Khawatir Anak Jajan Sembarangan Di Sekolah? Bikin Ini Aja! Aneka Jajanan Untuk Anak Yang Bisa Dibuat Dirumah

Sudah sewajarnya para orang tua khawatir ketika anaknya jajan sembarangan. Khususnya ketika mereka berada di sekolah. Minimnya pengawasan orang tua membuat anak-anak memilih makanan secara sembarangan. Akibatnya mereka lebih rentan terhadap serangan penyakit. Misalnya sakit perut atau lebih parahnya keracunan.

Untuk menghindari hal-hal tersebut ada baiknya kamu sebagai ibu yang sayang anak bisa membuat jajanan sendiri dirumah. Berikut adalah aneka jajanan untuk anak yang bisa dibuat dirumah.

1. Sayur crispy


Sayur Crispy

Kamu pasti tahu, sayur-sayuran memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Misalnya saja brokoli yang sangat bermanfaat untuk tulang, sayuran hijau, jamur, bahkan terong. Nah sayur-sayur tersebut bisa loh diolah menjadi makanan crispy.

Caranya pun sangat mudah. kamu hanya perlu menyiapkan sayur sebagai bahan utama, minyak goreng, telur, dan tepung crispy. Selanjutnya kamu hanya perlu mengiris sayuran sesuai selera, lanjut masukkan ke adonan telur, lumuri dengan tepung, dan langsung digoreng hingga matang. Taraaa.. sayur crispy pun siap dihidangkan. Cukup mudah bukan?

2. Puding susu aneka warna


Puding Susu Aneka Warna

Setelah makan yang kering-kering sekarang waktunya makan yang segar. Puding merupakan salah satu camilan yang enak dan menyehatkan. Selain itu warna puding yang menarik bisa menambah nafsu makan anak.

Puding warna buatan rumah lebih direkomendasikan karena terjamin kebersihan dan mutu dari bahan-bahan yang digunakan. Pembuatan puding pun sangat mudah. Kamu bisa dengan mudah menemukan puding instan di toko atau minimarket terdekat.

3. Tahu kress


Tahu Kress

Pasti sudah pada tahu kan makanan yang satu ini. Iya, tahu Kress merupakan makanan yang bisa kita temui di pinggir jalan. Walaupun kita bisa membelinya secara instan, tapi kamu perlu Waspada. Ketika kita membelinya di pinggir jalan.

Kita tidak tahu bagaimana kualitas minyak yang digunakan. Apalagi sekarang ada penjualan nakal yang menggunakan minyak Lagi dan lagi tanpa peduli dengan efek yang ditimbulkan bagi kesehatan. Karena itu ada baiknya kamu membuatnya sendiri di rumah.

Caranya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan tahu sebagai bahan utama, tepung goreng serbaguna, dan minyak untuk menggoreng. Selanjutnya tinggal perlu memotong dan melumuri tahu dengan tepung lalu menggorengnya hingga matang.

4. Sosis gulung telur


Sosis Gulung Telur

Tidak hanya untuk dijadikan cemilan, jajanan yang satu ini bisa juga dijadikan lauk. Telur mengandung protein yang cukup tinggi. Sosis sendiri memiliki bahan dasar yang berbeda-beda diantaranya adalah ayam, daging, ikan, udang, dan masih banyak lagi. Semua bahan tersebut tentunya memiliki kandungan gizi bermanfaat untuk tumbuh kembang anak.

Lagi lagi kamu bisa jajanan ini sendiri. Membuat jajanan jenis ini di rumah jauh lebih baik daripada membeli jajanan serupa yang dijual sembarangan. Dengan membuatnya di rumah kamu bisa lebih memperhatikan kebersihan dan bahan yang digunakan.

5. Pisang goreng/panggang coklat


Pisang Goreng/Panggang Coklat

Salah satu camilan manis ini juga mudah dibuat di rumah. Kandungan gizi pada pisang sudah tidak diragukan lagi. Karena itu pisang Sangat cocok dijadikan cemilan enak untuk anak. Salah satunya adalah dengan mengkreasikan pisang goreng atau pisang panggang coklat.

Kamu hanya perlu menggoreng atau memanggang pisang dan menyajikannya dengan coklat cair di atasnya. Selain itu juga masih bisa mengkreasikan nya dengan berbagai topping lainnya seperti meses, kental manis, selai selai dan lain-lain.

Selain lima macam jajanan di atas, masih ada banyak jajanan yang bisa dibuat di rumah di antaranya adalah. Cookies, kue cubit, cupcake, salad buah, salad sayur, smoothie dan masih banyak lagi.

Pada dasarnya jajanan anak tergantung Bagaimana cara kamu mengkreasikannya. Yang penting dalam membuat jajanan untuk anak adalah jajanan  harus dibuat dengan bahan-bahan berkualitas, terjaga kebersihannya, dan tentunya menyehatkan.

Oh iya, Selain untuk disajikan di rumah, aneka jajanan di atas juga bisa loh dijadikan peluang usaha untuk kamu.

Selamat mencoba.

No comments:

Powered by Blogger.