10 Makanan Khas Jogja yang Bakal Bikin Kamu Ketagihan karena Lezatnya Kebangetan

3 min read

Kota Jogja memang sangat terkenal dengan kulinernya yang bisa memanjakan lidah.

10 Makanan Khas Jogja yang Bakal Bikin Kamu Ketagihan karena Lezatnya Kebangetan

Di kota ini ada banyak sekali makanan yang enak, unik dan pastinya harganya murah meriah.

Kalau mengunjungi Jogja dan tidak melakukan wisata kuliner rasanya kurang lengkap.

Nah, jika kamu liburan nanti ingin mengunjungi Jogja, jangan lupa lakukan wisata kuliner dengan mencoba 10 makanan khas Jogja berikut ini.

Mie Ayam Tumini yang wajib dicicipi terletak di terminal Giwangan. banyak loh, pengunjung dari berbagai kota yang datang kesini

Mie Ayam Tumini yang wajib dicicipi terletak di terminal Giwangan. banyak loh, pengunjung dari berbagai kota yang datang kesini

Jika berkunjung ke Jogja, wajib pake banget untuk mencicipi Mie Ayam Tumini yang katanya sudah jadi legenda disana.

Mie Ayam Tumini ini memiliki cita rasa manis khas orang Jawa.

Mie Ayam ini disebut sebagai mie ayam terenak di seantero Jogja.

Kuahnya yang kental memiliki rasa anti mainstream yang tidak bisa kamu temukan ditempat lain.

Oh, jangan lupakan juga ceker ayam menambah mie ayam ini menjadi semakin nikmat.

Untuk bisa mendapat seporsi mie ayam tumini ini, kamu hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari 10 ribuan saja. Murah bukan?

Gudeg Pawon, gudeg Jogja yang butuh perjuangan untuk memakannya

Gudeg Pawon, gudeg Jogja yang butuh perjuangan untuk memakannya

Gudeg merupakan salah satu dari sekian banyaknya makanan khas Jogja yang ada.

Dan gudeg yang terkenal di Jogja adalah Gudeg Pawon.

Untuk bisa dapat seporsi gudeg ini, tidak bisa langsung beli saja.

Tapi, kamu harus berjuang terlebih dahulu.

Ini dikarenakan gudeg pawon ini hanya buka dimalam hari dan hanya buka selama 3 jam saja.

Gudeg pawon fenomenal ini dibuka dari pukul 10 malam sampai pukul 1 pagi.

Berlokasi di Jl. Janturan UH/IV nomor 36, Warungboto, Umbulharjo, Jogja.

Kamu harus mengantri terlebih dahulu untuk bisa menikmati gudeg pawon ini.

Telat sedikit saja, pasti deh langsung kehabisan.

Bakmi Jawa yang paling terkenal seantero kota Jogja, bakmi Mbah Mo, banyak pelancong datang ke sini

Bakmi Jawa yang paling terkenal seantero kota Jogja, bakmi Mbah Mo, banyak pelancong datang ke sini

Makanan khas Jogja satu ini, mudah banget untuk ditemukan karena terletak di Kampung Code, Trirenggo, Bantul.

Bakmi Mbah Mo ini sudah sangat terkenal di Jogja, selain itu ada satu hal yang membuat bakmi ini menjadi begitu istimewa yaitu dicara memasaknya yang menggunakan anglo.

Ditambah dengan telur bebek dan ayam kampung yang menambah nikmat bakmi ini, dijamin kamu pasti ketagihan memakannya.

Gudeg kesayangan penonton bioskop permata yang sudah tidak ada, tapi pelanggannya masih setia, apa lagi kalau bukan Gudeg Permata Ibu Pujo

Gudeg kesayangan penonton bioskop permata yang sudah tidak ada, tapi pelanggannya masih setia, apa lagi kalau bukan Gudeg Permata Ibu Pujo

Kenapa dikatakan gudeg permata? Iya karena lokasi tempat gudeg ini berada tidak jauh dari Bioskop Permata, di Jl. Gajah Mada, Jogja.

Sebelumnya tempat gudeg ini diramaikan oleh para pengunjung bioskop permata, dan meski bioskop tersebut sudah tutup pengunjung setiap gudeg permata Jogja ini tetap datang kesana.

Gudegnya pun memiliki cita rasa yang gurih di lidah serta tidak terlalu manis seperti gudeg lainnya.

Kuliner soto yang wajib diicip-icip di Jogja yaitu Soto Tengklengnya Pak Marno

Kuliner soto yang wajib diicip-icip di Jogja yaitu Soto Tengklengnya Pak Marno

Makanan soto tengkleng pak Marno ini bisa dikatakan sudah legedaris di Jogja.

Berlokasi di Jalan Affandi, soto tengkleng ini sedikit berbeda dengan soto lainnya, soto tengkleng ini menggunakan lauk tengkleng dan ada juga bubur sapi.

Yah, walaupun tidak bisa disebut juga dengan soto karena isinya ada daging, tengkleng beserta kuahnya berasa sungguh gurih dan manis.

Tapi, soto ini tetap enak dan memiliki rasa sendiri dibanding dengan soto lain.

Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan di Malioboro, uniknya lagi, si mbah ini sudah berusia hampir 100 tahun loh

Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan di Malioboro, uniknya lagi, si mbah ini sudah berusia hampir 100 tahun loh

Untuk kamu yang ingin wisata kuliner tapi nggak mau cari sampe pelosok, bisa banget coba makanan khas Jogja yang satu ini, Gudeg khas Mbah Lindu.

