Jangan Asal “SAH”! Lihat Dulu 7 Hal Umum yang Harus Kamu Pikirkan untuk Dapat Konsep Pernikahan Yang Berkesan

3 min read

Apakah kamu berencana untuk menikah dalam waktu dekat ini? Atau mungkin dua sampai tiga tahun lagi? Kapanpun itu, sudah dipastikan kamu pasti menginginkan pernikahan yang berkesan. Iya kan?

Jangan Asal “SAH”! Lihat Dulu 7 Hal Umum yang Harus Kamu Pikirkan untuk Dapat Konsep Pernikahan Yang Berkesan

Nah, untuk mendapatkan pernikahan yang berkesan, ada baiknya kamu coba pikirkan matang-matang beberapa hal mengenai konsep pernikahan berikut ini.

1. Modern, tradisional, atau yang sederhana saja? tentukan dari sekarang agar tidak menyesal

Modern, tradisional, atau yang sederhana saja? tentukan dari sekarang agar tidak menyesal

Ada banyak pilihan tema dimana kamu bisa memilih yang modern, tradisional, atau sederhana. Tema modern biasanya sedikit meniru pernikahan-pernikahan di western. Yaitu dilengkapi dengan standing party. Disini para tamu bisa makan sepuasnya. Kedua mempelai bisa bebas berbaur dengan tamu undangan dan bercengkerama bersama.

Sedangkan untuk konsep tradisional, pernikahan akan dilakukan menurut adat istiadat yang ada. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis pernikahan adat. Misalnya pernikahan adat Batak atau adat Jawa. Kamu yang kebetulan memiliki pasangan dari suku yang berbeda bisa memilih untuk menggunakan konsep tradisional sesuai dengan adat daerahmu atau daerah pasanganmu. Atau kamu ingin memadukan keduanya, sepertinya sah-sah saja.

Sedangkan untuk konsep pernikahan sederhana, biasanya dilakukan secara simpel dan tidak begitu ribet. Kamu tidak perlu mengadakan pesta. Yang terpenting pada pernikahan sederhana adalah asal “sah” saja.

2. Tidak harus di rumah atau di gedung mewah. Ada banyak sekali pilihan tempat untuk menikah

Tidak harus di rumah atau di gedung mewah. Ada banyak sekali pilihan tempat untuk menikah

Tempat merupakan salah satu hal yang harus kamu pikirkan secara matang. Bukan hanya berkaitan dengan budget, tempat juga bisa memberikan kesan tersendiri untuk sebuah pernikahan. Misalnya saja, ada beberapa orang luar negeri yang memilih untuk menikah di atas perahu, di dalam air, di kebun binatang, di perpustakaan, bahkan di kebun tua.

Secara umum di Indonesia ada dua pilihan untuk tempat menikah, yaitu rumah sendiri atau menyewa gedung dengan kapasitas tertentu. Untuk memilih tempat pelaksanaan pernikahan, ada baiknya kamu juga memperhatikan budget yang kamu miliki, jumlah udangan, dan durasi acara. Ada tempat-tempat tertentu memiliki aturan yaitu lama penyewaan dihitung per jam. Gak mau kan ada undangan yang datang setelah acara bubar?

3. Agar pernikahanmu lebih berkesan, kamu tidak harus mengundang semua orang untuk datang

Agar pernikahanmu lebih berkesan, kamu tidak harus mengundang semua orang untuk datang

Hal yang tidak kalah penting dalam sebuah pernikahan adalah para undangan. Menikah itu momen sakral. Tentukan siapa saja yang bisa masuk dalam daftar tamu undangan. Ada beberapa pesta yang sengaja mengundang orang-orang tertentu saja. Misalnya keluarga dekat dan para sahabat. Tapi ada pula yang mengundang banyak kolega, teman kerja, bahkan para mantan. Nah, kalau kamu bagaimana?

Selain siapa saja yang datang, jumlah undangan juga jangan sampai tidak diperhitungkan. Jumlah undangan ini akan sangat berpengaruh dengan persiapan lain seperti luas ruangan yang diperlukan,banyaknya makanan yang harus disiapkan, sampai jumlah souvenir yang dibutuhkan.

4. Menentukan tanggal pelaksananaan tidak boleh sembarang

Menentukan tanggal pelaksananaan tidak boleh sembarang

Percaya gak percaya ada beberapa daerah yang masih kental dengan budaya “tanggal baik”. Sebut saja orang Jawa. Bagi sebagian besar orang Jawa, pemilihan tanggal merupakan hal paling penting dalam sebuah acara pernikahan. Mereka meyakini bahwa menikah di hari yang baik akan membawa kebaikan dalam sebuah pernikahan. Begitu pula sebaliknya.

Berbeda dengan para kaum milenial yang lebih mementingkan para undangan. Mereka para milenial biasanya akan memilih tanggal sesuai dengan yang mereka suka. Selain itu, mereka juga lebih mengutamakan hari libur atau weekend dengan alasan agar tamu undangan bisa hadir tanpa harus meninggalkan pekerjaan mereka.

Tidak jarang perbedaan pandangan dalam memilih hari antara kaum tua dan muda ini menimbulkan permasalahan-permsalahan yang bisa merusak rencana pernikahan. Karena itu, jangan lupa untuk mendiskusikan hal ini secara baik-baik dengan orang tua ya.

5. Susun acaramu agar kegiatan pernikahan semakin lancar

Susun acaramu agar kegiatan pernikahan semakin lancar

Susunan acara sangat perlu diperhatikan terutama pada saat dilaksanakannya pesta pernikahan. Pernikahan tidak hanya menyatukan kamu dan pasangan. Tetapi juga menyatukan dua keluarga besar. Karena itu, yang datang juga pasti bukan hanya temanmu dan teman pasanganmu saja. Teman dan kolega orang tua juga pasti hadir di sana. Belum lagi, saudara dari para anggota keluarga dan lainnya. Gak mau kan semua bercampur jadi satu dan datang di satu waktu? Pasti bakal ribet tuh.

Karena itu, kamu harus pintar mengatur susunan acara. Lebih tepatnya menentukan siapa dan kapan undangan yang harus datang selama acara pesta pernikahan. Misalnya kolega dan teman orang tua akan datang pada jam sekian sampai sekian. Sedangkan khusus untuk temanmu dan teman pasanganmu akan hadir di waktu berikutnya. Dengan begitu, kamu bisa menemui keduanya tanpa harus mengabaikan salah satunya.

6. Undangan yang unik akan memberikan kesan yang baik. Tidak hanya untukmu, tapi juga untuk para tamu

Undangan yang unik akan memberikan kesan yang baik. Tidak hanya untukmu, tapi juga untuk para tamu

Saat ini ada banyak sekali jenis undangan pernikahan. Tidak hanya berdasarkan bentuk kertas dan warna, tapi sekarang sudah tersedia beragam tema. Kamu bisa mendesain undangan pernikahanmu sesuai dengan profesi, hobi, atau  barang kesukaanmu. Misalnya buat kamu para banker, kamu bisa mendesain undangan dengan tema buku tabungan.

Kamu seorang guru? Ada juga kok tema papan tulis yang dijamin ciamik. Medsos Addict? Ada tema ala medsos juga loh. Tersedia juga undangan ala negeri dongen, bentuk kepingan DVD, model boarding pass, dan masih banyak lagi karakteristik unik yang bisa diaplikasikan.

Bisa juga kamu memberikan undangan beserta souvenirnya sekalian. Jadi, jika biasanya souvenir pernikahan diberikan setelah tamu menghadiri acara, untuk yang satu ini kamu memberikannya bersamaan dengan ketika memberikan undangan. Sekarang sudah banyak juga kok undangan dalam bentuk ini.

7. Souvenir pernikahan, salah satu yang tidak boleh terlupakan

Souvenir pernikahan, salah satu yang tidak boleh terlupakan

Jika dulu kedua mempelai yang mendapatkan cinderamata dari para saudara dan sahabatnya, sekarang ini keadaan menjadi terbalik. Sekarang, souvenir justru diberikan kepada setiap tamu undangan yang menghadiri pesta pernikahan. Karena itu, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, menentukan jumlah undangan akan sangat berpengaruh dalam menentukan budget pernikahan.

Saat ini ada banyak sekali tempat penjualan souvenir pernikahan. Jenisnya juga semakin beraneka ragam. Ada gelas beraneka bentuk dan warna, gantungan kunci lucu, kipas lipat, frame, karikatur, dan masih banyak lagi. Tentunya masing-masing memiliki harga yang berbeda ya. Ada baiknya kamu memilih souvenir pernikahan yang tidak hanya unik, tetapi juga dapat dimanfaatkan. Dengan begitu, souvenir akan terus disimpan dan tidak terbuang.

Nah, itu tadi 7 hal yang perlu kamu pikirkan agar konsep pernikahanmu semakin berkesan. Ingat ya, berkesan itu tidak harus mewah, apalagi sampai menghamburkan uang. Hal terpenting dalam sebuah pernikahan adalah tidak hanya acaranya, tetapi juga kehidupan setelahnya.

Kehidupan setelah Menikah Akan Memberikan Banyak Perubahan, Berikut Ini…

Menikah adalah hal yang paling diimpikan oleh setiap orang. Tidak hanya untuk menghalalkan semua kegiatan, menikah juga akan membuatmu belajar mengenai tanggung jawab dan...
Channel Bunda
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *