Belanja Online Bayar di Tempat, Cara Mudah agar Tak Ditipu Olshop Abal-Abal. Terbukti!

3 min read

Dengan maraknya trend belanja online saat ini, kamu tentunya menjadi lebih dimudahkan untuk dapat memilih barang yang sesuai keinginan kamu dengan hanya mengandalkan aplikasi atau situs-situs e-commerce yang bergerak di jual beli online.

Belanja Online Bayar di Tempat, Cara Mudah agar Tak Ditipu Olshop Abal-Abal. Terbukti!

Dengan hanya menggunakan paket internet dan smartphone kamu sudah bisa berbelanja tanpa harus melewati macetnya di jalanan yang tentunya menghabiskan waktu kamu di jalanan, terutama di kota-kota besar.

Sudah muncul banyak sekali online shop yang ada di Indonesia, kita ambil contoh seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lain sebagainya.

Ketiga online shop ini memang sudah cukup terkenal dan tidak diragukan lagi dalam jual beli online Indonesia.

Namun, dengan melihat bahwa ini merupakan toko online, apakah pernah terlintas di benak kamu jika belanja online bayar di tempat atau sering dikenal dengan istilah COD (Cash On Delivery) bisa dilakukan ?

Tentunya untuk meningkatkan keamanan sata belanja online adalah dengan belanja online bayar di tempat bisa menjadi salah satu opsi yang menarik.

Dengan belanja online COD, kamu bisa meminimalisir risiko barang yang tidak datang, padahal kamu sudah membayar sejumlah uang.

Ya, belanja online kadang dimanfaatkan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab untuk menipu calon pembeli.

Oleh karena itu, kamu harus berhati-ati saat berbelanja online, salah satunya dengan memilih toko online yang terpercaya dan mempunyai opsi beli online bayar di tempat atau COD.

Sebenarnya beberapa situs-situs online shop terbesar, seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shopee sudah mengembangkan metode belanja online bayar di tempat loh.

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, langsung aja simak tips-tipsnya di bawah ini :

Cash On Delivery (COD) : belanja online bayar di tempat

Cash On Delivery (COD) : belanja online bayar di tempat

Bagi kamu yang gemar untuk belanja online pasti sudah tidak asing dengan istilah ini bukan?

Atau bagi kamu yang masih ragu-ragu untuk membeli di toko online, karena was-was terhadap penipuan, kamu masih bisa kok berbelanja secara online dengan menggunakan fitur COD dengan menggunakan tips-tips berikut ini :

  • Ketika kamu masuk ke website toko online yang akan digunakan (Tokopedia, Bukalapak, Shopee), pastikan kamu sudah membuat akun di toko online tersebut. Jika belum memiliki akun, gak usah khawatir, kamu bisa langsung mendaftar di halaman utama website toko online tersebut kok.
  • Setelah selesai mendaftar, maka kamu sudah bisa memilih produk mana yang akan kamu beli.
  • Perhatikan setiap detail penjelasan yang ditulis seller di deskripsi produk tersebut. Jangan lupa juga untuk melihat review dari para pembeli yang pernah membeli di toko tersebut dan juga bintang penilaian yang diberikan. Tentunya kamu gak mau kan kalau seller tidak terpercaya.
  • Kamu bisa langsung mengklik metode pembayaran untuk memulai proses pembelian produk yang kamu pilih. Jangan lupa untuk selalu bertanya tentang warna dan stock ketersediaan dari produk tersebut.
  • Selain bertanya tentang stock dan warna produk, kamu juga bisa bertanya langsung pada seller tentang fitur belanja online bayar di tempat terhadap seller melalui menu “Chat Sekarang”. Biasanya seller akan menanggapi apakah bisa menggunakan fitur COD atau tidak, ada kok beberapa seller yang memang menjual produk mereka dengan menggunakan sistem COD.
  • Untuk toko online seperti Shopee, kamu bisa langsung meninjau apakah seller menggunakan fitur COD dengan melihat pada menu metode pembayaran yang digunakan. Setelah checkout keluar (Khusus untuk Shopee), Kamu harus memilih metode pengiriman barang via JNE regular yang mendukung fitur COD. Nah, setelah kamu memilih metode pembayaran dan pengiriman barang, kamu tinggal klik konfirmasi dan menunggu barang sampai ke alamat kamu, jangan lupa untuk membayar pesanan kepada kurir JNE.
  • Sedangkan untuk toko online seperti Tokopedia dan Bukalapak, biasanya kamu harus berdiskusi dengan seller terhadap tata cara COD yang digunakan oleh pihak seller. Biasanya ada harga pembelian minimal, tawar menawar, dan biasanya sih para seller hanya menanggapi COD untuk wilayah jabodetabek. Namun, kamu tetap bisa mencoba seller lain kok, siapa tahu ada yang sedaerah dengan kamu bukan ?

