Breaking

Wisata Kota Tua Jakarta - Destinasi Liburan Menarik dengan Banyak Spot Andalan

Jakarta memang menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. Meskipun kota metropolitan ini sering macet, namun Jakarta menyimpan tempat-tempat mengasyikkan untuk dikunjungi sebagai menu wisata bersama keluarga. Salah satu destinasi yang sering menjadi ide liburan banyak kalangan adalah wisata Kota Tua Jakarta.

Wisata Kota Tua Jakarta - Destinasi Liburan Menarik dengan Banyak Spot Andalan

Sama seperti namanya, banyak bangunan tua untuk spot wisata yang ada di wilayah Kota Tua Jakarta. Nah, bagi kamu yang menyukai ide wisata sejarah, maka destinasi wisata ini bisa dijadikan destinasi wisata wajib. Selain kental dengan sejarahnya, bangunan tua di Kota Tua juga dapat dijadikan tempat hunting foto yang tepat.

Nah, apa saja spot wisata yang ada di kawasan Kota Tua ini? Simak beberapa ulasan singkat terkait hal tersebut di bawah ini.

Museum Fatahillah


Museum Fatahillah

Museum Fatahillah merupakan salah satu destinasi menarik yang ada di kawasan Kota Tua. Banyak kalangan yang berpendapat bahwa museum ini juga menyimpan sejarah Kota Tua Jakarta di masa awal pembangunannya. Ya, hal ini dikarenakan Museum Fatahillah adalah salah satu saksi bisu dari perjalanan perjuangan bangsa Indonesia merebut kemerdekaan.

Museum ini didirikan pada zaman VOC dan menjadi tempat serba guna. Pada awalnya, museum digunakan sebagai balai desa, pengadilan hingga penjara bawah tanah. Saat ini. Museum Fatahillah murni dijadikan sebagai objek wisata. Masih banyak benda peninggalan sejarah yang tersimpan rapi di rak museum dan bisa dinikmati pengunjung.

Stasiun Kereta Api Kota


Stasiun Kereta Api Kota

Ide wisata Kota Tua Jakarta lainnya yang bisa dikunjungi untuk menu liburan bersama keluarga adalah stasiun kereta api kota. Ya, objek wisata ini memang sebuah stasiun kereta api. Namun, ada banyak hal yang menarik yang akan kamu temui ketika berkunjung ke destinasi wisata kuno ini.

Menurut cerita yang berkembang, stasiun ini dibangun pada tahun 1929 sebelum kemerdekaan Indonesia. Setelah itu, stasiun diresmikan oleh jenderal dari Belanda dan menjadi tulang punggung transportasi waktu itu. Namun, kini stasiun menjadi cagar budaya yang dilindungi oleh pemerintah setempat sebagai warisan sejarah.

Pelabuhan Sunda Kelapa


Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa juga menjadi salah satu ide wisata Kota Tua Jakarta yang cukup sering dikunjungi. Destinasi wisata ini menjadi salah satu tempat yang paling penting di masa lalu, terutama untuk transportasi di pulau Jawa. Pelabuhan yang terletak di utara pulau Jawa ini menjadi tempat singgah kapal berbagai negara yang berkunjung ke Jakarta.

Pelabuhan Sunda Kelapa menjadi pelabuhan yang paling ramai sekitar abad ke-5. Banyak kapal dari berbagai negara singgah di kawasan ini untuk berdagang. Saat ini, pelabuhan ini masih dioperasikan. Meskipun tidak seramai dulu, namun banyak wisatawan yang datang ke lokasi ini untuk merasakan nostalgia pelabuhan tua.

Museum Wayang


Museum Wayang

Spot wisata lain yang berada di sekitar Kota Tua dan menarik untuk dikunjungi adalah Museum Wayang. Ini adalah salah satu destinasi wisata Kota Tua Jakarta yang paling tua. Ya, museum ini dibuat sekitar tahun 1640 oleh pihak Belanda. Museum ini memiliki koleksi wayang yang sangat lengkap dari berbagai negara selain Indonesia.

Alamat Kota Tua Jakarta dan Museum Wayang yang tidak jauh dari pusat kota membuat lokasi ini sangat mudah untuk dijangkau. Nah, hingga saat ini, setiap bulan tepatnya pada minggu ke-2 dan ke-3 diadakan pertunjukan wayang di museum ini.

Nah, demikian beberapa destinasi wisata Kota Tua Jakarta yang sangat menarik untuk dikunjungi. Terkait tiket masuk Kota Tua Jakarta, besaran harga tiket memang beragam. Namun, pada umumnya, tiket wisata dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

No comments:

Powered by Blogger.