Breaking

6 Cara Alami Menghilangkan Komedo Membandel Berikut ini Murah Banget Lho..Nggak Perlu ke Dokter Kecantikan

KOMEDO?? Walaupun tidak berbahaya suka bikin resah si empunya. Apa lagi, mereka datangnya selalu keroyakan kaya hujan. tidak cuma keroyokan, ada juga yang bandelnya tidak ketulungan. Umumnya, komedo sering ditemui di bagian wajah, yaitu area sekitar hidung dan dagu. Tapi tidak menutup kemungkinan di area lainnya juga.

Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai si putih kecil ini, ada baiknya kamu tau tentang asal muasal komedo. Jadi, komedo itu apa sih?

Komedo adalah sejenis jerawat tapi ukurannya kecil dan menggerombol. Komedo muncul karena ada pori-pori kulit yang tersumbat oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Ada 2 jenis komedo yaitu Blackhead dan Whitehead.

6 Cara Alami Menghilangkan Komedo Membandel Berikut ini Murah Banget Lho..Nggak Perlu ke Dokter Kecantikan

Blackhead adalah komedo yang warnanya kehitaman. Jenis ini termasuk yang paling bandel karena paling susah dibersihkan. Sedangkan jenis whitehead adalah komedo yang warnanya putih. Whitehead ini sebenarnya paling mudah dihilangkan. Karena termasuk komedo yang rapuh. Menggaruknya secara perlahan saja bisa mengeluarkan Whitehead ini.

Komedo itu sebenarnya tidak berbahaya kok. Tapi kalau dibiarkan memang sangat mengganggu juga. Selain menyebabkan wajah jadi berminyak juga mengganggu penampilan. Karena sebab itu, wajah bisa jadi terlihat beruntusan dan kusam. Apa lagi buat kamu yang suka menggunakan make up tebal. Gara-gara si komedo ini, wajah bisa jadi kelihatan tidak mulus, bahkan kadang bisa menimbulkan bintik-bintik hitam. Sebel kan?

Terus, gimana sih biar komedo bisa hilang? Berdasarkan pengalaman pribadi, sebenarnya dapat dikatakan bahwa tidak ada produk kecantikan atau teknik-teknik yang benar-benar bisa menghilangkan komedo. Hal itu tidak lain karena kelebihan minyak yang tertimbun di bawah permukaan kulit.

Sebagai makhluk hidup, sudah sewajarnya tubuh kita akan terus membutuhkan dan menghasilkan minyak. Karena itu, tidak mungkin kita bisa mengusir komedo selamanya. Pasti si komedo bakal balik lagi dan lagi.

Tapi, kalian jangan khawatir! Daripada bingung bagaimana mengusir komedo, lebih baik kita cari tau cara menghilangkan komedo. Walaupun mungkin hilangnya hanya sementara, setidaknya wajah kalian tampak mulus dan bersih seharian. Berikut adalah cara alami menghilangkan komedo yang bisa kalian coba.

1. Gunakan sabun kelapa dan garam halus lalu lakukan peeling secara perlahan


Gunakan sabun kelapa dan garam halus lalu lakukan peeling secara perlahan

Untuk membersihkan komedo dengan dua bahan ini, caranya sangat mudah. Pertama, kamu basahi wajah kamu dengan air biasa. Selanjutnya, taburkan garam di atas permukaan sabun kelapa. Setelah, itu gosok sabun tersebut sampai berbusa dan sabunkan pada wajah seperti ketika kamu mencuci muka. Biarkan hingga 3-5 menit. Setelah 5 menit, bilas wajah menggunakan air biasa.

Nah, setelah dibilas ini, lakukan peeling pada wajah. Kalian bisa menggunakan sikat wajah atau sedikit menggaruknya dengan lembuh terutama pada bagian yang terdapat komedo. Pada saat peeling inilah, sel-sel kulit mati dan komedo akan terangkat dalam bentuk daki. Setelah dirasa cukup bersih, bilas kembali wajahmu, lalu keringkan dengan handuk lembut.

Pada beberapa orang, mungkin campuran kedua bahan ini akan menyebabkan rasa gatal. Terutama ketika menunggunya selama 3-5 menit itu. Jika kamu merasakan rasa gatal dan tidak tahan, lebih baik kamu segera membilasnya saja. Setelah itu, lakukan tahap selanjutnya hingga selesai.

2. Campuran susu dan gelatin


Campuran susu dan gelatin

Cara kerja kedua bahan ini adalah sama dengan plaster komedo. Cara membuatnya adalah campurkan 100 ml susu cair dengan 1 sendok teh bubuk gelatin. Kemudian, panaskan kedua bahan tersebut hingga mendidih. Diamkan larutan tersebut hingga tidak terlalu panas, lalu oleskan pada bagian wajah yang terdapat komedo. Tunggu hingga mengering, lalu kupas secara perlahan. Komedo yang terangkat akan menempel pada permukaan campuran susu dan gelatin yang sudah menjadi masker tersebut.

