Subscribe to Our Newsletter ! Free and No SPAM !

Mulai Sekarang Bumil Harus Makan Pisang! Berikut Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil

logoblog

Tentunya Bunda sudah tidak asing lagi ya dengan buah yang satu ini. Benar sekali, pisang!

Pisang merupakan buah yang mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional maupun modern. Di sebagian besar warung makan juga selalu tersedia pisang. Masyarakat Indonesia percaya bahwa pisang merupakan hidangan pencuci mulut yang sangat dianjurkan.

Mulai Sekarang Bumil Harus Makan Pisang! Berikut Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil

Benar saja! Pisang merupakan buah lokal yang memiliki gizi cukup banyak. Tidak hanya kaya serat, pisang juga memiliki kandungan asam folat, kalium, protein, pektin, vitamin, dan masih banyak lagi. Ternyata kandungan nutrisi yang terdapat dalam pisang ini sangat bermanfaat untuk ibu hamil.

Berikut adalah manfaat pisang untuk ibu hamil.

1. Mengatasi masalah pencernaan


Mengatasi Masalah Pencernaan

Salah satu masalah yang kerap dialami oleh ibu hamil adalah terjadinya sembelit atau konstipasi. Tentunya hal ini sangat mengganggu. Penyebab dari sembelit sering kali adalah kekurangan serat. Karena itu untuk mengatasi sembelit, maka ibu hamil disarankan mengonsumsi makanan yang kaya serat. Dengan begitu kebutuhan serat ibu hamil terpenuhi.

Dalam hal ini, tidak diragukan lagi Pisang merupakan buah yang kaya serat. Serat yang terkandung pada pisang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan ibu hamil. Dengan rutin mengkonsumsi pisang, maka ibu hamil akan terhindar dari terjadinya sembelit dan konstipasi.

2. Obat diare alami


Obat Diare Alami

Tidak hanya mengalami sembelit, terkadang ibu hamil juga mengalami diare. Baik sembelit maupun diare pada ibu hamil tentu sangat mengganggu. Selain itu ibu hamil tidak diperkenankan untuk mengonsumsi obat-obatan secara sembarangan. Termasuk dalam memilih obat diare.

Untuk itu disarankan ibu hamil yang sedang mengalami diare mengobatinya dengan cara alami. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi pisang. Pisang memiliki kandungan nutrisi berupa pektin yang bermanfaat untuk melarutkan serat. Serat ini yang kemudian akan membantu penyerapan kelebihan cairan didalam tubuh sehingga mampu mencegah atau mengurangi terjadinya diare.

3. Mencegah mual


Mencegah Mual

Mual adalah gejala wajar yang umumnya terjadi di awal masa kehamilan. Walaupun begitu, mual tidak boleh disepelekan. Mual yang terjadi secara terus-menerus pada ibu hamil bisa memberikan pengaruh buruk baik bagi ibu maupun janin.

Tidak jarang mual menyebabkan penurunan nafsu makan pada ibu hamil. Kalau nafsu makan ibu sudah menurun, tentunya asupan gizinya pun juga pasti ikut turun.Kalau sudah begitu, kasihan kan adik bayi yang masih di perut. Secara tidak langsung bayijuga akan ikut kekurangan nutrisi.

Nah, untuk mengatasi mual pada ibu hamil, disarankan mengonsumsi pisang. Pisang dipercaya memiliki berbagai nutrisi yang mampu mengurangi rasa mual selama masa kehamilan.

4. Menstabilkan tekanan darah


Menstabilkan Tekanan Darah

Ibu hamil harus memiliki tekanan darah yang stabil. Dengan begitu maka peredaran darah atau pendistribusian nutrisi baik untuk ibu dan janin bisa dilakukan secara maksimal. Sehingga kebutuhan nutrisi pun terpenuhi.
Dalam hal ini, pisang memiliki kandungan berupa zat besi dan kalium.

Zat besi bermanfaat untuk membantu pembentukan sel darah merah sehingga mengurangi resiko anemia pada ibu hamil. Sedangkan  kalium bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah pada ibu hamil. Oleh sebab itu, Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi pisang secara rutin.

5. Meningkatkan energi


Meningkatkan Energi

Walaupun sedang hamil, bunda harus tetap semangat beraktifitas. Jangan sampai karena sedang hamil, lantas bunda menjadi bermalas-malasan dan memilih untuk duduk atau tidur seharian. Hal itu justru tidak baik untuk bunda dan janin. Karena itu, bunda harus memiliki cukup energi.

Pisang memiliki kandungan gula alami berupa glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Kandungan gula pada buah pisang sangat mudah dicerna sehingga bisa memberikan energi secara instan. Energi ini selanjutnya dibutuhkan oleh ibu hamil untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk lebih baiknya, Ibu bisa mengonsumsi pisang dengan cara diolah dengan susu atau dijadikan smoothie sehingga lebih menarik.

6. Sebagai antioksidan


Sebagai Antioksidan

Tidak diragukan lagi, pisang juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C bermanfaat sebagai pembentuk antioksidan yang bertugas menangkal radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh. Khusus untuk ibu hamil, biasanya akan lebih rentan terserang penyakit dibandingkan dengan mereka yang tidak hamil.

Karena itu, ibu hamil harus memiliki daya tahan tubuh yang ekstra. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, maka ibu hamil dapat menangkal penyakit yang masuk ke dalam tubuhnya. Sehingga bayi yang ada dalam kandungan juga ikut terlindungi.

7. Mencegah bayi dari lahir cacat dan premature


Mencegah Bayi Dari Lahir Cacat Dan Premature

Pisang memiliki kandungan berupa asam folat yang cukup tinggi. Bunda pasti sudah tidak asing lagi kan dengan nutrisi asam folat. Asam folat merupakan nutrisi yang banyak dibutuhkan oleh ibu hami. Hal itu karena Asam folat memiliki manfaat yang luar biasa untuk perkembangan otak si adik bayi yang masih berada dalam kandungan.

Asam folat berfungsi untuk mencegah terjadinya defisiensi asam folat, yaitu suatu keadaan yang mana dapat menyebabkan bayi terlahir premature atau mengalami resiko cacat fisik. Tidak hanya pada pisang, asam folat juga bisa diperoleh dari makanan lainnya seperti buah alpukat, kacang hijau, dan minyak ikan.

8. Membentuk antibodi bagi janin dan bunda


Membentuk Antibodi Bagi Janin Dan Bunda

Pisang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Protein merupakan salah satu unsur utama yang berperan dalam membentuk antibodi baik bagi janin maupun bagi bunda. Dengan terbentuknya antibodi ini, maka bunda akan lebih kuat dalam menangkal berbagi virus dan penyakit dari luar.

Tidak hanya bunda, adik bayi yang ada di dalam perut bunda juga otomatis akan ikut terlindungi. Kesehatan bunda sangat berpengaruh dengan kesehatan adik bayi juga. Karena itu, bunda harus memiliki antobodi yang kuat. Antibodi alami bisa didapat dari mengonsumsi buah dan sayur, salah satunya adalah pisang.

9. Membantu perkembangan tulang dan sistem rangka pada ibu maupun janinnya


Membantu Perkembangan Tulang Dan Sistem Rangka Pada Ibu Maupun Janinnya

Ketika dalam keadaan hamil, tentunya tidak hanya berat badan bunda yang bertambah. Tetapi, beban yang bunda bawa selama beraktifitas juga tentunya menjadi tidak ringan. Karena itu, ibu hamil rentan terserang osteoporosis. Untuk menangani hal tersebut, maka bunda harus bisa mencukupi kebutuhan kalsium setiap harinya. Nah, buah pisang ini bisa dijadikan solusi. Buah pisang juga mengandung kalsium yang cukup tinggi.

Kalsium pada buah pisang tidak hanya bermanfaat untuk bunda, tapi juga untuk adik bayi yang ada di perut bunda. Dengan mendapatkan asupan kalsium yang cukup, maka perkembangan tulang dan sistem rangka pada si bayi juga akan menjadi lebih optimal.

Demikian adalah manfaat pisang bagi ibu hamil. Mengingat manfaat-manfaat yang ditawarkan tersebut, sangat disrankan untuk ibu hamil mengkonsumsi pisang secara rutin. Walaupun begitu, sebaiknya ibu hamil mengkonsultasikan hal tersebut terlebih dahulu pada dokter demi menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti alergi atau keracunan.