Breaking

Pendidikan Tinggi Tak Menjamin Sukses, Tekad dan Optimisme Adalah Kunci

Mendapatkan kesuksesan di masa depan tentu menjadi keinginan dari setiap manusia. Kesuksesan yang diraih akan memberikan angin segar untuk kehidupan masa depan yang lebih baik. Namun, terkadang, seseorang minder dan merasa kesuksesan masa depan jauh dari dirinya karena beragam faktor, salah satunya adalah faktor pendidikan.

Ya, mereka yang memiliki keterbatasan dalam pendidikan seringkali merasa kecil saat melihat rekan mereka lulus dari perguruan tinggi dan mendapatkan banyak gelar. Namun, dalam pandangan berbeda, Anda harus memahami bahwa pendidikan tinggi tak menjamin sukses di masa depan.

Pendidikan Tinggi Tak Menjamin Sukses, Tekad dan Optimisme Adalah Kunci
Image source : www.hipwee.com

Dalam banyak kasus seringkali dijumpai banyak sarjana yang menganggur dan banyak pula lulusan di bawahnya yang memiliki kehidupan yang lebih baik. Salah satu contoh yang banyak menjadi inspirasi terkait kesuksesan yang tak bergantung faktor pendidikan adalah Bob Sadino.

Pendidikan tak hanya formal


Secara umum, pendidikan memang merupakan faktor penting dalam kehidupan. Hal ini dikarenakan pendidikan mampu mengubah pola pikir seseorang dan menambah wawasan mereka. Anda tentu sudah sering menemukan bagaimana orang-orang di perguruan tinggi menemukan konsep atas sesuatu yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan.

Namun, perlu dipahami bahwa pendidikan di dunia ini tidak hanya pendidikan formal. Anda yang tidak cukup beruntung untuk mendapatkan pendidikan yang tinggi bisa mencari pendidikan lain di luar sekolah.

Dewasa ini sudah banyak lembaga kursus yang bisa menjadi alternatif untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuan. Dengan mengikuti kursus, meskipun Anda tidak menempuh pendidikan formal dengan jenjang yang tinggi, kesuksesan masa depan tetap bisa Anda raih.

Memiliki tekad kuat


Istilah pendidikan tinggi tak menjamin sukses muncul karena pendidikan memang bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi kesuksesan. Mereka yang memiliki pendidikan tinggi namun tidak memiliki tekad yang kuat, tentu tidak akan bisa meraih kesuksesan sebagaimana yang mereka inginkan.

Oleh karena itu, ketika Anda menyadari bahwa pendidikan yang Anda miliki tidak tinggi, menguatkan tekad adalah hal paling realistis yang bisa dilakukan. Tekad yang kuat bisa menjadi jaminan kesuksesan karena Anda tidak mudah menyerah dalam berusaha mendapatkan kesuksesan meskipun harus jatuh bangun.

Membangun rasa optimis


Hal lain yang penting untuk diperhatikan dalam usaha mencari kesuksesan adalah membangun rasa optimis. Ya, pendidikan tinggi tak menjamin sukses jika seseorang tersebut tidak memiliki rasa optimis yang tinggi. Terkadang, mereka yang memiliki pendidikan tinggi seringkali merasa minder karena beban gelar.

Inilah mungkin salah satu keuntungan yang Anda miliki di balik pendidikan yang biasa-biasa saja. Nah, oleh karena itu, saat Anda menyadari bahwa pendidikan yang Anda miliki tidak cukup tinggi, berusahalah untuk membangun rasa optimis.

Rasa optimis bisa muncul dengan keyakinan dan usaha yang kuat. Anda yang memiliki sifat optimis secara tidak langsung memiliki kemampuan yang lebih untuk bertahan pada segala kondisi dan memanfaatkan peluang dengan sebaik-baiknya.

Nah, beberapa poin di atas dapat menjadi perenungan bagi Anda yang merasa minder menatap masa depan karena masalah pendidikan. Dengan fakta bahwa pendidikan tinggi tak menjamin sukses, maka masih ada banyak jalan yang bisa Anda tempuh untuk mendapatkan kesuksesan yang Anda inginkan.

Memang, konsep pendidikan untuk kesuksesan adalah penting karena pendidikan mampu mengubah pola pikir Anda. Namun, apa yang dibuktikan oleh Bob Sadino menggugurkan konsep tersebut dan menguatkan bahwa pendidikan tinggi tak menjamin sukses tanpa tekad dan kemauan yang kuat. Semoga bermanfaat.

No comments:

Powered by Blogger.