13 Makanan Khas Sunda yang Membuat Kamu Bangga Tinggal di Indonesia

Jawa Barat kental akan budaya Sunda, termasuk di dalam hal makanan.

13 Makanan Khas Sunda yang Membuat Kamu Bangga Tinggal di Indonesia

Makanan khas Sunda sendiri jika dibuat daftar lengkapnya maka selebar kertas HVS belum cukup untuk menampung semuanya, saking banyaknya.

Dan namanya juga unik-unik. Inilah bukti kekayaan budaya nusantara. Bangga dong jadi pemuda dan pemudi Indonesia.

Dan kalau kamu berniat untuk mengunjungi Jawa Barat, tapi ogah membuat daftar kuliner asli Sunda yang tadi katanya lebih dari selembar HVS, nih kami rangkumkan 13 makanan khas Sunda Jawa Barat biar kamu nggak dibikin pusing.

Perpaduan nasi dan oncom serta rempah-rempah khas Sunda sehingga menghasilkan nasi tutug oncom legendaris


Perpaduan nasi dan oncom serta rempah-rempah khas Sunda sehingga menghasilkan nasi tutug oncom legendaris

Bagi yang sudah sering ke Jawa Barat tentu nggak asing lagi dengan makanan khas daerah Sunda ini.

Nasi tutug oncom unik ini sangat mudah dijumpai di warung-warung atau bahkan restoran sekalipun.

Menurut pengakuan pengunjung yang berasal dari luar Jawa Barat, nasi tutug oncom ini enak dikarenakan sambal hijaunya yang fenomenal.

Dibilang gado-gado bukan, dibilang ketoprak juga bukan, karena ini adalah karedok


Dibilang gado-gado bukan, dibilang ketoprak juga bukan, karena ini adalah karedok

Ketoprak, gado-gado dan karedok mempunyai penampilan yang hampir mirip ketika sudah tersaji di atas piring.

Bedanya, Karedok asli Sunda mayoritas sayurannya merupakan sayuran mentah, dan siraman kuah kacangnya relatif lebih melimpah sampai tumpah ruah.

Beda karedok, beda lagi dengan lotek. Kalau yang ini cara makannya juga terkadang nyeleneh


Beda karedok, beda lagi dengan lotek. Kalau yang ini cara makannya juga terkadang nyeleneh

Beda lagi dengan lotek. Makanan tradisional khas Jawa Barat yang satu ini disajikan juga dengan kuah kacang.

Tetapi, sayuran yang dipakai biasanya adalah sayuran matang, misalnya kacang panjang, kapri, bayam dan kang kung.

Nah, sekarang jangan salah kaprah lagi ya. Ketoprak, gado-gado, karedok dan lotek yang segar ternyata makanan yang berbeda.

Makan nasi timbel asli Sunda dijamin nggak cukup kalau cuma sepiring, yang bilang cukup pasti boong!


Makan nasi timbel asli Sunda dijamin nggak cukup kalau cuma sepiring, yang bilang cukup pasti boong!

Nasi dengan balutan daun pisang ini sudah jadi ikon kota Bandung, bahkan hampir di setiap pelosok kota.

Sekarang di luar kota Bandung pun kita bisa dengan mudah menemukan nasi timbel khas dengan daunnya.

Tapi menyantap nasi timbel asli Sunda di daerah asalnya akan terasa berbeda banget. Yah, ibaratnya kamu menyantap sate padang tapi di kalimantan atau Sulawesi, kurang maknyus kan?

Makan segentong empal sanggup nggak? Di Sunda, semua orang bakal menjadi raksasa tiba-tiba karena sanggup makan empal segentong


Makan segentong empal sanggup nggak? Di Sunda, semua orang bakal menjadi raksasa tiba-tiba karena sanggup makan empal segentong

Ya nggak lah! Ini cuma nama makanannya aja, yaitu empat gentong.

Bukan berarti empalnya segentong dan harus dimakan, hehe...

Empal gentong dari Sunda yang lezat ini punya tekstur daging dan rasa yang mirip dengan soto.

Bedanya, empal gentong ditaburi dedaunan yang lebih banyak, sehingga aroma wanginya relatif lebih tercium.

Selain nasi timbel, ada juga nasi liwet yang punya keunikan tersendiri dan sudah jadi hak cipta abadi


Selain nasi timbel, ada juga nasi liwet yang punya keunikan tersendiri dan sudah jadi hak cipta abadi

Nasi liwet khas Sunda mempunyai ciri-ciri yang unik, di mana dalam proses pembuatannya murni hanya menggunakan santan tanpa disandingkan dengan labu siam seperti nasi liwet versi solo.

Lho, ada tho nasi liwet versi Solo? Ada, tapi kamu jangan kabur ke Solo, kita tuntasin daftar kuliner khas Sunda ini dahulu.

Sayur asem khas Sunda tak berbeda jauh dengan sayur asem yang ada di banyak wilayah di Indonesia


Sayur asem khas Sunda tak berbeda jauh dengan sayur asem yang ada di banyak wilayah di Indonesia

Dari segi rasa, tak banyak perbedaan yang bisa dijumpai di antara banyak versi sayur asem.

Kombinasi sayur mayur yang digunakanlah yang bervariasi.

Sayur asem segar dari Sunda dapat dikombinasikan dengan beragam sayuran.

Bumbunya yang khas dan kuahnya yang panas akan mengguggah selera siapapun yang ada di dekatnya.

Tumis genjer oncom memadukan dua bahan makanan beda kasta namun dengan citarasa yang mengejutkan


Tumis genjer oncom memadukan dua bahan makanan beda kasta namun dengan citarasa yang mengejutkan

Kamu tentu kaget dengan kombinasi bahan yang dipakai di makanan khas Sunda Jawa Barat ini.

Oncom yang banyak digoreng, kini dipadukan dengan genjer, tanaman liar yang tumbuh di atas perairan.

Tetapi dengan tangan-tangan piawai para ibu-ibu terdahulu di Sunda, keduanya dapat diolah menjadi sumber makanan bernama tumis genjer oncom super sedap.

Kamu pasti tersenyum sambil berpikir ketika pertama kali mendengar namanya. Ini namanya bakakak ayam, bukan Hayam berkokok


Kamu pasti tersenyum sambil berpikir ketika pertama kali mendengar namanya. Ini namanya bakakak ayam, bukan Hayam berkokok

Soal nama, Bakakak Hayam memang aneh. Tapi soal rasa, dia juaranya.

Kamu yang baru sekali ke Sunda dan entah kapan lagi akan mampir ke sana, wajib sekali seumur hidup mencoba merasakan sensasi bakakak hayam yang top banget.

Bahan utamanya sendiri terbuat dari daging ayam yang dibubuhi bumbu-bumbu khas warisan leluhur masyarakat Sunda.

Kini, bakakak hayam yang terkenal sudah dijumpai di banyak tempat di seantero Jawa Barat.

Dari tadi belum ketemu daging, mari kita sambut empal gepuk daging sapi khas Sunda Jawa Barat


Dari tadi belum ketemu daging, mari kita sambut empal gepuk daging sapi khas Sunda Jawa Barat

Ada kata gepuk di tengah-tengah nama makanan khas Sunda Jawa Barat ini.

Kata gepuk sendiri menggambarkan proses pengolahan dagingnya ayang dipukul-pukul.

Tujuannya bukan supaya dagingnya nurut, melainkan agar dagingnya makin empuk dan bumbunya meresap sempurna.

Di jajaran kuliner Sunda, empal gepuk daging sapi yang mewah banget ini berada di posisi teratas.

Jauh-jauh ke Bandung cuma untuk makan mie? Eits, jangan salah. Mie kocok ini ajib banget rasanya!


Jauh-jauh ke Bandung cuma untuk makan mie? Eits, jangan salah. Mie kocok ini ajib banget rasanya!

Teman yang kurang gaul tentu akan melontarkan ejekan itu ke arahmu jika mengetahui kamu jauh-jauh ke Bandung Cuma untuk makan mie. Mie rebus kan di sini banyak!

Jangan buru-buru marah, mungkin dia belum paham bahwa mie kocok khas Sunda ini termasuk salah satu kuliner yang paling laris, di mana pembelinya datang dari kelas yang berbeda.

Artinya, mie kocok ini cocok untuk banyak perut di Jawa Barat.

Tahu bulat memang masih lebih populer, tapi bukan berarti tahu sumedang sudah kehilangan pamor


Tahu bulat memang masih lebih populer, tapi bukan berarti tahu sumedang sudah kehilangan pamor

Bagi para pecinta makanan yang kaya protein tahu, tentu tak menolak jika disuguhi gorengan khas Sunda Jawa Barat ini.

Kenapa? Karena mereka tahu rasanya yang lezat dan kandungan proteinnya yang menyehatkan.

Hebatnya, sekarang ini ada banyak sekali outlet berbagai ukuran yang menjajakan tahu sumedang garing.

Tahu gejrot ampuh untuk yang sedang mengantuk atau yang kehilangan selera makan


Tahu gejrot ampuh untuk yang sedang mengantuk atau yang kehilangan selera makan

Ciri khas yang melekat pada tahu gejrot asal Cirebon ini adalah kandungan kuah pedas di dalamnya yang akan meledak di mulut ketika digigit.

Ledakan kuah dan melelehnya inti tahu memberikan kombinasi rasa yang benar-benar lezat.

Tak heran jika makanan khas Sunda ini begitu terkenal bahkan sampai ke luar Jawa Barat.

Itulah dia 13 makanan dan camilan khas Sunda Jawa Barat yang wajib kamu cicipi saat mampir ke Bandung atau salah satu kota di sana.

Terus pantau artikel-artikel kami lainnya, karena kami akan terus kembali dengan tulisan-tulisan yang lebih trending.
Gabung jadi anggota untuk dapatkan informasi terbaru, langsung ke email anda

Gratis dan Tanpa Biaya

Silahkan share ke kawan Anda. Jika mau copy paste wajib izin admin terlebih dahulu. Bunda akan memberlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung atas copas tanpa mengikut ketentuan yang berlaku.

Artikel menarik lainnya...