Tidak Perlu Keluar Uang Jutaan, 5 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Menunjukan Sikap Berbakti Kepada Orang Tua

Berbakti itu merupakan kewajiban setiap anak kepada orang tuanya. Ada banyak kisah menyentuh mengenai anak yang berbakti kepada orang tua. Salah satunya adalah kisah dari Negeri China, yaitu Zhang Da. Sejak usia kurang dari 10 tahun, Zhang Da sudah harus merawat ayahnya yang tidak bisa bekerja, tidak bisa berjalan, dan sakit-sakitan. Dia dengan penuh kasih sayang merawat ayahnya sendirian, sedang ibu Zhang Da memilih untuk meninggalkan mereka berdua untuk berjuang sendirian.

Tidak Perlu Keluar Uang Jutaan, 5 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Menunjukan Sikap Berbakti Kepada Orang Tua

Pada usianya yang masih sangat kecil itu, dia harus melakukan banyak hal untuk ayahnya, diantaranya adalah mencukupi kebutuhan makan dan obat-obatan. Di sela keadaan tersebut, dia tetap bersikeras untuk tidak berhenti sekolah lho. Hebat ya Zhang Da!

Tapi, tahukah kamu sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menunjukan tanda baktimu kepada orang tua. Tidak harus seberat yang sudah dilakukan Zhang Da kok. Berikut adalah hal-hal sederhana yang bisa kamu lakukan sebagai tanda berbakti kepada orang tua.

1. Walau berbeda pendapat, tunjukan bahwa kamu tetap mendengarkan


Sering kali orang tua memiliki perbedaan pendapat dengan anaknya. Alasannya tidak lain karena golongan muda sudah mengikuti perkembangan zaman, sedang golongan tua cenderung lebih tradisional. Tidak jarang, hal ini mengarah pada pertengkaran. Tapi, kamu jangan seperti ini ya!

Jika terjadi perbedaan pendapat dengan orang tua, ada baiknya kamu bersabar dan mendengarkan pendapat tersebut sampai orang tua selesai bicara. Baru setelah itu, kamu bisa menyiasati dengan meminta waktu untuk memikirkan semua perkataannya. Jangan langsung memotong pembicaraan apa lagi berteriak-teriak untuk membantah nasihatnya.

Dengan bersikap demikian, kamu tidak akan terlihat kekanak-kanakan. Orang tuapun akan lebih percaya bahwa kamu memang sudah bisa menentukan pilihan dengan penuh perhitungan.

2. Orang Tua memang cenderung suka melarang, tidak perlu melawan apalagi menunjukan kemarahan


Kalian pasti sering kan mendengar orang tua melarang ini itu? Tidak jarang hal itu bikin anak jadi uring-uringan. Eittss,, jangan emosi dulu. Dari pada melawan dan menunjukan kemarahan, ada baiknya kamu tenangkan diri terlebih dahulu. Baru setelah itu, kamu jelaskan alasan-alasan kenapa kamu ingin melakukannya. Kamu juga bisa meyakinkan orang tua dengan cara menjelaskan manfaat positif dari kegiatan yang ingin kamu lakukan itu.

Dengan mendengarkan beliau berbicara, itu berarti kamu menunjukkan bahwa kamu menghargai beliau. Sedangkan penjelasan yang kamu berikan akan menunjukkan bahwa kamu sudah bisa berpikir panjang dan matang. Dengan begitu, kemungkinan orang tua akan lebih percaya dengan kamu.

Tapi, kalau memang orang tua tetap tidak mengizinkan dengan alasan yang kuat dan masuk akal, ada baiknya kita sebagai anak mengalah dan menurutinya saja ya. Menuruti larangan orang tua juga termasuk tanda bahwa kamu berbakti kepada mereka.

3. Berbakti bisa ditunjukkan dengan bersikap selektif dalam memilih pertemanan


Kamu bingung kenapa memilih teman bisa disebut berbakti kepada orang tua? Begini penjelasannya. Teman atau pergaulan merupakan salah satu hal yang bisa memberikan pengaruh besar terhadap kehidupan kamu, utamanya sikap dan kepribadian kamu. Misalnya ketika kamu berteman dengan orang-orang yang bermasalah, lama-kelamaan sikapmu akan sama dengan mereka. Kalau sudah begitu, kamu bisa jadi akan mendapatkan penilaian yang tidak jauh berbeda dengan orang-orang tersebut.

Ketika kamu mendapatkan nilai yang buruk dari masyarakat, secara tidak langsung orang tuamu juga akan terbawa dengan hal itu. Kalau sudah mencoreng nama baik keluarga seperti itu, apa masih bisa disebut berbakti? Nah, untuk itu kamu harus memilih lingkungan pertemanan yang baik. Lingkungan pertemanan yang baik akan membawa kamu ke kebaikan juga. Orang tua juga menjadi melebih tenang dan tidak banyak kekhawatiran.

4. Kamu seorang kakak, adik, atau anak tengah? Siapapun kamu, kamu harus bisa menjaga sesama saudara


Buat kamu yang punya saudara, tidak peduli berapapun jumlahnya, kamu bisa menunjukkan baktimu kepada orang tua dengan cara menjaga kerukunan diantara semua. Orang tua akan senang melihat anaknya bisa rukun dan saling menyangi satu sama lain. Orang tua yang bahagia akan cenderung lebih sehat dan berumur panjang.

Berbeda dengan orang tua yang anak-anaknya sering bertengkar. Pertengkaran tersebut akan membebani pikiran orang tua. Hal inilah yang akan memicu datangnya berbagai penyakit yang akan mengganggu kesehatannya. Kalau sudah begitu, jadi sama-sama susah kan?  Jadi, mulai sekarang kamu harus berusaha untuk selalu bisa menengahi permasalahan antar saudara ya. Semua itu demi kebaikan semua anggota keluarga.

5. Sedang liburan? jangan cuma malas-malasan. Yuk, bikin hati orang tua senang!


Sebagai anak kita wajib membantu orang tua. Tidak harus membantu dalam hal besar. Membantu dalam hal kecil saja sudah bisa menyenangkan hati mereka. Khususnya ketika kamu sedang liburan dan berada di rumah. Ketika berada di rumah, tentu ada banyak pekerjaan yang bisa kamu lakukan. Diantaranya adalah menyapu lantai, membereskan rumah, mencuci baju, membantu berbelanja, memasak, dan masih banyak lagi.

Pada kesempatan yang baik itu, kamu bisa memanfaatkan liburmu untuk membantu meringankan pekerjaan rumah tersebut. Tidak hanya meringankan, hal tersebut juga bisa sebagai media untuk kamu belajar. Itung-itung buat latihan sebelum punya rumah sendiri ya. hehehe....

6. Berbakti juga bisa dilakukan dengan meninggikan mimpi


Loh, gimana sih maksudnya? Bingung ya? Yang disebut mimpi dalam hal ini bukan mimpi ketika kamu tertidur, tetapi mimpi berupa cita-cita yang ingin kamu capai di masa depan sana. Dengan memiliki mimpi, kamu akan menjadi lebih giat dalam berusaha.

Misalnya, kamu yang sedang berkuliah memiliki mimpi untuk menyelesaikannya lebih awal. Dengan membicarakan hal tersebut kepada orang tua dan menunjukan keseriusanmu dalam mencapainya, kamu akan membuat orang tuamu merasa bangga. Bahkan, orang tuamu juga pasti akan ikut mendukung kesuksesanmu. Membuat orang tua merasa bangga juga termasuk berbakti kepada orang tua lho.

Selain lima cara tersebut, masih ada cara lain yang bisa kamu lakukan. Ingat, untuk berbakti kamu tidak perlu melakukan hal-hal berat atau mengeluarkan banyak uang. Kamu hanya perlu membuat orang tua merasa tenang dan senang. Dengan tidak membebani pikiran orang tua kamu sudah bisa disebut berbakti kepada mereka.

Tapi untuk kamu yang mampu melakukan hal-hal lain yang melebihi lima hal tersebut, jangan berpikir dua kali untuk melakukannya ya. Termasuk jika kamu memiliki uang lebih, jangan pelit untuk berbagi dengan orang tua. Ngomong-ngomong dari 5 hal sederhana tersebut, mana saja yang sudah kamu lakukan?

No comments:

Powered by Blogger.