Inilah Info Lengkap Tentang Bunga Mawar dengan Karakter dan Filosofinya, Karena Bunga Bisa Mewakili Kata-kata

13 min read

Halo sahabat…semangat ya hari ini….Bunda kali ini mau berbagi info tentang sesuatu yang sangat romantis nih..apa itu?? Yup mawar namanya.

Inilah Beberapa Jenis Bunga Mawar dengan Karakter dan Filosofinya, Karena dengan Bunga Bisa Mewakili Kata-kata

Siapa yang tak tahu dengan bunga mawar? Tanaman jenis bunga mawar termasuk golongan tanaman hias yang punya simbolik romansa.

Wajar sih karena bunga ini memang enak banget dilihat karena warnanya yang indah.

Buat yang nggak tahu dan masih awam seperti apa sih bunga mawar, disini kamu akan temukan informasi sangat lengkap mengenainya. Baca terus ya…

Bunda yakin kalau kamu sudah sering menemui beragam jenis bunga mawar di banyak tempat. Tanaman ini sudah banyak dimanfaatkan banyak orang untuk berbagai keperluan terutama sebagai hadih bagi pasangan.

Salah satu yang cukup populer adalah bunga mawar merah dan putih yang mana sering dijadikan cinderamata atau aksesoris.

Tahu nggak kalian kalau sebenarnya bunga mawar ini ada banyak banget loh jenisnya.

Faktanya bunga mawar punya 100 lebih spesies, kebayang nggak tuh 100 cara buat ngungkapin perasaan.

Nah, beberapa jenis bunga mawar dengan maknanya bakal kita ulas satu per satu di sini secara komprehensif.

Hal tersebut penting diketahui sejak awal biar kamu nggak salah dalam cara mengungkapkan perasaanmu lewat setangkai ataupun sebuket bunga.

Namun sebelum menuju ke berbagi jenisnya, Bunda mau kasih informasi dulu mengenai pengetahuan umum mengenai bunga mawar agar kamu semakin paham.

Sejarah bunga mawar

Sejarah bunga mawar

Tanaman bunga mawar yang indah ini ternyata sudah ada sejak dulu dan memiliki sejarah tersendiri.

Berdasarkan peninggalan fosil yang tersimpan di Florissant Fossil Beds National Monument, USA, rose sudah muncul sejak 40 juta tahun yang lalu.

Ditemukan juga fosil di area Oregon dan Montana yang dihitung usianya sekitar 35 juta tahun.

Bunga mawar juga sudah dibudidayakan oleh orang Cina sejak 5 ribu tahun silam.

Selain itu, tanaman ini juga dibudidayakan di Timur Tengah secara luas untuk dimanfaatkan masyarakat sana pada waktu itu.

Ketika mekar, kelopak rose akan dimanfaatkan sebagai obat, bahan parfum dan konfeti dalam perayaan.

Seperti yang sudah Bunda utarakan sebelumnya jika jenis bunga mawar sangat beragam.

Nah kamu tahu tidak spesies apa yang paling tua? Masih belum tahu…jawabannya yaitu Gallica Rose atau lebih dikenal French Rose yang umumnya diolah menjadi teh.

Pada abad 12, Gallica sangat diminati oleh bangsa Romawi dan Yunani.

Pada abad 15, bunga mawar merah dan putih selalu dijadikan simbol bagi faksi tertentu untuk menguasai negara Inggris.

Warna merah menandakan kubu Lancaster sedangkan putih menandakan kubu Yok yang akhirnya pertempuran mereka terkenal dengan sebutan “War of the Roses”.

Pada masa Napoleon Bonaparte sekitar tahun 1800-an, istrinya mendirikan area koleksi bunga mawar di perkebunan Chateau de Malmaison yang letaknya 7 mil sebelah barat Paris.

Kebun tersebut menjadi tempat cikal bakal karya Pierre Joseph Redoute, pakar botanical illustrator.

Pada tahun 1824, ia menyelesaikan karya fenomenalnya dengan tajuk Les Rose yang dikerjakan melalui water color technique.

Filosofi bunga mawar

“Bunga yang indah, selalu dicari banyak orang”

bunga mawar menawan

Maknanya :

Jadikan diri menjadi pribadi unggul sehigga akan banyak orang mencarimu.

Segala sesuatu yang terkesan indah pasti akan banyak dicari orang.

Sesuatu yang mulia dan istimewa tentunya memiliki banyak kelebihan.

Walaupun diri kita tak memliki banyak kelebihan, namun kita akan berusaha melakukan berbagai langkah untuk membuat diri ini semakin istimewa.

“Tumbuh menawan, dengan ciri khas warnanya”

gambar bunga mawar merah yang sangat cantik

Maknanya :

Bertumbuhlan menjadi pribadi yang istimewa dengan ciri khasmu sendiri, tak perlu mengikuti apa kata orang lain.

Menjadi diri sendiri akan lebih membuat hidup lebih berwarna.

Kamu juga tak perlu pusing akan alur hidup orang lain.

Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

“Pesona warna mampu menghiasi taman sekaligus pekarangan”

pemandangan bunga mawar putih

Maknanya :

Jadilah orang yang cerdas, baik dan sukses namun jangan lupakan bahwa semua itu bisa memberi manfaat bagi sekelilingmu.

Setiap keberhasilan, keistimewaan serta kelebihan yang kamu miliki sebaiknya bisa bermanfaat juga bagi orang lain.

Tentunya hal tersebut akan membuat dirimu semakin berharga.

“Mawar, ditanam dimanapun seolah tetap begitu indah”

filosofi bunga mawar

Maknanya :

Jadilah pribadi yang berada dimanapun membuat orang lain merasa senang dan bahagian karena sikapdan tingkah baikmu.

Diri tetap bersahaja dan menebarkan kasih sayang terhadap yang lain.

Selalu tertanam komitmen untuk selalu menjadi pribadi terbaik dimanapun dan kapanpun.

Anatomi bunga mawar

Pada dasarnya bunga mawar tumbuh di area sejuk dan bebas polusi.

Jika terawat dengan baik, tinggi batang bisa mencapai 4 meter lebih.

Tapi ada juga yang tumbuh hingga 15 meter lebih dengan merambat ke tanaman lain.

Jika kamu ingin tahu mengenai anatomi dan struktur tumbuhan ini, Bunda kasih infonya dibawah ini ya…

Daun

Daun bunga mawar

Bunga mawar diketahui mempunyai daun majemuk, maksudnya dalam satu tangkai terdapat beberapa daun.

Pada mawar modern, umumnya mempunyai 4 helai daun lebih untuk tiap tangkai dengan ukuran 5 sampai 10 centimeter.

Sedangkan pada mawar taman agak berbeda lagi, akumulasi daun pada tiap tangkai lebih banyak, sekitar tujuh bahkan lebih.

Ada bagian yang melekat pada tangkai daun yaitu selebaran atas bunga mawar taman yang bernama leaflet terminal.

Ada bagian selebaran lain yang mempunyai batang, dikenal dengan petiolules.

Di sisi lain ada stipule yang merupakan dasar daun yang memiliki sayap serta ujungnya lebih umum disebut daun telinga.

Duri

Duri bunga mawar

Semua sudah tahu kalau ciri khas bunga mawar pasti memiliki duri pengait pada batangnya.

Masing-masing spesies memiliki perbedaan fungsi pada duri ini.

Pada jenis yang merambat, ia berfungsi sebagai pegangan atau pengait ketika merambah tumbuhan di sekelilingnya.

Jika di kebun bunga berkaca biasanya duri ini berguna sebagai pelindung dari hewan pengganggu.

Kelopak dan mahkota

Kelopak dan mahkota bunga mawar

Beberapa kelopak terdapat dalam mahkota yang mana ketentuannya berdasar pada jumlahnya.

Jumlah kelopak akan dikategorikan sebagai bunga tunggal, ganda dan sangat ganda.

Jika tunggal hanya terdiri dari 5 sampai 12 kelopak dalam satu baris.

Untuk klasifikasi ganda, jumlah kelopak sekitar 25 pada tiga atau lebih baris.

Selain itu, jika terdapat 45 kelopak lebih pada banyak baris maka masuk dalam kategori sangat ganda.

