Ibu Muda yang Saat Ini Tengah Bersiap Mendaftarkan Buah Hati Ke Preschool, Berikan 5 Bekal Berikut Sebelum Si Kecil Bersosialisasi dengan Lingkungan Barunya

Menjadi seorang ibu menjadi kebahagiaan tersendiri. Kamu diberi anugerah luar biasa untuk menyaksikan serta merawat seorang malaikat kecil. Kamu pun membesarkan si buah hati dengan penuh kasih sayang. Segala usaha, kamu lakukan untuk memberikan yang terbaik bagi si kecil.

Ibu Muda yang Saat Ini Tengah Bersiap Mendaftarkan Buah Hati Ke Preschool, Berikan 5 Bekal Berikut Sebelum Si Kecil Bersosialisasi dengan Lingkungan Barunya

Termasuk urusan pendidikan, kamu pun sudah memikirkan jauh-jauh hari, bahkan saat si buah hati belum masuk sekolah. Kamu rela memberikan biaya yang tinggi demi menjamin pendidikan sang buah hati, bahkan saat si kecil masih duduk di bangku preschool.

Bunda, ayo berikan 5 bekal berikut sebelum si kecil bersosialisasi dengan lingkungan preschool:

1. Pertama, ajari si kecil cara memperkenalkan diri


Pertama, ajari si kecil cara memperkenalkan diri

Langkah ini adalah yang pertama dan paling utama. Langkah ini sangat penting karena perkenalan menjadi awal dari sosialisasi. Sebelum ia bersosialisasi dengan dunia luar, latihlah ia untuk mengetahui identitasnya. Kamu bisa mengajarkan perkenalan sederhana, seputar nama panggilan dia, nama panjangnya, serta dimana ia tinggal.

Biasakan pula, ketika melatih ia berkenalan, jabatlah tangannya. Pura-puralah berkenalan dengan si kecil, sembari mengulurkan tangan untuk menjabat tangannya. Nanti ketika ia bertemu dengan teman baru, ia sudah terbiasa menanyakan identitas serta berkenalan. Tinggal lihat saja prakteknya saat di preschool.

2. Berikan sedikit gambaran tentang lingkungan preschool yang sebentar lagi akan si kecil temui


Berikan sedikit gambaran tentang lingkungan preschool yang sebentar lagi akan si kecil temui

Si kecil pun berhak mengetahui lingkungan baru yang akan ia temui. Berikan gambaran sedikit tentang lingkungan preschool. Walaupun dia belum begitu mengerti, tapi kamu tetap harus memberikan gambaran ini.

Katakan berulang-ulang tentang sekolahnya agar ia bisa mengingatnya. Gambarannya pun seputar lingkungan preschool. Jelaskan pada si kecil, ia akan menemui guru yang akan mengajarinya hal baru, serta teman-teman yang akan ia jumpai setiap hari.

3. Katakan padanya jika di preschool nanti dia akan menemukan ‘ibu baru’ yang akan merawatnya selama di sekolah


Katakan padanya jika di preschool nanti dia akan menemukan ‘ibu baru’ yang akan merawatnya selama di sekolah

Berikan pengertian pada si kecil, ketika mereka masuk preschool mereka akan bertemu dengan sosok ‘ibu baru’. Ibu Baru ini yang akan merawat serta menemaninya di sekolah. Berikan gambaran sederhana tentang seperti apa sosok ibu guru itu, misal dia adalah ibu yang akan mengajak si kecil menyanyi serta bermain ketika di sekolah.

Ingatkan pula bahwa si kecil harus berbuat baik serta menghormati gurunya. Contohkan hal-hal kecil, misalnya dia harus mencium tangan ketika bertemu bu guru, mengucapkan selamat pagi, dan sebagainya.

4. Berilah si kecil sedikit materi yang akan diajarkan di preschool nanti


Berilah si kecil sedikit materi yang akan diajarkan di preschool nanti

Sebelum si kecil masuk ke preschool, tidak ada salahnya mengajarkan beberapa materi yang akan ia temui nanti. Cukup materi yang sederhana seperti menghitung dari 1-10, menyanyi lagu anak-anak, dsb. Sebelum masuk preschool dia sudah terbiasa untuk menerima materi.

Ketika di preschool nanti si kecil sudah sedikit akrab dengan materi, sehingga ia akan lebih mudah dalam menerima materi tersebut.

5. Latihlah si kecil untuk percaya diri berbicara, sebelum ia bersosisalisasi bersama teman-temannya


Latihlah si kecil untuk percaya diri berbicara, sebelum ia bersosisalisasi bersama teman-temannya

Sebelum bertemu dengan teman baru, latihlah si kecil untuk mengutarakan apa yang ia rasakan lewat ucapan. Sesekali pancinglah pertanyaan-pertanyaan yang merangsang si kecil untuk mendeskripsikan sesuatu, misal ketika si kecil sedang menonton kartun kesukaannya, tanyakan siapa nama tokoh-tokohnya dan apa yang sedang mereka lakukan.

Biarkan dia berusaha mendeskripsikan sebisa mereka. Latihlah berkali-kali agar si kecil lancar dalam mengucapkan sesuatu. Pastikan untuk mengapresiasinya dengan memberi sedikit pujian. Buatlah si kecil percaya diri dengan apa yang ia katakan.

Nah, bagaimana bunda? Sudah siapkah untuk mengantarkan si kecil ke preschool? Tetap semangat mempersiapkan yang terbaik untuk si kecil!

No comments:

Powered by Blogger.