Breaking

Yuk Intip Menu Buka Puasa Ramadhan Berbahan Dasar Buah yang Bisa Kamu Buat Sendiri Tanpa Ribet

Walaupun puasa ramadhan masih lama, tapi tidak ada salahnya kan ya kalau kita udah mikirin menunya. Hehehe...

Puasa adalah salah satu ibadah yang dilakukan dengan cara menahan diri selama seharian, termasuk menahan haus dan lapar. Karena hal ini, tidak jarang orang yang berpuasa cenderung memilih menu yang berbeda dari biasanya. Bahkan, ada beberapa orang yang sengaja melakukan “balas dendam”.

Yuk Intip Menu Buka Puasa Ramadhan Berbahan Dasar Buah yang Bisa Kamu Buat Sendiri Tanpa Ribet

Jadi karena sudah menahan haus dan lapar seharian, ia akan makan sepuasnya ketika waktu berbuka tiba. Yang seperti ini jangan di tiru ya. Sudah tau kan, semua yang berlebihan itu bisa jadi justru merugikan. Memilih menu berbuka memang tidak boleh sembarangan. Kamu harus memilih menu yang tidak hanya enak dan mengenyangkan, tetapi juga harus tetap menyehatkan. Nah, berikut Chanel Bunda memiliki rekomendasi menu buka puasa berbahan dasar buah yang bisa kamu coba di rumah.

1. Kreasi buah-buahan segar kaya serat


Buah tidak hanya memberikan nutrisi berupa vitamin, tetapi juga serat dan kandungan gizi lainnya. Khusus untuk dijadikan menu berbuka, akan lebih baik jika kamu memilih buah yang mengandung banyak air dan tidak bersifat asam. Buah yang dimaksud diantaranya adalah semangka, apel, pir, belimbing, melon, anggur, mangga, atau pepaya.

Hindari buah yang bersifat asam seperti jeruk atau nanas karena dikhawatirkan dapat meningkatkan asam lambung dan menyebabkan sakit perut. Untuk penyajiannya, kamu bisa mengonsumsinya secara langsung, diolah menjadi berbagai menu menarik seperti berikut ini.

Salad yogurt

Salad yogurt

Salad yogurt tidak hanya segar, tetapi juga kaya serat. Bahan yang diperlukan untuk membuat salad yogurt adalah yogurt, gula cair, es batu, nata de coco, dan buah-buahan sesuai selera. Sangat direkomendasikan buah melon, apel, pir, dan anggur. Semua buah dipotong sesuai selera. Setelah semua bahan siap, lanjut ke proses penyajian.

Siapkan gelas yang akan digunakan. Masukan es batu dibagian paling dasar. Setelah itu masukan buah-buahan dan nata de coco di atasnya. Siram dengan gula cair dan yogurt. Kamu tidak perlu menambahkan air karena es pada bagian dasar akan mencair dengan sendirinya. Nah, salad yogurt sudah siap dinikmati.

Jus buah segar

Jus buah segar

Kalau kamu ingin minuman segar yang menyehatkan, jawabanya tentu saja jus buah. Kamu bisa mengkreasikan buah apapun untuk dijadikan minuman yang satu ini. Salah satunya adalah mencampurkan buah semangka dan nanas. Kedua buah ini memiliki tekstur yang berair sehingga dijamin akan menyegarkan.

Bahan yang harus disiapakan adalah semangka, nanas, gula, kental manis, air, dan tentunya es batu. Caranya membuatnya juga sangat gampang, tinggal memasukan semua bahan ke dalam blender dan memblendernya hingga halus. Karena kesua buah sudah mengandung cukup air, ditambah pemberian es batu, kamu tidak perlu menambahkan terlalu banyak air. Taraaa... jus segar siap dinikmati

Es buah serut

Es buah serut

Kreasi menu buah segar selanjutnya adalah es buah serut. Untuk membuatnya siapkan buah strawberry, melon, belewah, mentimun, jeruk nipis, sirup sesuai selera, air, es batu. Sesuai namanya semua buah diserut memanjang, kecuali si jeruk nipis. Selanjutnya siapkan wadah besar. Masukan es batu, sirup, dan air.

