Cara Memanfaatkan Sosial Media untuk Berjualan, Mudah Banget dan Semua Bisa!

Di era sekarang, sosial media sudah menjadi platform yang dipakai oleh seluruh orang dari semua kalangan kerja dan kalangan usia. Karena itu, daripada sosial media dan smartphone digunakan hanya untuk bermain saja, lebih baik sosial media ini dimanfaatkan untuk hal-hal yang lebih berguan dan produktif.

Cara Memanfaatkan Sosial Media untuk Berjualan, Mudah Banget dan Semua Bisa!

Karena penggunannya yang menyeluruh ke seluruh kalangan, sosial media dapat menjadi tempat bagi kalian untuk berjualan. Karena itu, di sini kami akan memberi rekomendasi dan tips-tips mengenai cara memanfaatkan sosial media untuk berjualan.

Buat beberapa akun sosial media untuk produk


Buat beberapa akun sosial media untuk produk

Untuk menjual produk, kamu harus membuat dulu akun-akun sosial media. Jumlah akun yang harus dibuat sebanyak berapa platform yang bisa kamu pakai dan sudah familiar, karena jika kamu belum terbiasa, bisa jadi ada kesulitan pengaturan sosial media ataupun update produk dan dapat membuat kamu kewalahan mengaturnya.

Jika kamu tidak terbiasa cobalah pelajari dulu hal-hal penting dari sosial media yang ada. Biasanya sosial media yang ada mudah dipelajari dan interaktif sehingga terdapat bantuan dari sosial media agar kamu dapat membiasakan diri. Dengan adanya sosial media ini, kamu dapat menjangkau konsumen dengan baik melalui konten-konten yang dibuat.

Lakukan update sosial media dengan rutin


Lakukan update sosial media dengan rutin

Hal ini merupakan hal yang paling sulit dilakukan penjual yang memanfaatkan sosial media. Konsistensi adalah kunci untuk meningkatkan jaringan penjualan kamu, sehingga  situs sosial media kamu dapat mendapat update paling terbaru dan terus dilihat pelanggan.

Biasanya untuk memulai penjualan melalui sosial media memang sulit, karena adanya kemalasan untuk mengupdate secara rutin, sehingga kami sarankan agar kamu membuat jadwal setiap waktu untuk melakukan update.

Tetapi jika kamu memang ingin tidak terlalu repot, bisa juga menggunakan aplikasi-aplikasi khusus yang akan mengupdate sosial media kamu secara otomatis. Tidak lupa setiap kali melakukan update, gunakan hastag (#) agar dapat konten yang diunggah dapat muncul saat orang-orang mencari produk tersebut.

Buat akun sosial media khusus untuk komunikasi


Buat akun sosial media khusus untuk komunikasi

Tidak lupa juga, harus dibuat akun sosial media khusus untuk komunikasi dengan pelanggan. Contoh dari sosial media yang digunakan adalah Line, Whatsapp, BBM, dan lain-lain. Kamu memerlukannya agar dapat memisah-misahkan perhatian kamu kepada konten penjualan dan pelanggan yang membeli atau bertanya.

Buatlah minimal 2 sosial media yang banyak dipakai orang, agar setiap pelanggan dapat berkomunikasi dengan kamu. cara memanfaatkan sosial media untuk berjualan ini merupakan keharusan yang harus dilakukan semua penjual melalui sosial media.

Ketahui produk yang ingin dijual


Ketahui produk yang ingin dijual

Tentunya jika kamu ingin berjualan, harus ada produk yang dijual ke pelanggan. Untuk pemilihan produk penjualan, kamu dapat menjual produk yang memang diproduksi sendiri atau menjual ulang barang orang lain atau bisa juga disebut reseller.

Sebagai permulaan, Sebaiknya kamu fokus pada 1 jenis produk saja yang memang menjadi kebutuhan masyarakat atau produk yang sedang disukai masyarakat. Selain itu, kamu juga harus mengerti produk yang dijual, agar dapat menjawab setiap pertanyaan pelanggan dengan benar dan percaya diri.

Lakukan update sesuai dengan tema produk yang dijual


Lakukan update sesuai dengan tema produk yang dijual

Meskipun kamu melakukan update secara rutin, harus juga dipertahakan konsistensi dari tema produk yang dijual. Misalkan kamu fokus menjual sepatu, jangan menjual atau menambah konten lain di sosial media seperti jam tangan.

Karena hal itu akan membuat sosial media kamu menjadi berantakan, dan membuat bingung pelanggan. Selain itu, buatlah sosial media serapi mungkin dan enak dilihat agar pelanggan dapat merasa nyaman saat melihatnya dan dapat terus kembali lagi.

Penentuan harga produk


Penentuan harga produk

Harga produk adalah hal yang paling penting dari penjualan melalui sosial media. Karena konsumen dapat mencari produk yang diinginkan dengan mudah, perbandingan harga antar penjual dapat menjadi mudah. Tetapi tentu saja, sekarang konsumen tidak bodoh dan hanya melihat harga produk yang paling murah saja.

Untuk menentukan harga produk, kamu dapat menentukan sendiri dengan pertimbangan seperti berapa harga yang ditentukan pesaing dan bagaimana pelayanan yang diberikan pesaing, karena harga pesaing dapat menjadi patokan atau referensi.

Selain itu pelayanan yang diberikan pesaing juga hal penting, contoh bila harga yang diberikan pesaing sedikit lebih murah, tetapi pengiriman barang sangat lama atau penjualnya lama melakukan respon maka harga yang lebih murah tersebut mungkin akan diabaikan konsumen.

Tetapi jika kamu menjual produk yang unik dan tidak banyak orang yang menjualnya, kamu dapat menentukan harga yang lebih tinggi, cara memanfaatkan sosial media untuk berjualan ini terbukti efektif meskipun harganya mahal karena permintaan pelanggan pasti ada.

Opsi pembayaran yang diperluas


Opsi pembayaran yang diperluas

Pelanggan yang membeli bisa dari berbagai daerah dan mungkin memiliki beberapa rekening yang berbeda. Karena itu, kamu harus membuat beberapa rekening yang memang biasa dipakai oleh orang-orang. Kamu juga dapat menambahkan opsi cash on delivery (COD), yaitu bertemu secara langsung dengan pelanggan dan melakukan pembayaran ditempat.

Dengan adanya opsi ini tentu akan menjadi lebih nyaman bagi penjual dan pembeli karena dapat melihat secara langsung produk dan pembayaran terjadi secara langsung. Selain itu  dengan adanya opsi COD, pembeli yang berada di luar daerah dapat menjadi lebih tenang,karena penjual dianggap memiliki keberanian dan komitmen dalam penjualan.

Lakukan promosi dan diskon


Lakukan promosi dan diskon

Untuk menarik minat pelanggan, kamu dapat melakukan promosi dan diskon pada produk-produk seperti buy 1 get 1 ataupun promosi gratis ongkir. Dengan ini, pelanggan dapat lebih tertarik untuk membeli produk yang diinginkan.

Ada juga promo yang dapat menarik pelanggan agar memberi lebih banyak seperti beli 5 gratis 1 ataupun pembelian diatas 5 produk diberikan diskon per produknya. Dengan promo-promo tersebut, konsumen akan tertarik untuk membeli lebih banyak.

Menggunakan situs E-commerce


Menggunakan situs E-commerce

Situs E-commerce seperti amazon, aliexpress, bukalapak dan tokopedia dapat menjadi opsi yang baik untuk kamu mengatur produk-produk yang dijual. Biasanya situs e-commerce memiliki tools atau alat dan tips-tips yang diberikan agar toko online terlihat baik.

Kamu dapat menghubungkan sosial media dengan e-commerce untuk memperluas jaringan penjualan. Selain itu situs e-commerce juga menyediakan rekening bersama atau perantara pembayaran untuk memastikan produk yang penjual kirim kepada pembeli sampai dengan selamat. Opsi perantara pembayaran ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen untuk membeli produk.

Melakukan endorse dan giveaway


Melakukan endorse dan giveaway

Endorse dan giveaway adalah 2 hal yang banyak digunakan 2 tahun terakhir. Endorse menggunakan model ataupun selebram dapat menjadi rekomendasi kami, karena biasanya sosial media dari orang-orang tersebut sangat sering dilihat oleh semua kalangan. Endorse ini dibagi menjadi 2 yaitu, endorse dengan pemberian produk kepada model/selebram ataupun membayar model/selebgram secara langsung.

Giveaway juga dapat menjadi pilihan kamu agar sosial media dan produk dilihat luas oleh semua orang. Biasanya dalam giveaway ini, para pengikut atau followermu diharuskan untuk melakukan follow dan membagikan konten kamu kepada teman-temannya, kemudian kamu dapat memilih orang  yang melakukannya secara acak dan memberikan produk. Endorse dan Giveaway merupakan metode yang terbukti efektif dalam penambahan penjualan dan pengikut dari sosial media kamu.

Menggunakan sosial media untuk berjualan sangat kami rekomendasikan bagi kamu yang memiliki waktu luang, contohnya ibu rumah tangga yang memiliki waktu luang selagi mengurus anak. Karena pasar dan jaringannya luas, dan diprediksi menjadi tempat pembelian jangka panjang yang dipakai semua orang. Itulah beberapa cara memanfaatkan sosial media untuk berjualan yang bisa mulai kamu praktikkan!

No comments:

Powered by Blogger.