Breaking

10 Manfaat Alpukat Bagi Ibu Hamil, Sangat Baik Juga Untuk Janin!

Sudah pada tau kan dengan buah yang satu ini. Ya, alpukat atau buah yang bernama latin Persea Americana ini sudah pasti dikenal para bunda. Rasanya yang tidak terlalu manis dan teksturnya yang lembut membuat buah yang satu ini jadi kegemaran banyak orang.

Selain dimakan secara langsung, alpukat juga bisa diolah menjadi bermacam-macam menu makan atau minuman. Misalnya dicampur dengan salad sayur, dijadikan jus buah, dijadikan campuran untuk sop buah, dimakan dengan gula dan banyak lagi.

10 Manfaat Alpukat Bagi Ibu Hamil, Sangat Baik Juga Untuk Janin!

Sudah bukan rahasia lagi, alpukat mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. diantaranya adalah lemak tak jenuh, protein, berbagai macam vitamin mulai dari vitamin A, B, C, E, dan K, zat besi, fosfor, magnesium, potasium, dan serat.

Karena itu, tidak diragukan lagi, alpukat memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Bahkan, para bumil yang sedang notabene membutuhkan lebih banyak nutrisi juga sangat disarankan mengonsumsi buah yang satu ini. Mau tau alasannya? Yuk kita simak 7 manfaat alpukat untuk ibu hamil berikut ini.

1. Menjaga kesehatan jantung


Menjaga Kesehatan Jantung

Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang cukup tinggi.  Lemak tak jenuh ini berfungsi untuk menurunkan kadar kolestrol jahat yang dapat menjadi pemicu penyakit jantung. Dengan demikian mengonsumsi alpukat bisa membantu para bumil untuk menjaga kesehatan jantungnya.

Jantung merupakan organ yang bertugas memompa darah dalam tubuh. Dengan jantung yang sehat, maka aliran darah dalam tubuh akan dipompa dengan baik. Sehingga nutrisi yang diperlukan ibu dan janin bisa terdistribusi dengan lancar. Hal ini akan membantu pemenuhan nutrisi pada janin.

2. Mencegah sembelit


Mencegah Sembelit

Konstipasi, sembelit atau susah buang air besar merupakan hal umum yang dialami oleh ibu hamil. Bagi wanita yang tidak sedang dalam masa kehamilan, mungkin hal ini bisa diatasi dengan mudah. Yaitu dengan membeli obat-obatan yang dijual secara bebas di minimarket, toko, atau apotek terdekat.

Tetapi, hal ini berbeda untuk ibu hamil. Ibu hamil tidak boleh mengonsumsi obat sembarangan.Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan kaya serat. Salah satunya adalah buah alpukat. Tekstur buah alpukat yang lembut dan juga kandungan serat yang tinggi akan sangat bermanfaat untuk mencegah sembelit pada ibu hamil.

3. Membantu pembentukan sel-sel janin agar terbentuk sempurna


Membantu Pembentukan Sel-Sel Janin Agar Terbentuk Sempurna

Salah satu kandungan nutrisi yang tinggi pada alpukat adalah protein. Protein merupakan senyawa utama yang dibutuhkan dalam membentuk sel-sel tubuh. Begitu pula pada janin. Pembentukan sel-sel pada janin juga membutuhkan protein. Karena itu, ibu hamil juga mampu memenuhi kebutuhan akan protein. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi alpukat.

Protein yang terkandung pada buah alpukat akan membantu pembentukan sel-sel janin sehingga terbentuk dengan sempurna dan terhindar dari kecacatan lahir.

4. Membantu pertumbuhan jaringan janin dan plasenta


Membantu Pertumbuhan Jaringan Janin Dan Plasenta

Jaringan merupakan gabungan dari sel-sel. Dengan begitu, sel-sel yang terbentuk dengan sempurna akan membentuk jaringan yang sehat. Lebih lanjut lagi, jaringan akan membentuk organ dan sistem organ pada janin dengan sempurna. Sehingga secara umum bisa dikatakan bahwa kandungan protein pada alpukat bisa menjauhkan janin dari resiko cacat lahir.

Sedangkan untuk plasenta, plasenta merupakan organ yang berfungsi menyalurkan asupan gizi dari ibu ke janin yang ada di dalam kandungan. Ketika plasenta ini baik maka asupan nutrisi juga bisa diserap dengan baik oleh janin yang ada dalam kandungan. Dengan begitu janin tidak akan kekurangan nutrisi dan akan terlahir dengan sehat.

5. Membantu pembentukan cairan ketuban


Membantu Pembentukan Cairan Ketuban

Seperti yang kita tahu, cairan ketuban berfungsi untuk melindungi bayi dari benturan atau benda-benda keras dari luar. Dengan begitu, bisa disimpulkan bahwa air ketuban memiliki manfaat yang sangat penting bagi janin dalam kandungan.

Karena itu air ketuban harus dibentuk dengan sempurna. Salah satunya adalah dengan mencukupi kebutuhan protein. Nah lagi-lagi protein dalam alpukat bermanfaat untuk janin yaitu untuk melindungi janin dengan cara membantu pembentukan cairan ketuban.

6. Mengurangi resiko keguguran dan lahir prematur


Mengurangi Resiko Keguguran Dan Lahir Prematur

Hal ini dikarenakan alpukat mengandung zat besi yang mana zat besi berfungsi untuk mengatasi anemia atau kekurangan darah. Kekurangan darah pada ibu hamil menyebabkan sulitnya distribusi nutrisi untuk janin. Selain itu anemia juga menyebabkan ibu hamil merasa cepat lelah, letih, dan malas melakukan aktivitas yang mana hal itu tidak baik untuk kesehatan kandungan.

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, maka ibu akan terhindar dari anemia sehingga akan merasa sehat, segar, dan semangat untuk beraktivitas.

7. Mengurangi keram kaki


Mengurangi Keram Kaki

Kandungan potasium dalam alpukat bermanfaat untuk mengurangi kram kaki. Kram kaki merupakan masalah umum yang dihadapi oleh ibu hamil. Efek yang paling sederhana adalah membuat ibu hamil merasa tidak nyaman utamanya untuk beraktivitas.

Padahal seorang ibu hamil disarankan untuk melakukan aktivitas misalnya olahraga ringan seperti jalan pagi, senam hamil, dan lain-lain. Kram kaki akan membatasi ibu hamil untuk melakukan kegiatan kegiatan atau aktivitas tersebut.

Untuk mengatasinya maka ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi alpukat karena alpukat mengandung potasium yang bermanfaat untuk mengurangi kram kaki pada ibu hamil.

8. Menyembuhkan lelah dan memberikan efek relaksasi


Menyembuhkan Lelah Dan Memberikan Efek Relaksasi

Selain potasium alpukat juga mengandung magnesium. Kandungan magnesium pada alpukat dipercaya dapat memberikan efek relaksasi dan juga menyembuhkan rasa lelah pada ibu hamil. Seperti kita tahu ibu hamil cenderung merasa cepat lelah. Selain itu juga akan menjadi lebih sensitif dan lebih emosional. Hal itu bisa diredam dengan mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium. Salah satunya adalah alpukat.

9. Melindungi paru-paru janin dari polutan


Melindungi Paru-Paru Janin Dari Polutan

Vitamin A pada alpukat bermanfaat untuk melindungi paru-paru janin dari polutan selama di dalam rahim. Tentu hal ini sangat penting terutama bagi ibu hamil yang berada di sekitar perokok aktif. Maka dari itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A yang cukup.

Walaupun begitu, vitamin A tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Karena konsumsi vitamin A secara berlebihan justru akan menimbulkan resiko cacat lahir. Oleh sebab itu, mengonsumsi alpukat ini jauh lebih baik daripada mengkonsumsi suplemen-suplemen instan. Selain alami, vitamin A dalam buah alpukat juga diimbangi dengan vitamin-vitamin lainnya.

10. Menjauhkan bayi dari masalah kecerdasan, ingatan, dan mental


Menjauhkan Bayi Dari Masalah Kecerdasan, Ingatan, Dan Mental

Walaupun tidak asam, tapi alpukat juga mengandung vitamin C. Sejauh ini kita tau vitamin C bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat akan menjauhkan bayi dari serangan serangan penyakit dan virus virus dari luar. Dengan begitu kesehatan janin pun juga akan lebih terjaga.

Namun, tahukah kamu vitamin C ini ternyata juga memiliki manfaat yang sangat luar biasa yaitu menjaga memori pada janin. Hal ini karena vitamin C berperan terhadap perkembangan otak dan mental. Mengkonsumsi alpukat selama masa kehamilan dapat menjauhkan bayi dari masalah kecerdasan, ingatan, dan mental.

Nah Bunda, mulai dari sekarang jangan ragu untuk mengonsumsi buah yang satu ini. Karena, selain rasanya enak, buah alpukat juga kaya akan manfaat untuk bunda dan  janin.

Semoga artikelnya bermanfaat ya,,

No comments:

Powered by Blogger.