Subscribe to Our Newsletter ! Free and No SPAM !

Bosan Liburan ke Parangtritis? 21 Pantai di Gunung Kidul Ini Dijamin Bikin Kamu Makin Cinta Sama Yogyakarta

logoblog

Ketika mencari rekomendasi tempat liburan ke Yogyakarta, kamu mungkin bakal mendapatkan hasil seperti Malioboro, Keraton Yogyakarta, dan Parangtritis. Dipikir-pikir, agak membosankan juga, ya, terutama kalau kamu sudah lumayan sering mengunjungi kawasan tersebut.

Bosan Liburan ke Parangtritis? 21 Pantai di Gunung Kidul Ini Dijamin Bikin Kamu Makin Jatuh Hati Sama Yogyakarta!

Syukurnya, Yogyakarta belum kehabisan objek wisata menarik. Kamu yang pengin jalan-jalan ke pantai kayaknya harus cek Pantai Gunung Kidul, deh. Mengapa? Soalnya, salah satu kabupaten yang berlokasi di selatan Yogyakarta tersebut bukan cuma menjadi rumah dari satu atau dua pantai, melainkan 21 pantai cantik yang mungkin tak akan kamu jumpai di tempat lain!

Bikin penasaran, bukan? Kira-kira, seelok apa pantai-pantai yang tersebar di sekitar Gunung Kidul?

Ngopi dan kongko cantik di Pantai Indrayanti


Ngopi dan Kongko Cantik di Pantai Indrayanti

Dulu, pantai ini bernama Pantai Pulang Sawal atau disingkat jadi Pantai Pulsa. Kemudian, namanya diganti jadi Pantai Indrayanti, dicatut dari nama pemilik kafe yang berdiri di wilayah tersebut. Makanya kamu bakal gampang menemukan tempat-tempat kongko seperti kedai kopi, kafe, hingga restoran buat bersantai. Walau sudah ramai, pantai tersebut masuh asri dan menjadi habitat bebatuan karang ukuran besar. Ada pula gazebo-gazebo yang disediakan buat leha-leha sembari menikmati udara sejuk.

Pantai Siung, lokasi favorit pemanjat tebing


Pantai Siung, Lokasi Favorit Pemanjat Tebing

Pantai yang berlokasi sekitar 70 kilometer dari pusat kota Yogyakarta ini dinamakan dari sebuah batu karang raksasa, Siung Wanara, yang bentuknya menyerupai gigi kera. Jika kamu belum tahu, siung dalam bahasa Jawa berarti gigi taring. Keberadaan tebing-tebing fantastis nan menantang di Pantai Siung pula yang berhasil mengundang pada pemanjat tebing dari berbagai tempat. Tertarik menjajal Siung Wanara? Kamu bisa memilih satu dari 250 jalur panjat tebing yang tersedia. Banyak juga, ya?

Surfing dengan ombak asyik di Pantai Krakal


Surfing dengan Ombak Asyik di Pantai Krakal

Ingin berselancar sambil menikmati pemandangan Instagramable di Pantai Gunung Kidul? Berarti kamu wajib berkunjung ke Pantai Krakal. Berlokasi di Kecamatan Tanjungsari, destinasi wisata ini mempunyai bentangan pasir putih cantik dan ombak friendly yang cocok buat surfer pemula maupun profesional.

Kamu yang tidak bisa surfing juga bisa berenang di antara bebatuan karang sembari menyapa ikan-ikan kecil. Beberapa hotel dan restoran tersedia untuk wisatawan yang pengin beristirahat serta makan.

Nikmati snorkeling terbaik di Pantai Nglambor


Nikmati Snorkeling Terbaik di Pantai Nglambor

Omong-omong soal snorkeling, kamu tidak perlu terbang jauh ke Bunaken atau Raja Ampat. Soalnya, Yogyakarta punya Pantai Nglambor yang menyuguhkan dunia bawah laut yang bakal bikin siapa saja terkesan.

Para wisatawan dapat menjumpai biota laut di antara bebatuan karang selama snorkeling atau sekadar jalan-jalan di sekitar pantai. Kamu yang kurang jago menyelam sebenarnya bisa melihat ikan-ikan langsung dari permukaan, lho, karena air di pantai ini masih jernih banget.

Pantai Wedi Ombo, hidden paradise buat menyendiri


Pantai Wedi Ombo, Hidden Paradise Buat Menyendiri

Dikenal juga sebagai Pantai Wediombo, pantai yang berlokasi di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo ini adalah salah satu hidden paradise di Yogyakarta. Betapa tidak? Kamu harus menuruni anak tangga dahulu untuk mengakses Pantai Wedi Ombo. Begitu sampai di sana, wisatawan akan disambut pantai pasir putih hingga bentangan laut berair biru jernih. Berbeda dari pantai-pantai sebelumnya, Wediombo nyaris belum terjamah. Jadi bakal membuat siapa saja betah menyendiri lama-lama.

Rukun dan harmonisnya 4 agama di Pantai Ngobaran


Rukun dan Harmonisnya 4 Agama di Pantai Ngobaran

Nah, Pantai Gunung Kidul yang satu ini bakal bikin adem. Bukan hanya karena lingkungannya yang masih bersih, tetapi juga kehidupan masyarakatnya yang sangat harmonis. Pantai Ngobaran memiliki 4 tempat ibadah dari 4 kepercayaan berbeda yang dibangun berdekatan.

Uniknya, warga di sekitar pantai tidak saling mengusik, malah membantu sama lain, lho. Pemandangan menarik lainnya yang akan kamu temukan di sini adalah kegiatan panen rumput laut yang dilakukan di pagi hari.

Berjemur di hamparan pasir putih Pantai Sadranan


Berjemur di Hamparan Pasir Putih Pantai Sadranan

Hidden paradise selain Wediombo yang layak kamu kunjungi saat liburan di Yogyakarta adalah Pantai Sadranan. Dengan waktu tempuh 2 jam dari pusat kota, pantai tersebut menawarkan hamparan pasir putih yang bakal asyik banget buat dijadikan tempat berjemur.

Air lautnya juga jernih dan biru, jadi para wisatawan yang berkunjung ke surga tersembunyi ini tidak perlu menyelam demi menyaksikan ikan-ikan atau biota laut lainnya. Bagaimana? Berminat piknik di Sadranan?

Menyusuri garis pantai di Pantai Sepanjang


Menyusuri Garis Pantai di Pantai Sepanjang

Sedang jalan-jalan di sekitar Desa Kemadang dan butuh udara segar? Tak jauh dari desa ini, ada Pantai Sepanjang yang bisa kamu kunjungi. Mengikuti namanya, salah satu pantai yang dapat diakses dari Kecamatan Tanjungsari ini mempunyai garis pantai terpanjang di antara pantai-pantai sekitarnya.

Nah, kamu yang lagi galau atau pengin melepaskan penat bisa langsung pergi ke sini sambil menapaki garis pantai sambil sesekali bersantai di gubuk sederhana. Bagus juga buat inspirasi menulis puisi, nih!

Mengamati sungai tawar bawah tanah Pantai Baron


Mengamati Sungai Tawar Bawah Tanah Pantai Baron

Kecamatan Tanjungsari sepertinya menyimpan pantai-pantai dengan karakter unik. Setelah Sepanjang dan Krakal, sekarang ada Pantai Baron yang siap membuat wisatawan berdecak kagum. Di pantai ini, kamu bakal menemukan sungai air tawar bawah tanah yang alirannya berakhir di laut. Tidak sampai di situ, salah satu Pantai Gunung Kidul ini merupakan lokasi upacara satu suro, salah satu kegiatan sakral yang selalu mengundang atensi warga lokal hingga turis mancanegara.