Keduanya saling berhubungan erat satu sama lain dan tidak bisa terpisahkan.

Benang sari dan putik

Benang sari dan putik bunga mawar

Bunga mawar yang sebelumnya tertutup rapat akan mekar oleh selubung daun hijau yang disebut sepal.

Ketika ia sudah mekar seluruhnya, benang sari atau yang juga dikenal filamen tipis pada bagian tengah akan terlihat dengan sangat jelas.

Benang sari akan melepaskan serbuk yang ada pada bagian ujung atau yang lebih dikenal dengan kepala sari.

Benang sari sendiri merupakan bagian reproduksi jantan sedangkan bagian betina adalah putik yang posisinya di tengah benang.

Fase Pertumbuhan

Bunga mawar tergolong ke jenis tanaman tahunan yang mana selama lebih dari 1 musim dapat berkembang, berbenih serta berbunga.

Ia mulai tumbuh atau mekar ketika musim panas dan semi.

Setelah itu, layu dan mati di musim dingin dan gugur lalu memperbaharui lagi pada musim panas berikutnya.

Agar kamu tahu bagaimana proses pertumbuhannya, langsung saja baca penjelasan detailnya berikut.

Biji

Biji bunga mawar

Bunga mawar bermula hadir dari penanaman biji terlebih dahulu.

Ketika sudah mendapat suhu hangat serta air yang pas, biji tersebut akan berkembang menjadi tunas yang terdorong keatas dan lama kelamaan semakin besar.

Setelah itu ia akan mulai berkembang lagi dengan dibantu duri-duri agar bertahan pada kondisi permukaan sekelilingnya.

Kuncup

Kuncup bunga mawar

Jika biji sudah tumbuh lebih besar, akan keluar kuncup yang mekar kemudian menjadi bunga.

Hingga kuncup cukup tumbuh untuk fase reproduksi, ia akan tertutup sepal.

Jika dilihat sekilas, tahapan ini nampak kayak tunas dengan ujung meruncing.

Panjang kuncup biasanya 1 centimeter dan lebar 0.5 centimeter.

Bunga

Wallpaper bunga mawar online

Ketika sepal terbuka, bagian kuncup berubah ke bentuk bunga lengkap dengan kelopaknya.

Kelopak ini akan memiliki warna cerah dan berbau manis sehingga serangga seperti kupu-kupu dan lebah tertarik untuk mendekat.

Hewan-hewan tersebut tak hanya mampir saja tetapi mereka turut membantu sistem penyerbukan.

Penyerbukan

Penyerbukan bunga mawar

Diantara ciri mawar yang dapat mengalami penyerbukan adalah putik dan serbuk sari telah terbentuk secara sempurna, keluar bau khas, ukuran kelopak besar serta terdapat kelenjar madu.

Tentunya pada tahap ini akan mengundang para serangga mampir.

Tapi, umumnya penyerbukan dibantu kupu-kupu dan lebah.

Hewan tersebut akan melakukan penghisapan serbuk sari dari satu bunga ke bunga selanjutnya.

Proses ini akan berlangsung ketika serbuk jatuh pada benang sari dari bunga lain.

Setelah menunggu beberapa waktu mawar akan memproduksi biji yang bentuknya bulat hijau sampai orange.

Biji ini dapat ditanam lagi untuk perkembang biakan bunga mawar lain.

Disamping penyerbukan dibantu dengan serangga, prosesnya juga dapat dilakukan dengan metode kawin silang.

Cara cukup simple yaitu siapkan dua mawar yang akan disilangkan lalu ambil serbuk sari dari mawa pertama dengan memakai pinset.

Setelah itu pindahkan ke wadah dan keringkan selama satu hari misal dari malam hingga pagi, kemudian pindahkan lagi ke botol.

Apabila sudah selesai, siapkan mawar kedua dan bagian kelopak dibuka sedikit.

Potong pada bagian serbuknya karena proses penyerbukan akan berlangsung dengan mawar pertama.

Tempatkan serbuk sari mawar pertama ke stigma mawar kedua lalu tunggu sampai keluar biji.

Pemanfaatan

Tak hanya keindahannya saja yang membuat banyak orang terpukau tetapi bunga mawar juga menjadi komoditas holtikultura dengan nilai ekonomi yang sangat tinggi.

