Breaking

11 Makanan Khas Jawa Tengah dan Jawa Timur yang Paling Ikonik

Pernah dengar nggak ada orang yang nyeletuk kalau dapat jodoh orang jawa itu enak, manis, manut dan pastinya pinter masak. Untuknya yang poin terakhir ada benarnya sih, karena memang di sana ada buanyak sekali resep makanan khas jawa dari yang berbahan sederhana sampai yang kompleks, dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

11 Makanan Khas Jawa Tengah dan Jawa Timur yang Paling Ikonik

Tapi aku belum mau cari jodoh mas! Gak jadi soal, sebelum cari jodoh, kamu bisa mulai dari sekarang mengenal apa saja makanan-makanan khas Jawa. Jadi kalau nanti dapat jodoh orang jawa, kamu nggak kaget.

Kita mulai dari 6 makanan khas Jawa Timur, nggak melulu berbau sambal kacang


Si hitam manis Rawon khas Jawa Timur, ke Surabaya nggak lengkap tanpa makan rawon


Si hitam manis Rawon khas Jawa Timur, ke Surabaya nggak lengkap tanpa makan rawon

Rawon itu seperti monasnya Jakarta. Rawon udah jadi ikon Surabaya dan Jawa Timur. Ibarat kamu mengunjungi ibu kota, belum nyampe Jakarta kalau belum melihat monas. Sama halnya dengan rawon yang sedap ini, kamu belum disebut sampe ke Jawa Timur sebelum mencicipi rawon, si hitam manis yang melegenda.

Soto lamongan yang berkuah ini rasanya seger dan ampuh bikin mata melek


Soto lamongan yang berkuah ini rasanya seger dan ampuh bikin mata melek

Berbeda dari soto yang ada di daerah lain, soto Lamongan mempunyai satu bumbu tambahan yang namanya koya. Koya ini merupakan bumbu yang dibuat dari kerupuk udang dan bawang putih. Tanpa koya, soto Lamongan yang terkenal itu nggak ubahnya soto bening dengan campuran mie dan sayur.

Kalau berkunjung ke Jawa Timur, nggak susah kok menemukan soto lamongan yang sudah dikenal sangat sedap ini. Harganya juga ramah di kantong, nggak bakal bikin jatah kuotamu bolong. Jadi, cocok banget bagi kamu yang juga sebagai anak kos.

Apa rasanya ya balapan pakai lontong? Eeeh, bukan! Ini nama salah satu makanan di Jawa Timur, namanya Lontong Balap


Apa rasanya ya balapan pakai lontong? Eeeh, bukan! Ini nama salah satu makanan di Jawa Timur, namanya Lontong Balap

Sebelum kamu makin salah kaprah, aku jelasin apa sih lontong balap. Yang jelas ini bukan ajang balapan apalagi kebut-kebutan. Lontong balap khas Surabaya ini tak ubahnya seperti lontong gulai yang ada di banyak daerah.

Lontong balap Surabaya ini biasanya disajikan dengan potongan lontong – ya pastilah, kemudian tauge, tahu goreng, tambahan sayur sesuai selera lalu disiram dengan kuah kacang yang pedas lagi lezat. Lontong balap khas Jawa Timur biasanya mudah ditemukan di pinggir-pinggir jalan, kamu nggak perlu ke mall.

Duduk sore-sore di depan teras sambil ngunyah Tahu Tek bersama keluarga, wah berasa nggak punya hutang, enak banget


Duduk sore-sore di depan teras sambil ngunyah Tahu Tek bersama keluarga, wah berasa nggak punya hutang, enak banget

Walaupun kurang tepat disebut camilan, tapi tahu tek pas banget kalau dimakan ramai-ramai bersama keluarga, misalnya sambil duduk di teras atau gajebo pekarangan rumah.

Emang tahu tek apaan kak? Tahu tek itu semacam ubi. Nggak ding. Bahan utamanya terdiri dari tahu dan lontong. Tahu digoreng setengah matang supaya tetap lembut, kemudian dicampurkan dengan potongan lontong lalu disiram dengan kacang tanah dan sambal yang sudah digiling super halus.

Menggunakan resep warisan nenek moyang, Lodho Ayam wajib kamu cicipi ketika singgah ke Surabaya atau daerah manapun di Jawa Timur


Menggunakan resep warisan nenek moyang, Lodho Ayam wajib kamu cicipi ketika singgah ke Surabaya atau daerah manapun di Jawa Timur

Legenda tentang lodho ayam sudah mendarah daging di masyarakat Jawa Timur, sehingga setiap kali ada acara kebesaran, pernikahan atau hari-hari istimewa, lodho ayam nggak boleh ketinggalan tersaji di atas meja. Menurut cerita warga setempat, lodho ayam terdiri dari dua jenis, lodho ayam kental dan lodho cair.

Ke Gresik, jangan cuma berkunjug ke pabrik semen tapi juga sempatkan diri merasakan sensasi rasa nasi krawu


Ke Gresik, jangan cuma berkunjug ke pabrik semen tapi juga sempatkan diri merasakan sensasi rasa nasi krawu

Disajikan di atas daun pisang, kamu akan seketika ingat dengan nasi gandung di Semarang. Bentuknya sih berbeda, karena nasi krawu asal Gresik ini kelihatannya tidak disiram dengan kuah manis. Tapi, menarik untuk dicicipi saat mampir nanti.

Sekarang giliran 5 makanan khas Jawa Tengah yang akan kita bahas satu per satu


Mampir ke Semarang jangan lupa mampir dan membeli Lumpia yang ikonik banget di seantero negeri


Mampir ke Semarang jangan lupa mampir dan membeli Lumpia yang ikonik banget di seantero negeri

Lumpia Semarang yang terkenal itu sebenarnya bisa ditemukan di banyak kota di Jawa Tengah, tapi kalau kamu Cuma pengen mencicipi yang paling otentik, Semarang adalah tempatnya. Makanan ini punya ciri khas berupa tekstur yang garing di luar tapi lembut di dalam. Yang kurang suka dengan pedas, ya tinggal gigit aja langsung dari kemasannya. Tapi yang suka citarasa yang lebih menantang, bisa dicocolin ke saos sambal atau pakai cabai rawit. Wah, endes banget!

Belum mules dan masih pengen yang pedas-pedas? Nih, gigit juga tahu petis dengan siraman sambal


Belum mules dan masih pengen yang pedas-pedas? Nih, gigit juga tahu petis dengan siraman sambal

Yang jadi juaranya di tahu petis Semarang ini adalah petisnya yang dibuat dari rebusan ikan dan udang yang direbus dalam waktu lama sampai mengental. Hasilnya, perpaduan antara tahu dan rasa gurih pedas petis sukses menghipnotis jutaan lidah yang singgah ke Semarang.

Tapi kalau kamu kurang suka pedas, bisa juga request ke penjualnya untuk memisahkan antara tahu dan petis. Nanti di rumah kamu bisa memadukannya sesuai kemampuan lidah. Kalau makan tahu ini, jangan khilaf, sisain untuk yang lain…

Sampai ke Brebes, kamu bisa mengurangi rasa pedas lumpia dan tahu petis dengan mengunyah telur asin


Sampai ke Brebes, kamu bisa mengurangi rasa pedas lumpia dan tahu petis dengan mengunyah telur asin

Di Jawa Tengah tepatnya di Brebes, kamu akan menemukan banyak sekali penjual telur asing di sepanjang jalan protokol. Walau jumlahnya tak masuk akal, tapi telur-telur asin itu selalu habis diburu para pecinta kuliner ini. Entah apa rahasia yang membuat telur asin Brebes ini berbeda, tapi sekali cicip satu biji, dijamin kamu akan minta tambah dan tambah lagi. Eh, yang punya darah tinggi jangan lupa diri ya!

Rasa tempe mendoan yang asli gak akan bisa digantikan oleh tempat lain, di Jawa Tengah rasanya lebih maknyus


Rasa tempe mendoan yang asli gak akan bisa digantikan oleh tempat lain, di Jawa Tengah rasanya lebih maknyus

Tempe jenis ini sebenarnya sudah banyak ditemukan di tempat lain, bahkan di Sumatera tempat saya tinggal. Tapi, sebagai orang yang berdarah Jawa Tengah, saya tahu bedanya tempe mendoan buatan sini dan tempe mendoan asli Jawa Tengah. Tekstur, aroma dan teknis menggorengnya jauh berbeda. Tempe mendoan yang asli punya tekstur lembut, garing di luar tapi warnanya masih cerah sehingga menggugah selera.

Makanan khas Jawa ini menjadi penutup pembahasan kita, yaitu nasi gandul atau sego gandul


Makanan khas Jawa ini menjadi penutup pembahasan kita, yaitu nasi gandul atau sego gandul

Manis dan gurih adalah dua hal yang akan kamu temui ketika pertama kali menyuapkan nasi gandul ini ke mulut. Tapi kalau kamu kurang suka rasa manisnya, kamu bisa kok menambahkan sambal ke dalam campuran kuahnya. Agar lebih ajib, kamu bisa menambahkan potongan hati atau lidah sapi sebagai pelengkap nasi gandul khas Pati yang gurih.

Nah, gaes. Selesai nih pembahasan kita tentang makanan khas Jawa khususnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Masih banyak sebenarnya jenis makanan yang bisa dijumpai di dua propinsi itu, tapi daftar ini sudah lebih dari cukup untuk jadi buruanmu selama di sana.

No comments:

Powered by Blogger.