Pantai Ngandong, spot bagus buat feed Instagram-mu


Pantai Ngandong, Spot Bagus Buat Feed Instagram-mu

Sulit dipungkiri kalau berfoto di pantai buat mengisi feed Instagram jadi agenda yang tidak boleh dilewatkan. Apa kamu salah satu orang yang punya ritual serupa? Untungnya, Gunung Kidul memiliki stok objek wisata Instagramable cantik, termasuk di antaranya Pantai Ngandong. Pantai yang bertempat di Desa Sidoarjo ini dikenal akan garis pantainya yang landai, pasir putih, hingga pemandangan sunset dengan gradasi warna bak lukisan-lukisan cat air.

Ada ‘air terjun’ mini di tebing-tebing Pantai Seruni!


Ada ‘Air Terjun’ Mini di Tebing-tebing Pantai Seruni!

Bosan melihat pasir putih atau laut? Kamu yang kebetulan sedang menyambangi Kecamatan Tepus bisa segera berbelok ke Pantai Seruni buat menyaksikan ‘air terjun’ mini di sana. Mengapa diberi tanda kutip? Soalnya, air terjun di pantai ini berasal dari jatuhan air yang mengalir di bebatuan tebing.

Meski bukan air terjun asli, pemandangan ini rupanya tetap sukses menarik wisatawan berfoto di sekitar pantai. Beberapa pipa paralon juga dipasang di sekitar bebatuan untuk mendapatkan air tawar bersih.

Menelisik kehidupan para nelayan Pantai Gesing


Menelisik Kehidupan Para Nelayan Pantai Gesing

Pantai dan laut memang identik banget sama nelayan. Kamu yang penasaran dan pengin menyaksikan kehidupan mereka dengan mata kepala sendiri bisa, dong, meluangkan waktu ke Pantai Gesing.

Ketika mengunjungi pantai yang bertempat di Kecamatan Panggang ini, para wisatawan bakal disuguhkan view deretan perahu berwarna biru milik nelayan di antara tebing-tebing hijau. Pecinta seafood juga dijamin bakal puas karena di sekitar pantai ada warung-warung yang menyajikan olahan laut segar. Yummy!

Menjelajahi pulau kecil nan indah Pantai Drini


Menjelajahi Pulau Kecil nan Indah Pantai Drini

Pantai Gunung Kidul yang satu ini mempunyai ciri khas berupa pulau kecil yang memisahkan pantai jadi bagian timur dan barat. Tanpa diragukan lagi, Pantai Drini serta-merta menjadi objek wisata favorit warga lokal maupun turis asing yang tengah menyambangi kawasan selatan Yogyakarta.

Lantas, apa saja yang bakal kamu jumpai di pulau tersebut? Ternyata, pulau mungil ini merupakan habitat santigi, semacam tumbuhan perdu yang biasa tumbuh di sekitar batu karang dan menjadi asal-usul nama pantai tersebut.

Pantai Kukup, pantai tanah lot versi Yogyakarta


Pantai Kukup, Pantai Tanah Lot Versi Yogyakarta

Duh, siapa, sih, yang tidak tahu Pantai Tanah Lot di Bali? Salah satu destinasi wisata terpopuler di Pulau Dewata tersebut rupanya punya ‘kembaran’ di Yogyakarta, yakni Pantai Kukup. Ketika berkunjung ke sini, wisatawan akan merasakan langsung kelembutan pasir putihnya yang menenangkan. Belum lagi batu karang besar yang posisinya menjorok ke lautan. Nah, kamu yang punya bujet terbatas dan tidak sempat ke Bali, rasanya tidak salah menjadikan pantai ini sebagai alternatif.