Kamu bisa juga menambahkan gula jika mau. Setelah itu, aduk semua bahan sampai tercampur. Masukan buah-buahan, tambahkan perasan jeruk nipis, dan aduk lagi. Es buah serut sudah siap untuk dinikmati. Untuk penyimpanannya, masukan ke lemari pendingin agar rasanya tetap segar.

2. Kreasi buah-buahan mengenyangkan


Jika buah-buahan yang mengandung banyak air bisa menghilangkan rasa hausmu, maka dua buah ini bisa sekaligus membuatmu kenyang. Tahukah kamu buah apa itu? Ya, buah pisang dan alpukat. Kedua buah ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Bahkan, kedua buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Untuk menemani berbuka puasa, kamu bisa mengkreasikan kedua buah ini menjadi menu makanan berikut.

Avocado smoothie ice

Avocado smoothie ice

Kamu pasti sudah tidak asingkan dengan menu yang satu ini? Iya, smoothie yang berbahan dasar alpukat juga bisa kamu jadikan menu berbuka puasa lho. Begini cara pembuatannya. Pertama-tama siapkan bahannya yaitu alpukat, madu, es batu yang sudah diserut, dan jeruk nipis. Bahan sudah siap? Yuk lanjut kita buat.

Caranya sangat mudah. Masukan 2 buah alpukat yang sudah dikupas, 2 sendok makan madu, 1/2 gelas susu segar, dan 1/2 gelas es serut kedalam blender. Tambahkan perasan jeruk nipis dan blender hingga halus. Untuk menyajikannya, kamu tinggal menuangkan smoothie ke dalam mangkok, lalu taburi dengan toping sesuai selera. Kamu juga bisa menggunakan irisan buah segar sebagai toppingnya. Agar lebih nikmat, kamu bisa menyimpanan di lemari pendingin sebelum dikonsumsi.

Kreasi labu

Kreasi labu

Buah labu bisa dikreasikan menjadi beberapa jenis makanan. Diantaranya adalah labu kukus, puding labu, dan kolak labu. Nah, untuk menu berbuka puasa yang segar dan mengenyangkan, kamu bisa mencoba membuat puding labu. Bahannya adalah 250 gram buah labu yang sudah masak, 1 bungkus bubuk agar-agar, 1 sachet kental manis, 100gr gula atau sesuai selera, 1/2 gelas santan kental dan 3 gelas air.

Cara membuatnya cukup sederhana. Siapkan blender, masukan semua bahan, dan lumatkan sampai semua bahan tercampur. Setelah itu, panaskan semua adonan diatas api kecil sampai mendidih. Angkat adonan dan tuangkan ke dalam cetakan. Biarkan sebentar lalu masukan ke lemari pendingin hingga teksturnya berubah. Nah, puding labu siap dihidangkan. 

Pisang kukus gurih lezat

Pisang kukus gurih lezat

Bosan dengan yang segar? Menu hangat yang satu ini bisa kamu coba. Bahan yang diperlukan juga sangat mudah yaitu pisang yang belum terlalu masak, santan kental, gula, garam, dan vanili bubuk. Untuk membuatnya, kukus pisang sekitar 10-15 menit. Lalu angkat dan kupas. Setelah itu siapkan sausnya. Campurkan 200 mililiter santan kental, secumput garam, dan satu sendok makan gula.

Panaskan di atas api sedang sambil diaduk hingga mendidik. Matikan api dan biarkan sekitar 3 menit. Masukan bubuk vanili dan aduk lagi sampai bercampur. Setelah pisang kukus dan saus siap, selanjutnya adalah penyajian. Letakan pisang kukus yang sudah dikupas di atas piring saji. Tuangkan saos santan di atasnya. Nah, pisang kukus gurih siap dinikmati. Untuk makanan ini sendiri bisa dikasih isian sesuai selera.

Nah itu tadi menu yang bisa kamu buat di rumah. Selain bahan-bahannya mudah didapat, cara pembuatannya juga sangat sederhana. Selamat mencoba...

No comments:

Powered by Blogger.