Breaking

Kampung Pelangi Semarang, Ide Wisata Murah Meriah dan Unik di Tengah Kota

Semarang merupakan salah satu daerah wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Ada cukup banyak destinasi wisata di Semarang yang bisa menjadi menu liburan tepat bagi keluarga tercinta. Beberapa ide wisata yang sudah cukup terkenal bahkan di seluruh Indonesia adalah kuil Sam Po Kong, Lawang Sewu dan lainnya.

Namun, baru-baru ini, ada destinasi wisata baru yang muncul di Semarang untuk ide wisata berbeda. Destinasi wisata tersebut adalah Kampung Pelangi Semarang. Pernahkah Anda mendengar destinasi wisata ini sebelumnya?

Kampung Pelangi Semarang, Ide Wisata Murah Meriah dan Unik di Tengah Kota

Seperti namanya, apa yang menarik dari ide wisata ini adalah paduan warna-warni indah dari cat rumah sebuah perkampungan di Semarang. Penasaran dengan destinasi wisata yang satu ini? Simak beberapa ulasannya di bawah ini.

Rumah warna-warni


Rumah warna-warni

Sebenarnya, wisata kampung pelangi ini merupakan sebuah perkampungan yang dicat ulang dengan warna yang berbeda-beda. Tidak hanya bagian rumah, seluruh properti yang berada di luar rumah pun akan dicat dengan warna yang berbeda-beda. Jika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda akan melihat jalan, kursi dan bahkan pohon dicat dengan unik.

Nah, penggunaan cat yang berwarna-warni ini menjadi pangkal dari penamaan Kampung Pelangi Semarang ini. Ide pengecatan dengan cat warna-warni ini kini memang cukup digemari dan terjadi pula di beberapa daerah lain untuk daya tarik wisata yang baru.

Dahulu adalah kampung kumuh


Dahulu adalah kampung kumuh

Destinasi wisata ini terletak di Jalan dr. Sutomo, Kelurahan Randusari, Semarang Selatan. Sebelum Anda memasuki kawasan wisata ini, maka Anda akan menemukan Pasar Bunga Kalisari terlebih dahulu. Dari pasar tersebut, Anda akan menemukan Tugu Muda dan Kampung Pelangi Semarang terletak tak jauh dari tugu tersebut.

Meskipun kini destinasi wisata ini menjadi salah satu ikon wisata baru Semarang, namun daerah ini memiliki masa lalu yang cukup kelam. Ya, wilayah ini pada dulunya merupakan sebuah perkampungan kumuh. Letaknya yang berada di tengah kota membuat kampung ini begitu padat penduduk dan cukup jauh dari kata bersih.

Namun, sejak sekitar satu tahun yang lalu, revolusi masyarakat terjadi di kampung ini. Kesadaran warga tentang kebersihan akhirnya membuat mereka melek dan mau bergerak. Mereka sadar jika lingkungan yang kumuh akan menyebabkan banyak masalah, terutama masalah kesehatan.

Nah, mulai saat itu, warga berinisiatif melakukan pembersihan di lingkungan tempat tinggal mereka. Hingga akhirnya, ide membuat kampung pelangi tersebut mencuat. Bagusnya, pemerintah Semarang memberikan dukungan penuh terkait ide tersebut hingga kini tercipta Kampung Pelangi Semarang yang bisa Anda lihat.

Aktivitas di kampung pelangi


Aktivitas di kampung pelangi

Kampung pelangi kini menjadi ikon wisata menarik di Semarang dan banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini terutama di akhir pekan. Nah, ada beberapa hal menarik yang bisa Anda lakukan jika berkunjung di tempat ini.

Tentu, dengan tampilan warna-warni yang menarik, kampung pelangi adalah spot foto yang sangat menarik. Ada cukup banyak spot foto yang disediakan untuk mengabadikan momen liburan Anda bersama dengan keluarga.

Selain itu, di tempat ini, Anda juga bisa mendapatkan souvenir khas Semarang. Sejak dijadikan sebagai destinasi wisata, cukup banyak warga dari kampung pelangi menjajakan souvenir khas Semarang sebagai oleh-oleh.

Dengan segala keunikan dan keindahan yang ditampilkan, kampung pelangi bisa menjadi destinasi wisata unik di Semarang untuk dikunjungi. Perlu diketahui bahwa kampung pelangi merupakan wisata unik nan murah meriah di Semarang. Untuk menikmati keindahan kampung ini, Anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 3.000 saja.

Nah, jika Anda tertarik, segera saja datangi Kampung Pelangi Semarang untuk ide liburan yang lebih menyenangkan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Powered by Blogger.