Memandangi laut lepas di gardu pandang Pantai Ngeden


Memandangi Laut Lepas di Gardu Pandang Pantai Ngeden

View terbaik pantai tak hanya bisa kamu dapatkan dari daratan rendahnya saja, kok. Pantai Ngeden yang berada di Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari memberikan sudut pandang berbeda yang bikin siapa saja semakin takjub dengan laut lepas selatan Yogyakarta. Bagaimana caranya? Di bagian barat pantai, ada jalan setapak yang bisa kamu susuri menuju bukit. Sesampainya di sana, para wisatawan akan mendapati gardu pandang yang mengarahkan view spektakuler dari Pantai Gunung Kidul tersebut.

Mandi dan terjun bebas sepuasnya di Pantai Jogan


Mandi dan Terjun Bebas Sepuasnya di Pantai Jogan

Kali ini, ada air terjun asli yang dapat dikunjungi wisatawan, terutama buat kamu yang suka petualangan sarat tantangan. Adalah Pantai Jogan yang menjadi spot favorit adrenaline junkie saat bertandang ke Gunung Kidul. Akses ke air terjun tersebut tak kalah mendebarkan. Kamu bisa menjangkaunya dengan memakai teknik canyoning atau langsung menuruni tebingnya yang licin. Makanya, tidak sembarangan orang bisa masuk ke air terjun. Kamu juga harus menggunakan perlengkapan khusus agar tetap aman.

Pantai Sadeng, muara dari sungai bengawan solo purba


Pantai Sadeng, Muara dari Sungai Bengawan Solo Purba

Bukan sekadar lagu, Bengawan Solo adalah nama sungai di Yogyakarta yang punya sejarah cukup panjang. Nah, Pantai Sadeng merupakan salah satu hasil dari proses geologi yang melibatkan Sungai Bengawan Solo di masa lampau. Yup, dulunya pantai tersebut adalah muara dari sungai legendaris tadi, tetapi hunjaman lempeng Australia yang terjadi ratusan juta tahun lalu mengangkat sedikit pulau Jawa dan secara tak langsung mengubah aliran sungai. Cukup tua juga usia pantai ini, ya?

Pantai Kesirat, spot buat rock fishing terbaik di Yogyakarta


Pantai Kesirat, Spot Buat Rock Fishing Terbaik di Yogyakarta

Kembali lagi membahas kegiatan-kegiatan ekstrem, Pantai Kesirat memiliki karakteristik berbeda dari pantai-pantai lain di Gunung Kidul. Alih-alih dihiasi pantai putih, pantai tersebut bakal menyambutmu dengan jajaran tebing eksotis nan megah yang cocok dijadikan lokasi rock fishing. Kegiatan-kegiatan lain yang dapat kamu lakukan di Kesirat mencakup camping di atas tebing hingga berburu pemandangan matahari terbenam dengan latar bebatuan indah.

Rasakan keasrian yang masih alami di Pantai Nguyahan


Rasakan Keasrian yang Masih Alami di Pantai Nguyahan

Yep, beberapa Pantai Gunung Kidul yang baru ditemukan belum dilengkapi fasilitas memadai untuk para wisatawan. Akan tetapi, poin inilah yang diincar turis-turis yang membutuhkan tempat bersantai yang jauh dari jamahan tangan manusia. Kamu yang sama-sama mencari tipe pantai seperti tadi bisa, kok, datang ke Pantai Nguyahan di Kecamatan Saptosari. Selain pemandangannya yang sangat alami, ada bebatuan karang yang dijadikan tempat tinggal sejumlah ikan dan kerang serta deburan ombak menenangkan.

Pantai Pok Tunggal, rumah dari pohon duras yang ‘Kesepian’


Pantai Pok Tunggal, Rumah dari Pohon Duras yang ‘Kesepian’

Kata pok tunggal pada pantai tersebut berasal dari sebuah pohon yang mendiami pinggir pantai. Dalam bahasa Jawa, pokok berarti pohon, sehingga pok tunggal bisa diartikan sebagai pohon yang tumbuh sendiri. Terdengar menyedihkan, ya? Namun, kamu jangan sedih saat datang ke Pantai Pok Tunggal, pasalnya pohon tunggal dari jenis pohon duras tersebut punya teman pepohonan dari jenis lain yang tumbuh di sekitarnya. Tidak selamanya sendirian lagi, deh.

