7 Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Mudah Hanya Dalam Hitungan Menit Tanpa Obat

2 min read

Pernah risih saat menghadapi teman bicara yang memiliki bau mulut? Atau mungkin kamu sendiri yang mengalami bau mulut tersebut.

7 Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Mudah Hanya Dalam Hitungan Menit Tanpa Obat

Bau mulut atau dalam istilah medis disebut halitosis merupakan suatu kondisi dimana seseorang mempunyai napas dengan mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Memiliki bau mulut memang membuat yang mengalaminya menjadi tidak percaya diri saat berbicara.

Meski bukan sebuah kondisi atau penyakit yang mematikan, terkadang bau mulut juga menjadi indikasi dari penyakit serius seperti gangguan hati dan ginjal.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu segera mengusir bau mulut tersebut dengan beberapa cara menghilangkan bau mulut yang mudah dan alami berikut ini:

1. Segera sikat gigi dan bersihkan lidah kamu

Segera sikat gigi dan bersihkan lidah anda

Cara yang paling mudah untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan membersihkan gigi dan lidah.

Mulut yang kotor ataupun kondisi gigi maupun gusi yang kurang sehat biasanya akan menimbulkan bau mulut.

Apalagi bagi kamu yang memiliki gigi berlubang atau gigi yang berkarang akan memiliki kemungkinan bau mulut lebih tinggi.

Oleh karena itu, cara menghilangkan bau mulut tercepat dan efektif adalah dengan membersihkan mulut agar bakteri maupun kuman penyebab bau mulut tersebut mati.

2. Konsumsilah segera buah-buahan yang segar

Konsumsilah segera buah-buahan yang segar

Nah, jika kamu dalam kondisi tidak memungkinkan untuk sikat gigi dan membersihkan lidah, maka kamu bisa memanfaatkan buah-buahan.

Cara menghilangkan bau mulut kali ini bisa dikatakan sebagai cara yang paling enak.

Karena selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, buah-buahan juga sangat berperan aktif dalam menghalau aktivitas kuman dan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Ada beberapa buah yang bisa kamu konsumsi untuk menghilangkan bau mulut dengan sangat cepat, yaitu buah yang mengandung vitamin C tinggi, seperti jeruk, jambu, anggur, strawberry dan lain-lain.

Selain buah yang mengandung vitamin C, kamu juga bisa mengonsumsi buah apel, karena apel tersebut mengandung polifenol yang mampu menghilangkan senyawa dan bakteri pada mulut.

3. Mengunyah permen karet, terutama rasa mint

Mengunyah permen karet, terutama rasa mint

Cara menghilangkan bau mulut yang sederhana lainnya yaitu dengan mengunyah permen karet yang mengandung rasa mint.

Bahkan menurut drg. Tripti Meysman, seorang pendiri salah satu klinik gigi di Minneapolis, Amerika serikat, mengatakan bahwa permen karet bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan bau mulut.

4. Makanlah yogurt murni maupun berbagai varian yogurt

Makanlah yogurt murni maupun berbagai varian yogurt

Yogurt sebagai makanan olahan dari susu, selain dapat membantu memperlancar sistem pencernaan ternyata juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bau mulut secara efektif.

Pasalnya, yogurt yang bisa diolah menjadi makanan atau minuman tersebut memiliki kandungan probiotik mampu menurunkan hidrogen sulfida dan menyingkirkan bakteri jahat penyebab bau mulut tersebut.

5. Jangan lupakan air putih

Jangan lupakan air putih

Ada beberapa penyebab dari munculnya bau mulut tersebut, salah satunya adalah kondisi mulut yang kering.

Nah, jika kamu mengalami bau mulut karena faktor tersebut, maka cara menghilangkan bau mulut yang paling ampuh adalah dengan memperbanyak minum air putih.

Air putih sendiri selain menjadi solusi yang paling mudah dan murah juga karena mampu mengubah kondisi mulut tidak kering lagi sehingga bakteri tersebut tidak akan tumbuh lagi.

6. Hindari makanan penyebab bau mulut

Hindari makanan penyebab bau mulut

Salah satu penyebab bau mulut adalah karena makanan yang dikonsumsi.

Selain mengatasi bau mulut, sebaiknya kamu juga mencoba untuk mencegah bau mulut terjadi.

Meskipun enak, beberapa makanan terkadang bisa menimbulkan nafas yang tidak segar atau bau mulut yang tajam.

Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari atau dikurangi konsumsinya antara lain yaitu petai, jengkol, bawang merah, bawang putih, dan lain-lain.

7. Manfaatkan air perasan atau rebusan jahe

Manfaatkan air perasan atau rebusan jahe

Selain terkenal khasiatnya untuk menghangatkan tubuh, ternyata air rebusan jahe atau perasan jahe juga bisa sebagai cara menghilangkan bau mulut lho.

Cara mengolahnya juga cukup mudah, karena kamu hanya perlu mencampurkan air dari parutan jahe dengan air hangat untuk kemudian dijadikan sebagai obat kumur alami.

Nah, bagaimana? Mudah bukan cara menghilangkan bau mulut yang kadang-kadang muncul secara tiba-tiba?

Namun jika bau mulut yang kamu alami tak kunjung hilang, tak ada salahnya untuk segera memeriksakannya ke dokter agar mengetahui penyebab sebenarnya dan cara yang tepat untuk mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *