Ingin Jadi Orang Sukses Dalam Segala Hal? Berikut Tips yang Bisa Kamu Lakukan!

Sukses merupakan harapan setiap orang. Namun demikian, sukses merupakan suatu hal yang tidak mudah untuk didapatkan. Perlu perjuangan dan kerja keras untuk mencapai sebuah kesuksesan. Buat kamu yang sedang berjuang untuk meraih kesuksesan, berikut adalah tips yang bisa kamu lakukan.

1. Jika ingin sukses, kamu harus memiliki tujuan


Jika ingin sukses, kamu harus memiliki tujuan

Salah satu tujuan hidup dari seseorang adalah mencapai kesuksesan. Berbicara tentang sukses, sebenarnya itu apa sih? Apakah sukses itu ketika kamu memiliki rumah sendiri, memiliki penghasilan berlebih, bisa memiliki perusahaan besar, atau apa?

Well, setiap orang memiliki kriteria sukses masing-masing yang mana tidak hanya selalu perihal materi. Misalnya, seseorang merasa sukses ketika berhasil meniru penampilan idolanya. Ada juga yang merasa sukses ketika berhasil menyekolahkan putra putrinya.

Nah karena itu, jika kamu ingin menjadi orang sukses maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan tujuan. Kamu harus paham dengan apa yang menjadi misi kesuksesanmu. Bila perlu kamu bisa menuliskannya pada selembar kertas dan menempelkannya di dinding kamarmu. Tujuannya agar kamu selalu melihatnya dan selalu fokus dengan tujuanmu itu.

2. Setelah menentukan tujuan, selanjutnya adalah merencanakan perjalanan


Setelah menentukan tujuan, selanjutnya adalah merencanakan perjalanan

Coba kamu cermati, sebenarnya apa saja sih yang bisa kamu lakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Bila perlu tuliskan lagi dan bentuk seperti mind map. Misalnya, untuk kamu yang masih menempuh kuliah. Jika tujuanmu adalah menyelesaikan kuliah tepat waktu, maka kamu harus mencari cara bagaimana untuk menyelesaikan pada waktu yang kamu tentukan.

Tentukan waktu dan kegiatan yang akan kamu lakukan, Berapa banyak SKS yang harus kamu ambil dalam waktu satu semester, siapa saja orang-orang yang kamu anggap akan membantumu dalam mencapai tujuanmu, dll. Semua itu perlu kamu tuliskan agar kamu memiliki pattern yang bisa kamu ikuti.

3. Tujuan sudah ada, jalan untuk kesana sudah terbuka, selanjutnya jalankan misinya


Tujuan sudah ada, jalan untuk kesana sudah terbuka, selanjutnya jalankan misinya

Karena kamu sudah memiliki jalan yang jelas maka tahap selanjutnya adalah mengikuti jalan tersebut. Lakukan step by step sesuai dengan apa yang sudah kamu tuliskan. Yang terpenting dalam tahap ini adalah kamu harus bisa konsisten menjalankannya. Selain itu kamu tidak boleh patah semangat dan putus asa jika di tengah perjalanan kamu menghadapi hambatan.

Sebagai contohnya adalah kamu memiliki misi untuk menurunkan berat badan dengan cara mengikuti pola diet tertentu. Nah dalam hal ini kamu harus konsisten mengikuti apa yang sudah kamu rencanakan. Jangan sampai karena kamu merasa lelah lalu kamu berhenti di tengah jalan. Seandainya ada satu tahap yang kamu lewati, kamu tidak perlu frustasi. Tetap semangat untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya. Yang terpenting dalam hal ini adalah jangan berhenti dan jangan menyerah.

4. Kamu yang menyukai tantangan, tidak ada salahnya memilih persaingan


Kamu yang menyukai tantangan, tidak ada salahnya memilih persaingan

Agar bisa lebih semangat kamu bisa mencari motivasi melalui orang lain. Caranya adalah dengan menemukan seseorang atau kelompok tertentu yang memiliki tujuan sama dengan kamu. Secara tidak langsung, orang ini akan menjadi pesaingmu dan membakar semangatmu. Memang hal ini terkesan ambisius. Tetapi untuk mencapai sebuah tujuan memang diperlukan suatu ambisi.

Penting dalam hal ini, seberapa besarpun ambisi yang kamu miliki kamu tidak boleh terbawa emosi. Jangan sampai Ambisi justru menimbulkan suatu sifat iri akhirnya mendorong untuk melakukan segala sesuatu secara membabi buta. Karena hari ini justru akan membawamu ke kehancuran. Sedangkan kamu yang tidak menyukai persaingan bisa mencoba tips nomor 5.