Pantai Jungwok, private beach baru dengan ombak tinggi


Pantai Jungwok, Private Beach Baru dengan Ombak Tinggi

Terakhir, ada Pantai Jungwok yang termasuk ke deretan pantai anyar di Gunung Kidul. Aksesnya yang cukup sulit mungkin bikin wisatawan cepat kelelahan. Namun, sesampainya di pantai tersebut, rasa capai dan pegal-pegal dijamin sirna! Soalnya, kamu akan disambut hamparan pasir putih dan laut dengan ombak tinggi yang menyegarkan. Omong-omong, sinyal dan jaringan internet di sekitar pantai tersebut terbilang lemah. Jadi, lebih baik kamu nikmati keindahannya tanpa interupsi update status di Facebook.

Akses ke pantai-pantai Gunung Kidul dan sederet tip yang patut kamu simak!


Mengunjungi Pantai Gunung Kidul memang gampang, sih. Namun, kalau kamu pergi tanpa persiapan, kemungkinan perjalanan terganggu cenderung lebih besar. Sejumlah pantai yang ada di Gunung Kidul juga selalu padat pengunjung. Ada kemungkinan kamu datang saat pantai sedang disesaki wisatawan dan mempersulitmu mengakses objek-objek wisata di sana kalau datang mendadak.

Makanya, kamu tidak boleh menyepelekan perencanaan sejak jauh-jauh hari. Hal-hal yang perlu kamu siapkan lumayan banyak, tetapi bakal menjamin trip ke Gunung Kidul lancar, aman, dan sesuai rencana.

Sebagai tahap awal, berikut ini ada 4 pintu masuk yang bisa kamu ambil menuju kawasan pantai yang tersebar di Gunung Kidul:

Jalur selatan. Rute ini dapat diambil wisatawan yang datang dari Parangtritis, Imogiri, bagian selatan Bantul, Kulonprogo, Purworejo, dan sekitarnya. Jalan Lintas Selatan atau JLS biasanya melewati Kecapatan Panggang atau Saptosari. Waktu tempuh yang akan kamu ambil kalau menggunakan jalur ini sekitar 2 jam;

Jalur utama. Kamu yang pergi dari Purworejo, Magelang, Sleman, Semarang, Klaten, Solo, Kota Yogyakarta dan sekitarnya bisa mengandalkan jalur ini. Jalur utama melewari Jalan Yogyakarta dan Prambanan, lalu ke Piyungan-Patuk, lalu ke Kota Wonosari sebelum masuk Gunung Kidul. Waktu tempuhnya sekitar 2,5 sampai 3 jam;

Jalur utara.  Jalur utara direkomendasikan buat kamu yang pergi dari Solo, Klaten, Salatiga, Boyolali, dan sekitarnya. Kamu bakal menyusuri Jalan Klaten – Cawas – Semin Gunung Kidul – Karangmojo – Wonosari sebelum akhirnya sampai ke bagian selatan pantai. Kamu hanya perlu menempuh waktu sekitar 2 sampai 3 jam;

Jalur timur. Terakhir, ada jalur timur yang umumnya diakses wisatawan dari Wonogiri, Praci, Sukoharjo, Pacitan, dan lain sebagainya. Rute yang dilewati adalah Praci – Rongkop/Baran – bagian selatan Girisubo, lalu belok kanan menuju pertigaan dekat tugu dan Polsek Girisubo. Waktu tempuh yang diperlukan sekitar 2 sampai 3 jam saja, kok.

Setelah mengetahui akses, berikut serangkaian tip persiapan ke Pantai Gunung Kidul yang harus kamu pertimbangkan.

