Terpaksa Kerja Shift Malam, Jangan Lupakan 5 Tips Ini, Ladies!

Sebagai wanita karir, berbagai tuntutan harus kamu lewati, Ladies. Salah satu diantaranya kamu terpaksa bekerja shift malam. Kamu harus begadang serta pulang tengah malam demi tuntutan pekerjaan.

Terpaksa Kerja Shift Malam, Jangan Lupakan 5 Tips Ini, Ladies!

Tentu saja ini bukan tugas yang mudah bagi seorang perempuan, apalagi untuk urusan keamanan. Kamu rawan sekali menjadi korban kejahatan. Oleh karena itu, kamu perlu menyiapkan 5 hal ini jika terpaksa bekerja shift malam.

1. Pastikan kamu tidur cukup sebelum bergelut dengan shift malam


Pastikan kamu tidur cukup sebelum bergelut dengan shift malam

Sebelum pergi kerja pada shift malam, pastikan kamu telah beristirahat dengan cukup. Akan lebih baik, kamu bisa melebihkan waktu istirahatmu untuk menghadapi jam kerja malam. Semisal kamu yang biasanya tidur 6 jam, bisa kamu tambah menjadi 7 jam.

Bekerja pada malam hari akan terasa lebih melelahkan karena melawan jam biologismu untuk tidur. Dengan melebihkan jam istirahat, diharapkan kamu memiliki cadangan energi untuk bekerja pada malam hari.

Kamu harus pandai mengatur jam tidur karena shift malam akan membuatmu bekerja ekstra. Selain menahan kantuk, kamu harus mengerjakan beban kerja yang diberikan padamu.

2. Gunakan jam istirahat untuk sekedar memejamkan mata sejenak


Gunakan jam istirahat untuk sekedar memejamkan mata sejenak

Saat jam istirahat kerja, kamu bisa menggunakannya untuk memejamkan mata sejenak. Kamu bisa gunakan waktu istirahat untuk tidur sejenak sekedar melepas kantuk yang sudah kamu tahan. Seandainya kamu tidak bisa tidur, kamu cari tempat untuk sekedar berbaring untuk merilekskan tubuh.

Kamu bisa pejamkan mata perlahan untuk merilekskan badan. Atur napas untuk membuat dirimu nyaman serta benar-benar rileks. Jangan terlalu banyak memikirkan hal-hal di luar pekerjaan untuk menjaga fokusmu.

3. Bawalah makanan atau minuman khusus yang mampu mengusir kantuk


Bawalah makanan atau minuman khusus yang mampu mengusir kantuk

Kamu dituntut untuk fokus terhadap pekerjaan walaupun kamu sebenarnya sedang mengantuk. Kamu bisa mengusir kantukmu dengan menyiapkan beberapa camilan serta minuman. Jika kamu penikmat kopi, bisa menggunakan kopi sebagai pengusir kantuk.

Kalau mata benar-benar tak bisa terbuka lagi, alihkan perhatian dengan memakan beberapa makanan ringan. Kamu bisa juga mengunyah permen karet untuk mengalihkan perhatian dari rasa kantuk.

4. Saat pulang, ambilah jalan yang tidak terlalu sepi demi keselamatanmu


Saat pulang, ambilah jalan yang tidak terlalu sepi demi keselamatanmu

Pulang malam sendirian membuat kamu harus sangat berhati-hati. Apalagi sebagai wanita, kamu rawan sekali menjadi korban kejahatan. Demi mencegah hal yang tidak diinginkan, kamu bisa memilih jalan yang tidak terlalu sepi.

Kamu juga bisa menggunakan jasa transportasi terpercaya untuk mengantarmu pulang. Akan lebih baik, jika kamu memiliki basic bela diri. Seandainya kamu yang tidak memiliki kemampuan bela diri, kamu bisa menyiapkan barang yang bisa melindungi dirimu, misalnya air yang diacampurkan bubuk cabe serta dimasukkan ke dalam botol spray.

Selalu letakkan di tempat yang mudah dijangkau agar kamu bisa dengan gampang mengambilnya ketika membutuhkan. Semprotkan ke arah mata si pengganggu. Kamu juga bisa menggunakan alat lain untuk melindungi diri saat bekerja shift malam, asal barang tersebut tak disalahgunakan.

5. Selesai bekerja, bersegeralah pulang, bersihkan diri dan istirahat


Selesai bekerja, bersegeralah pulang, bersihkan diri dan istirahat

Selepas kerja, jangan pergi kemana-mana! Langsung menuju rumah untuk memaksimalkan waktu istirahatmu. Sesampainya di rumah, jangan lupa bersihkan diri. Jangan tidur sebelum membersihkan diri. Kamu harus melakukan ini demi menjaga kebersihan tubuh serta tempat tidurmu.

Kalau kamu lapar, makanlah sebelum mandi. Agar saat kamu sudah selesai mandi, tubuhmu benar-benar bersih. Kamu bisa melakukan perawatan dengan skincare rutin untuk mengurangi efek mata panda setelah bekerja semalaman.

Setelah itu, segeralah untuk beristirahat guna menyiapkan energi baru. Jangan menunda-nunda istirahat. Ini demi kesehatanmu serta kesiapanmu menghadapi hari kerja berikutnya.

Ladies, ingat kamu harus tetap semangat walaupun kamu harus bekerja disaat orang lain tengah terlelap. Tetap terjaga serta jangan lupa lakukan 5 tips diatas!

No comments:

Powered by Blogger.