Dari sinilah, beberapa orang kreatif membudidayakannya ke berbagai keperluan komersial.

Apa saja itu..? Ini beberapa ulasan pemanfaatan mawar yang bisa Bunda berikan.

Parfum

Parfum bunga mawar

Setiap waktu pasti muncul parfum dengan varian terbaru.

Namun parfum dengan bahan bunga mawar menjadi salah satu yang paling diminati hingga saat ini.

Pasalnya baunya tidak terlalu tajam, kalem dan tahan lama.

Jika original, wewangian ini bisa dibanderol dengan harga yang fantastis.

Proses pembuatan terbilang cukup rumit dengan penyulingan yang menghasilakan minyak bunga mawar serta penguapan kelopak yang sudah dihancurkan terlebih dahulu.

Teknik penyulingan terbesar sekarang ini berada di Bulgaria.

Di Jerman dan Bulgaria, jenis Rosa damascena yang paling sering disuling sebagai bahan parfum.

Minyak bunga mawar ini umumnya berwarna kuning abu-abu yang lebih dikenal dengan rose absolute oil.

Ia merupakan minyak tahap awal yang belum melalui proses pengenceran.

Tahap penyulingan untuk bisa memperoleh minyak ini harus sangat teliti, biasanya perbandingan 1:3.000 sampai 1:6.000 dari berat mawar.

Jadi akumulasinya, butuh setidaknya 2 ribu lebih bunga untuk menghasilkan 1 gram minyak, banyak juga ya….ternyata ga segampang itu nduk…

Bunga potong

Bunga mawar potong

Umumnya bunga potong yang paling sering ditemukan karena memang tak sedikit orang yang hanya membutuhkan beberapa potongan tangkai bunga saja.

Biasanya ia akan dipanen ketika bentuknya masih kuncup lalu disimpan pada ruangan dingin.

Sebenarnya tanaman bunga mawar lebih cenderung cocok berada di area bercuaca dingin.

Namun dengan perkembangan ilmu, banyak orang sudah kreatif menanamnya pada suhu hangat di dalam rumah dengan penutup tertentu agar tidak cepat rusak sekaligus sebagai pencegahan terhadap hama.

Pada abad ke-20, para penggemar berat berlomba untuk menghasilkan bunga mawar dengan aroma khas, warna menarik serta ukuran besar.

Seiring waktu para penggemar mulai terus berinovasi melakukan rekayasa sehingga hasilnya bisa dirasakan banyak orang sekarang dengan penampakan berbagai varian mawar yang memanjakan mata.

Obat-obatan

Obat-obatan bunga mawar

Selain pemanfaatan yang sebelumnya udah Bunda jelaskan sebelumnya, ternyata bunga mawar juga berkhasiat juga sebagai penyembuh suatu penyakit.

Bagian yang paling digunakan dalam hal ini adalah buahnya.

Spesies yang dimanfaatkan biasanya adalah Rosa rugosa dan Rosa canina yang buahnya kaya akan vitamin C.

Kandungan dalam buah tersebut biasanya dikonsumsi untuk stamina tubuh serta digunakan untuk perawatan kulit.

Pengobatan tradisional Chinese juga telah lama melibatkan bunga mawar sebagai sarana penyembuh masalah perut.

Setelah kamu paham betul akan pengetahuan umum tentang bunga mawar, maka Bunda bisa lanjutin ke bahasan utama selanjutnya yaitu berbagai jenisnya yang perlu diketahui juga.

Langsung saja ya biar tidak kelamaan, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Jenis bunga mawar yang punya simbol super romantis buat ngungkapin perasaan, cocok untuk kamu yang lagi dimadu asmara

Meskipun memiliki banyak jenis, sebagian besar jenis bunga mawar itu digunakan untuk mengungkapkan cinta dan gairah.

Nah berikut ini bunga mawar yang punya filosofi super romantis.

1. Mawar merah

bunga mawar merah

Mawar merah termasuk salah satu jenis bunga mawar yang terbilang cukup populer.

Saking populernya banyak film dan novel romansa yang mengusung mawar merah sebagai properti pendukungnya.

