Breaking

Punya Masalah Seputar Rambut? Coba 9 Tips Cara Merawat Rambut Ini Agar Lebih Sehat Dan Menawan

Saat ini ada banyak sekali produk kecantikan khusus untuk rambut. Tidak hanya terbatas pada sampo dan conditioner, tetapi ada juga vitamin, masker, minyak bahkan serum khusus untuk rambut. Kalian para wanita pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis-jenis produk tersebut.

Punya Masalah Seputar Rambut? Coba 9 Tips Cara Merawat Rambut Ini Agar Lebih Sehat Dan Menawan

Tapi, apakah dengan menggunakan produk-produk tersebut lantas rambutmu jadi benar-benar bagus? Sayangnya tidak!

Penggunaan produk kecantikan rambut yang salah justru akan menyebabkan berbagai masalah. Diantaranya adalah rambut patah, kerontokan, ketombe, dan lebih parah lagi adalah kebotakan. Wah, serem ya.

Untuk menghindari masalah-masalah semacam itu, ada baiknya kamu baca 9 tips merawat rambut berikut ini.

1. Kenali permasalahan pada rambut


Kenali permasalahan pada rambut

Tahap awal dari merawat rambut adalah mengenali masalah pada rambut. Kamu harus tau apakah rambut kamu termasuk rambut yang kering, berminyak, mudah patah, berketombe, mudah rontok, atau yang lainnya. Tujuannya adalah agar kamu tidak salah memilih produk perawatan.

Masalahnya, beberapa orang mengalami lebih dari satu permasalahan, jadi bagaimana? Jawabannya ada di tips nomor 2.

2. Pilih produk perawatan yang sesuai dengan rambutmu


Pilih produk perawatan yang sesuai dengan rambutmu

Kamu tidak perlu bingung ketika rambutmu mengalami beberapa kerusakan. Sekarang sudah ada banyak produk perawatan yang mengklaim mampu mengatasi lebih dari 1 kerusakan pada rambut. Tapi, kamu jangan mudah percaya ya.

Sebagai tahap awal, kamu bisa membeli produk dalam bentuk sache atau dalam ukuran kecil saja. Dengan begitu jika menurutmu produk tersebut tidak mampu mengatasi masalahmu atau justru memperparah kerusakan, kamu bisa menghentikan penggunaan dan beralih ke produk yang lainnya tanpa khawatir sisa produk akan terbuang sia-sia.

3. Keramas dengan shampo secara teratur


Keramas dengan shampo secara teratur

Hal yang paling umum untuk dilakukan dalam rangka merawat rambut adalah keramas atau mencuci rambut. Sudah tau kan “kebersihan pangkal kesehatan”. Peribahasa itu juga berlaku untuk rambut. Rambut yang bersih akan lebih kuat dan memiliki resiko kerusakan yang lebih kecil jika dibandingkan dengan rambut kotor dan berminyak.

Tapi perlu kalian ingat, mencuci rambut harus dilakukan secara teratur yaitu minimal 3-4 kali dalam seminggu. Rambut yang jarang dicuci akan menjadi berminyak sehingga debu dan kotoran akan lebih mudah menempel. Selanjutnya bisa ditebak kan? Yup, garuk-garuk karena gatal.

4. Gunakan conditioner untuk merawat rambut kering dan lepek


Gunakan conditioner  untuk merawat rambut kering dan lepek

Selain shampo, gunakan juga conditioner guna menjaga kelembutan rambutmu.

Setelah menggunakan shampo dan conditioner, kamu harus membilasnya sampai benar-benar bersih. Hal itu dikarenakan sisa busa dari shampo dan conditioner yang masih menempel di rambut bisa mengendap di kepala dan menimbulkan ketombe. Malu kan kalau rambut sudah lebut terurai tapi masih ketombean. Hehe..

5. Rambut juga butuh nutrisi


Rambut juga butuh nutrisi

Tidak hanya tubuh dan kulit, tetapi rambut juga perlu nutrisi. Salah satu ciri umum dari rambut yang kurang nutrisi adalah rontok dan mudah patah. Shampo dan conditioner saja tidak cukup untuk menutrisi rambutmu. Gunakan juga vitamin rambut minimal 2-3 kali dalam seminggu. Penggunaanya adalah setelah keramas, yaitu ketika rambut sedang setengah kering.

Sekarang ini ada banyak produk vitamin rambut yang bisa kalian beli di toko atau minimarket terdekat. Jenis dan fungsinya pun bermacam-macam. Jadi, jangan lupa untuk hanya menggunakan yang cocok dan sesuai dengan rambutmu.

6. Selain nutrisi, rambut juga butuh relaksasi


Selain nutrisi, rambut juga butuh relaksasi

Semakin kesini, semakin manja saja ya rambut ini. Hehehe...

Tapi begitulah adanya. Rambut juga perlu relaksasi. Setidaknya sekali dalam seminggu gunakan masker rambut untuk menutrisi dan membuatnya segar kembali.

Secara umum, masker rambut digunakan tepat setelah keramas yaitu sama seperti penggunaan conditioner. Karena  itu, kalian hanya perlu memilih salah satu saja. Jangan lupa bilas sampe benar-benar bersih juga ya.

7. Sebisa mungkin hindari penggunaan alat pengering rambut


Sebisa mungkin hindari penggunaan alat pengering rambut

Percayalah, yang alami itu lebih sehat. Begitu juga dengan rambut. Rambut yang kering secara alami lebih mampu menyerap nutrisi. Sayangnya beberapa wanita lebih memilih untuk mengeringkan rambutnya secara instan yaitu dengan menggunakan alat pengering rambut atau hairdryer. Padahal, hal ini sangat tidak sehat untuk rambut.

Uap panas yang dihasilkan oleh hairdryer tidak hanya menyebabkan rambut kering, tetapi juga bisa merusak nutrisi yang ada pada rambut. Sangat disayangkan bukan, setelah bersusah payah mencuci rambut dengan shampo, menggunakan conditioner dan vitamin, eh ternyata nurtisi pada rambut hilang begitu saja karena terbakar panasnya uap hairdryer.

8. Pilih sisir sesuai jenis rambut


Pilih sisir sesuai jenis rambut

Ternyata sisir bisa mempengaruhi kesehatan rambut juga loh. Kalian yang memiliki rambut kriting, baik yang alami ataupun yang sengaja dibentuk demikian, hindari menggunakan sisir dengan gigi kecil. Hal ini bertujuan agar sisir tidak tersangkut di rambut dan menyebabkan rambut patah.

Kamu bisa menggunakan sisir dengan gigi besar atau sisir dengan gigi yang lebih renggang. Jadi, jika kamu mengalami masalah berupa rambut susah disisir, jangan melulu menyalahkan rambutmu. Sebaliknya, ada baiknya kamu mengganti sisir yang kamu gunakan.

9. Jangan memaksa untuk memelihara rambut panjang


Jangan memaksa untuk memelihara rambut panjang

Sebagian wanita beranggapan bahwa pria menyukai wanita dengan rambut panjang. Karena itu, wanita cenderung memilih untuk membiarkan rambutnya terurai panjang. Padahal tidak begitu juga ya teman-teman.

Jika kamu merasa rambutmu terlalu panjang sampai-sampai kamu kesulitan untuk menyisirnya, lebih baik kamu memotongnya saja. hal ini akan mempermudah kamu dalam merawat rambut. Lagian hemat shampo juga kan? Hehehe....

Kamu tidak perlu khawatir menentukan model rambut yang cocok dengan kamu. Sekarang ada banyak model rambut yang lagi hits. Kamu bisa dengan mudah menemukannya di internet. Nah, kamu bisa mencontoh salah satu dari model rambut tersebut.

Nah itulah 9 tips merawat rambut yang bisa kamu coba. Kalau kamu merasa tips diatas masih kurang, kamu bisa juga mendatangi salon khusus rambut dan berkonsultasi secara langsung dengan ahlinya disana.

Jika dengan yang lebih ahli, tentu disana kamu bisa sekalian meminta rekomendasi produk perawatan yang sesuai untuk rambutmu. Selain untuk berkonsultasi, pergi ke salon juga berguna untuk memanjakan diri. Jadi gak papa kan ya sesekali merogoh kocek lebih demi untuk memanjakan diri.

Sekian tips dari kita. Selamat mencoba!

No comments:

Powered by Blogger.