Kendala yang mungkin kamu alami ketika membuat masker ini adalah campuran susu dan gelatin yang sudah mendidih akan cepat sekali mengeras. Di sisi lain, jika langsung dioleskan, tentu campuran tersebut masih panas. Disini kamu harus bisa mengira-ngira kapan harus segera mengoleskannya.

3. Baking soda dan pasta gigi


Baking soda dan pasta gigi

Sudah banyak yang mencoba dua bahan ini. Buat kamu yang belum taum, caranya adalah begini. Campurkan 2 sendok makan baking soda dan pasta gigi. Aduk hingga membentuk campuran yang menyerupai pasta. Setelah itu, oleskan pasta ke bagian wajah yang terdapat jerawat. Tunggu 5-10 menit, lalu bilas hingga bersih. Keringkan dengan handuk yang memiliki permukaan lembut.

Pada beberapa kasus, campuran baking soda dan pasta gigi justru menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit. Selain itu, kadungan mint pada pasta gigi dapat menyebabkan rasa perih pada wajah, terutama ketika pasta dioleskan di sekitar hidung. Jadi, walaupun bahannya alami, kamu harus tetap memperhatikan keamanan penggunaannya ya.

4. Lumpur dan gelatin


Lumpur dan gelatin

Kamu pasti sudah familiar kan dengan yang namanya masker lumpur? Nah, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya sangat mudah. Siapkan lumpur yang sudah bersih. Campurkan dengan gelatin. Beri sedikit air agar teksturnya lebih cair.

Langkah selanjutnya panaskan agar gelatin larut. Tunggu sampai suhu menurun, lalu oleskan pada wajah atau pada bagian yang terdapat komedo. Tunggu hingga mengering, lalu kupas secara perlahan. Jangan lupa, bilas wajah dengan air biasa sampai bersih untuk menghilangkan sisa masker yang menempel.

Masker yang satu ini termasuk yang cukup aman. Hanya saja, mungkin tidak semua orang bisa mendapatkan lumpur dengan mudah. Atau ada juga beberapa yang merasa kurang nyaman dengan bau lumpur. Kalau kamu bagaimana, berani coba tidak? Tenang aja, ini kan alami dan tidak ada bahan kimia berbahaya.

5. Tanah liat


Tanah liat

Kalian pasti tau kan dengan tanah liat? Tekstur tanah liat yang lengket dipercaya dapat digunakan untuk mengangkat komedo. Caranya adalah dengan menempelkan tanah liat kebagian yang terdapat komedo. Setelah itu, tekan-tekan dan angkat. Ulangi hingga beberapa kali  hingga komedo berkurang. Jika diperhatikan cara kerjanya hampir seperti waxing ya?

Mengingat daya lengket dari tanah liat yang tidak begitu kuat, sepertinya cara ini kurang rekomended ya. Kalaupun berhasil, kemungkinan yang ikut terangkat adalah komedo jenis Whitehead. Tapi tidak ada salahnya kok untuk dicoba.

6. Putih telur, lemon, dan kertas tisu


Putih telur, lemon, dan kertas tisu

Taukah kamu, kita bisa membuat masker dengan tiga bahan ini. Caranya adalah campurkan 1 butir putih telur dan 2 sendok makan air lemon. Kamu bisa juga menggantinya dengan air jeruk nipis. Aduk hingga putih telur mengembang. Setelah itu, hancurkan kertas tisu dan masukan kedalam campuran putih telur dan lemon. Aduk hingga semuanya bercampur.

Setelah membentuk seperti pasta, gunakan sebagai masker. Oleskan pada wajah atau pada bagian yang terdapat jerawat. Tunggu hingga masker mengering. Lalu angkat dan bilas wajah dengan air hangat hingga bersih. Keringkan dengan handuk halus.

Dalam pembuatan masker ini, selain kaya akan vitamin C, lemon juga bermanfaat untuk menghilangkan bau amis pada telur. Sedangkan tisu berfungsi sebagai media yang dapat dimanfaatkan untuk mengangkat komedo.

Nah itu tadi 6 resep yang dapat kamu manfaatkan untuk menghilangkan komedo secara alami. Kamu bisa memilih resep mana yang paling cocok untuk kamu. Lakukan perawatan dengan resep-resep di atas secara rutin ya. Karena bila kamu berhenti, kemungkinan komedo juga pasti akan balik lagi.

No comments:

Powered by Blogger.