Jika kamu masih belum menemukan seller yang sesuai atau belum bisa COD karena kendala di luar wilayah COD, jangan pupus harapan dulu.

Kamu bisa juga kok mencoba untuk belanja online di social media, banyak juga kan online shop lokal yang menjual produk mereka lewat social media seperti Instagram, Facebook, dan lain sebagainya.

Gak ada salahnya kan mencoba untuk mencari produk yang sesuai di social media, asalkan kamu harus tahu tips-tipsnya seperti berikut ini :

  • Pastikan kamu membaca testimoni dari para pembeli yang pernah membeli di online shop tersebut. Jumlah follower bukan menjadi pertimbangan utama ya, biasanya online shop yang berkualitas pasti memposting testimoni dari para pelanggannya. Namun, jangan asal percaya ya, soalnya banyak juga testimoni palsu.
  • Kalau masih belum yakin dengan testimoni tersebut, kamu bisa lihat di kolom komentar postingan online shop tersebut. Jika ada feedback bagus dari pelanggan, tentunya online shop tersebut terpercaya dan berkualitas.
  • Mulailah melihat produk apa yang kamu ingin beli dari online shop tersebut. Pastikan kamu cermat dan teliti sebelum membeli ya, kamu bisa juga menghubungi kontak online shop tersebut kok untuk bertanya seputar stock dan warna dari produk yang kamu ingin beli.
  • Setelah itu, bandingkan harga produk online shop satu dengan yang lainnya. Survei harga menjadi titik kritis dalam penjualan produk, pembeli yang smart adalah pembeli yang mampu mendapatkan produk dengan harga terbaik. Tidak ada salahnya untuk membandingkan harga terlebih dahulu bukan ? karena beberapa online shop jarang memberikan ruang untuk tawar menawar.
  • Setelah mendapat produk dan harga yang cocok, kamu bisa mulai memilih metode pmebayaran yang paling aman. Jika ingin aman, gunakanlah rekening bersama antara penjual dan pembeli. Namun, jika kamu ingin yang tingkat keamanan lebih besar dan memimalisir resiko penipuan, kamu bisa untuk mengajukan belanja online beli di tempat atau COD dengan online shop tersebut.
  • Untuk lebih meyakinkan, kamu bisa mendatangi online shop yang memiliki toko fisik, karena jika ada masalah, kamu bisa datang ke tempatnya dan mengkorfimasi masalahnya. Jangan lupa juga untuk melihat penjelasan akun online shop, jika memiliki website resmi, tentunya akan mudah dipercaya bukan.

Itulah beberapa tips mengenai cara belanja online bayar di tempat yang dapat kamu coba.

Tidak usah takut untuk belanja online, asalkan kamu mengerti tips-tipsnya dan was-was, kamu tidak akan mengalami kasus penipuan kok.

So, ingatlah tips-tips tersebut ya jika kamu ingin berbelanja online, jangan lupa juga untuk memberikan testimoni kepada online shop tempat kamu membeli produk agar penjual juga merasa senang dan lebih bersemangat lagi.

Tips dan Cara Mudah Berbelanja di Shopee, Bantu Kamu…

Saat ini sudah banyak bermunculan situs-situs e-commerce yang banyak diminati orang-orang untuk berbelanja online. Dengan adanya situs-situs ini, dapat memudahkan kamu untuk berbelanja dengan...
Channel Bunda
3 min read

15 Aplikasi Android untuk Wanita Era Milenial, Wanita Juga…

Wanita era milenial seperti saat ini memiliki banyak sekali tuntutan. Jika dahulu wanita akrab dengan pekerjaan rumah tangga saja, kini banyak wanita yang harus...
Channel Bunda
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *