Dengan 9 Ide Bisnis Ini, Bunda Bisa Mendapat Penghasilan Walau Hanya di Rumah Seharian

Steriotipe lama mengatakan bahwa tugas pria adalah bekerja, sedangkan tugas wanita adalah mengurus rumah tangga. Tapi, untuk para keluarga modern, sepertinya hal tersebut sudah tidak lagi berlaku. Dalam sebuah keluarga, siapapun bisa bekerja. Tidak hanya suami, tetapi istri juga bisa bekerja.

Masalahnya ada beberapa ibu rumah tangga yang merasakan dilema ketika ingin memutuskan untuk bekerja. Terutama mereka yang sudah memiliki buah hati dari pernikahannya. Maksud hati ingin bekerja membantu suami, tapi tidak tega kalau harus melewatkan perkembangan anak tercinta. Hmm, tenang para bunda! Kita ada solusinya.

Dengan 9 Ide Bisnis Ini, Bunda Bisa Mendapat Penghasilan Walau Hanya Di Rumah Seharian

Bunda bisa mencoba 9 ide bisnis rumah tangga berikut ini untuk menambah pemasukan keluarga. Bisnis-bisnis berikut bisa bunda lakukan secara online atau offline, dan tentunya tanpa harus jauh-jauh dari keluarga.

1. Penulis di web atau blog


Penulis di web atau blog

Memangnya menulis itu bisa dijadikan bisnis? Loh, jangan salah bunda. Sekarang ini zamannya internet. Ada banyak web berterabaran dimana-mana. Mereka berlomba-lomba menaikan trafik pengunjung di web atau blog mereka dengan cara mengunggah konten setiap hari.

Nah, jika bunda memiliki ketertarikan dalam dunia tulis menulis, bunda bisa memanfaatkan kesempatan ini. Informasi-informasi tentang tawaran menulis bisa bunda dapatkan dari facebook, linkeld, twitter, atau dengan bergabung ke situs penyedia jasa seperti Freelancer, Fiverr, Upwork, dan masih banyak lagi.

2. Berjualan online


Berjualan online

Sekarang ini, online shop sudah bukan hal baru lagi. Hampir semua kalangan kenal dengan bisnis yang satu ini. Bunda tidak boleh ketinggalan! Yuk, manfaatkan kesempatan untuk mengikuti tren bisnis yang satu ini.

Bunda bisa menjual apa saja mulai dari perlengkapan alat make up, baju anak, baju dewasa, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk memasarkannya bunda bisa memanfaatkan sosial media seperti facebook atau Instagram, atau bergabung dengan online shop yang sudah ada seperti Lazada, Tokopedia, Buka Lapak, dan lainnya.

3. Usaha katering


Usaha katering

Buat bunda yang suka masak, bunda bisa memanfaatkan keahlian  bunda untuk membuka usaha katering.  Sebagai tahap awal, bunda bisa menawarkan katering buatan bunda ke sekolah-sekolah atau instansi di sekitar bunda. Kenapa ke tempat tersebut? karena setiap tempat tersebut pasti memiliki jam makan siang.

Nah, bunda bisa menawarkan menu katering bunda untuk menjadi menu makan siang para pegawainya. Kalau mereka cocok, dijamin mereka pasti order lagi dan lagi, bahkan bisa dalam jumlah besar. Lumayan kan bund jadi langganan?

4. Menjual menu diet


Menjual menu diet

Barat badan selalu menjadi topik yang menarik untuk para ibu. Kalau bunda memiliki teman yang sedang dalam program diet, bunda bisa memanfaatkan momen itu untuk menjual menu diet. Sebenarnya bisnis ini hampir sama dengan usaha katering, hanya saja menunya yang berbeda. Namanya juga menu diet, jadi isinya harus makanan sehat dengan porsi yang sudah disesuaikan.

Dalam bisnis ini, biasanya konsumen akan memesan makanan dalam bentuk per paket. Misalnya paket sarapan selama 7 hari. Agar konsumen tidak bosan dan tetap semangat menjalani program dietnya, bunda harus pandai-pandai menciptakan variasi menu sarapan. Pastikan juga sebelum memulai bisnis ini, bunda sudah mempelajari jenis-jenis menu diet sehat. Dengan begitu bunda tidak akan salah memilih menu makan.

5. Menjual makanan ringan


Menjual makanan ringan

Sekarang ini ada banyak jenis makanan ringan yang disukai anak-anak hingga orang tua. Diantaranya adalah kripik kentang, kripik tempe, makaroni pedas, kacang panggang, dan masih banyak lagi. Disini bunda bisa menciptakan ide makanan ringan buatan bunda dan menjualnya baik secara online atau offline. Makanan ringan yang enak, unik, dan kekinian akan dengan mudah disukai oleh semua orang.

Salah satu tips yang bisa bunda terapkan agar bisnis makanan ringan bunda cepat booming adalah dengan memberikan nama yang unik dan kekinian. Hal itu akan menarik rasa penasaran para konsumen untuk segera mencicipinya.

6. Usaha laundry kiloan


Usaha laundry kiloan

Bunda ada mesin cuci di rumah? Nah, bisa bunda manfaatkan untuk bisnis juga bund. Caranya adalah dengan membuka usaha loundry kiloan. Pastikan bunda juga memiliki alat pengering pakaian ya! Dengan begitu usaha bunda akan tetap lancar walau cuaca sedang hujan.

Bisnis ini akan lebih cocok lagi jika bunda tinggal dekat dengan lingkungan kos-kosan, baik kos mahasiswa atau karyawan. Sebagian dari mereka tidak memiliki cukup waktu untuk mencuci pakaian. Disini bunda bisa menfaatkan keadaan dengan menawarkan jasa loundry kiloam. Jika bunda terlalu kewalahan untuk melakukannya sendiri, bunda bisa menghire seseorang untuk membantu pekerjaan bunda.

7. Jasa make up artis


Jasa make up artis

Bunda yang hobi dandan juga bisa membuka jasa make up artis atau MuA loh. Sebenarnya bisnis ini bisa dikatakan sebagai bisnis musiman. Hal itu karena bisnis ini akan ramai di musim-musim tertentu saja, misalnya musim nikahan, musim wisuda, atau musim karnaval. Namun demikian, karena ketiga musim tersebut tidak selalu terjadi secara bersamaan, maka bisnis ini pada dasarnya bisa terus dijalankan.

Omset yang didapat dari bisnis ini bisa mencapai jutaan perhari loh, tergantung berapa banyak pelanggan yang datang. Hal itu karena sekali touch up, harganya bisa mencapai lebih dari 200.000an per orang. Wah, bisa dibayangkan ya kalau dalam seminggu bunda bisa mendandani 5 orang, dalam satu bulan bunda bisa mendapatkan uang jutaan.

8. Membuka salon pangkas rambut


Membuka salon pangkas rambut

Apakah bunda memiliki keahlian dalam menata rambut, kalau iya, bunda bisa mencoba ide bisnis yang satu ini. Sekarang ini, tidak hanya wanita, priapun mulai sadar dengan penampilannya. Terutama soal rambut. Sebagian besar wanita tidak suka dengan pria yang berambut panjang. Padahal, rambut pria memang lebih cepat tumbuhnya.

Karena itu mereka butuh jasa pangkas rambut. Sedangkan untuk wanita, mereka lebih suka menata rambutnya, baik diluruska, dikeriting, diwarna, atau entah apa. Nah, karena itu, walaupun namanya salon pangkas rambut, tetapi bunda bisa juga kok menawarakan perawatan rambut lainnya seperti creambath, mewarna rambut, smooting, dan lain-lain.

9. Membuka usaha konveksi


Membuka usaha konveksi

Ada mesin jahit di rumah? Manfaatkan! Bunda yang memiliki keahlian menjahit bisa mencoba bisnis yang satu ini. Bisnis ini akan sangat mungkin untuk berkembang, terutama jika belum ada jasa jahit-menjahit dilingkungan bunda tinggal.

Biasanya tujuan pelanggan datang ke jasa konveksi bukan sekedar untuk mempermak pakaian, namun juga untuk memesan desain pakaian yang dia inginkan. Dalam hal ini,  jika bunda belum ahli dalam membuat pakaian, bunda lagi-lagi bisa mengajak orang lain untuk bekerja sama dengan bunda.

Itu tadi 9 ide bisnis rumahan yang bisa bunda coba untuk menambah penghasilan. Namanya juga bisnis, pasti akan ada pasang surutnya. Yang terpenting adalah bunda tidak boleh menyerah dan berputus asa.

Sekian tips dari kita. Selamat mencoba!
Gabung jadi anggota untuk dapatkan informasi terbaru, langsung ke email anda

Gratis dan Tanpa Biaya

Silahkan share ke kawan Anda. Jika mau copy paste wajib izin admin terlebih dahulu. Bunda akan memberlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung atas copas tanpa mengikut ketentuan yang berlaku.

Artikel menarik lainnya...