Breaking

8 Makanan Khas Palembang yang Bakal Bikin Kamu Jadi Manusia Super, Bisa Makan Kapal Selam Lho!

Selain terkenal dengan objek wisata dan sejarah kotanya yang menarik, kota Palembang juga memiliki berbagai makanan khas yang wajib untuk dicoba ketika kamu berkunjung ke kota wisata ini.

8 Makanan Khas Palembang yang Bakal Bikin Kamu Jadi Manusia Super, Bisa Makan Kapal Selam Lho!

Terutama buat para pecinta kuliner, belum lengkap rasanya jika berkunjung ke kota ini tanpa merasakan cita rasa makanan khas Palembang. Penasaran apa saja makanan khas Palembang yang wajib kamu coba? langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

Belum lengkap rasanya jika tidak mencoba nikmatnya Pempek Asli Palembang, beneran kapal selam bisa dimakan?


Belum lengkap rasanya jika tidak mencoba nikmatnya Pempek Asli Palembang, beneran kapal selam bisa dimakan

Sudah tidak asing di telinga kamu dengan nama salah satu makanan ini bukan? Makanan khas Palembang ini memiliki cita rasa yang unik dengan perpaduan daging olahan ikan dan rasa asam dari kuahnya membuat lidah kamu merasa puas dengan perpaduan rasa makanan ini.

Bentuk dari olahan ikan ini juga bervariasi seperti pempek kapal selam, pempek adaan, pempek kulit dan masih banyak lainnya yang tentunya membuat kamu tidak akan lupa dengan makanan khas Palembang yang cukup terkenal ini.

Belum lagi ditambah dengan cuko, kuah yang melengkapi rasa unik dari pempek ini terbuat dari gula aren, cabe, bawang dan garam yang tentunya menambah rasa khas dari pempek. Mungkin bagi kamu yang belum pernah merasakan pempek Palembang asli dari kota asalnya langsung, wajib banget dicoba jika mengunjungi kota Palembang.

Tekwan, olahan daging ikan mirip Pempek dengan cita rasa yang berbeda yang bikin penasaran


Tekwan, olahan daging ikan mirip Pempek dengan cita rasa yang berbeda yang bikin penasaran

Nah, makanan khas Palembang satu ini sebenarnya hampir sama dengan pempek. Bahan dasar yang digunakan sama dengan bahan dasar pembuatan pempek, yaitu olahan daging ikan, tepung dan sagu. Jika dilihat sekilas, bentuk adonan dari tekwan lebih menyerupai ke bulat kecil menyerupai bakso ikan. Selain itu, yang menjadi perbedaan utama adalah rasanya.

Kuah yang menjadi rasa unik pada tekwan dilengkapi dengan berbagai macam penyedap alami, seperti seledri, soun, jamur kuping dan irisan bengkuang yang menambah nikmatnya menikmati tekwan gurih di saat-saat senggang liburan kamu. Oh iya, kuah tekwan juga terlihat lebih bening daripada pempek, sehingga terlihat seperti kuah sup. Namun, untuk rasanya sendiri, cukup membuat kamu untuk menambah seporsi lagi kok.

Bukan sembarang martabak telur biasa, Martabak HAR bisa bikin kamu lupa pulang


Bukan sembarang martabak telur biasa, Martabak HAR bisa bikin kamu lupa pulang

Kalau kamu pernah merasakan bagaimana enaknya martabak telur pada umumnya, belum lengkap rasanya jika kamu berkunjung ke kota Palembang tanpa menikmati lezatnya martabak telur khas Palembang satu ini. Martabak HAR jelas berbeda dari segi rasa dan adonannya daripada martabak telur biasa. Untuk adonannya, telur martabak HAR tidak dicampurkan bersama adonan martabak telur seperti pada umumnya.

Telur dimasak utuh seperti telur mata sapi, kemudian dilapisi dengan kulit martabak, sehingga menambah cita rasa yang kaya. Selain itu, untuk memperkaya rasanya yang khas, kuah dari martabak HAR menggunakan kuah kari yang dibuat dari campuran rempah-rempah tradisional.

Tentunya hal ini membuat cita rasa martabak HAR sangat unik dan lezat dibandingkan dengan martabak telur pada umumnya. Biasanya martabak HAR disajikan bersamaan dengan olahan kambing dan juga kecap cabe sebagai pelengkap yang dapat menambah sensasi pedas dan lezat untuk kamu yang pertama kali mencobanya.

Pencinta mie juga disambut di kota Palembang, ada Mie Celor legendaris yang wajib dikunjungi


Pencinta mie juga disambut di kota Palembang, ada Mie Celor legendaris yang wajib dikunjungi

Kalau kamu adalah pencinta mie, jangan kuatir, karena kota Palembang juga menyediakan makanan khasnya dalam bentuk mie, namanya adalah mie celor. Berbeda dengan mie biasa pada umumnya, makanan khas Palembang ini memiliki cita rasa yang sangat unik.

Dengan berbahan dasar mie dan dibalut dengan kuahnya yang terbuat dari santan kental, kaldu udang dan berbagai macam bahan pelengkap seperti telur rebus, tauge serta irisan bawang di dalam seporsi mangkuknya. Selain rasanya yang lezat, tentunya mie Celor ajib juga bergizi dan patut untuk dicoba ketika kamu mampir ke kota Palembang.

Pindang Patin si pedas dengan rasa maknyus yang bikin nagih, jangan lupa dibungkus untuk oleh-oleh


Pindang Patin si pedas dengan rasa maknyus yang bikin nagih, jangan lupa dibungkus untuk oleh-oleh

Makanan khas Palembang ini terkenal dengan rasanya yang pedas, cocok buat kamu pecinta pedas, atau kamu yang penasaran dengan rasa pedasnya makanan ini, hati-hati jika kamu justru malah ketagihan dengan rasa pedasnya ya. Bahan utama dari Pindang Patin adalah daging ikan Patin.

Dalam proses pengolahan daging ikan Patin, dicampur dengan berbagai macam rempah-rempah tradisional seperti cabe rawit, cabe merah, bawang putih, nanas dan berbagai bumbu penyedap lainnya. Makanan ini cocok untuk dihidangkan sebagai lauk dan menyantapnya dengan sambal tempoyak.

Fermentasi daging durian sebagai pelengkap kulineran kamu di Palembang, tapi yang nggak biasa, sebaiknya makan sedikit dulu


Fermentasi daging durian sebagai pelengkap kulineran kamu di Palembang, tapi yang nggak biasa, sebaiknya makan sedikit dulu

Tempoyak merupakan olahan fermentasi daging durian yang dicampur dan ditumis dengan cabai dan bawang. Tekstur dari makanan khas ini adalah seperti sambal dan cocok disantap sebagai pelengkap makanan. Biasanya tempoyak dari buah durian dihidangkan bersama dengan pindang patin yang tentunya menambah rasa gurih dan pedas.

Sajian makanan khas Palembang ini jika dicek lebih dalam dari segi rasanya justru terasa lebih asam, karena merupakan olahan fermentasi daging buah durian. Tempoyak juga dapat dicampur dengan daging ayam di dalamnya dan memberi rasa nikmat bagi kamu ketika mencobanya.

Bagaimana jika Pempek dan Tekwan dipadu dengan kuah santan kental? Laksan patut dicoba untuk menjawab rasa penasaran kamu


Bagaimana jika Pempek dan Tekwan dipadu dengan kuah santan kental? Laksan patut dicoba untuk menjawab rasa penasaran kamu

Laksan terbuat dari olahan daging ikan, mirip dengan pempek dan tekwan, namun untuk rasanya tentu berbeda. Jika pempek disajikan dengan cuko dan tekwan disajikan dengan rempah-rempah tradisional, yang membedakan laksan dengan kedua kuliner khas Palembang tersebut adalah di kuahnya.

Kuah pada Laksan dibuat dari santan kental sehingga memberikan warna lebih oranye seperti kare, untuk penyajiannya mirip dengan lontong sayur. Laksan ini merupakan menu sarapan di pagi hari, jika kamu bingung untuk mencari menu sarapan di saat liburan ke Palembang, coba deh mencicipi laksan yang enak ini. Laksan juga sering dicicipi dengan tambahan sambal yang pedas, tentunya menambah sensasi rasa pedas yang menarik untuk dicoba.

Jangan lupa menutup hari kulineran kamu dengan mencoba segelas Es Kacang Merah yang menyegarkan hari-harimu


Jangan lupa menutup hari kulineran kamu dengan mencoba segelas Es Kacang Merah yang menyegarkan hari-harimu

Kalau dari 7 kuliner khas Palembang di atas masih kurang, kuliner satu ini dapat menjadi penutup makanan khas Palembang yang wajib untuk kamu coba. Es Kacang merah terdiri dari campuran banyak bahan, seperti kacang merah, santan, sirup merah, es serut dan susu. Banyak yang merekomendasikan jika es kacang merah dapat menjadi teman yang cocok untuk makan pempek.

Meskipun bahan dasarnya Nampak sederhana, cita rasa yang muncul di es kacang merah ini sangat menyegarkan dan lezat, tak sedikit para pengunjung dan pecinta kuliner yang mampir ke kota Palembang menyempatkan waktu untuk menikmati segelas es Kacang merah. Tak lengkap rasanya makan pempek tanpa ditemani segarnya es kacang merah. Patut dicoba bukan?

Pembaca yang budiman, itulah beberapa daftar makanan khas Palembang yang wajib dicoba ketika berkunjung ke sana. Untuk menemukan makanan khas Palembang di atas, kamu tidak perlu susah untuk mencarinya, karena sudah banyak tempat yang menyediakan makanan khas Palembang di atas dengan harga dan keunikan berbeda.

No comments:

Powered by Blogger.