Tentukan objek wisata yang ingin dikunjungi


Setiap pantai yang disebutkan di atas punya masing-masing objek wisata yang membuatnya menarik buat dikunjungi. Menyambangi semua lokasi wisata tidak mustahil, sih, tetapi pasti makan waktu lama dan bujet tinggi. Akhirnya, kamu malah kelelahan dan jatuh sakit. Kamu tidak mau, kan, jatuh sakit di tengah liburan dan gagal main di pantai? Sebelum menyesal, tentukan dulu destinasi-destinasi wisata yang memang ngebet kamu lihat langsung.

Bawa barang-barang yang memang dibutuhkan saja


Rancang checklist barang yang paling kamu butuhkan saat trip atau sesampainya di tujuan. Daftar ini bakal membantumu memillah bawaan, terutama kalau kamu merasa semua barang harus dibawa. Beban ransel atau koper yang terlampau berat bukan cuma menyusahkanmu, tetapi juga bisa bikin orang lain repot, lho. Beberapa barang yang sebaiknya masuk ke checklist adalah tabir surya, obat-obatan, charger atau power bank, pakaian ganti, sunglasses, krim anti-nyamuk, camilan, dan air mineral.

Memilih kendaraan/alat transportasi yang sesuai


Gunung Kidul mempunyai karakter geografis berbukit. Artinya, kamu bakal sering bertemu tanjakan, turunan, sampai jalan menikung. Sebagian besar jalan di ibukota kecamatan sudah mulus dan beraspal, tetapi beberapa tempat masih memiliki jalan berbatu atau sempit. Jadi, pastikan kendaraan yang kamu bawa sesuai dengan medan yang akan dihadapi, ya. Jangan sungkan memakai jasa masyarakat sekitar kalau kamu butuh dan tidak mau tersesat.

Pastikan fisik dan mentalmu sama-sama sehat


Tip selanjutnya yang tak boleh kamu lewatkan sebelum jalan-jalan ke Pantai Gunung Kidul adalah memastikan kondisi fisik dan mental. Mengapa? Soalnya, kondisi fisik bakal menentukan kesiapanmu menghadapi tipe destinasi wisata, jenis kegiatan, sampai kendaraan yang bakal membawamu ke sana. Sementara karakter alam di sekitar Gunung Kidul yang berliku dan berbatu membutuhkan fokus tinggi yang cenderung membuatmu cepat stres dan kelelahan.

Mengantisipasi keadaan-keadaan tidak terduga


Jalan-jalan yang terdapat pada 4 jalur ke Gunung Kidul di atas pasti selalu padat, khususnya saat masuk akhir pekan atau masa liburan panjang. Sebagai bentuk antisipasi, nih, cari jalan-jalan alternatif yang bisa kamu ambil buat memangkas waktu perjalanan yang molor gara-gara macet. Selain itu, kamu yang aktif banget di media sosial harus siap-siap terputus dari koneksi internet. Soalnya, sejumlah pantai yang ada di Gunung Kidul belum terjangkau coverage internet.

Perhatikan aturan dan larangan di sekitar pantai


Sebagian pantai yang ada di jalur selatan pulau Jawa mempunyai gelombang tinggi yang kedatangannya sukar diprediksi. Oleh karena itu, pihak pengelola biasanya memasang peringatan batas area aman untuk berenang atau main di sekitar pantai. Sayangnya, masih ada wisatawan bandel yang melewati larangan tersebut dan akhirnya terseret ombak sampai kehilangan nyawa. Kamu pasti tidak mau, dong, liburannya berakhir tragis?

Menjaga kebersihan dan keapikan lingkungan


Penting walau terdengar sepele, menjaga kebersihan dan keapikan lingkungan nyatanya membawa dampak besar buat Bumi. Misalnya dengan tidak membuang sampah sembarangan, karena jenis sampah seperti plastik sering kali dikira makanan sama ikan-ikan di laut. Kotoran yang mencemari laut juga akan menghancurkan ekosistem yang nantinya menyusahkan umat manusia.

Semoga liburanmu di Pantai Gunung Kidul menyenangkan, ya!