Gudeg ini ada di Jl. Sosrowijayan, Ruas Jl. Malioboro yang menjadi pusatnya para pelancong.

Gudeg ini begitu terkenal dan legendaris karena selain rasanya yang sudah pasti enak, mbah Lindu ini sudah berusia hampir 1 abad dan sudah berjualan sejak masih remaja.

Ayam Gorengnya Mbah Cemplung, ayam goreng desa yang rasanya bikin kangen

Ayam Gorengnya Mbah Cemplung, ayam goreng desa yang rasanya bikin kangen

Lokasi ayam goreng mbah Cemplung ini bisa dibilang agak terpencil karena berada di Sembungan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul.

Yang menjadi keunggulan ayam goreng mbah Cemplung ini adalah bumbu ayam goreng yang meresap dan nikmat abis ditambah dengan rasa sambalnya yang nampol dan mantap.

Dijamin puas banget cobain ayam gorengnya mbah Cemplung.

Sate Klatak hits Pak Pong, wajib banget mampir ke warung sate ini dan siap-siap ketagihan

Sate Klatak hits Pak Pong, wajib banget mampir ke warung sate ini dan siap-siap ketagihan

Jika ke Jogja Sate Klatak adalah makanan wajib yang harus dicoba.

Cita rasa sate ini unik banget selain itu sate ini juga ditusuk dengan besi bukan dengan bambu sehingga daging matang merata.

Bumbunya pun hanya garam saja.

Banyak banget turis luar dan dalam negeri yang datang ke sana buat hanya untuk cobain sate ini sekaligus buat foto-foto feeds instagramnya.

Lokasi warung sate klatak pak Pong ini tepatnya berada di Wonokromo, Pleret, Bantul.

Warung Mangut Lele Mbah Marto yang sederhana tapi rasanya bakal ngangenin

Warung Mangut Lele Mbah Marto yang sederhana tapi rasanya bakal ngangenin

Salah satu makanan khas Jogja yang rasanya bikin kangen itu adalah Mangut Lele asap, sederhana tapi nikmat luar biasa.

Makanan dengan rasa enak ini berasal dari Bantul yang diracik oleh tangan Mbah Marto.

Warung Mangut Lele ini berada di sebuah gang yang kecil, Dusun Nggeneng, Panggungharjo, Sewon, Bantul.

Untuk kesana, kamu juga bisa melewati jl. Parangtritis. Agak terpencil memang, tetapi rasanya enak parah dan bikin ketagihan.

Yah, hitung-hitung sekalian jalan-jalan kan.

Kuliner terkenal Bantul, Tongseng dan Sate Sor Talok yang artinya warung tongseng dan sate kambing dibawah pohon talok

Kuliner terkenal Bantul, Tongseng dan Sate Sor Talok yang artinya warung tongseng dan sate kambing dibawah pohon talok

Untuk kamu yang warga asli Bantul, pasti udah nggak asing lagi dengan makanan tongseng dan sate sor talok.

Jika, kamu seorang wisatawan dan sedang melakukan wisata kuliner, berkunjung ke warung makan ini adalah hal yang wajib dilakukan sekaligus berjalan-jalan karena lokasi warung makan ini berada di tepi sawah, di Jl. Pramuka, Trirenggo, Bantul.

Sangking enak dan nikmatnya rasa dari tongseng dan sate sor talok ini, kamu harus buru-buru datang kesana karena makanan ini cepat sekali habisnya.

Sampai-sampai, Butet Kertaradjasa mengatakan bahwa tongseng di tempat itu paling enak di Indonesia. Wah, jadi nggak sabar pengen coba, kan?

Itulah 10 makanan khas dari kota Jogja yang wajib hukumnya untuk dicoba ketika berlibur ke Jogja.

Selain enak dan harganya murah meriah, kamu juga bisa sekalian jalan-jalan karena lokasi-lokasi dari tempat makan khas tersebut berada jauh dari jalan raya dan sedikit terpencil.

Jadi, tunggu apalagi? Segera siap-siap untuk liburan ke Jogja dan catat apa-apa saja yang harus dimakan terlebih dahulu disana.

Untuk kamu yang sudah pernah ke Jogja, yakin nggak kangen kuliner sana? Kalo iya, liburan lagi kesana.

Resep Kue Semprit, Kini Tersedia dalam Banyak Varian Rasa

Tahukan kamu origin dari kue semprit memiliki banyak variasi yang beragam dimana beberapa daerah di Asia Tenggara terutama rumpun melayu merasa memiliki “hak” kreatif...
Channel Bunda
2 min read

Sejarah Telur Asin Brebes, Makanan Khas Jawa yang Sangat…

Brebes adalah kabupaten para produsen penghasil telur asin terbesar di Indonesia. Jadi tidak heran jika di daerah Brebes banyak yang berjualan telur asin. Bahkan...
Channel Bunda
1 min read

Ini yang Bikin Soto Lamongan Membuat Penikmatnya Kepincut

Soto lamongan adalah kuliner khas Indonesia yang memiliki banyak penggemar. Soto ini memang berbeda dibandingkan dengan jenis soto yang lainnya. Terlebih lagi soto jenis...
Channel Bunda
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *