gram taoge, cuci bersih dan seduh pakai air panas, angkat
  • 100 gram bihun, rendam air dingin hingga lunak, tiriskan
  • 5 buah tahu putih ukuran 6 x 6 x 2 centimeter
  • 4 buah ketupat, potong-potong sesuai selera

 Bahan saus kacang

  • 250 gram kacang tanah, goreng, haluskan
  • 100 mililiter air hangat
  • 6 siung bawang putih
  • 5 buah cabai rawit merah, goreng, sisihkan
  • 1 sendok teh garam
  • Kecap manis Bango secukupnya

Bahan pelengkap

  • Irisan seledri
  • Bawang goreng

Langkah memasak

  1. Pertama, goreng tahu sampai setengah matang, angkat lalu tiriskan dari minyaknya. Jika sudah, Potong kotak-kotak atau sesuai selera.
  2. Kedua bikin saus, haluskan cabai rawit, bawang putih dan garam. Tambahkan air, kacang dan kecap manis lalu haluskan. Aduk sampai merata, sisihkan.
  3. Ketiga, ambil piring saji. Susun ketupat, taoge, bihun beserta tahu. Tuang saus kacang diatasnya dan beri kecap manis. Taburi irisan seledri, bawang goreng sekaligus kerupuk merah sebagai pelengkap.

No comments:

Powered by Blogger.