Breaking

Penampilan Makin Suram Karena Wajah Kusam? Tenang! Berikut Penyebab dan Cara Perawatan Agar Cerah Kembali

Kulit kusam merupakan permasalahan yang secara umum terjadi pada wanita. Walaupun begitu tidak menutup kemungkinan masalah kulit seperti ini juga terjadi pada pria. Bagian yang paling sering mengalami kulit kusam adalah wajah. Wajah yang kusam menimbulkan adanya penurunan tingkat percaya diri pada wanita terutama ketika berkumpul dengan teman-temannya.

Penampilan Makin Suram Karena Wajah Kusam? Tenang! Berikut Penyebab dan Cara Perawatan Agar Cerah Kembali

Selain itu wajah yang kusam juga akan memberi kesan yang kurang menarik kepada yang memandang. Wanita yang memiliki masalah seperti ini terlihat kurang sehat dan lebih murung. Aura kecantikan pun seperti tidak terpancar. Kulit kusam dapat disebabkan oleh beberapa faktor baik dari dalam tubuh kita maupun faktor dari luar tubuh kita. Diantara faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut.

1. Sudahkah kamu mengonsumsi cukup air putih?


Sudahkah Kamu Mengonsumsi Cukup Air Putih

Seperti yang kita ketahui 90% dari tubuh kita terdiri dari air. Karena itu mengkonsumsi air putih merupakan salah satu syarat utama untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk untuk menghindari kulit kusam.

Ketika kekurangan cairan, maka peredaran darah pun menjadi kurang lancar sehingga peredaran nutrisi juga tidak bisa maksimal. Kekurangan nutrisi inilah yang nya menyebabkan terjadinya anemia. Yang mana anemia ditandai dengan kulit wajah yang tampak pucat dan kusam.

2. Tau kah kamu, kulit juga butuh vitamin lho!


Tau kah Kamu, Kulit Juga Butuh Vitamin Lho!

Tidak hanya badan kita, kulit juga membutuhkan vitamin. Kulit kita membutuhkan vitamin A, B, C, D, dan E. Masing-masing vitamin tersebut memiliki manfaat yang berbeda-beda untuk kulit.

Misalnya kekurangan vitamin D akan menyebabkan berkurangnya produksi vitamin D3 pada lapisan epidermis kulit. Hal tersebut selanjutnya akan menyebabkan kulit tidak mampu melakukan proses regenarasi kulit secara sempurna.

3. Jangan-jangan kamu kurang makan sayur


Jangan-Jangan Kamu Kurang Makan Sayur

Sayur dan buah merupakan salah satu sumber penghasil vitamin. Di antara sayur dan buah tersebut adalah kacang hijau, alpukat, brokoli, apel, tomat, dan masih banyak lagi.

Setiap sayur dan buah memiliki manfaat sendiri-sendiri untuk kulit, tergantung pada vitamin yang terkandung dalam buah dan sayur tersebut. Dengan begitu, tingkat konsumsi sayur dan buah yang kurang akan berpengaruh pada kurangnya vitamin sehingga dapat menimbulkan terjadinya kulit kusam.

4. Atau kamu sering melakukan kegiatan di luar?


Atau Kamu Sering Melakukan Kegiatan di Luar

Polusi dan radikal bebas merupakan faktor terjadinya kulit kusam yang berasal dari luar tubuh. Tidak hanya mengandung bakteri dan virus-virus tertentu, polusi juga mengandung berbagai macam kotoran, debu, dan asap kendaraan yang mungkin menempel pada kulit utamanya pada wajah ketika kita beraktivitas di luar ruangan.

Kotoran inilah yang pada akhirnya akan menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan penyerapan nutrisi yang tidak maksimal. Maka jika dipandang wajah akan tampak lebih kotor dan kusam. Hal ini tentunya perlu penanganan sejak awal sebelum timbul hal-hal yang tidak diinginkan seperti jerawat.

5. Kamu penyuka junk food? lemaknya tidak baik lho!


Kamu Penyuka Junk Food? Lemaknya Tidak Baik lho

Makanan yang mengandung tinggi lemak  dan makanan berminyak bisa menjadi penyebab terjadinya kulit kusam. Hal itu karena kelebihan minyak dan lemak akan tertimbun di dalam tubuh kita. Hal itu akan menyebabkan produksi minyak berlebih pada kulit. Minyak inilah yang akhirnya menyebabkan kulit menjadi kusam.

6. Yakin kosmetik yang kamu gunakan sudah cocok dengan kulitmu?


Yakin kosmetik Yang Kamu Gunakan Sudah Cocok dengan Kulitmu

Saat ini ada banyak sekali kosmetik yang dijual di pasaran. Setiap kosmetik akan menampilkan kelebihan-kelebihannya yang mana pasti hal itu akan menggoda sebagian besar kaum hawa untuk menggunakannya. Namun perlu diketahui tidak semuanya cocok untuk diaplikasikan ke kulit kita.

Seringkali hal tersebut disebabkan oleh ketidakmampuan kulit untuk menerima zat kimia yang terkandung pada kosmetik tersebut. Karena itu salah memilih justru akan memungkinkan terjadinya kulit kusam.

7. Berapa kali kamu mencuci muka dalam sehari?


Berapa Kali Kamu Mencuci Muka dalam Sehari

Mencuci muka dipercaya mampu membersihkan debu dan orang yang menempel di kulit. Sehingga banyak orang yang percaya bahwa mencuci muka setelah beraktivitas di luar rumah akan menghindarkan kita dari kulit kusam. Namun demikian, kesalahan dalam mencuci muka justru akan menimbulkan terjadinya kulit kusam.

Misalnya adalah ketika mencuci muka terlalu sering. Terlalu sering mencuci muka dengan produk yang mengandung sabun akan menyebabkan kulit menjadi kering. Kulit kering inilah yang akhirnya akan menstimulasi produksi minyak berlebih yang mana hal itu justru akan menyebabkan kulit menjadi kusam.

8. Ketika cuaca berubah, tidak hanya mood, kelembaban kulit juga ikut berubah!


Ketika Cuaca Berubah, Tidak hanya Mood, Kelembaban Kulit Juga Ikut Berubah

Kalian pasti bertanya-tanya Bagaimana mungkin perubahan cuaca bisa menyebabkan wajah menjadi kusam. Jawabannya sangat sederhana. Ketika cuaca panas maka secara otomatis tubuh akan berkeringat. Keringat merupakan produksi minyak berlebih yang dihasilkan oleh tubuh. Keringat inilah yang akhirnya akan memudahkan debu, polusi, dan kotoran menempel pada kulit dan menyebabkan kulit menjadi tampak kusam.

Ketika cuaca panas, maka intensitas sinar ultraviolet yang ditimbulkan juga akan meningkat. Seperti yang kita ketahui, sinar ultraviolet memiliki efek yang buruk untuk kulit yaitu mampu merusak jaringan kulit bahkan hingga menimbulkan terjadinya kanker kulit.

9. Merokok tidak hanya buruk untuk tubuh tetapi juga untuk kulit


Merokok Tidak Hanya Buruk Untuk Tubuh Tetapi Juga Untuk Kulit

Sudah Tidak diragukan lagi, rokok mengandung jutaan zat-zat berbahaya untuk tubuh. Diantara zat-zat berbahaya tersebut, terdapat karsinogen yang mampu merusak kolagen pada kulit. Kolagen bermanfaat untuk membuat kulit menjadi kenyal, sehat, nampak bersih, dan tidak kusam.

Selain itu karsinogen juga menyerang integritas dan struktur kulit sehingga membuat kulit menjadi kelihatan pucat. Lebih jauh lagi zat berbahaya pada rokok dapat menimbulkan terjadinya penuaan dini dan timbulnya kerutan dan munculnya garis-garis halus pada wajah.

Dengan mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kulit kusam, maka kita bisa mengambil beberapa kesimpulan mengenai 3 cara mudah agar terhindar dari kulit kusam diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Hentikan kebiasaan buruk dan memperbaiki pola hidup sehat


Hentikan Kebiasaan Buruk Dan Memperbaiki Pola Hidup Sehat

Dimaksud dengan kebiasaan buruk disini tidak lain adalah merokok. Jika anda seorang perokok maka secepat mungkin hentikan kebiasaan merokok tersebut. Ganti kebiasaan buruk itu dengan kebiasaan yang lebih sehat seperti olahraga dan menjaga pola makan. Tidak lupa minum air putih yang cukup sehingga pada tubuh akan terus tercukupi.

Olah raga tidak hanya baik untuk tubuh, tapi juga untuk kulit. Ketika berolahraga, tubuh akan menghasilkan keringat yang mana ketika keringat keluar, maka kotoran yang menempel pada pori-pori kulit juga bisa ikut keluar. Dengan begitu, pori-pori kulit akan menjadi lebih bersih.

Kebiasaan baik yang lain adalah tidur yang cukup. Ketika kalian beristirahat, kulit juga ikut beristirahat. Pada waktu inilah, kulit akan melakukan relaksasi sekaligus regenerasi. Sebaliknya, tidur yang kurang dipercaya dapat menyebabkan kulit menjadi kusam. Dengan begitu, tidur yang cukup akan  menghindarkan kita dari kulit wajah yang kusam.

2. Perbanyak makan sayur dan buah yang mengandung vitamin vitamin yang diperlukan untuk kulit


Perbanyak Makan Sayur Dan Buah Yang Mengandung Vitamin Vitamin Yang Diperlukan Untuk Kulit

Seperti yang sudah kita katakan bahwa kulit kita juga memerlukan vitamin. Tidak hanya vitamin E kulit juga memerlukan vitamin lainnya seperti vitamin A, B, C dan D.

Vitamin A bermanfaat untuk menyamarkan garis garis-garis halus pada wajah, serta menghaluskan dan mencerahkan kulit. Vitamin A dapat ditemukan di sayuran wortel sayur-sayuran hijau, pepaya dan mangga.

Vitamin B khususnya vitamin B3 bermanfaat untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Secara tidak langsung hal tersebut akan mengurangi timbulnya permasalahan pada kulit khususnya pada wajah. Sehingga wajah akan tampak bersih dari jerawat dan tidak kusam. Vitamin B3 bisa ditemukan pada ikan, susu, dan kacang-kacangan.

Vitamin C memiliki manfaat yang luar biasa bagi kulit. Vitamin C mampu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet dan radikal bebas. Dengan demikian maka apabila kulit tercukupi kebutuhan vitamin sehingga kulit akan terhindar dari serangan sinar ultraviolet dan akan tampak lebih cerah dan sehat. Vitamin C sering kita jumpai pada buah-buahan seperti jeruk, nanas, pisang, dan apel.

Vitamin D3 yang mana merupakan turunan dari vitamin D bermanfaat pada proses regenerasi kulit. Ketika proses regenerasi terjadi secara sempurna, maka kulit akan tampak menjadi lebih bersih, cantik, halus, dan bercahaya. Vitamin D bisa ditemukan secara gratis yaitu dari sinar matahari di pagi hari.

Vitamin E merupakan vitamin yang kaya akan antioksidan yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Kulit yang sehat bisa dipastikan akan terlihat lebih segar, cerah dan tidak kusam. Secara umum vitamin E dapat ditemukan pada biji-bijian dan kacang-kacangan. Selain itu sayuran hijau seperti daun pepaya, bayam, dan sawi juga mengandung vitamin E.

3. Gunakan produk skincare yang tepat pada waktu yang tepat


Gunakan Produk Skincare Yang Tepat Pada Waktu Yang Tepat

Dalam hal ini skincare bisa berupa sunscreen atau tabir surya, moisturizing atau pelembab, facial foam atau sabun pencuci muka. Selain 3 produk di atas, ada lagi produk lain yaitu serum wajah, masker, bahkan vitamin wajah.

Kalian harus bisa memilih yang sesuai untuk wajah kalian. Jika kosmetik tidak sesuai atau menimbulkan alergi, segera hentikan penggunaannya agar tidak menimbulkan efek buruk yang berkepanjangan.

Mencuci wajah juga tidak boleh terlalu sering. Maksimal yang disarankan adalah 3 kali sehari. Kalian bisa menggunakan facial foam sebagai sabun khusus mencuci muka. Sayangnya tidak semua orang cocok untuk menggunakan facial foam.

Tidak jarang facial foam juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat dan wajah kering. Karena itu juga, facial foam dirasa tidak cocok atau menimbulkan iritasi, kalian bisa mencuci muka dengan sabun biasa atau bahkan hanya dengan air biasa. Yang terpenting adalah cuci muka hingga bersih. Pastikan tidak ada sisa debu dan kotoran yang masih menempel di wajah.

Nah, itu tadi penyebab sekaligus cara mengatasi kulit kusam. Semoga bermanfaat ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

No comments:

Powered by Blogger.