5. Untukmu yang menghindari persaingan kamu bisa mencari tokoh untuk dijadikan panutan


Untukmu yang menghindari persaingan kamu bisa mencari tokoh untuk dijadikan panutan

Sudah bukan rahasia lagi seseorang mengidolakan orang lain. Bisa jadi beliau yang diidolakan adalah seorang tokoh, bintang terkenal, guru, teman, bahkan orang tua sendiri. Tetapi jika kamu memiliki mimpi yang tinggi, kamu juga harus mengidolakan seseorang yang pencapaiannya sudah terbukti.

Misalnya saja kamu memiliki mimpi untuk menjadi pemimpin di masa depan nanti. Dalam hal ini kamu harus memilih tokoh hebat misalnya pahlawan kita yaitu Presiden Soekarno. Alasannya karena beliau memang sudah terbukti sukses dalam memimpin negara kita.

Nah setelah kamu menentukan tokoh yang ingin kamu jadikan panutan, kamu coba cari background dari tokoh tersebut. Cari juga apa saja kiat-kiatnya sehingga beliau bisa mencapai kesuksesan tersebut. Selanjutnya kamu bisa meniru kiat-kiat yang sudah beliau lakukan. Tapi, tentunya kiat-kiat tersebut harus disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Tidak lupa juga untuk sesuaikan dengan kemampuanmu dan jangan sampai merasa seperti dipaksakan. Hal itu karena setiap orang memiliki batas kemampuan masing-masing. Ada hal yang memang tidak bisa kamu paksakan. Karenanya pilih kiat-kiat Yang kamu rasa sesuai dengan kemampuanmu dan dapat kamu lakukan. Lalu kembali lagi jalankan secara konsisten dan penuh disiplin serta tanggung jawab.

6. Hambatan itu wajar. Terus jalan dan abaikan!


Hambatan itu wajar. Terus jalan dan abaikan!

Selama proses perjalanan, tentunya akan ada hambatan-hambatan yang kamu temui. Tidak jarang orang-orang akan menyerah pada tahap ini. Padahal bisa jadi hambatan itu datang tepat ketika tujuan kita sudah sangat dekat. Jadi daripada kamu menyerah, lebih baik kamu melanjutkan perjuangan.

Hambatan dalam hal ini bisa saja berupa pesaing yang tidak kita harapkan. Misalnya ketika kamu ingin mendapatkan promosi di kantor tetapi tiba-tiba datang karyawan baru yang menempati posisi yang kamu inginkan. Pasti kesal kan? Kamu yang mudah menyerah pasti akan marah atau bahkan memutuskan untuk resign dari perusahaan.

Seharusnya tidak demikian, justru datangnya pesaing bisa kamu jadikan salah satu tolok ukur untuk menilai kemampuan diri. Kamu bisa juga menjadikannya suatu motivasi untuk bekerja lebih baik lagi. Memang pada awalnya akan terjadi pergolakan emosi. Tetapi jika kamu menuruti emosi, bisa jadi kamu justru kehilangan kesempatan untuk mencapai apa yang kamu inginkan inginkan.

7. Tidak ada yang gratis untuk sebuah pencapaian


Tidak ada yang gratis untuk sebuah pencapaian

Orang Jawa mengatakan, 'jer basuki mowo beyo'. Inti dari peribahasa tersebut bahwa untuk mencapai sesuatu kamu harus mau mengeluarkan uang. Begitu pula ketika kamu ingin mencapai kesuksesan. Dalam sebuah perjuangan pasti dan harus ada yang kamu bayar. Pembayaran dalam hal ini tidak melulu tentang uang. Bisa jadi kamu membayarnya dengan waktu, kesepian, kegagalan, atau bahkan kekecewaan.

Misalnya untuk kamu yang memutuskan untuk merantau demi meraih kesuksesan. Dalam hal ini kamu tidak hanya membayarnya dengan uang, tapi juga dengan kesepian karena jauh dari keluarga, membayarnya dengan waktu karena menghabiskan sekian bulan atau bahkan tahun sendirian, atau membayarnya dengan kegagalan karena mungkin tidak ada kesuksesan yang bisa didapat hanya dengan sekali percobaan. Dalam hal ini kunci utamanya adalah sabar. Kamu harus ikhlas karena untuk mencapai suatu tujuan memang harus ada yang dibayarkan.

Selain tujuh tips di atas, ada satu lagi yang tidak boleh sampai tertinggal. Bagaimanapun kita tidak boleh lupa bahwa sekeras apapun kita berusaha tetap saja keputusan ada pada Dia yang menguasai segalanya. Karena itu kamu tidak boleh menyepelekan kekuatan dari doa. Setelah kamu berusaha sekuat tenaga kini waktunya kamu menyerahkan hasilnya kepada Yang Maha Kuasa, yaitu dengan berdoa.

Bukan hanya doamu, minta juga doa dari orang-orang terdekat, utamanya orang tua. Doa-doa inilah yang selanjutnya akan menjadi pendukung tak kasat mata yang akan selalu menyertai setiap usahamu.

No comments:

Powered by Blogger.