Breaking

Sedang Belajar DIY, 5 Peralatan Ini Wajib Kamu Miliki untuk Menunjang Hobimu, Girls!

Do It Yourself atau biasa disingkat DIY telah menjadi hobi beberapa orang. DIY sendiri bisa diartikan sebagai sebuah kegiatan membuat atau mengkreasikan barang secara mandiri tanpa bantuan professional. DIY bisa dimanfaatkan dalam berbagai bidang, mulai dari membuat dekorasi kamar, membuat ramuan perawatan badan dengan bahan alami, dan masih banyak lagi.

Sedang Belajar DIY, 5 Peralatan Ini Wajib Kamu Miliki untuk Menunjang Hobimu, Girls!

DIY memberikan banyak manfaat bagi para penggemarnya. Melalui DIY, penggiatnya bisa membuat barang sendiri, mengasah kreatifitas, hingga mendapatkan uang. Jika saat ini kamu tengah belajar Do It Yourself, peralatan ini wajib kamu miliki untuk menunjang hobimu.

1. Peralatan memotong seperti gunting dan cutter wajib kamu miliki!


Peralatan memotong seperti gunting dan cutter wajib kamu miliki!

Paling tidak, kamu harus memiliki dua alat pemotong ini. Cutter dan gunting sangat berguna dalam proses potong memotong selama DIY. Gunakan gunting serbaguna yang bisa digunakan sebagai pemotong kain, plastik, hingga kertas.

Pilihlah gunting sesuai dengan ukuran tangan agar nyaman saat dipakai. Cutter bisa kamu gunakan untuk memotong atau mengukir detail kecil yang tidak bisa dilakukan dengan gunting. Jadi, pilihlah cutter yang tidak terlalu besar asal bisa digunakan untuk memotong barang berukuran kecil.

2. Lem dan selotip, alat perekat yang tidak boleh dilupakan


Lem dan selotip, alat perekat yang tidak boleh dilupakan

Pilihlah lem serbaguna yang bisa merekatkan kertas, plastik, kayu, kain, dan berbagi jenis bahan lainnya. Kamu bisa menggunakan lem tembak untuk bahan-bahan yang agak tebal atau bahan yang tidak meleleh ketika terkena lem tembak.

Khusus untuk mengelem kertas, kamu harus gunakan lem kertas agar tidak merusak hasil karya DIY. Kamu juga wajib memiliki paling tidak dua jenis selotip yakni selotip bening dan double tape. Dua benda ini akan sangat berguna untuk merekatkan benda yang tidak bisa direkatkan dengan menggunakan lem.

3. Cat dan aneka pewarna, tentu harus tersedia!


Cat dan aneka pewarna, tentu harus tersedia!

Mempercantik hasil DIY dapat dilakukan dengan penambahan warna. Kamu bisa memilih jenis pewarna atau cat sesuai dengan bahan DIY yang kamu buat. Selama belajar, kamu bisa membeli jenis cat dengan 12 warna dasar terlebih dahulu.

Kuasailah tekhnik mencampur warna untuk menghemat biaya dalam pembelian cat. Kamu juga bisa menggunakan panduan untuk mencampur warna. Hanya perlu 12 warna dan kamu pun bisa mempercantik karya DIY milikmu!

4. Bahan DIY sesuai dengan keperluanmu tentunya harus kamu punya


Bahan DIY sesuai dengan keperluanmu tentunya harus kamu punya

Sebelum membuat karya DIY, kamu harus memiliki bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat DIY. Kamu juga bisa mengkreasikan bahan-bahan yang ada untuk dibuat DIY. Tidak perlu menyetok barang-barang terlalu banyak, beli seperlunya saja. Kalaupun ada sisa, kamu bisa gunakan di kesempatan lain.

Belilah bahan yang berharga murah. Kemudian kamu bisa mempadu-padankan bahan yang berharga murah tersebut menjadi bahan yang lebih bernilai. Biarkan tanganmu berkreasi dengan bebas. Jika ada suatu barang yang berharga mahal dan harus dibeli, bisa juga mengenakan bahan lain untuk menggantikannya.

5. Kumpulkan barang bekas yang bisa dikreasikan menjadi barang DIY


Kumpulkan barang bekas yang bisa dikreasikan menjadi barang DIY

Membuat DIY tak melulu harus menggunakan barang baru, kamu bisa gunakan barang bekas yang ada di rumah untuk dimanfaatkan menjadi barang DIY. Pilihlah barang bekas yang bisa didaur ulang kembali, jangan asal membuang barang yang sudah tak terpakai. Kamu juga bisa memperbarui barang lama dengan cara menambahkan sentuhan baru pada barang tersebut.

Tunggu apa lagi, lihatlah sekelilingmu sekarang! Coba lihat barang apa yang bisa kamu manfaatkan atau barangkali ada sesuatu yang perlu dipercantik. Do It Yourself tak harus selalu mahal. Seni DIY adalah membuat barang-barang murah menjadi barang yang lebih berkelas. Selamat berjuang membuat kreasi DIY, Ladies!

No comments:

Powered by Blogger.