Mawar merah memiliki warna merah yang terang dengan kelopak berlapis.

Buat yang udah paham betul pasti tahu ini karena mawar merah merupakan simbolik cinta.

Namun, siapa sangka makna si mawar merah ternyata lebih luas dari itu.

Selain ekspresi cinta bunga mawar merah juga merupakan simbolik kecantikan, keistimewaan, ucapan selamat, keberanian dan penghormatan.

Tidak heran jika bunga ini banyak digunakan sebagai simbol cinta.

Karakter warna mawar merah yang tegas dan menggoda membuatnya bermakna sedemikian menarik dan mendalam.

2. Mawar putih

bunga mawar putih

Mawar putih hampir sama populernya dengan mawar merah.

Tapi mawar ini memiliki karakter yang lebih lembut dan mempesona.

Mawar putih memberikan kesan energi positif karena lembut dan bercahaya.

Mawar putih memancarkan kesan keanggunan dan elegan yang nggak bisa kita temui di jenis mawar lainnya.

Bunga mawar putih memiliki simbol cinta sejati, atau yang murni, suci, dengan kemurnian hati, keagungan, kesungguhan, kelembutan, cinta dalam diam, dan keluguan.

Mawar putih yang anggun sering banget digunakan para cowok untuk memuja wanita yang mempesona maupun simbol rasa maaf kepada pasangan.

Mawar putih juga menyuguhkan simbol kedamaian.

Nggak heran jika kita melihat idola kadang mendapat bejibun hadiah buket mawar putih.

Karena memang maknanya adalah untuk menyampaikan rasa kagum yang tulus.

Cocok biar makin berkesan buat yang masih dalam tahap pedekate biar si-doi beneran terenyuh sama effort kamu.

3. Mawar pink

bunga mawar pink

Si mawar merah muda atau pink ini memiliki kesan yang lembut dan kepolosan.

Warnanya yang sangat girly atau cewek banget memberikan kesan lucu yang menggemaskan.

Selain enak dilihat mawar pink juga memberikan energi positif yang bakal membuatmu bersemangat dan ceria.

Mawar pink mengandung makna penghargaan, kekaguman, kelembutan, kasih sayang, dan yang paling penting adalah kebahagiaan.

Buat kalian para pengagum yang baru sekedar mengagumi dari jauh dan belum benar-benar tahu perasaan kalian sendiri.

Bunga mawar pink paling cocok buat kamu mengungkapkan perasaanmu ke doi.

Mawar pink ini punya warna yang lucu dan menggemaskan sehingga yang menerima pastinya tersipu malu.

Cocok untuk diberikan kepada cewek dengan kepribadian menggemaskan dan menyenangkan.

Ada banyak gambar bunga mawar pink yang akan sering kamu jumpai di toko-toko bunga.

4. Mawar kuning

bunga mawar kuning

Mawar kuning memiliki warna kuning yang cerah dan ceria.

Dijamin bikin hati siapapun yang melihatnya merasa kalem dan hangat.

Namun, siapa sangka kalau mawar kuning punya makna yang berubah-ubah pada era tertentu.

Katakanlah pada zaman yang super kuno mawar kuning ini digunakan untuk menyampaikan kebahagiaan, persahabatan, cahaya, kehangatan dan awal yang baru.

Kemudian pada abad ke-18 di Eropa mawar kuning digunakan untuk menyampaikan rasa kekecewaan.

Akhirnya makna si mawar kuning kembali menjadi lebih baik pada abad ke-20 sebagai simbol perasaan yang menyenangkan.

Kelopak bunga mawar kuning melambangkan keluguan pemikiran dan perasaan para pemuda.

Mawar kuning kemudian menjadi simbol persahabatan dan sukacita.

Mawar kuning bisa kamu berikan ke orang-orang terdekatmu sebagai penyampaian rasa kasih sayang, keluguan cinta, persahabatan dan kekeluargaan yang dekat.

5. Mawar pelangi

bunga mawar pelangi

Mawar pelangi bukan mawar alami dari bibit loh melainkan mawar putih yang sudah diproses semir.

Mawar keren dan eksotis ini memberikan energi positif dan keceriaan yang sangat besar karena aneka warna kelopaknya dalam satu tangkai.

Mawar pelangi bakal membuatmu merasa takjub dan ceria apalagi bagi orang yang menerimanya sebagai hadiah.

Mawar pelangi bermakna keanekaragaman dan mawar simbol kebahagiaan.

Salah satu jenis bunga mawar yang cukup unik pastinya.

Dan dapat kamu gunakan sebagai cara menyampaikan rasa kasih sayang dan terima kasih yang mendalam kepada orang-orang di sekitarmu yang membuatmu merasa bahagia.

Sebenarnya si bunga mawar pelangi ini terjadi lewat proses penyerapan zat pewarna bunga dan kapilaritas batang mawar pada saat bunga masih kuncup.

Sehingga pas mawar sudah mulai mekar si bunga mawar akan merekah dengan aneka warna yang indah dan tampak keren. gambar bunga mawar pelangi yang indah pasti membuatmu takjub.

6. Mawar violet

bunga mawar violet

Mawar violet bakal memberi kesan keanggunan dan kemegahan buat siapapun yang melihatnya.

Mawar yang indah ini selain warna dan bentuknya yang cantik, aromanya juga sangat menggugah perasaan.

Mawar violet nan elegan ini termasuk mawar yang diberikan untuk menyampaikan rasa apresiasi dan kekaguman.

Makna bunga mawar violet adalah cinta pada pandangan pertama, kekaguman, kemegahan, kemewahan dan kemuliaan yang mendalam.

Mawar violet digunakan untuk menyampaikan perasaan mengagumi yang tidak terbendung lagi dan harus segera disampaikan.

Selain mawar merah dengan simbol romansanya mawar violet memiliki simbol rasa kekaguman yang mendalam.

Bisa juga kamu pakai untuk menyampaikan rasa menghormati atau kekaguman akan keindahan seseorang. Mawar violet ini ibaratkan simbol elegan dan pesona si penerima.

7. Mawar orange

bunga mawar orange

Filosofi yang dimiliki warna orange adalah warna yang terbentuk dari kombinasi warna merah dan kuning yang keduanya bermakna gairah cinta dan persahabatan.

Bisa kita simpulkan warna orange pada bunga mawar yang menawan ini diartikan seperti sebuah perasaan cinta yang muncul dari proses yang panjang dan kedekatan bak pertemanan.

Bunga mawar orange juga memiliki makna kebahagiaan dan kehangatan selain rasa kasih sayang.

Mawar orange menjadi penghubung dua warna dapat kamu gunakan untuk menyampaikan rasa kebanggaan terhadap seseorang dan pujian atas pencapaian mereka.

Selain untuk menyampaikan rasa sayang bunga ini juga sangat cocok untuk kamu berikan kepada orang di sekitarmu yang telah melakukan pencapaian bermakna dan kamu sangat bangga terhadap mereka.

8. Mawar mega putih

bunga mawar mega putih

Mawar mega putih ini agak sedikit beda guys dengan jenis bunga mawar yang completely putih.

Mawar mega putih ini pada tengah kelompaknya akan nampak lebih hangat dengan warna kuning transparan.

Mawar ini memberikan kesan kelembutan dan kehangatan.

Nggak salah kalau si mawar ini jadi primadonanya tanaman hias.

Tepian kelopaknya ganda dan berlapis-lapis.

Bermakna suatu kecantikan atau sesuatu yang indah ibaratkan kelopak bunga mawar mega putih sendiri.

Mawar ini diberikan dari seseorang sebagai simbol rasa cinta atau kasih sayang yang sangat mendalam kepada pasangannya.

Mawar mega putih memiliki filosofi yang lebih dalam dari sebuah cinta pandangan pertama.

Mawar ini merupakan simbolitas hubungan yang kuat dan saling bergantung dengan satu sama lain.

9. Mawar talitha

bunga mawar talitha

Mawar talitha adalah tipe mawar ganda dan mekar dengan warna orange.

Mawar yang indah ini memiliki warna yang tergolong cukup langka.

Bunga mawar talitha yang ganda dan agak menguncup memiliki makan sebuah keseriusan.

Adapun makna lainnya yang dimiliki si mawar talitha antara lain adalah kekaguman, keseriusan, fokus dan sebuah usaha.

Mawar ini sangat cocok digunakan saat akan melamar kekasih tercinta.

Menandakan keseriusan dan komitmen kamu saat melamar si doi.

10. Mawar putri

bunga mawar putri

Karakteristik mawar putri relatif sama dengan mawar talitha namun kelopaknya berwarna merah marun dan ukurannya lebih besar. Juga termasuk mawar kelopak ganda.

Yang membedakan dari mawar lainnya adalah aroma mawar putri yang lebih semerbak harum dan tahan hampir satu minggu.

Bunga mawar putri ini selain cocok untuk kamu jadikan kado karena harum, mawar ini memiliki makna layaknya mawar merah yang menandakan rasa kasih sayang yang mendalam.

Mawar putri menyimbolkan pesona seseorang bagai semerbak harumnya mawar putri.

Mawar putri adalah mawar dengan filosofi penghubung dari mawar merah dan mawar hitam.

Dimana makna mawar merah adalah rasa kasih sayang namun mawar hitam dapat pula bermakna keseriusan bahkan kebencian yang mendalam.

Inilah gambar bunga mawar putri dan struktur kelopaknya yang indah.

Jenis bunga mawar lainnya dengan makna yang dalam dan mempesona siapapun yang melihatnya

Selain tipe tipe mawar romantis seperti yang sudah dijelasin diatas.

Beberapa mawar lainnya juga punya filosofi yang lebih ngena dan lebih dalam.

Ada juga yang berkesan dark, nonetheless mawar tetap merupakan tipe bunga yang mempesona dan menawan kan.

1. Mawar hijau

bunga mawar hijau

Warna hijau yang menyegarkan dan menyejukkan pada bunga mawar hijau memiliki makna yang persis seperti warnanya.

Mawar hijau alami yang asli cukup sulit dicari dan pastinya jenis mawar yang sangat indah.

Karangan mawar hijau akan tampak menyegarkan jika kamu letakkan di salah satu sudut ruanganmu.

Mawar hijau yang memiliki makna kesejahteraan, kesuburan, harmoni, keseimbangan dan kemewahan.

Sangat cocok untuk mengungkapkan rasa selamat dan harapan penuh kebaikan untuk orang yang menerimanya.

Hadiah yang indah untuk orang yang baru sembuh atau keluar dari suatu kesusahan, dan untuk orang hamil.

Namun ternyata dibalik makna yang menyejukkan itu mawar hijau juga bermakna rasa iri atau kecemburuan.

Dibalik aspek maknanya yang sempurna mawar hijau secara tidak langsung menunjukkan perasaan iri dan cemburu, ini sih tergantung niat si pemberi.

Berikut gambar bunga mawar hijau yang sangat memukau.

2. Mawar biru

bunga mawar biru

Mawar biru termasuk salah satu jenis mawar yang sangat langka.

Tahu nggak kalian sebenarnya sebuah mawar alami tidak memiliki pigmen warna biru.

Namun, berkat bantuan ilmuwan dan rekayasa genetika tumbuhan pada 2004.

Mawar ini bisa memiliki warna biru makanya si mawar ini tergolong jenis bunga mawar yang sangat langka.

Mawar biru yang langka ini seperti halnya mawar lainnya juga mengandung makna dan filosofi. Makna bunga mawar biru cenderung lebih dalam dan gelap seperti karakter warnanya.

Mawar biru memiliki simbol kekhawatiran, misteri, kemustahilan, spesial, ambiguitas, kesempatan dan cinta pertama.

Simbol mawar biru diambil dari awal sebuah kemustahilan yang menjadi nyata.

Mawar biru akan sangat mewakili perasaan banyak orang yang memendam perasaan rumit seperti yang disebutkan diatas.

Seringkali yang menerima mawar biru bakal merasa bingung atau penasaran tentang apa yang coba diungkapkan si pemberi.

Bisa juga si penerima merasa berdebar karena mawar biru juga bermakna cinta pertama yang misterius.

3. Mawar hitam

bunga mawar hitam

Pada dasarnya mawar hitam adalah mawar fiksi atau bunga yang tidak ada.

Sebuah mawar berwarna merah marun gelap dapat dikatakan sebagai mawar hitam juga loh.

Bahkan beberapa toko bunga ada yang menghitamkan mawar yang memiliki warna lain dengan pengecatan kelopak bunga.

Karena memang mawar alami tidak memproduksi pigmen alami tapi demi makna dibalik warna hitam sendiri.

Mawar fiksi ini digunakan untuk menyampaikan perasaan yang dalam.

Kelopak bunga mawar hitam memiliki makna kematian atau berkabung, kebangkitan, tragedi, kesetiaan, dendam, kebencian, perlawanan dan keberanian.

Banyak yang menggunakan mawar hitam sebagai simbolik sejarah perjuangan.

Banyak cerita tragedi yang juga mengusung mawar hitam si fiksi ini.

Energi yang dibawa oleh warna mawar hitam adalah segala sesuatu yang mendalam penuh dengan keseriusan dan kemisteriusan bahkan kerahasiaan.

Dapat juga dipakai untuk menyampaikan kebencian dan dendam.

Setangkai mawar hitam akan punya makna dan arti yang berbeda-beda bagi setiap orang.

4. Mawar wild rose

bunga mawar wild rose

Persis seperti namanya, mawar wild rose bisa tumbuh subur dimana saja karena termasuk jenis tanaman liar.

Wild rose memiliki daun yang melebar dan kelopak bunga mekar berwarna ungu transparan atau pink dengan pusat kelopak berwarna hijau kekuningan.

Wild rose mudah ditemukan di hutan maupun daerah tropis dengan kelembapan yang seimbang.

Yang menarik dari wild rose ini mereka juga diusung dalam mitologi Yunani sebagai mawar yang menyimbolkan dewi Aphrodite, dewi kecantikan dan cinta.

Digambarkan sang dewi memiliki wild rose yang melingkari kepalanya sebagai mahkota.

Disimbolkan pula sebagai pembawa pesan rahasia.

Bunga mawar wild rose kemudian bisa bermakna cinta, kasih sayang, kecantikan, pesona atau keindahan yang liar dan berbahaya, dan sebuah misteri dan rahasia.

Dikatakan liar dan berbahaya karena wild rose memiliki tungkai yang berduri sehingga kamu perlu berhati-hati jika menemukan wild rose di alam terbuka.

Wild rose yang terdapat di toko bunga mungkin sudah dihilangkan durinya.

Tapi pesona wild rose yang sesungguhnya adalah tangkainya yang berduri sebagai sebuah pesona yang tidak seharusnya disentuh.

Gambar bunga mawar wild rose ini adalah salah satu contoh wild rose yang akan mudah kita jumpai di alam bebas.

Itulah beberapa berbagai bunga mawar dengan maknanya yang sangat estetik dan dalam buat kamu yang susah menyampaikan perasaanmu kepada si doi.

Meskipun ada banyak jenis bunga lainnya dengan makna mereka masing-masing.

Yang pasti tentang karakteristik utama jenis bunga mawar adalah aromanya yang semerbak harum.

Menyimbolkan kesungguhan dan sesuatu yang kuat untuk disampaikan.

Seperti kata pepatah ungkapkanlah dengan bunga kalau kamu nggak bisa berkata-kata.

Ini Loh Makna Dari Bunga Mawar Pink yang Gak…

Pernah dengar jika setiap jenis bunga yang ada di dunia ini memiliki arti dan maksudnya masing-masing? Salah satunya yaitu bunga mawar yang mana keberadaannya...
Channel Bunda
1 min read

Fakta Mengenai Bunga Mawar Wild Rose, Benarkah Bunga Ini…

Dari sekian banyak jenis dan warna bunga mawar, mawar wild rose adalah spesies yang memiliki jumlah terbanyak bila dibandingkan dengan bunga lainnya. Mawar wild...
Channel Bunda
1 min read

Karakter Tersembunyi Seseorang Dapat Dilihat dari Warna Bunga Mawar…

Kamu suka bunga mawar? Pastinya iya, karena tak dapat dipungkiri bahwa mawar merupakan salah satu bunga yang cukup populer di dunia. Selain warnanya yang...
Channel Bunda
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *